Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami? - Blognya Andy Hardiyanti

Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami?

cara mengecilkan pori-pori wajah

Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami? Pori-pori di wajah pastinya sangat mengganggu penampilan, bukan? Apalagi saat siang hari. Pori-pori membesar di mana-mana, benar-benar sangat mengganggu. Sampai rasanya pengen banget touch up agar pori-pori yang segede kolam renang itu tidak terlihat. Namun, kadang merasa capek kan kalau harus terus-terusan touch up?

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Yakin mau memakai produk kecantikan berbahan kimia? Kasihan dong wajahnya. Tentu akan lebih baik jika wajah bersih dan sehat alami dengan tidak ada masalah pori-pori besar yang mengganggu. Lalu, bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang tentunya juga hemat alias tidak menguras kantong? Yuk simak postingan berikut ini.

Bahan-bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Es Batu

Es batu selain nikmat untuk diminum saat cuaca panas, ternyata juga bisa lho membantu mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Hal ini karena suhu es batu yang dingin, dapat membuat pori-pori wajah menjadi lebih rileks. Lantas, bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah menggunakan es batu? Caranya yaitu dengan mengambil es batu secukupnya, lalu bungkus menggunakan handuk wajah atau sapu tangan. Usapkan perlahan-lahan pada wajah, terutama di area hidung dan dahi yang pori-porinya besar. Usap terus selama kurang lebih 15 menit agar pori-pori bisa mulai mengecil dengan optimal. Lakukan cara tersebut rutin minimal seminggu sekali.

Madu

Madu dari zaman dahulu memang sudah terkenal dengan khasiatnya dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Suplemen makanan tinggi antioksidan ini juga dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Selain itu, madu juga berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Tak hanya itu saja, pemakaian masker madu secara rutin dapat membuat wajah menjadi lebih lembab dan cerah.  Gimana nih cara mengecilkan pori-pori wajah menggunakan madu? Cukup gunakan madu sebagai masker wajah, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin. Maka kamu akan melihat, pori-pori wajah akan mulai mengecil sedikit demi sedikit.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal kaya akan kandungan vitamin E dan zat linoleic acid. Dimana dua kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk membantu menjaga kelembaban kulit wajah. Selain itu, minyak ini juga memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang berguna untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak hanya itu saja, minyak zaitun ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori di wajah lho. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun ditambah 1 sendok teh madu. Gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Teh Hijau

Teh hijau ini sejak dulu sudah dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Tidak heran jika kemudian diyakini mampu mengangkat sel sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori wajah. Caranya yaitu cukup gunakan daun teh segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilaslah dengan air bersih.

Baca Juga: Obat Penumbuh Rambut Alami dari Jeruk Nipis

Lemon

Selanjutnya, terdapat bahan alami lainnya yakni lemon. Selain menyegarkan jika diminum saat cuaca terik, lemon yang kaya akan kandungan vitamin C dan asam hidroksi ini dinilai mampu menangkal radikal bebas. Dalam dunia kecantikan, ekstrak lemon juga sering digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah serta menghilangkan bekas jerawat. Caranya gimana? Potonglah lemon menjadi dua bagian lalu ambil perasan airnya. Kemudian oleskanlah perasan lemon tadi pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Jika sudah, bilaslah menggunakan air bersih.

Cuka Apel

Selain lemon, cuka apel yang memiliki kandungan asam yang tinggi ini juga diyakini mampu meregenerasi kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, cuka apel juga dapat digunakan sebagai toner wajah secara alami. Cara penggunaan cuka apel ini untuk mengecilkan pori-pori wajah yaitu cukup campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air. Oleskan pada seluruh wajah menggunakan kapas, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilaslah dengan air bersih. Namun perlu diingat, karena sifat cuka apel yang asam mungkin beberapa ada yang tidak cocok dan justru iritasi. Hentikan pemakaian jika dirasa tidak nyaman.

Air Rendaman Beras

Bagi yang ingin berhemat, kamu juga bisa lho menggunakan air rendaman beras untuk mengecilkan pori-pori wajah. Kandungan asam ferrulic dan allantoin pada air rendaman beras berkhasiat untuk melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah lho sobat. Caranya, biarkan air beras selama beberapa menit agar mengendap. Lalu gunakanlah endapan air beras tadi sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit, setelah itu bilaslah dengan air bersih.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Rusak dengan Creambath Bahan Alami

Lidah Buaya

Bahan alami lainnya yaitu lidah buaya. Ya, lidah buaya memang sudah terkenal khasiatnya dalam dunia kesehatan maupu kecantikan. Gel lidah buaya ini mampu untuk menyegarkan wajah, mencerahkan kulit serta megecilkan pori-pori wajah. Caranya, cukup oleskan gel lidah buaya pada bagian wajah yang diinginkan, diamkan selama 15 menit, kemudian bilaslah dengan air bersih.

Bagaimana? Bahan-bahannya sangat mudah didapatkan, bukan? Semoga tips tentang bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dapat memberikan manfaat yaa.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • Uzlifatul Azmiyati 25 June 2020 at 6:34 pm

    Belum pernah nyoba ngecilin poripori dengan bahan bahan alami. Boleh nih dicoba, poripori di hidung perlu dikecilin…wkwk.

    Reply

Leave a Comment