Lombok memang kaya akan objek wisata alamnya. Nah, di sela-sela aktivitas bermain di alam, ada kalanya kita tidak kemana-mana, diam di kota saja. Kalau pun keluar, paling sekadar cuci mata atau belanja bulanan dan jalan-jalan di pusat perbelanjaan. Dalam kondisi begini, hiburan untuk anak-anak ya tidak jauh dari bermain di indoor playground atau tempat bermain anak di dalam ruangan, di mana biasanya berada di dalam area mall.
Bagi Ayah dan Bunda yang merencanakan waktu berkualitas (quality time) bersama si kecil di akhir pekan, atau sekadar untuk hiburan kala mereka ikut serta di aktivitas belanja bulanan, berikut adalah daftar rekomendasi indoor playground anak di Kota Mataram yang seru, aman, dan sarat nilai edukasi.
Kidzoona
Kidzooona Lombok Epicentrum Mall, indoor playground yang berada di dalam naungan jaringan Kidzoona, sudah menjadi salah satu arena bermain indoor paling populer di Kota Mataram. Berasal dari Jepang, tempat bermain ini mengusung konsep edutainment yang tidak hanya menghibur, tetapi juga merangsang perkembangan otak dan sensorik anak.
Adapun fasilitas dan wahananya yakni: Mini Town (area bermain peran seperti profesi dokter, kasir supermarket, hingga pemadam kebakaran), kolam bola raksasa (Ball Pool), perosotan berukuran besar, cyber wheel, hingga Reading Corner. Pada waktu-waktu tertentu juga sering ada kegiatan bersama kakak-kakak di Kidzoona, entah itu aktivitas bermain bersama maupun mendongeng.
Keunggulan Kidzoona seperti yang kita ketahui adalah bahwa kebersihan tempat sangat terjaga dan semua wahana dirancang tumpul tanpa sudut tajam. Area bermain peran sangat efektif melatih imajinasi, kemampuan bahasa, serta interaksi sosial anak dengan teman sebaya.
Play ‘N’ Learn
Sebagaimana Kidzoona, Play ‘N’ Learn pun berlokasi di Lombok Epicentrum Mall. Untuk anak-anak yang memiliki karakter yang aktif dan hobi berolahraga, Play ‘N’ Learn adalah tempat yang sangat tepat. Area bermain ini dirancang khusus untuk mendukung perkembangan motorik kasar anak melalui aktivitas fisik yang menyenangkan. Oh ya, Play ‘N’ Learn ini berada di bawah naungan yang sama dengan Timezone (tempat main mesin-mesin game kita zaman kecil itu lho) yakni bagian dari The Entertainment & Education Group (TEEG)
Di sini ada area jaring-jaring panjat, mandi bola, bermain tekstur di kolam pasir, dan masih banyak lagi. Keunggulannya yaitu Play ‘N’ Learn adalah tempat bermain yang sangat efektif untuk melatih ketangkasan, keseimbangan, serta keberanian anak. Seluruh struktur permainan dilapisi pelindung busa yang tebal untuk memastikan anak aman saat jatuh atau terpeleset.
Funtopia
Funtopia menjadi indoor playground ke sekian yang berada di dalam Lombok Epicentrum Mall. Berbeda dengan yang lainnya, Funtopia menyajikan arena bermain indoor berukuran luas dengan variasi permainan yang sangat beragam. Konsepnya yang ceria dan warna-warni membuat anak-anak betah menghabiskan waktu berjam-jam di sini.
Adapun fasilitas dan wahana yang tersedia yakni: kolam mandi bola berukuran sangat luas, perosotan bertingkat, area ketangkasan, balok-balok raksasa (soft blocks), dan wahana permainan interaktif lainnya. Tersedia pula area bermain flying fox, bowling, dan mini go kart yang tidak ditemukan di indoor playground lainnya di Lombok. Pilihannya yang melimpah membuat Funtopia ideal untuk anak-anak dari berbagai rentang usia, mulai dari balita hingga anak usia sekolah dasar, bahkan pendampingnya pun bisa turut bermain di sini!
Kids Solution
Indoor playground yang satu ini adalah pilihan tepat bagi orang tua yang menyukai suasana bermain yang lebih tenang dan tidak terlalu riuh. Berbeda dengan tempat-tempat bermain anak sebelumnya, Kids Solution berada di Mataram Mall, mall pertama yang ada di kota Mataram. Letaknya di Jalan Pejanggik, Cilinaya. Ukuran area bermainnya memang tidak besar, tapi bisalah menjadi alternatif pilihan.
Untuk fasilitas/wahananya ada kolam mandi bola, wahana perosotan anak, mainan edukatif, dan ruang bermain peran mini. Ukuran lokasinya yang tidak begitu luas memudahkan orang tua untuk memantau pergerakan anak secara langsung tanpa harus lelah berjalan jauh. Lebih tenang dan tidak ramai oleh hiruk pikuk pengunjung juga, karena mall ini tidak seramai Lombok Epicentrum Mall. Tarif bermainnya pun relatif ramah di kantong.
–
Jadi mana nih yang sering ayah dan bunda kunjungi dan menjadi favorit untuk tempat bermain anak-anak saat ke pusat perbelanjaan?


No Comments