Waktu yang Tepat Untuk Jual Beli Rumah - Blognya Andy Hardiyanti

Waktu yang Tepat Untuk Jual Beli Rumah

sumber: 4vector.com

Untuk melakukan jual beli rumah memang memerlukan perencanaan yang matang. Anda tentu memerlukan strategi yang tepat agar Anda mendapat keuntungan dalam proses jual beli rumah. Dalam proses jual beli rumah, sebagai penjual, Anda tidak mau properti yang Anda pasarkan terlalu lama diiklankan, sedangkan sebagai pembeli, Anda pasti tidak ingin mendapatkan harga yang terlalu tinggi. Salah satu strategi yang harus diperhatikan adalah menentukan waktu yang tepat untuk melakukan jual beli rumah. Waktu yang tepat akan mempengaruhi hasil yang Anda dapatkan dari proses jual beli rumah. Berikut ini adalah waktu-waktu yang tepat untuk melakukan jual beli rumah agar Anda mendapat keuntungan.

Suku bunga saat jual beli rumah

Sebagai penjual, maupun pembeli, anda tentu harus memperhatikan berapa suku bunga bank yang harus dibayarkan saat melakukan proses jual beli rumah. Saat suku bunga tinggi, tentu Anda akan malas membeli properti apapun, termasuk rumah. Suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memang dapat naik turun sejalan waktu, saat suku bunga KPR turun, ini saatnya Anda melakukan jual beli rumah. Pembeli tentu tidak akan ragu-ragu dalam memberikan penawaran harga karena bunga yang perlu dibayar dalam melakukan cicilan nantinya tidak akan terlalu besar. Sedang sebagai penjual yang sedang mengiklankan propertinya, di saat suku bunga bank turun, pasti juga akan banyak mendapatkan penawaran dari para calon pembeli.

Melakukan jual beli rumah setelah hari raya

Sebelum Idul Fitri, Natal ataupun hari raya keagamaan lainnya, biasanya pembeli tidak akan menghabiskan uangnya untuk membeli properti. Mereka akan fokus untuk membeli keperluan saat hari raya, seperti uang untuk zakat, memberi hadiah untuk saudara-saudara, bahkan untuk tiket perjalanan mudik. Setelah hari raya, pembeli masih memiliki uang sisa Tunjangan Hari Raya (THR), sehingga mereka berani memberikan penawaran. Sedang penjual yang juga baru memasarkan tidak akan memasang harga terlalu tinggi. Saat-saat seperti ini, proses jual beli rumah dapat menguntungkan juga bagi penjual maupun pembeli.

Mengiklankan jual beli rumah pada akhir pekan

Para calon pembeli maupun penjual pasti mempunyai waktu lebih banyak di saat akhir pekan. Jika penjual mengiklankan rumahnya sebelum akhir pekan, di akhir pekan itu, para calon pembeli sudah dapat melihatnya. Proses jual beli rumah akan lebih cepat terjadi jika para calon pembeli dapat melihat rumah yang diiklankan secara langsung. Mereka tentu saja memiliki waktu untuk melihat rumah tersebut saat akhir pekan. Maka karena itulah, melakukan jual beli rumah pada akhir minggu akan sangat menguntungkan bagi kedua pihak.

Sebenarnya masih banyak waktu yang tepat untuk melakukan jual beli rumah. Dengan mengetahui waktu yang tepat, Anda dapat memiliki strategi yang tepat untuk memasarkan atau melakukan penawaran dalam proses jual beli rumah ini. Sehingga proses jual beli rumah yang Anda lakukan dapat menjadi lebih lancar dan sukses. Semoga Anda mendapatkan informasi yang berguna untuk kegiatan jual beli rumah Anda dari artikel ini.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment