Asuransi Kesehatan Terbaik, Agar Saat Sakit Tak Perlu Lagi Panik - Blognya Andy Hardiyanti

Asuransi Kesehatan Terbaik, Agar Saat Sakit Tak Perlu Lagi Panik

asuransi kesehatan terbaik

Asuransi Kesehatan Terbaik, Agar Saat Sakit Tak Perlu Lagi Panik. Meski Ayah saya pernah lama bekerja di bidang asuransi, entah mengapa kami justru merasa paling anti dengan hal tersebut. Terutama keluarga kecil saya, terkhusus pak suami. Tidak usah jauh-jauh membahas jenis asuransi lain, asuransi kesehatan saja. Pada saat kebanyakan orang sudah memiliki asuransi kesehatan, keluarga kecil saya masih juga mengandalkan biaya sendiri. Ya, kami selalu terdaftar sebagai pasien umum saat pergi berobat. Orang-orang mungkin akan beranggapan, ah kamu kan kaya, kamu kan berada…jadi gak masalah kalau gak pakai asuransi. Aamiin dulu deh untuk doanya. Tapi siapa bilang? Kebetulan saja kami masih bisa membiayai sendiri. Padahal sebenarnya kami melakukan ini demi menghindari repotnya administrasi. Tahu sendiri kan gimana capeknya mengurus segala macam berkas administrasi? Apalagi asuransi gak akan jauh-jauh dari urusan administrasi.

Pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman pula lah yang mengajarkan betapa pentingnya memiliki asuransi, khususnya asuransi kesehatan. Akhir tahun 2010 hingga 2011 lalu, saya dihadapkan pada situasi yang cukup membuat keluarga saya panik. Ya, saya terserang penyakit TBC. Tidak sampai di situ, karena saya mengalaminya di saat mengandung anak pertama. Semua orang tahu bagaimana beratnya kondisi hamil, apalagi jika ditambah gangguan penyakit paru-paru yang terkenal mematikan itu.

Jangan ditanya, berapa kali saya harus pindah dari satu dokter ke dokter lainnya. Berapa banyak sudah yang menolak saya karena khawatir dengan kondisi saya yang tengah mengandung anak pertama. Belum lagi munculnya berbagai asumsi bahwa saya sakit ini itu, sampai ada yang menduga saya terkena kanker. Hingga akhirnya setelah melalui proses panjang, semua hasil pemeriksaan menunjukkan saya terkena penyakit TB Paru. Saya merasa seolah mati rasa, disuntik sana sini, infus sudah berapa botol, dan pastinya mengkonsumsi obat wajib TBC secara disiplin selama 6 bulan. Karena kondisi saya yang belum fit, bahkan untuk menelan makanan saja susah, maka saya sampai menghabiskan waktu untuk rawat inap selama 2 minggu di rumah sakit.

Jangan Sampai Salah Memilih Asuransi Kesehatan

Kondisi susah menelan, berkeringat di malam hari, batuk berdahak lebih dari 2 minggu, dan lainnya tidak lantas membuat saya dan keluarga berpikir bahwa saya mengidap TBC. Belum lagi saya tengah mengandung anak pertama, menjadikan rasa panik tersebut berlipat ganda. Saya pun bukan orang terbiasa berobat di puskesmas dan sejenisnya. Sehingga benar-benar tidak tahu bahwa pengobatan TBC itu gratis. Dalam pikiran saya pun keluarga saat itu hanya satu: bagaimana agar saya sembuh dan janin yang saya kandung tersebut baik-baik saja. Berapa total biaya yang harus dibayarkan ketika keluar rumah sakit nanti, sama sekali tidak terpikirkan. Kata suami, itu urusan nanti. Tapi bagi saya, yang namanya emak-emak perhitungan pasti udah dag dig dug dong perihal nominal.

asuransi kesehatan terbaik

Sebenarnya kami sempat tenang, karena pernah mendaftarkan diri untuk sebuah asuransi kesehatan. Dimana premi dibayarkan dengan memotong langsung dari tagihan kartu kredit suami (iya, dulu masih pakai kartu kredit). Meski saya belum terlalu yakin, karena proses pendaftarannya hanya melalui kontak telepon. Sebentar lagi waktunya saya keluar rumah sakit, segala berkas administrasi pun dikirimkan oleh suami ke alamat sebuah perusahaan asuransi. Mirisnya, tanpa alasan yang jelas, berkas kami ditolak. Pihak mereka berkata bahwa kami tidak pernah membayar premi selama ini. Padahal jelas-jelas ada transaksi yang tetap ditagihkan dari kartu kredit suami. Karena malas berdebat dan tetap fokus dengan kondisi kehamilan saya, maka urusan asuransi itu kami lupakan. Ya, seluruh biaya pengobatan (yang jumlahnya tidak sedikit) tersebut, dibayarkan oleh suami. Alhamdulillah keluarga pun turut membantu. Mereka sangat bersyukur saya dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Asuransi Kesehatan Terbaik, Agar Saat Sakit Tak Perlu Lagi Panik

Kalau diingat-ingat, kadang kok kesal juga ya? Merasa tertipu dengan produk asuransi kesehatan yang ditawarkan. Tapi bagaimana pun dari sanalah kami belajar bahwa memang harus pintar-pintar dalam memilih produk asuransi. Pastikan tidak salah memilih asuransi, terutama asuransi kesehatan. Berikut beberapa tips dalam memilih asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, disimak yuk!

Pilih Asuransi Kesehatan yang Sesuai dengan Kebutuhan

Hal utama yang harus dipikirkan ketika memilih asuransi kesehatan tentunya adalah dengan memahami apa yang menjadi kebutuhan kita. Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian kita akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari asuransi tersebut. Jadi, pastikan untuk selalu mempelajari informasi yang tertera di produk informasi secara lengkap ya.

Cari Tahu Tentang Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Agar tidak salah pilih seperti kejadian saya di atas, maka kita harus mencari tahu tentang kredibilitas perusahaan asuransi itu sendiri. Pastikan kita mengikuti perusahaan asuransi yang sudah jelas terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hal ini untuk mencegah terjadinya penipuan, hilangnya uang yang sudah disetorkan dan lainnya. Kita bisa mencari tahu dengan berkonsultasi pada jasa pihak ketiga, bertanya pada saudara/keluarga yang sudah paham tentang asuransi dan mempelajarinya sendiri melalui berbagai informasi di internet.

Misalnya nih saya, tertarik dengan Mega Hospital Investa, asuransi kesehatan dari PFI Mega Life. Dimana saya memilih produk tersebut, karena berasal dari perusahaan asuransi PFI Mega Life yang sudah dikenal sebagai salah satu asuransi terbaik di Indonesia, yang tentu saja sudah terdaftar di OJK.

Pelajari Produk Asuransi dan Pilih Besaran Premi sesuai Anggaran yang Ada

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam memilih asuransi adalah soal anggaran. Pastikan premi yang dibayarkan sudah disesuaikan dengan anggaran yang ada. Jangan sampai kita merasa berat dalam membayar premi karena harus mengganggu kondisi keuangan. Kalau sudah demikian, pos-pos pengeluaran lainnya seperti biaya sekolah dll bisa berantakan.

Sebaiknya hitung atau lakukan dulu simulasi, sebelum mengambil keputusan untuk mengikuti asuransi kesehatan. Pertimbangkan segala hal, apakah premi akan dibayarkan secara bulanan atau tahunan. Misalnya besaran premi pada asuransi Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life bisa dilihat pada tabel berikut.

asuransi kesehatan terbaik

asuransi kesehatan terbaik

Informasi besarnya pembayaran premi baik bulanan maupun tahunan di atas, dapat digunakan sebagai simulasi saat ingin menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Teman-teman bisa mendiskusikannya bersama pasangan (suami/istri), perihal plan mana yang akan dipilih, beserta cara pembayarannya (bulanan/tahunan).

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Dari penjelasan di atas, bisakah teman-teman menarik kesimpulan, kira-kira apa manfaat memiliki asuransi kesehatan? Singkatnya sih bisa dilihat dari judul postingan ini. Asuransi Kesehatan Terbaik, Agar Saat Sakit Tak Perlu Lagi Panik. Ya, semua orang umumnya akan panik ketika jatuh sakit. Baik dirinya sendiri yang mengalami, maupun keluarga terdekat. Seorang ibu, akan panik saat anaknya dalam kondisi tidak sehat. Demikian pula seorang anak, tentu akan berusaha sebaik mungkin memberikan layanan pengobatan terbaik ketika orangtuanya jatuh sakit.

Tapi sebagai manusia, kita tidak pernah tahu kapan kita akan terus berada dalam kondisi sehat. Bagaimana jika (amit-amit deh) kita tidak mempunyai biaya berobat di saat harus menjalani rawat inap? Atau kita didiagnosa terkena penyakit serius dan harus mendapatkan perawatan intensif, lantas anak-anak siapa yang urus? Itu adalah satu gambaran manfaat memiliki asuransi kesehatan, manfaat lainnya yaitu:

Tidak Panik dan Pusing Memikirkan Masalah Biaya Pengobatan

Asuransi kesehatan menjadikan Anda lebih siap ketika dihadapkan dengan risiko kesehatan yang tidak diinginkan. Anda dan keluarga tentunya, tidak lagi panik dan pusing memikirkan berapa besaran biaya pengobatan yang harus dikeluarkan. Karena asuransi kesehatan merupakan jaminan finansial bagi kehidupan seseorang ke depannya.

Tidak Perlu Khawatir Membuat Repot Keluarga

Saat memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak perlu lagi memikirkan banyak hal saat jatuh sakit. Termasuk juga kepikiran karena harus merepotkan keluarga. Mengapa? Sebab asuransi kesehatan akan menanggung biaya pengobatan saat Anda sakit, sehingga Anda tidak akan merepotkan keluarga dengan misalnya sampai harus meminjam uang mereka untuk membayar biaya pengobatan.

Satu Produk dengan Manfaat yang Lengkap

asuransi kesehatan terbaik

Pelajari setiap produk asuransi kesehatan yang ada. Setidaknya Anda harus tahu apa saja yang bisa didapatkan dari produk tersebut. Tapi umumnya sih asuransi kesehatan memang memberikan manfaat yang sangat lengkap. Misalnya Mega Hospital Investa, dimana pada website PFI Mega Life bisa kita lihat bahwa produk asuransi kesehatan ini memberikan manfaat santunan harian rawat inap, no claim bonus, serta santunan meninggal dunia. Maksud dari santunan meninggal dunia adalah ketika tertanggung meninggal dunia pada periode asuransi dimana penyebabnya tidak termasuk dalam pengecualian polis asuransi, maka ia akan mendapatkan santunan. Besar santunan meninggal dunia ini tentunya akan disesuaikan dengan plan yang dipilih sejak awal.

Ternyata ya teman-teman, kita memang butuh yang namanya asuransi kesehatan. Kalau saat ini kita memiliki kelapangan untuk urusan dana, belum tentu besok-besok demikian juga. Nah, dengan asuransi kesehatan setidaknya kita memiliki jaminan, bukan?

Ada yang punya cerita menarik juga seputar asuransi kesehatan, lebih khusus lagi asuransi rawat inap? Cerita dong di kolom komentar~

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

44 Comments

  • leli 1 October 2019 at 12:57 pm

    Dulu aku menyepelekan asuransi, skrg makin melek. karena ternyata penting

    Reply
  • Joe Candra 5 October 2019 at 1:05 pm

    Kesehatan bagi keluarga memang penting ya kak, demi tumbuh kembang keluarga yang bahagia hehehhe

    Reply
  • Mugniar 7 October 2019 at 2:18 pm

    Memang penting ya memiliki asuransi. Mungkin agak ribet proses administrasinya tapi memudahkan sebenarnya.

    Reply
  • nurulrahma 8 October 2019 at 8:35 am

    Mba Andy, Alhamdulillah sekarang udah bersih TBC kan ya?
    Segala puja bagi Allah.
    Iya nih, semua kudu banget punya asuransi yaaa

    Reply
  • Dyah Ummu AuRa (Author RoemahAuRa) 8 October 2019 at 11:37 am

    Kami sudah ikut asuransi, ada suka dukanya sih. Lebih ke asuransi investasi sih. Kalau kesehatan masih ada dari kantornya suami.

    Reply
  • bunda sugi 8 October 2019 at 5:36 pm

    Asuransi kesehatan itu memang perlu ya. Minimal bisa mengcover saat terjadi sesuatu yang urgent

    Reply
  • Icha Marina Elliza 8 October 2019 at 8:23 pm

    Haha, aku kecolongan kak..

    Di saat kami dan anak pertama saja yang punya perlindungan asuransi, ternyata anak ke 3 yang gak Pake asuransi yang akhirnya masuk rs.

    Hanya 1 malam 2 hari, langsung keluar 4 juta.
    enak juga tidur di hotel ya.. haha

    Reply
  • Selvijua 8 October 2019 at 10:18 pm

    Nah ini nih bisa jadi bahan masukan untuk aku dan keluarga ingin menjadi nasabah asuransi kesehatan, karena tentunya masih ragu mana yang terbaik.

    Reply
  • Bambang Irwanto 9 October 2019 at 8:04 am

    Soal asuransi, termasuk asuransi kesehatan memang sangat penting ya, Mbak. Istilahnya sedia payung sebelum hujan. Jadi kapan sakit, sudah tidak was-was lagi. Apalagi sekarang sudah banyak asuransi yang bisa disesuaikan dengan kita, termasuk soal preminya.

    Reply
  • Vivi 9 October 2019 at 9:46 am

    Satu2nya asuransi yg dimiliki klrg kami adalah BPJS.
    Saya sndr punya lebih dari satu kali pengalaman jelek dgn asuransi.
    Jadi yaaa gitu de…

    Reply
  • Dian Restu Agustina 9 October 2019 at 2:40 pm

    Setuju, asuransi kesehatan penting sekali. Sebagai proteksi kita jika ada gangguan kesehatan yang di luar rencana. Kalau aku ngikut asuransi kesehatan dari kantor suami, mbak. Dan sangat terbantu karenanya.

    Reply
  • Hanifa Rodjak 9 October 2019 at 4:03 pm

    Asuransi salah satu kebutuhan yg wajib dimiliki apalagi yg sudah berkeluarga dan punya anak. Semoga kita semua selalu sehat yaaa

    Reply
  • Erfano 9 October 2019 at 8:30 pm

    Aku tahun 2000an ditawari asuransi oleh orangtua muridku. Tapi karena belum merasa penting, aku abaikan. Sekarang makin mengerti pentingnya asuransi.

    Reply
  • Malica Ahmad 9 October 2019 at 11:11 pm

    Aku pernah mengalami ketakutan memiliki asuransi yang bikin ribet nih mbak. Sampai skrg juga sama masih agak ragu. Nah, tapi hbis baca tulisan mbak ini memang ads benarnya. Kita nggak bisa prediksi kesehatan ya, plus soal ekonomi juga. Tapi klo udah memilih asuransi yang tepat bisa jadi solusi yang pas gitu. Thanks sharingnya mbak. Sangat bermanfaat banget

    Reply
  • Ilham Sadli 9 October 2019 at 11:12 pm

    Semakin kesini, memang asurnasi menjadi sebuah kebutuhan khusus. Karena manfaatnya ternyata jika diulas secara detail akan sangat banyak

    Reply
  • Uut 9 October 2019 at 11:27 pm

    Terkadang orang kalau sudah ngerasain sakit baru tau penting nya asuransi ,yang sehat masih nyepeleiin ,termasuk aku dulu 😁

    Reply
  • Fathiyah 9 October 2019 at 11:38 pm

    Iyess bener banget mba.. asuransi itu penting. Dan aku pribadi ngerasain bgt manfaatnya.

    Skrg aku lg cari asuransi utk ortu aku. Sepertinya ini bisa membantu… thx ya kak

    Reply
  • suga tangguh 10 October 2019 at 8:28 am

    Pentingnya asuransi kesehatan itu akan terlihat nyata saat dibutuhkan. So, asuransikan kesehatan kita sebagai langkah proteksi diri

    Reply
  • Hida 10 October 2019 at 8:40 am

    Asuransi kesehatan saat ini menjadi sebuah kebutaan prioritas yac mom, karena kesehatan yang itu penting. Proteksi keluarga dengan proteksi kesehatan keluarga melalui asuransi kesehatan yang terjangkau oleh masyarakat.

    Reply
  • Ida Raihan 10 October 2019 at 8:41 am

    Asuransi memang sangat penting ya Mbak. Dan sekarang sudah bnayak kemudahan bagi masyarakat untuj mmeilih asuransi, karena semakin banyak layanannya. Thanks Mbak untuk sharingnya.

    Reply
  • Belgie 10 October 2019 at 10:12 am

    Aku udah merasakan bgt nih pakai asuransi, disaat butuh lsng bs dipakai, dulu pas bayar2nya males bgt memgeluarkan uang tiap bulan, hehehe

    Reply
  • Achmad Humaidy 14 October 2019 at 12:12 pm

    Katanya sih asuransi rawat inap yang bagus itu dari Prudential. Ini jadi rekomendasi dari dokter yang pernah menjadi nasabah prioritas aku.

    Cuma sekarang semakin banyak asuransi yang bermunculan. Tinggal bagaimana kita melihat proses administrasinya saja yang anti ribet saat mau pengajuan klaim dll.

    Reply
  • Desy Yusnita 15 October 2019 at 8:21 am

    Jadi penting ya sebenernya asuransi itu? Aku terus terang ngga pakai asuransi nih.

    Reply
  • Pertiwi Yuliana 19 October 2019 at 8:48 pm

    Ngomongin asuransi kadang buatku sendiri masih ngawang banget. Tapi makin ke sini makin banyak ketemu sama orang yang ngasih ilmu ini itu jadi beneran tau bahwa asuransi itu penting. Apalagi asuransi kesehatan. Alhamdulillah sekarang banyak penyedia jasa asuransi yang cukup “terang” buat awam kayak aku gini~

    Reply
  • Farida Pane 19 October 2019 at 9:29 pm

    Asuransi kesehatan memang macem2 ya, ketentuannya. Jadi kudu teliti saat memilih paketnya

    Reply
  • Kesih latief 20 October 2019 at 12:09 am

    Sekarang asuransi SDH menjd kebutuhan primer sprt nya, beda dgn dl ya. Beragam jenis asuransi bs d dapat dgn harga premi yg terjangkau. Namun iya ttp haus teliti dan bijak dlm memilih dan membeli sebuah asuransi terlebih buat keluarga tercinta. FYI terimakasih info nya kak ..

    Reply
  • artha 20 October 2019 at 10:40 am

    asuransi kesehatan adalah yg utama. kan kita juga gak mau sakit, tapi penyakit bs saja tiba-tiba datang. namanya bencana siapa yg tahu kan ya

    Reply
  • ophi ziadah 21 October 2019 at 10:18 am

    asuransi memang baru terasa manfaatnya saat claim
    tapi sedia payung sebelum hujan penting bangeeet

    Reply
  • Turis Cantik 21 October 2019 at 11:43 am

    Asuransi memang kebutuhan penting, apalagi kl kita tipe yang gampang sakit sakitan.

    Reply
  • Titis Ayuningsih 21 October 2019 at 3:44 pm

    Benar banget mbak, asuransi kesehatan juga sangat diperlukan banget . Jaga2 kalau sakit, semoga sehat selalu yaaa

    Reply
  • Irena Faisal 22 October 2019 at 9:50 am

    Asuransi yang terpenting buatku adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kalau ada uang lebih sekalian asuransi pendidikan hehehe

    Reply
  • Visya Al Biruni 26 October 2019 at 7:19 am

    Hihi aku jadi sebel Sama perusahaan asuransi yang menolak klaim mba Andy. Padahal jelas jelas sudah membayar yaa mbaa, insya Allah ada hikmah yang bisa diambil yaa mbaa. Indeed, kudu jeli banget memilih asuransi dan tentunya sesuai kebutuhan

    Reply
  • Afifah Mazaya 26 October 2019 at 5:55 pm

    Nggak mau panik ketika sakit, tapi lebih ingin nggak sakit. Buat nyari proteksi, aku masih mau nyari lebih jauh lagi soal banyak hal, nih, Mbak.

    Reply
  • Alia 27 October 2019 at 1:44 pm

    Asuransi kesehatan penting banget, klo aku dari kantor suami

    Reply
  • Liswanti 31 October 2019 at 1:03 am

    Makin banyak asuransi yang bisa menjadi pilihan ya mba. Karena asuransi itu penting banget

    Reply
  • Eni Martini 31 October 2019 at 6:34 am

    Meski semua orang berharap sehat, tapi penting juga ya prepare jika terkena musibah sakit. Salah satunya punya asuransi ini

    Reply
  • Handayat 17 November 2019 at 7:34 pm

    Wah, kalau baca ginian jadi takut gitu, soalnya gaya hidupku gak sehat-sehat amat, aku cuman bisa berdoa dan mulai mengubah gaya hidup, semoga aku selalu diberikan kesehatan. Dan mbaknya juga, semoga diberikan kesehatan terus ya☺️

    Reply
  • Irena Faisal 19 November 2019 at 7:20 am

    Kalau ngga salah asuransi Mega ini easy to claimed ya mbak, tinggal swipe kartu asuransinya gitu… dulu aku pernah ditawari asuransi ini

    Reply
  • Julia 20 November 2019 at 5:39 pm

    Harus bijak dan cermat memilih asuransi, karena saat ini sangat banyak penawarannya.

    Reply
  • Keke Naima 23 November 2019 at 1:33 pm

    Saya pernah menggunakan asuransi kesehatan saat anak sakit. Memang harus bijak saat memilih supaya kitanya jadi terbantu

    Reply
  • Damar Aisyah 23 November 2019 at 1:49 pm

    Kebetulan aku lagi nyari side asuransi buat pendamping BPJS.Dan kayaknya aku minat nih, karena preminya mayan bersahabat.

    Reply
  • Reni 23 November 2019 at 4:28 pm

    Asuransi itu penting ya buat jaga-jaga, sedia payung sebelum hujan.

    Reply
  • Dian Restu Agustina 27 November 2019 at 8:37 pm

    Aku punya asuransi kesehatan dua , Mbak. Satu tanggungan kantor suami – menujuk ke RS termaksud baik untuk rawat jalan/inap, atau ke RS lain jika darurat, nanti bisa di reimburse pembayaran. Dan BPJS, yang belum pernah kami pakai.
    Asuransi penting bagiku karena menjadi proteksi bagi diri jika terjadi hal di luar rencana kita

    Reply
  • Syaiful BS 3 December 2019 at 7:56 pm

    Wah ada lagi nih rekomendasi asurasi yang bagus. Terima kasih yaa kak infonya 🙂

    Reply

Leave a Reply to Irena Faisal Cancel Reply