Perempuan Beruntung itu Bernama Ju Kyung

ju kyung

Perempuan Beruntung itu Bernama Ju Kyung. Ju Kyung, tokoh perempuan utama dalam drama Korea bertajuk True Beauty yang tayang di aplikasi Viu. Ya, menurut saya,Β  perempuan beruntung itu bernama Ju Kyung. Sosok anak berusia sekolah yang akan saya ceritakan pada postingan blog ini. Tapi sebelumnya, saya ingin berbagi sedikit, tentang bagaimana akhirnya saya sampai di sini. Tiba di posisi menyukai, sesuatu yang dulu tidak saya sukai sama sekali. Segala hal tentang Korea (musik, film, termasuk juga dramanya) yang digemari oleh banyak orang, sungguh membuat saya bingung: apa menariknya? Dan pada akhirnya, masa pandemi telah mengubah banyak hal, termasuk pada diri saya sendiri. Melihat sebagian besar circle pertemanan di media sosial banyak membahas drama Korea, bahkan yang sebelumnya pernah membenci. Sukses membuat saya penasaran. Ah, saya jadi ingin menonton juga.

Bermula dari nonton dengan cara tidak benar (ngomong ilegal aja susah hahaha), ya lewat facebook, telegram, dan sejenisnya. Hingga akhirnya saya nonton drama Korea di aplikasi Viu, tempat yang mengajarkan saya menjadi seorang penonton yang baik. Penonton yang tak hanya sekadar menikmati tayangan, tetapi juga menghargai jerih payah para seniman dan mereka yang terlibat di balik sebuah karya. Percayalah, perkara nonton ilegal begini pun bisa jadi dosa. Padahal kita bisa gratis di sana, berbayar pun tak masalah. Murah!

True Beauty dan Pelajaran Kehidupan Penuh Arti

Sebagai seorang newbie tepatnya kdrama lovers angkatan Corona, tentu belum banyak judul drama Korea yang tuntas saya tonton. Terlebih lagi, saya tipikal yang kalau nonton, ya maunya segera dituntaskan. Apa itu namanya? Marathon? Jadi setidaknya, saya butuh menyisihkan satu waktu yang cukup lama, untuk menuntaskan beberapa episodenya. Hingga postingan ini saya buat, saya baru menyelesaikan 6 (enam) judul kdrama saja. Dan judul terakhir, yang beberapa waktu lalu saya tuntas tonton adalah True Beauty. Drama Korea yang saya pikir kisahnya ringan-ringan saja, berkisar pada kisah cinta remaja. Nyatanya? True Beauty berisi banyak sekali pelajaran kehidupan penuh arti.

Mengutip dari halaman about True Beauty di aplikasi Viu, tertulis di sana:

Anak-anak membencinya karena dia jelek. Dan karena beberapa alasan, orang yang dia taksir menolak cintanya dengan kejam. Berpikir untuk mengakhiri hidup, Ju Kyung berdiri di tepian atap. Saat itulah Soo Ho datang untuk menyelamatkannya. Beberapa hari kemudian, Ju Kyung melihat beberapa teknik riasan, dan dia sulit memercayai apa yang dia lihat. Di hari pertamanya sebagai murid pindahan, para murid lain terpesona dengan kecantikan Ju Kyung.

Keputusan menonton True Beauty tidak lain saya lakukan sebagai salah satu cara move on dari segala kebaperan pada peran second lead di drama Korea yang saya tonton sebelumnya. Apa tuh namanya? second lead syndrome yang gak ada abisnya? Yups, demi kembali ke kehidupan normal, saya pun menonton True Beauty yang kabarnya punya topik ringan ini. Ah, paling cuma tentang cinta-cinta monyet ala remaja gitu. Nope, saya salah besar. Tidak hanya tentang cinta ala ABG, bully di lingkungan sekolah, lebih dari itu, True Beauty ‘menyentil’ kita perihal isu parenting!

ju kyung

Perempuan Beruntung itu Bernama Ju Kyung

Apa yang terlintas di pikiran teman-teman sekalian, setelah membaca judul di atas? Saya yakin, respon pertama, tentu saja kalian bakal tidak setuju dengan apa yang saya tuliskan. Beruntung apanya? Bukankah jelas-jelas di lingkungan keluarganya, pun di luar sana, Ju Kyung merasa menjadi perempuan yang sangat tidak beruntung. Tidak tanggung-tanggung, perasaan tersebut sampai membuatnya hendak mengakhiri hidup. Sepintas memang demikian adanya, tapi saya melihat dan coba memikirkan sesuatu yang lain. Lalu berkesimpulan: perempuan beruntung itu bernama Ju Kyung. Sosok peran perempuan utama di drama Korea True Beauty yang tayang pada aplikasi Viu. Ju Kyung yang terlahir sangat berbeda, yang bertahun-tahun harus menjadi ‘orang lain’, yang menanggung segala rasa sedih serta minder tersebut bertahun-tahun. Sendirian, tanpa siapa pun yang mengerti.

πŸ’– Ju Kyung adalah Perwujudan dari Tema Hari Perempuan Internasional Tahun 2021

Usai menuntaskan episode terakhir dari True Beauty, saya belum menonton judul drama Korea lainnya lagi. Saya sudah berdamai dengan ending yang disajikan. Paling tidak, saya tidak butuh drama Korea yang lain untuk menjadi penetral semua kebaperan. Meski lagi, dan lagi, saya terkena second lead syndrome. Hahaha. Ah ya, kembali lagi, sebagai drama Korea yang baru selesai saya tonton, wajar jika kisah True Beauty masih teringat. Terlebih lagi pada tokoh perempuan utamanya, Ju Kyung. Perjuangan hidup yang dijalaninya, mengingatkan saya pada tema Hari Perempuan Internasional Tahun 2021.

Ya, 8 Maret (beberapa hari yang lalu), setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Womens Day. Tahun 2021 ini, menjadikan Choose to Challenge sebagai tema kampanyenya. Tema yang diambil sebagai bentuk bahwa kaum perempuan berani mengambil pilihan dan tantangan. Duh, temanya Ju Kyung banget kan itu? Sosok perempuan yang berani menentukan pilihan, sekaligus pada akhirnya sanggup menghadapi tantang apapun. Ia berani memilih untuk mulai menggunakan segala macam make up sebagai salah satu solusi atas masalahnya yang dihadapinya. Berani pula menunjukkan bagaimana dirinya yang sebenarnya. Meski tantangan rasanya gak ada habisnya, nyatanya Ju Kyung berhasil menghadapi itu semua. Ju Kyung adalah perempuan beruntung, dialah True Beauty itu.

πŸ’– Ju Kyung, Bukti bahwa Selalu Ada Pelangi Setelah Hujan

Sejak kecil tak henti-hentinya dibandingnya dengan wajah saudaranya yang lain? Berkali-kali mendengarkan langsung hinaan bahwa betapa jeleknya dia? Memutuskan untuk pindah sekolah karena tak henti di-bully? Bahkan, kaget dengan tampilan wajah sendiri! Duh, kok kayaknya hidup Ju Kyung suram amat. Gak heran sih kalau sampai dia terpikir untuk, oh…it’s fine..hidup sampai di sini saja. Tapi kalau gitu kan, kelar dong ceritanya di 1 sampai 2 episode saja #eh. Beruntungnya Ju Kyung, hinaan demi hinaan dihadapi, bahkan oleh keluarga sendiri. Malah dipertemukan dengan orang lain di luar sana, yang justru gak masalah dengan itu semua.

Gak kaleng-kaleng lho ini, ada Soo Ho, si sosok laki-laki paket lengkap. Udahlah cakep, baik, pintar segala macam pelajaran sekolah, kaya, jago bela diri pula! Yahh, di luar segala macam masalah keluarga dan sahabatnya, yang bikin dia terkenal akan sikap dinginnya ya! Terus ada Seo Jun, yang meski gak kaya, tapi mampu mengungguli ketampanan Soo Ho kalau udah mengendarai motor gedenya #eh. Belum lagi sikap tengil, sok premannya, padahal penyayang keluarga banget. Yes, kedua sosok laki-laki tersebut mencintai perempuan yang sama: Ju Kyung. Apa gak sukses bikin perempuan-perempuan satu Korea sana (eh di cerita tersebut aja), geleng-geleng bertanya: apa sih lebihnya Ju Kyung.

Intinya sih, sesuram-suramnya masalah hidup yang dialami Ju Kyung. Betapa dihina-hinanya dia sama keluarga maupun orang lain di luar sana. Nyatanya, bagi sejumlah bibit unggul macam Soo Ho dan Seo Jun, Ju Kyung adalah True Beauty. Begitulah, selalu ada pelangi setelah hujan. Meski kita gak pernah tahu, hujannya kelar kapan. Jadi, tetap semangat menghadapi segala tantangan seperti halnya Ju Kyung yaa πŸ™‚

πŸ’– Ju Kyung Beruntung, Memiliki Kekuatan Hati Usai Patah Hati Berkali-kali

Bukan tentang patah hatinya saat salah sangka bahwa Soo Ho jadian sama sahabatnya sendiri. Meski itu juga sih.. Tapi lebih kepada gimana saat keluarganya, khususnya si ibu, tahu apa yang dialami sang anak di sekolah. Duh, bagian itu bikin nyesek banget, gak terasa satu dua titik air mata saya menetes. Nusuk banget. Sampai titik itu Ju Kyung masih menyimpan dan menghadapi semuanya sendiri lho, sampai saat itu pula ia kena marah, disalahkan sama ibunya. Ju Kyung dianggap belajar gak bener, bla bla bla. Coba gimana itu, orang terdekat sendiri aja gak ada yang memeluk, membantunya menghadapi segala persoalan.

Bagaimanapun kita memposisikan diri pada scene tersebut, baik sebagai si anak (misal kita jadi Ju Kyung), atau sebagai orangtua (ibunya Ju Kyung). Ya jadi pelajaran hidup banget. Sepintas remeh sih, nyatanya, banyak lho terjadi di keluarga mana pun. Gimana sosok orang tua gak henti-hentinya menuntut si anak untuk jadi seperti yang diinginkannya, tapi jarang banget dengerin perasaan si anak. Bahkan mungkin gak tahu, oh anak saya ada masalah ini lho.. saya sebagai orangtua gimana ‘memeluk’ dia? membantu menyelesaikan masalahnya? #makjleb

Tapi Ju Kyung beruntung, ia dibekali kekuatan hati. Dia welcome memaafkan keluarganya, memaafkan siapa saja. Menguatkan hatinya, meski sudah patah hati berkali-kali.

ju kyung

Drama Korea Tak Sekadar Hiburan, Ada Banyak Makna Di Sana

Dulu sekali, saya heran mengapa banyak orang bersabar menunggu tayangnya episode demi episode drama Korea. Saya bingung, mengapa mereka bisa membedakan antara pemeran yang satu dengan yang lain. Sebab bagi saya, wajah mereka kok terlihat sama saja? Apa bedanya drama Korea dengan berbagai tayangan seni peran lainnya? Ternyata setelah kecemplung di dalamnya, setelah ikut basah juga, saya jadi tahu, sekian banyak judul yang ada tentu saja tidak melulu tentang cinta. Sebagai penonton, kitalah yang memilih hendak mengambil pelajaran apa di dalam sana.

True Beauty salah satu contohnya. Judul drama Korea yang dipikir hanya membahas bully pada umumnya, juga kisah cinta ala anak remaja, nyatanya memuat banyak pelajaran penuh arti lainnya. Lebih jauh, ada pelajaran tentang hubungan anak dan orangtua. Ada pelajaran tentang bagaimana agar kita tidak menilai seseorang dari luarnya saja. Tentang persahabatan, tentang betapa keji dan tipu-tipunya dunia ini. Sebab sahabat saja, bisa tiba-tiba berubah menjadi sosok paling musuh, yang teramat membenci kita. Me time yang kita isi dengan menyaksikan drama Korea, pada akhirnya tak sekadar hiburan, melainkan ada banyak makna di sana.

ju kyung

Nonton Drama Korea di Aplikasi Viu

Sesedih-sedihnya kita melihat Seo Jun yang merelakan Ju Kyung, perempuan yang dicintainya, tetap bahagia bersama Soo Ho sahabatnya sendiri. Tetap gak akan mengalahkan sedihnya si Hwang In Yeop (aktor yang memerankan Seo Jun) saat tahu True Beauty, drama Korea yang bintanginya ditonton lewat kanal-kanal ilegal. Ya gak? Oh sedih dong, tentu saja. Katanya kdrama lovers, cinta mati sama per-korea-an, eh nyatanya nonton bajakan. Eh gimana? Ini saya banget di zaman dulu, zaman baru kenal dunia per-drakor-an. Sekarang gak dong, apalagi setelah tahu gimana nyamannya nonton drama Korea di aplikasi Viu. Kenapa saya katakan nyaman, karena aplikasi Viu ini memiliki sejumlah keunggulan.

πŸ”Ά Bebas Pilih Paket Keanggotaan

Ini nih yang paling penting. Udahlah bisa nonton legal, kualitas bagus, eh gratis pula! Yups, yang terpenting dan paling saya suka dari aplikasi Viu adalah kita bebas pilih paket keanggotaan. Mau nonton di sana gak wajib kok berbayar, gak wajib jadi anggota premium. Ada yang namanya paket dasar, ini blas gak bayar! Bener-bener no ribet ribet club ini, gak cuma gratis, pokoknya mau nonton ya nonton aja. Gak wajib buat akun pula. Kebangetan kalau sampai ada yang ngeluh susah T_T

Dari paket dasar aja, udah banyak banget tuh tontonan termasuk drama Korea yang bisa disaksikan secara gratis. Apalagi kalau udah berlangganan paket premiumnya! Ada banyak banget keuntungan yang bisa kita dapatkan. Sebagai penonton Korea gak sering-sering amat, saya mau coba dulu dong paket premiumnya. Eh murah lho, prosesnya pun mudah! Selain bisa bayar via potong pulsa atau gopay, paket berlangganan premium Viu ini juga bisa didapatkan di berbagai marketplace. Praktis!

πŸ”Ά Atur Kualitas Video sesuai Keinginan

Sedang mau menghemat biaya paket data, tapi tetap mau me time sambil nonton drama Korea? Gak usah khawatir, karena di aplikasi Viu, teman-teman bisa mengatur kualitas video sesuai keinginan. Kali aja lagi penasaran pengen nonton kelanjutan ceritanya si Soo Ho, tapi kuota lagi gak bisa diajak kompromi. Ya udah, gak papalah sekali-kali gak lihat tampang Soo Ho yang paripurna, demi gak penasaran sama kelanjutan cerita. Ye kan?

πŸ”Ά Download Tayangan Favorit dan Tonton saat Offline!

Ada rencana liburan atau staycation di mana gitu yang kira-kira bakal susah buat dapat sinyal? Atau pas kira-kira ada waktu buat nonton, eh kuotanya malah abis? Fitur download dan nonton saat offline solusinya! Manfaatkan wifi yang entah kalian dapat aksesnya dari mana (pas ke kafe, rumah keluarga, atau yang lainnya), buat download tayangan favorit. Dan tadaaa.. besok-besok hingga 7 hari ke depan, bisa deh kalian tonton meski jaringan internet dalam keadaan offline.

Udahlah, pokoknya untuk urusan drama Korea dan berbagai tayangan menarik lainnya, cuss download aplikasi Viu sekarang juga. Jadikan pengalaman menonton kalian gak sekadar wasting time, tapi sebuah momen yang berkualitas. Bersantai itu momen yang berkualitas juga kan? Apalagi bersantai sembari mengambil pelajaran-pelajaran hidup seperti yang dikisahkan Ju Kyung di drama Korea True Beauty πŸ™‚

Happy Watching!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

62 Comments

  • Yuniari Nukti 30 March 2021 at 6:05 pm

    Belum pernah nonton True Beauty, baca reviewnya sih bagus, tapi belum sreg nonton. Kapan-kapan deh kalau kosong banget gak ada yang menarik, hehe.. Atau habis nonton Mouse dan Vicenzo aja kali yaa

    Reply
    • diane 5 April 2021 at 7:27 pm

      Idem nih aku juga belum nonton… Wajib langganan Viu nih biar gak ketinggalan kisah perempuan2 tangguh di drakor.

      Reply
    • Nia Haryanto 7 April 2021 at 10:48 pm

      Ah, aku belom nonton deh Mouse dan Vicenzo. Nunggu tamat dulu. Biar bisa marathon. Aku gemesan orangnya. Gak sabar kalo nunggu πŸ˜…

      Reply
  • nurulrahma 31 March 2021 at 7:02 am

    Isshh, keren kali yaaa VIU ini.
    bener2 bisa jadi soulmate kita semua, dalam mengarungi masa pandemi.
    koleksi drakornya buanyaaakkkk

    Reply
  • Rach Alida 31 March 2021 at 1:51 pm

    Nomor satu kalau ditanya nonton drama korea dimana, udah pasti jawabannya ya di Viu. Pilihan bange karna bagus juga video dan selalu update

    Reply
  • thya 31 March 2021 at 3:40 pm

    belum pernah nonton drakor yang ini.. boleh juga ni ditonton.. baca alurnya seru..
    btw, aku kalo nonton juga di viu.. hehe

    Reply
  • Dessy Achieriny 31 March 2021 at 6:15 pm

    Aku udh tamat nih mbak Andy.. abis itu sempet bingung mau nonton apa lagi. Aku mah sebagus apa pun nonton drakor gampang move on untuk mikir mo nonton apa lagi ya.. ahaha

    Reply
  • Sovi Nur Wakhidah 31 March 2021 at 6:24 pm

    Ternyata pakai Viu nggak wajib buat langganan premium, ya. Asik nih bisa nonton drakor yang legal.

    Reply
  • Keke Naima 31 March 2021 at 10:12 pm

    Setiap kali buka Viu selalu ada drakor baru. Mantap banget stoknya. Jadi bisa terhibur terus.

    Reply
  • Intan Novriza Kamala Sari 1 April 2021 at 12:51 am

    Aaakk jadi kangen sama Ju Kyung & drama True Beauty. Nangis sih lihat perjuangan dia bertransformasi jadi versi terbaik dirinya. Walo macem-macem kejadian, akhirnya bahagiaaa πŸ™‚

    Reply
  • Ria Nugros 1 April 2021 at 8:06 am

    Ternyata kita pernah saya ya mba, Awalnya gak bisa bedakan wajah-wajah pemainnya hehe. Nonton drama korea sekarang makin seru ya pakai Viu

    Reply
  • Emanuella Christianti 1 April 2021 at 9:47 am

    sebagai orang yang pernah juga nonton drakor via link di facebook, setuju banget kalau kudu tobat nonton via jalan yang “benar”, apalagi viu juga mudah diakses kok ya….

    Reply
  • Bambang Irwanto 1 April 2021 at 10:36 am

    Drama korea ini memang sangat memikat ya, Mbak. Karena alur ceritanya tidak berbelit, banyak sesuatu hal yang bisa didapat dari ceritanya. Saya pun sesekali nonton sejak Full House, sekalian saya pelajari ceritanya. Apalagi ini ada Viu, jadi semakin mudah dan seru nonton drakornya.

    Reply
  • nyi Penengah Dewanti 1 April 2021 at 10:48 am

    Betapa bikin baper ya mbak drakor ini
    Gemes banget soalnya sama semua karakter yang berperan.

    Reply
    • Triani Retno 1 April 2021 at 4:55 pm

      Yakin kalo ” hidup sampai di sini saja” trus drakornya jadi 1-2 episode doang? Aku mah nggak yakin. Otak kreatif di sana kan mantul banget. Sayangnya aku nggak langganan Viu euy.

      Reply
  • lendyagasshi 1 April 2021 at 10:56 am

    Gak ngerti sama culture Korea akutu…karena komen netijen yang pedes banget mengenai penampilan, terutama.
    Dan suka solusi yang dilakukan Ju Kyung.
    Cerdas.

    Meski memang setiap keputusan yang diambil, tentu membuahkan sebuah konsekuensi.

    Reply
    • lendyagasshi 7 April 2021 at 6:14 am

      Jukyung ini sangat relate dengan kehidupan remaja masa kini yaah..
      Nonton di VIU bikin update drama-drama baru. Terdepan dalam drama Asia terbaru.

      Reply
      • lendyagasshi 7 April 2021 at 4:33 pm

        Hu umm…momen paling sedih yaa..ketika Seo Jun memang harus merelakan Ju Kyung,
        Karena cinta tidak bisa dipaksakan. Hiikks~

        Reply
  • Lidya 1 April 2021 at 11:39 am

    Ini PR orang tua sih menurut aku untuk mendidik anaknya biar gak mengejek orang lain ya, karena adlam dunia nyata banyak juga yang begini karena penampilan dibilang jelek jadi dijauhi. Love ju-kyung deh. Eh tapi aku suka cha eun-wonya πŸ˜€

    Reply
  • Karyati Niken 1 April 2021 at 12:14 pm

    Aku belum nonton sih. Eh tapi sudah punya Viu tapi masih pakai yang free. Belum langganan. Cek lagi ah, siapa tahu minat langganan supaya bisa nonton drakor lain yang keren juga.

    Reply
    • Rahmah 7 April 2021 at 9:50 pm

      Lumayan bagus dramanya
      Semacam aku refleksi ke masa SMA
      Cinta dan Kecantikan itu masalah banget dulu, Haha

      Reply
  • Dewi Natalia 1 April 2021 at 12:18 pm

    Enak banget nih kalau nonton drama pake viu. Bisa download dulu trus nonton kemudian ya.

    Reply
  • Yuni BS 1 April 2021 at 1:04 pm

    Dari Ju Kyung saya mempelajari bahwa kekurangan bukanlah untuk diratapi. Kita bisa menutupi kekurangan kita dengan potensi yang ada dalam diri.

    Misalnya saja Ju Kyung. Katakanlah dia jelek. Tapi dia tahu dia bisa belajar berdandan. Bahkan sampai taraf ahli. Makanya dia menutupi kekurangannya dengan kemampuan berdandan dia.

    Jadinya, dia sangat keren sih. Salut banget.

    Reply
  • Nia haryanto 1 April 2021 at 1:09 pm

    Aku baru nonton drama ini setengah saja deh. Keburu riweuh. Kudu segera tamatin nih. Mumpung akun VIU-ku masih premiun setengah bulan lagi. 😁

    Reply
    • Nia Haryanto 7 April 2021 at 1:12 pm

      Akhirnya beres nonton ini. Suka deh, soalnya anti mainstream ya. Memang bener, kecantikan fisik ini bukanlah segalanya. Kalo inner beauty bagus, wanita bisa menjadi sempurna. Kudu banyak dihayati sama milenial nih. 🀭

      Reply
  • Sri Widiyastuti 1 April 2021 at 2:08 pm

    Aku juga suka karakter ju Kyung di true beauty mbak, beneran beruntung dia ya mbak, karena menurut saya ada aksi ada reaksi, ju Kyung anak yang baik dan polos apa adanya. Sehingga semesta mendukung dia. Ketemu sama anak laki-laki ganteng yang ga suka publikasi dan haus kasih sayang keluarga. Keluarga junkyung pas buat dia karena kehidupannya jadi hidup.

    Reply
  • tukang jalan jajan 1 April 2021 at 2:42 pm

    langganan VIU dulu akh, biar bisa nonton juga. Drakor sekarang ceritanya makin mencengangkan. Penulis skenario pada jago banget nyari ide cerita. kece bener

    Reply
  • Yulia 1 April 2021 at 3:31 pm

    Ju kyung beruntung ya Mba, masih bisa bangkit jadi lebih baik lagi dan positif setelah jatuh berkali-kali

    Reply
    • Heizyi 2 April 2021 at 7:54 am

      Duh, kalau ngomongin soal merelakan ini, harusnya sepaket sama galau dan gagal move on ya mbak.

      Tapi gpp deh. Bukannya mencinti itu tidak harus memiliki

      Reply
  • Fenni Bungsu 1 April 2021 at 6:06 pm

    Suka bingung sama tukang bully, apa sih ya untungnya. Syukurlah Ju Kyung tegar dan SemangatCiee selalu memghadapinya

    Reply
  • Rahmah 1 April 2021 at 10:49 pm

    Beruntung sekali karena cowoknya cakep banget itu haha
    Kalau saya sih tidak perlu berubah penampilan
    Cukup rawat saja itu jerawat
    Ah, andai bisa kusampaikan ke Ju-kyung

    Reply
  • Dian 1 April 2021 at 11:26 pm

    wah iya, Ju Kyung bikin iri
    punya cowok secakep eunwoo
    btw sepakat, klo pengen nonton drakor, pastinya ke VIU aja ya mbak
    legal dan biaya langganannya juga murah

    Reply
  • Nunung 2 April 2021 at 12:03 am

    Aku juga langganan Viu Mbak. Asyik buat me time emak-emak. Kalau True Beauty ini aku baru sampai episode 2 trus mandeg belum diterusin lagi. Ganti judul nontonnya. Hehehe

    Reply
  • Eni Martini 2 April 2021 at 2:21 pm

    aku nonton drakor baru beberapa kali, kayaknya baca ini jadi kepo juga. Ehmm…Viu memang bagus-bagus ya filmnya, kata temen-temen juga rekomend sih

    Reply
  • Diah Alsa 2 April 2021 at 8:40 pm

    kayaknya True Beauty ini masuk dalam daftar drama yang wajib ditonton ya, versi 2020 kemarin, banyak banget yang udah review ini, jadi makin penasaran juga deh ingin nonton.
    di VIU itu lengkap banget ya, bisa lupa waktu dah klo sudah mulai depan VIU πŸ˜€

    Reply
    • Mugniar 5 April 2021 at 9:40 pm

      Iya yah dan mudah sekali pula nonton di Viu, no ribet-ribet club, seperti istilah Mama Rani di tulisannya tuh.

      Reply
  • indah nuria 5 April 2021 at 4:49 pm

    waaah dari judulnya saja sudah intriguing ya mba. Seperti apa siiih Ture Beauty itu. thanks for sharing the summary

    Reply
    • indah nuria 6 April 2021 at 12:49 am

      btw aku belum pernah nonton drakor mba.. dan sepertinya banyak ya yang suka

      Reply
  • Mugniar 5 April 2021 at 5:43 pm

    Bukan hanya sekolah, pecinta drakor juga ada kdrama lovers angkatan Corona ya wkwkwk.

    Kerennya, banyak tokoh perempuan berkarakter kuat ya di drakor2.

    Reply
    • Sovi Nur Wakhidah 6 April 2021 at 9:04 am

      Wkwkkw iya nih, Mbak. Banyak yang serba “angkatan corona”. Aku malah sejak ada corona belum nonton drakor. Haha

      Reply
  • Nurul Sufitri 5 April 2021 at 11:51 pm

    Wow, serunya yang nonton drakor nih mbak hahaha πŸ™‚ Anteng ya ga boleh diganggu wkwkwkw. Nontonnya di aplikasi Viu, bakalan seru deh dan selalu update drama2nya.

    Reply
  • thya 6 April 2021 at 11:14 am

    aku udah lama banget gak nonton drakor, krn ku suka lupa waktu kalo nonton, yang lain jadi terbengkalai. hehe.. tapi, baca review ini aku jadi penasaran dong mau maraton.. hihi.. gawat nih..

    Reply
  • Daeng Ipul 6 April 2021 at 1:18 pm

    Saya suka kagum lihat orang yang bela-belain nonton drakor lewat HP. Wow! Itu luar biasa sekali dedikasinya hahaha
    Saya nonton di TV layar lebar saja nda tahan

    Reply
  • Eka Fikry 6 April 2021 at 9:03 pm

    jadi kenal deh sama Ju Kyung, hehehe…. Salut nih utk penggemar drakor, yang kubaca-baca, banyak yang mengaku banyak manfaatnya nonton drakor ya….Kalau aku cuma tahu sama blackpink aja, hihihi

    Reply
  • nurulrahma 7 April 2021 at 6:36 am

    VIU ini de bessttt banget!
    Pilihan drakornya kece2 semuaaaa
    aku suka pantengin drakor yg ada di VIU.

    Reply
  • Dian 7 April 2021 at 6:56 am

    haha iya, Ju Kyung beruntung banget
    direbutin sama dua cowok ganteng
    dan emang klo nonton drakor, tempatnya ya di VIU ya mbak
    lengkap banget pilihan drakornya

    Reply
  • Ida Tahmidah 7 April 2021 at 7:10 am

    Jadi ingat tentang privilage yag barusan sempat saya baca, keberuntungan melalui privilage dengan melalui perjuangan akan ada rasa berbeda pastinya…..

    Reply
  • winda - dajourneys.com 7 April 2021 at 8:19 am

    cuma di drakor ya mbak cowo ganteng bisa suka sama cewek jelek hahahaa aslinya kayaknya ga ada deh

    Reply
  • Dedew 7 April 2021 at 9:31 am

    Hihi ternyata penggemar drakor jalur corona ya aku juga suka banget bisa drakoran lewat viu karena dramanya apdet terus dan banyak pilihan judulnya..

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 7 April 2021 at 9:46 am

    Ahahah emang ya second lead itu terlalu menggoda dan penulis skenario tuh ngeselin banget huhu
    Aku belum pernah nonton True Beauty ini, saat ini msh nonton yg tema kerajaan hehe. Nontonnya di Viu juga dah langganan lama sejak awal pandemi, hiburan d rumah aja πŸ˜€

    Reply
    • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 8 April 2021 at 12:26 am

      Ini cerita khas drakor konvensional dimana cewek biasa ketemu pangeran ya hehe
      Ah iya ya Viu bisa didunlud eh tp aku jarang dunlud sih seringnya online hehe

      Reply
  • Emanuella Christianti 7 April 2021 at 1:43 pm

    Bener juga idenya mbak, kalau mau ke lokasi yang ga lancar internet, kan bisa didownload dulu filmnya ya…. jadi ga mati gayaaa…. thanks insightnya mbaaa

    Reply
  • Bundabiya.com 7 April 2021 at 2:20 pm

    aku belum nonton drakor yang ini, mba. tetapi sepertinya aku bakal suka sama karakter perempuannya dan mungkin juga relatable sama banyak perempuan di indonesia yaa

    Reply
  • nia nurdiansyah 7 April 2021 at 3:47 pm

    Aku belum nonton drakor True Beauty mungkin karena temanya soal kehidupan sekolah yaah, tapi setelah baca ulasan ini aku jadi kepo sama tokoh Ju Kyung dan jadi pengin nonton deh

    Reply
  • Husnul Khotimah 7 April 2021 at 10:10 pm

    Sama aja gimana mbak, ganteg semua apa cantik semua hahaa.. Aku juga dah tamat ini lim ju kyung mbak.. jadi pengen ngertiin anak anak setelah nonton ^^

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani 7 April 2021 at 10:37 pm

    Betul Mbak, nonton drama Korea itu bukan hanya sekedar hiburan, tetapi kita juga bisa mengambil banyak hikmah dari jalan ceritanya.
    Anak saya sempat cerita tenang Ju Kyung ini, cerita yang menarik dan banyak ditemui di kehidupan nyata ya…

    Reply
  • Utie adnu 7 April 2021 at 11:46 pm

    Udah ngikutin juga drakor True Beauty di aplikasi Viu, suka juga Sama sosok Ju kyung nonton di aplikasi Viu aplg yg premium seneng y mba bebas iklan dn bnyk pilhan film baru

    Reply
  • Diah Kusumastuti 8 April 2021 at 12:47 am

    Wah, banyak pelajaran yang bisa diambil dari drakor, ya. Tapi aku belum ada ketertarikan nih buat nonton. Eh tapi juga, Viu memberikan kemudahan buat nonton, ya.. jadi pengen coba-coba nonton. Hihihi.

    Reply
  • Nanik Nara 8 April 2021 at 12:47 am

    hihihi dari benci jadi suka. Akhirnya, gara-gara pandemi, kini bisa menikmati nonton drakor ya mbak. Nontonnya legal pula, jadi nggak ada perasaan berdosa.

    Reply
  • Ade UFi 8 April 2021 at 1:06 am

    Saya kalau liat ju kyung nih kayak liat aurel hermansyah. Perubahan drastis karena make up. Sayangnya peran Atta itu lebih cocok masuk ke seo joon.. cinta keluarga, suka seni. hahaha.. ini efek gegara liat drama manis mereka di ucub nih.

    Reply
  • Adriana Dian 8 April 2021 at 10:48 am

    Duuuhhh kujuga mau jadi.ju kyung.. hihi. Awalnya bersusah susah dulu pas SMP, tapi kemudian dengan kemauan dan tekad kuat, dia bisa berubah dan jadi dikelilingi banyak teman baik yaaaa

    Reply
  • Dian Farida Ismyama 8 April 2021 at 11:34 pm

    Aku juga suka drakor ini mba. Apalagi ada Cha Eun Woo duh gantengnya. Hehe paket lengkap. Ju Kyung beruntung ya akhirnya happy ending drakor nya. Jatuh bangun berhasil bangkit deh

    Reply

Leave a Comment