Setahun Berlalu, KBA Dasan Cermen Buktikan Diri Jadi Nomor Satu

kba dasan cermen

Setahun Berlalu, KBA Dasan Cermen Buktikan Diri Jadi Nomor Satu. Sejumlah foto yang sempat saya abadikan di ponsel pintar itu beberapa mulai saya hapus. Catatan kala wawancara singkat setahun yang lalu dengan Bu Henny, Lurah sekaligus Ketua KBA Dasan Cermen, entah di mana keberadaannya. Tapi penjelasan tentang satu-satunya kampung di NTB yang terpilih sebagai Kampung Berseri Astra tersebut masih lekat dalam ingatan. Akhir tahun 2018 saya putuskan untuk tidak menyelesaikan tulisan yang sudah mulai. Tentang apa lagi kalau bukan tentang inspirasi dari KBA Dasan Cermen. Nyali saya ciut seketika, melihat bagaimana asri dan nyamannya kampung-kampung di kota lain yang diceritakan di postingan blog teman-teman saya. Dasan Cermen rasanya tidak ada apa-apanya kala itu.

Akhir Oktober 2019 saat saya berada di Makassar, datanglah ajakan dari seorang teman. Olehnya saya diajak mengikuti roadshow Astra ke sejumlah kampung binaan yang disebut sebagai Kampung Berseri Astra (KBA). Mataram, dalam hal ini diwakili oleh satu-satunya KBA di sana yakni Dasan Cermen terpilih sebagai salah satu lokasi roadshow. Segera saya iyakan ajakan tersebut, meski berkali-kali ada keraguan di sana. Saya ingin ikut serta karena yakin lewat roadshow tersebut akan ada banyak hal yang bisa saya ketahui. Tapi untuk apa lagi saya ke sana? Bukankah sebelumnya saya sudah pernah berkunjung dan jujur saja tidak puas dengan apa yang telah diceritakan, juga dengan apa yang telah saya lihat? Ah jangan-jangan bagusnya hanya saat ada ceremony seperti roadshow begini?

kba dasan cermen

Perempuan berseragam dinas tersebut duduk di hadapan saya, kami berbincang. Meski sudah sore dan terlihat sekali raut wajah lelahnya, masih disempatkannya untuk menjawab beberapa pertanyaan yang saya ajukan. Akhir Desember 2018 lalu menjadi perjumpaan pertama saya dengan Ibu Henny Suyasih. Lurah sekaligus Ketua KBA Dasan Cermen. Beliau menjelaskan bagaimana besarnya kontribusi sosial berkelanjutan dari Astra selama ini pada kampungnya. Namun sayangnya, peran pemuda di sana masih kurang. Salah satu bukti nyatanya adalah peran rangkap yang diembannya: lurah sekaligus ketua KBA. “Harusnya kan jangan saya yang jadi ketua, mau saya sih pemuda kampung sini saja”, jelasnya. Selain enggannya para pemuda terlibat langsung, masih kurang pula kepedulian akan kebersihan kampung. Sepintas kampung ini memang terlihat bersih, tapi jika diperhatikan lagi ada beberapa bagian yang masih kotor.

Baca Juga: YDBA Kembangkan Program Sektor Unggulan UKM Kuliner di Mataram

Dasan Cermen adalah sebenar-benarnya kampung, dengan rumah berhimpit dan lorong-lorong sempit. Bukan daerah perbukitan apalagi gunung, bukan pula daerah pantai. Ada sungai kecil, tapi ah…sejernih apa sih? Kuliner khasnya? Secara umum pasti sama dengan kuliner di kampung-kampung lain di Lombok. Di luar itu di sepanjang jalan masuk menuju kampung, Dasan Cermen memang jauh lebih bersih dari daerah lain di Lombok. Peran Astra lewat beasiswa pendidikannya pun telah menambah semangat belajar anak-anak usia sekolah di sini.

kba dasan cermen

Kembali Berkunjung ke KBA Dasan Cermen

14 November 2019, untuk kedua kalinya saya kembali mengunjungi kampung ini. Bersama dengan tim Astra, Perhumas, serta sejumlah media dan blogger, kami melakukan tour keliling Dasan Cermen. Benar saja, saya jadi lebih tahu banyak hal lewat perjalanan tersebut. Saya dan teman-teman sangat menikmati perjalanan dari satu titik ke titik yang lain, mendengarkan penjelasan dari setiap fasilitator di sana, hingga lupa mendokumentasikannya! Yang terakhir itu kesalahan pribadi saya, ada sih beberapa foto, tapi tidak banyak. Dan ya, KBA Dasan Cermen yang sekarang sudah jauh lebih baik dari yang saya lihat dulu, setahun yang lalu.

Baca Juga: Green Yard School, Ajak Para Orangtua Menjadi Lebih Cerdas dengan Hypnoparenting

Seperti yang kita ketahui Kampung Berseri Astra (KBA) ini merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan dari Astra. Dimana kontribusi tersebut diimplementasikan pada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program. Adapun pilar yang dimaksud yaitu: Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan.

Pilar Kesehatan KBA Dasan Cermen

Adapun yang menjadi fokus dari pilar kesehatan di Dasan Cermen ini ada enam poin. Enam poin tersebut yaitu perihal Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemberian bantuan untuk balita gizi kurang, posyandu, posyandu remaja, serta Kegiatan Senam Jantung Sehat. Keenam poin itu difokuskan bukan tanpa alasan, salah satunya mengingat masih kurangnya perhatian pada balita yang mengalami gizi kurang. Juga masih sulitnya perekrutan kader-kader posyandu, sehingga menjadikan masalah kesehatan ini tidak boleh dipandang sebelah mata.

Pilar Pendidikan KBA Dasan Cermen

Tujuan pertama kunjungan perjalanan keliling kampung kami pagi itu yaitu PAUD Edelweis. Dimana wujud pilar pendidikan ini dapat kita lihat dari berdirinya PAUD Edelweis. PAUD yang didirikan sejak tahun 2011 tersebut mulai bermitra dengan Astra sejak tahun 2016. Kemudian mulai tahun 2018, PAUD Edelweis berkembang menjadi PAUD dengan konsep Holistic Integratif. Dimana di dalamnya diajarkan 6 aspek dasar terkait: motorik, sosial emosional, moral agama, bahasa, seni budaya, dan kognitif. Menariknya, di samping bantuan dana dari Astra, PAUD ini juga terintegrasi dengan pengasuhan pelayanan gizi dan kesehatan.

Tidak hanya mendukung berkembangnya PAUD yang telah lama berdiri di Dasan Cermen, KBA juga mengangkat seni budaya lokal. Seni tersebut dipelajari dan dilestarikan dengan harapan generasi muda tidak lupa akan apa yang telah menjadi kekayaan budaya di sana. Beberapa seni budaya setempat yang dilestarikan, yaitu: Tari Beriuk Tinjal, Peresean, Gendang Beleq, dan masih banyak lagi.

kba dasan cermen

Bersama para peserta roadshow KBA Dasan Cermen

Pilar Lingkungan KBA Dasan Cermen

Selanjutnya yang menjadi pilar ketiga adalah Pilar Lingkungan. Adapun sejumlah program yang berjalanan melalui pilar ini yaitu: Bank Sampah “Cinta Bersih”, Pengelolaan Limbah Plastik menjadi Kerajinan, Wisata Edukatif, Beriuk Mancing, serta Pengolahan Kompos. Dari pilar ini, kita bisa melihat betul bagaimana perubahan yang terjadi di KBA Dasan Cermen. Meski belum bersih total, namun sedikit demi sedikit warga kampung sudah mulai membiasakan diri mencintai lingkungan. Tidak usah jauh-jauh, dari hal yang terkecil saja dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Baik itu lingkungan rumah, jalanan kampung, hingga sungai.

kba dasan cermen

Pilar Kewirausahaan KBA Dasan Cermen

Pilar terakhir yang tidak kalah penting yaitu Pilar Kewirausahaan. Adapun poin-poin programnya yaitu: pengembangan wisata edukatif dan Koperasi Ekonomi Pertanian (KEP) Beriuk Maju. Jika dulunya lahan di sana hanya digunakan untuk beternak, maka kini KBA Dasan Cermen telah menjadi tujuan eduwisata. Pengunjung dengan beragam usia pun mulai berdatangan, mulai dari usia PAUD hingga Perguruan Tinggi.

kba dasan cermen

Selanjutnya, jika dulunya Koperasi Ekonomi Pertanian (KEP) Beriuk Maju hanya digunakan sebagai tempat menabung. Maka kini selain digunakan sebagai tempat menabung, juga sebagai tempat pemasaran aneka produk olahan mereka yang kemudian dijual sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Menariknya lagi, saat ke sana kami sudah tidak direpotkan lagi dengan pembayaran menggunakan uang tunai. Ya, seiring berkembangnya dunia digital, KEP Beriuk Maju pun melayani semua metode pembayaran digital. Baik OVO, Gopay, LinkAja, DANA, dan lainnya. Komplit ya!

Setahun Berlalu, KBA Dasan Cermen Buktikan Diri Jadi Nomor Satu

Hari itu saya dibuat berdecak kagum pada sebuah kampung yang setahun lalu saya anggap biasa saja. Tidak ada apa-apanya dibanding Kampung Berseri Astra lainnya di luar sana. Dasan Cermen kita menjadi kampung yang berkembang luar biasa. Kampung yang masyarakatnya telah hidup mandiri, terus bersinergi hingga menjadi masyarakat yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif. Tidak sampai di situ, beberapa hari setelah kegiatan roadshow yang kami ikuti. Linimasa mengabarkan bahwa KBA Dasan Cermen menjadi Juara Satu pada kompetisi KBANNOVATION 2019. Ya, kampung yang saya anggap biasa saja itu membuktikan diri jadi nomor satu, diantara seluruh kampung binaan Astra!

kba dasan cermen

sumber: @kbamataram

Betapa luar biasa, bukan? Maka belajarlah dari KBA Dasan Cermen, yang bisa secepat itu berbenah.

Maka janganlah seperti saya, yang buru-buru menyimpulkan dengan mata sebelah. Ah, hingga kini rasa malu itu masih ada.


#KitaSATUIndonesia
#IndonesiaBicaraBaik
#NTBBicaraBaik
#LFAAPA2019MATARAM

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

46 Comments

  • Andrew Pradana 2 January 2020 at 2:35 pm

    Memang KBA yang bagus itu sudah memiliki beberapa pilar ya mba. Di Pekanbaru ada juga KBA Indah madani yang hampir-hampir serupa mba

    Reply
    • artha 20 February 2020 at 7:27 am

      keren! dalam waktu setahun langsung ada perubahan yg cukup pesat. eh itu koperasinya bahkan pakai nontunai. keren deh

      Reply
  • NurulRahma 2 January 2020 at 3:05 pm

    Pilar kewirausahaan, lingkungan, dan lain lain betul2 dikelola dgn semangat memajukan Indonesia.
    Bravo ASTRA dan Bravo seluruh punggawa KBA Dasan Cemen 😀
    GREAT JOB!!!

    Reply
  • Ida Raihan 2 January 2020 at 4:21 pm

    Kegiatannya mantul Kak. Membangun masyarakatnya untuk makin peduli, kreatif, dan mencintai budaya. Hal semacam ini patut diberlakukan di semua wilayah saya rasa. Kegiatan yang sangat positif.

    Reply
  • ginanelwan 2 January 2020 at 4:56 pm

    Wow, kalau saya kemarin diundang ke KBA Rawajati Jakarta. Hanpir sama ya kegiatannya. Semoga sukses selalu ya

    Reply
  • YSalma 2 January 2020 at 5:00 pm

    Bisa menyaksikan perubahan Dasan Cermen dalam setahun melalui KBA, semakin membuat yakin bahwa pembinaan yg baik sangat bisa membawa perubahan pada perkampungan ya mba.
    Selamat KBA Dasan Cermen, semoga dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

    Reply
  • Farida Pane 2 January 2020 at 6:01 pm

    Keren banget ya bisa jadi nomor satu. Memang semua itu butuh proses

    Reply
  • Farida Pane 2 January 2020 at 6:01 pm

    Keren banget ya bisa jadi nomor satu. Memang semua itu butuh proses

    Reply
  • Diah Woro Susanti 2 January 2020 at 9:31 pm

    Suka banget sama program Astra yang memajukan masyarakat kaya gini. Semoga makin banyak desa desa yang mendapat giliran aamiin

    Reply
  • Nurul Sufitri 2 January 2020 at 10:12 pm

    Beberapa pilar yang dikembangkan di Dasan Cermen ini mencerminkan masyarakatnya memiliki keinginan untuk lebih maju dan bahagia. Lingkungan besih, pendidikan semakin bagus, taraf perekonomian rakyat juga makin baik, apalagi adanya koperasi yg turut membantu ya mbak 😊

    Reply
  • Fionaz isza 3 January 2020 at 12:28 am

    Kegiatan nya keren2 kak, emang kampung binaan Astra selalu keren deh inovasinya

    Reply
  • Maria G Soemitro 3 January 2020 at 12:33 am

    Wah KBA dampingan Astra sukses di Makasar ya?
    Semoga di tempat lain juga ..
    Karena banyak banget problem timbul yang merintangi

    Reply
    • Maria G Soemitro 3 January 2020 at 12:36 am

      Eh koreksi, maksudnya Mataram
      Makasar kan tempat Andy sekarang

      Reply
  • Melina Sekarsari 3 January 2020 at 2:57 am

    Oh, KBA itu Kampung Binaan Astra toh maksudnya? Dari tadi aku mikir apaaa itu KBA, hahaha … Baru tahu lho ada program seperti ini. Kegiatan dan tujuannya baik sekali ya, Mbak, untuk memaksimalkan potensi suatu daerah. Apalagi kalau di daerah tersebut potensinya bagus, tapi SDM belum maksimal dalam mengelolanya.

    Ini tuh bagian dari CSR programnya Astra gitu ya, Mbak?

    Reply
  • Dian 3 January 2020 at 8:01 am

    Keren kba nya,,
    Smg tetap aktif dan bagus ya..
    Nyaman lihat kampung spt ini

    Reply
  • Aprilia 3 January 2020 at 8:53 am

    Wah, keren sekali. Programnya bagus ya, Mbak. Jadi bisa mengiptimalkan SDM yang ada.

    Reply
  • Hanila PendarBintang 3 January 2020 at 9:33 am

    Wah…ini salah satu program Astra yg di iklan2 itu ya Mbak Andi, brand-brand skrg emang tingkat awarenessnya jempolan terhadap society.

    Reply
  • Nurhilmiyah 3 January 2020 at 9:34 am

    Kampung Berseri Astra Dasan Cermen ya, asri dan banyaak program yg kreatif. Salut liat para penggeraknya ya… Applaus juga buat PT. Astra yg CSR nya inovatif, kreatif dan berdaya guna bagi masyarakat.

    Reply
  • Kartika 3 January 2020 at 1:28 pm

    Programnya mantul ya kak. Memberdayakan desa-desa agar lebih maju dan berdikari. Kalau semua desa bisa dibantu seperti ini, bakal keren banget ya. Asalkan SDMnya mau juga berubah.

    Reply
  • Sumiyati Sapriasih 4 January 2020 at 12:51 pm

    Programnya dapat memberdayakan desa-desa. Semoga Sdm nya bisa berubah ya … Agar lebih maju lagi

    Reply
  • Rita Asmaraningsih 4 January 2020 at 10:47 pm

    Salut banget dengan program seperti ini yang bisa mengangkat eksistensi sebuah kampung menjadi berdaya dan maju seperti ini..

    Reply
  • Siska Dwyta 6 January 2020 at 1:45 pm

    Kampung yang termasuk binaan Astra dan sempat dianggap biasa-biasa saja nih ternyata mampu meraih penghargaan #KBAInovation tahun 2019. Keren euyy , cepat sekali melejitnya. Bisa jadi contoh nih bagi KBA lainnya.

    Reply
  • Rafahlevi 6 January 2020 at 2:53 pm

    Waww… kak Andy keren sekali😍 jujur aku baru baca blognya. Ini sih Suhu, sudah 18 tahun ngeblog.. mantap👏👏 betewe aku sempet bingung KBA itu apa, makin kebawah makin ngerti. Best sekali kampung Dasa Cermen. Bisa jadi inspiratif untuk kampung-kampung lainnya di negeri ini.

    Reply
  • Dian Restu Agustina 7 January 2020 at 10:57 pm

    Wah, salut buat KBA Dasan Cermen yang berhasil berbenah dan mendapatkan KBANNOVATION 2019. Semangat masyarakatnya untuk maju membuat mereka bisa menjadi nomor satu. Berkat dukungan dari Astra dan berbagai pihak terkait juga. Hebat!

    Reply
  • April Hamsa 17 February 2020 at 4:32 pm

    Wah keren dari yang semula biasa aja gak terlalu peduli ma lingkungan, warganya berbenah dan sekarang dapat penghargaan ya mbak?
    Alhamdulillah juga di sana sekarang ada PAUD yang bagus buat anak2 belajar ya?
    Kalau yang kerjasama dengan Astra gini berarti ada semacam pendanaan atau bantuan gtu kah mak dari Astra?

    Reply
  • Rina Susanti 17 February 2020 at 10:26 pm

    Astra konsisten ya dengan program KBA nya semoga makin menyebar ke pelosok Indonesia …makin banyak desa produktif

    Reply
  • Nchie Hanie 18 February 2020 at 1:12 am

    Holaaa Andy, pa kabaar?
    Semoga sehat selalu yaa.

    Wakin asik nih kegiatannya, apalagi di acara ini, kusuka banget dengan program yang berjalanan melalui pilar seperti Bank Sampah “Cinta Bersih”, Pengelolaan Limbah Plastik menjadi Kerajinan, Wisata Edukatif, Beriuk Mancing, serta Pengolahan Kompos.

    Kereen bangeeeet..

    Reply
  • Larasatinesa 18 February 2020 at 9:40 am

    Astra programnya kece yah mba. Bisa membina kampung yang biasa menjadi luar biasa. Peran warganya sungguh patut diapresiasi. Alhamdulillah..

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 18 February 2020 at 12:31 pm

    Mantap nih Dasan Cermen, yang tadinya tampak kotor dan kurang partisipasi masyarakatnya, ternyata malah jadi juara 1. Tangan-tangan di balik kesuksesan KBA Dasan Cermen ini pasti luar biasa

    Reply
  • Inna Riana 18 February 2020 at 4:41 pm

    wah selamat ya buat dasan cermen yg skr membuktikan jadi nomor satu. semoga sukses terus dan menginspirasi untuk kampung yang lainnya

    Reply
  • Nathalia DP 18 February 2020 at 6:07 pm

    Wah, setahun berlalu, sekarang sudah semakin keren ya, jadi kba nomor satu pula, salut 🙂

    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai 18 February 2020 at 7:30 pm

    Program-program KBA sepertinya sellau bagus-bagus, ya. Banyak kampung yang jadi asri setelah ada KBA ini

    Reply
  • Tanti Amelia 18 February 2020 at 7:59 pm

    Beberapa pilar berhasil dikembangkan oleh Dasan Cermen ini – sehingga mencerminkan masyarakatnya memiliki keinginan untuk lebih maju dan bahagia.

    Di yogya juga pernahmengunjungi desa serupa, Lingkungan besih, pendidikan semakin bagus, taraf perekonomian rakyat juga makin baik, apalagi adanya koperasi sehingga masyarakat turut terbantu ya mbak

    Reply
  • NurulRahma 18 February 2020 at 8:37 pm

    Mantaaabbb!
    ASTRA memang total jendral dalam mengawal KBA ya.
    Kerenn, semoga bisa menginspirasi KBA lain se-Indonesia Raya

    Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas 18 February 2020 at 11:43 pm

    4 Pilar yang dijalankan ini memang keren ya, jadi kita juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar juga. Selain itu memang program Astra ini selalu juara deh

    Reply
  • Dedew 19 February 2020 at 10:45 am

    Iya tergantung para pengurus dan warga ya apakah tetap semangat berkarya walaupun tidak diliput media lagi, Alhamdulillah KBA ini berjalan terus dan tetap berkarya setelah setahun berdiri..keren!

    Reply
  • Dian Restu Agustina 19 February 2020 at 12:32 pm

    Dengan tekad kuat dan semangat KBA Dasan Cermen bisa membuktikan kalau bisa dan menjadi juara. Salut!
    Inspiring ini!

    Reply
  • Mutia Karamoy 19 February 2020 at 2:07 pm

    Inovasi Astra lewat program Kampung Berseri Astra memang bagus banget, bisa bantu mengangkat potensi kampung atau desa sehingga punya nilai ekonomi, belum lagi sumbangannya untuk turut membantu mengedukasi warga…kerenlah.

    Reply
  • Eri Udiyawati 19 February 2020 at 7:40 pm

    Astra memang keren dalam membina KBAnya. Dan luar biasa juga KBA Dasan Cermen. Dalam kurun waktu satu tahun bisa berbenah total. Menjadi juara satu itu mampu menginspirasi kampung-kampung lainnya yang mau bergerak maju. Seperti halnya pilar-pilar yang ada di Dasan Cermen, itu mungkin bisa diterapkan juga di kampung lainnya agar hidup lebih sehat, cerdas dan produktif.

    Reply
  • Nia K. Haryanto 19 February 2020 at 7:53 pm

    Selalu salut dengan program Astra di Kampung Berseri ini. Keren-keren. Memanfaatkan pemberdayaan masyarakat untuk lebih baik. Dan wow, salut sama KBA Dasan Cermen yang bisa jadi nomor 1.

    Reply
  • Niken Nawang Sari 19 February 2020 at 9:29 pm

    Kerja keras warga KBA Dasan Cermen terbayar lunas ya Mbak dengan mendapatkan juara 1. Semoga semakin menginspirasi KBA lainnya untuk terus berjuang.

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani 19 February 2020 at 11:51 pm

    Mantap deh, program Astra dari tahun ke tahun, Semoga programnya bisa dirasakan dan bemanfaat bagi msyarakat luas

    Reply
  • Siti Hairul 19 February 2020 at 11:55 pm

    Astra konsisten ya dengan pembinaan desa binaannya. Peduli dengan pembangunan berbasis masyarakat. Keren

    Reply
  • Lina W. Sasmita 20 February 2020 at 12:11 am

    KBA itu efektif buat pengembangan usaha-usaha kecil dan menengah jadi masyarakat cukup terbantu dengan adanya program ini.

    Reply
  • Helena 20 February 2020 at 3:36 am

    Yay, selamat yaa KBA Dasan Cermen menjadi Juara satu di kompetisi KBANNOVATION 2019! Ini berarti kompetisi se-Indonesia?

    salut deh baca tiap kisah KBA. Sebenarnya masyarakat mau maju tapi perlu penggerak dan program-program untuk dijalankan. Gitu kali ya. Dengan KBA, mereka bisa berdikari dan mendapat banyak pengetahuan untuk kampungnya.

    Reply
  • Wiwied Widya 20 February 2020 at 8:46 am

    Emang kudu ada stimulus yang kuat ya, biar orang2 kampung bisa tergugah untuk mengembangkan kampungnya sendiri. Mudah2an makin banyak kampung lain yang bisa tersentuh astra.

    Reply

Leave a Comment