Berkunjung ke Wisata Telaga Warna Puncak

telaga warna puncak

sumber: liburanih.com/telaga-warna-puncak/

Berkunjung ke Wisata Telaga Warna Puncak. Jika kamu sedang berada di Bogor tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata yang ada di sana. Ada beberapa rekomendasi wisata di Bogor yang wajib anda datangi salah satunya wisata Telaga Warna Puncak. Seperti diketahui, puncak merupakan tempat wisata yang menjadi incaran banyak wisatawan lokal maupun luar kota. Telaga Warna Puncak ini memiliki pemandangan yang eksotis dan tentunya sejuk karena berada di kawasan puncak. Berada di dataran tinggi, daya tarik utama dari tempat ini adalah warna telaga -nya yang bisa berubah-ubah.

Berkunjung ke Wisata Telaga Warna Puncak

Daya Tarik Telaga Warna Puncak

Wisata puncak ini menyuguhkan eksotisme alam hijau yang menyejukkan mata. Terdapat pula ragam flora dan fauna yang semakin menambah keindahannya. Salah satunya kamu bisa berinteraksi dengan hewan hewan jinak seperti kera dan lutung yang ada di sekitar telaga. Namun tetap saja daya tarik utamanya adalah warna telaga yang bisa berubah-ubah. Warna air berubah ubah menjadi berbagai gradasi warna yang cantik saat matahari terik. Gradasi ini ternyata terbuat dari pepohonan dan batu-batuan yang ada di dalam telaga.

Sejarah Telaga Warna Puncak

Wisata Telaga Warna Puncak ini memiliki sejarah yang dipercayai oleh masyarakat hingga kisahnya cukup menjadi legenda. Konon katanya dahulu hidup seorang raja dan istrinya, Prabu Surnalaya dan Ratu Purbamana. Pasangan suami istri ini telah hidup bersama sekian lama namun tidak memiliki keturunan. Lalu karena ingin memiliki anak, raja melakukan pertapaan di tengah hutan.

Setelah bertapa cukup lama akhirnya doa dan permintaan raja dikabulkan. Singkat cerita sang istri akhirnya melahirkan seorang anak perempuan yang berparas cantik. Namun ketika dewasa anak tersebut memiliki perangai yang tidak baik, tidak patuh terhadap perintah raja dan ratu. Dan suatu hari Ratu sedih karena hadiah yang diberikan pada putrinya tidak diterima. Ratu yang sedih akhirnya menangis dan air mata tangisannya berubah menjadi Telaga Warna.

Spot Foto Telaga Warna

Terdapat beberapa spot foto di Telaga Warna yang menjadikan tempat ini menarik. Kamu bisa berfoto dengan menaiki sepeda air atau berfoto di atas perahu untuk mengelilingi Telaga. Di Telaga Warna ini sering pula dijadikan sebagai tempat foto pre-wedding karena lokasinya yang memang indah.

Jika kamu berencana untuk menginap terdapat beberapa penginapan di Telaga Warna Puncak Bogor ini. Kamu bisa memilih penginapan atau hotel yang dekat lokasi wisata. Atau jika ingin merasakan sensasi berbeda bisa menyewa rumah pondok yang unik sekali bentuknya.

Harga Tiket Telaga Warna

Tiket masuk Telaga Warna Puncak sangat ramah dikantong kamu dan keluarga. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.5.000,00 jika berlibur ke sana saat weekday. Dan pada saat weekend kamu dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 7.500,00. Nah untuk wisatawan luar negeri yang datang harga tiket dibanderol cukup mahal yaitu sebesar Rp100.000,00 untuk weekday dan Rp150.000,00 untuk weekend.

Rute dan Transportasi Wisata

Lokasi wisata satu ini berada di Jalan Raya Puncak, Cianjur, Bogor. Jika kamu berkunjung dari pusat Kota Bogor, hanya perlu berkendara dengan jarak 5 km selama kurang lebih 20 menit. Lokasi bisa kamu tempuh dengan kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Atau alternatif lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan menyewa transportasi TRAC. Rental mobil TRAC membuat Anda nyaman selama di perjalanan karena TRAC telah menerapkan prosedur tambahan. Yaitu penyaringan kesehatan tambahan untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga: Hal Kecil Berdampak Besar yang Bisa Dilakukan Selama Pandemi Virus Corona

Seluruh kendaraan TRAC dibersihkan secara rutin menggunakan desinfektan saat sebelum ataupun sesudah melakukan perjalanan. Untuk pengemudi yang bertugas dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Pengemudi dipastikan tidak memiliki gejala batuk, flu, sakit tenggorokan atau gangguan pernapasan. Pengemudi juga menggunakan masker dan sarung tangan saat bertugas. Serta di setiap kendaraan TRAC disediakan hand sanitizer.

Jadi bagi kamu yang sedang berkunjung ke Bogor sangat disayangkan bila tidak mengunjungi wisata Telaga Warna Puncak ini. Apalagi wisatawan luar kota, lelah kamu akan terbayarkan setelah sampai di telaga ini. Wisata Puncak adalah yang terbaik.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

21 Comments

  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 30 July 2020 at 5:12 pm

    Aku udah 2 mau 3 tahun ini tinggal di Bogor tapi blm pernah bener2 ke Puncak hehe. Ternyata ada telaga ya di Puncak, aku malah baru tahu lho πŸ˜€
    Wow banget harga tiketnya buat wisatawan asing, untung aku warga lokal hehe πŸ˜€
    Moga pas pandemi kelar bisa eksplor Puncak dan mengunjungi telaga ini TFS πŸ˜€

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 30 July 2020 at 5:13 pm

    Aku udah 2 mau 3 tahun ini tinggal di Bogor tapi blm pernah bener2 ke Puncak hehe. Ternyata ada telaga ya di Puncak, aku malah baru tahu lho πŸ˜€
    Wow banget harga tiketnya buat wisatawan asing, untung aku warga lokal hehe πŸ˜€
    Moga pas pandemi kelar bisa eksplor Puncak dan mengunjungi telaga ini TFS πŸ˜€ .

    Reply
  • Jiah Al Jafara 30 July 2020 at 6:13 pm

    Jadi legenda Telaga Warna kaya gitu. Penasaran habis nangis dan jadi telaga tuh ceritanya kaya gimana. Btw, seru ya kalau bisa foto pas warnanya berubah

    Reply
  • Ade UFi 30 July 2020 at 6:28 pm

    Saya baru tau, Mba kalau di Puncak ada telaga warna. Dia rupanya lebih deket ke Cinajur ya. Harga tiketnya murah pula cuma 5000. Nanti kelar pandemi kesana ah.

    Reply
  • Nchie Hanie 30 July 2020 at 7:17 pm

    Telaga warna puncak emang cantik banget yaa pemandangannya, familiar banget nih, cuma belom sempet ke sana tuh.

    Itu spot potonya mau lah. Btw htmnya Murmer sekalii yaaa.

    Reply
  • NurulRahma 30 July 2020 at 7:17 pm

    Widiiih, ini bucket list banget
    Kalo pandemi udah kelar, seruuu nih main2 ke sini ya
    Kuyy!

    Reply
  • Evi 31 July 2020 at 12:00 pm

    Suasana yang dingin dan sejuk di Telaga Warna puncak ini bikin betah tinggal berlama-lama di sana. Sambil membayangkan bahwa kawasan itu adalah pusat cerita legenda tentang putri cantik berperangai jelek πŸ™‚

    Reply
  • Mugniar 31 July 2020 at 4:06 pm

    Harga tiket masuknya lima ribu rupiah saja? Wih murah banget ya.Sekarang apakah masih semurah itu?

    Reply
  • Nanik Nara 31 July 2020 at 4:49 pm

    perbandingannya jauh banget ya, 5 ribu untuk wisatawan lokal dan 100 ribu untuk turis asing

    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai 31 July 2020 at 8:20 pm

    Udah lama banget saya gak main ke sini. Kalau gak salah inget, terakhir itu zaman kuliah hehehe. Pengen lah coba balik lagi ke sini setelah pandemi

    Reply
  • Bibi Titi Teliti 1 August 2020 at 11:24 am

    Menarik juga yah mbak, sejarahnya Telaga Warna ini
    kalau corona udah kelar pengen ajakin anak2 jalan ke sana deh,
    Tiket masuknya juga murah meriah yah mbaak

    Reply
  • lendyagasshi 1 August 2020 at 3:31 pm

    Oh…gak perlu jauh-jauh ke NTB yaa…kalau mau ke Telaga Warna. Di Bogor pun ada.
    Dan legendanya selalu tentang kisah keluarga.
    Bikin sediih…. Zaman dulu pun kalau pengasuhannya kurang bener, bisa berdampak jadi perangai anak yang gak baik.

    Reply
  • Lina W. Sasmita 1 August 2020 at 8:17 pm

    Beberapa kali ke puncak tapi malah belum pernah ke Telaga Warna sama sekali. Cuma dengar doang dari sepupu. Kapan-kapan kalau ke puncak lagi jadi pengen nyempetin ah.

    Reply
  • Ruli retno 1 August 2020 at 11:12 pm

    Wah kalo transportasi pake trac jelas udah trusted banget. Dulu kantorku kerja semuanya oke pake rental mobil cup

    Reply
  • Wiwied Widya 1 August 2020 at 11:22 pm

    Aku malah jadi tertarik ama sejarah telaganya nih. itu termasuk jadi cerita rakyat di sana ya mbak?

    Reply
  • Milda Ini 1 August 2020 at 11:56 pm

    Wah, so interesting. Should we are viait it if the virus gone. We will traveling again to visit Puncak. Thanks your

    Reply
  • echaimutenan 1 August 2020 at 11:58 pm

    warnanya bisa begitu ya mak bisa berubah-ubah. tapi jadi pengen juga jalan-jalan sama keluarga pakai trac aja biar gampang ya

    Reply
  • Nunung 2 August 2020 at 12:39 am

    Eh baru tau ada Telaga Warna di puncak. Tahunya Telaga Warna adanya di Dieng. Jadi penasaran nih pengin ke sana juga

    Reply
  • Indah Nuria 2 August 2020 at 9:55 am

    Ya ampuuun mba aku iNget jaman kecil niiih Main ke Telaga Warna. Memang cantik yaa.. tapi sekarang macet ngga?

    Reply
  • Latifika Sumanti 3 August 2020 at 6:17 am

    Wuihiji, jomplang gitu harga tiket masuknya antara turis lokal dan manca ya Mba. Mungkin karena kalo dimurahin teramat murah bagi mereka karena rupiah kita lemah terhadap dolar. Make a sense harganya segitu, anggap 7 dollar ya. Mungkin bagi mereka itu murah

    Reply
  • Faradillah 6 August 2020 at 10:36 pm

    Aku pernah telaga warna pas di dieng cantik banget tempatnya yah kak

    Reply

Leave a Comment