Resep Cookies Tanpa Oven, Tanpa Mixer, Butuh 4 Bahan Saja! - Blognya Andy Hardiyanti

Resep Cookies Tanpa Oven, Tanpa Mixer, Butuh 4 Bahan Saja!

resep cookies tanpa oven

Resep Cookies Tanpa Oven, Tanpa Mixer, Butuh 4 Bahan Saja! Siapa sih yang gak doyan cookies? Cookies atau kukis, yang lebih akrab di Indonesia dengan sebutan kue kering ini memang selalu jadi idola. Baik untuk dijadikan cemilan teman minum teh atau kopi setiap hari, maupun disajikan di berbagai acara. Ada banyak sekali varian cookies, beberapa diantaranya yaitu: coklat, keju, oat, kacang, dan masih banyak lagi. Sebagai penganan yang cukup digemari, tidak heran jika berbagai supermarket hingga toko kue dan roti selalu menyediakan produk cookies ini untuk dijual. Tapi tahu gak sih, kita bisa lho membuat cookies sendiri di rumah. Meskipun tidak memiliki oven dan mixer. Cookies buatan sendiri pastinya lebih hemat dan terjaga kebersihannya. Mau tahu bagaimana resep cookies tanpa oven? Gak butuh mixer juga, bahkan hanya membutuhkan 4 bahan saja. Simak postingan berikut yuk.

Resep Cookies Tanpa Oven, Tanpa Mixer, Butuh 4 Bahan Saja!

Berawal dari kegemaran kedua anak saya di rumah -Rani dan Tita pada cookies. Maka dari yang awalnya selalu membeli cookies coklat kemasan sebagai teman saat menyantap teh, kopi, maupun susu. Hingga saya berpikir bagaimana kalau saya buat saja sendiri di rumah. Sayangnya, saya bukanlah orang yang bisa baking seperti bu ibu pada umumnya. Ditambah lagi, saya belum memiliki oven. Eh di rumah ada sih oven, tapi sepertinya salah beli karena suhunya gak bisa diatur. Wkwkwk. Mixer juga ada sih, tapi punya ibu dan..duh malas euy keluarin dari kardusnya, pakai, terus beresin lagi #dasaraku.

Baca Juga: Homemade Chicken Nugget: Nugget Sehat Tanpa MSG

Apalagi keinginan bebikinan cookies gini biasanya datang di waktu yang gak tepat sama sekali. Paling sering sih tengah malam, saat anak-anak pada belum mau tidur dan butuh cemilan. Maka setelah baca sejumlah resep, coba buat beberapa kali, akhirnya fix deh pakai resep berikut. Ada dua varian yaa, coklat dan keju. Dimana keduanya merupakan resep cookies tanpa oven, tanpa mixer, dan pastinya hanya butuh 4 bahan saja!

resep cookies tanpa oven

Resep Cookies Tanpa Oven: Cookies Cokelat Praktis dan Lezat

Siapa sih yang gak suka sama varian cokelat? Mulai dari usia anak-anak hingga dewasa pasti pada suka. Cokelat bisa disantap dalam berbagai bentuk. Entah itu cokelat batangan, bubuk, dibuat minuman, bahkan yang sudah dibuat menjadi cookies seperti di resep berikut.

Bahan-bahan untuk Membuat Cookies Cokelat

Berikut ini bahan-bahan yang kalian butuhkan untuk membuat cookies cokelat yang praktis dan lezat. Bahan-bahannya yaitu:

  • 7 sendok makan Tepung Terigu (saya pakai Tepung Segitiga Biru)
  • 2 sendok makan susu bubuk Full Cream
  • 3 sendok makan bubuk coklat (saya pakai merk Van Houtten)
  • 100gr mentega (saya pakai merk Blue Band)

Dari bahan-bahan di atas, kalau suka manis, bisa tambahkan gula pasir secukupnya yaa. Terus nih, untuk bubuk coklatnya bebas yaa mau pakai merk coklat apa saja. Pernah coba pakai 2 sachet Chocolatos Choco Drink juga enak.

Baca Juga: Brownies Panggang, Siapa yang Doyan?

Cara Membuat Cookies Cokelat Tanpa Oven, Tanpa Mixer

Kalau sudah punya semua bahannya, sekarang saatnya membuat resep cookies cokelat tanpa oven yaa man teman. Berikut cara membuatnya:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  2. Masukkan semua bahan (berturut-turut: tepung terigu, susu bubuk, cokelat, dan terakhir mentega) sambil terus diaduk dengan sendok ataupun spatula.
  3. Uleni adonan (jangan lupa pakai sarung tangan plastik yaa) sampai kalis, kalau belum bisa disesuaikan dengan menambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan mentega. Disesuaikan saja.
  4. Kalau sudah kalis, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Sisihkan.
  5. Siapkan saringan dandang yang sudah dioleskan tipis-tipis mentega di permukaannya.
  6. Letakkan bulatan-bulatan kecil adonan tadi, tekan perlahan dengan garpu sampai adonan yang tadinya berbentuk bulatan berubah menjadi pipih.
  7. Naikkan teflon ke atas kompor, kemudian letakkan saringan dandang tadi tepat di atas permukaan teflon. Tutup dengan tutupan panci. Panggang dengan api paling kecil.
  8. Kalau sudah tercium aroma harum cookies/kue, matikan api kompor. Angkat cookies dan letakkan di atas piring (jangan ditumpuk).
  9. Cookies masih terasa lembek, tapi lama kelamaan kalau sudah dingin/berada di suhu ruang, cookies akan mengeras dengan sendirinya.
  10. Kalau sudah mengeras, pindahkan cookies tadi ke dalam toples/wadah tertutup rapat.
  11. Cookies siap dinikmati sebagai teman minum kopi, susu, maupun teh.

resep cookies tanpa oven

Resep Cookies Tanpa Oven: Cookies Keju Gurih dan Nikmat

Setelah sukses membuat cookies cokelat sendiri tadi, sekarang kita coba membuat cookies keju ya man teman. Bahan-bahan dan cara membuatnya kurang lebih sama dengan resep cookies cokelat. Kalau rasa cookies cokelat cenderung manis dan nyoklat banget, maka cookies keju ini lebih terasa gurih dan rasa milkynya yang nikmat. Penasaran? Simak yuk resepnya.

Bahan-bahan untuk Membuat Cookies Keju

Berikut ini bahan-bahan yang teman-teman butuhkan untuk membuat cookies keju yang gurih dan nikmat. Tenang saja, bahan-bahannya mudah didapatkan kok.

  • 7 sendok makan Tepung Terigu (saya pakai Tepung Segitiga Biru)
  • 2 sendok makan susu bubuk Full Cream
  • 50gr keju cheddar parut (saya pakai Keju Kraft, Prochiz, Meg…mana yang ada pokoknya hahahah)
  • 100gr mentega (saya pakai merk Blue Band)

Jangan lupa yaa, kalau suka manis, ya tinggal tambahkan gula pasir aja. Kalau gak mau pakai gula pasir, bisa pakai gula aren. Tapi gula aren pasnya di resep cookies cokelat sih. Saya sih sama anak-anak, karena doyan banget keju, jadi kejunya diparut sesuka hati, dimasukkan banyak-banyak aja. Hahaha. Bebas~

Cara Membuat Cookies Keju Tanpa Oven, Tanpa Mixer

Gak beda dengan resep cookies cokelat kan? Cookies Keju ini juga hanya membutuhkan 4 (empat) bahan. Praktis deh pokoknya, no repot repot club. Gimana? Bahannya sudah siap? Yuk kita praktikkan cara membuatnya.

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  2. Masukkan semua bahan (berturut-turut: tepung terigu, susu bubuk, keju parut, dan terakhir mentega) sambil terus diaduk dengan sendok ataupun spatula.
  3. Uleni adonan (jangan lupa pakai sarung tangan plastik yaa) sampai kalis, kalau belum bisa disesuaikan dengan menambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan mentega. Disesuaikan saja.
  4. Kalau sudah kalis, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Sisihkan.
  5. Siapkan saringan dandang yang sudah dioleskan tipis-tipis mentega di permukaannya.
  6. Letakkan bulatan-bulatan kecil adonan tadi, tekan perlahan dengan garpu sampai adonan yang tadinya berbentuk bulatan berubah menjadi pipih.
  7. Naikkan teflon ke atas kompor, kemudian letakkan saringan dandang tadi tepat di atas permukaan teflon. Tutup dengan tutupan panci. Panggang dengan api paling kecil.
  8. Kalau sudah tercium aroma harum cookies/kue, matikan api kompor. Angkat cookies dan letakkan di atas piring (jangan ditumpuk).
  9. Cookies masih terasa lembek, tapi lama kelamaan kalau sudah dingin/berada di suhu ruang, cookies akan mengeras dengan sendirinya.
  10. Kalau sudah mengeras, pindahkan cookies tadi ke dalam toples/wadah tertutup rapat.
  11. Cookies Keju siap dinikmati sebagai teman minum kopi, susu, maupun teh.

Baca Juga: Cara Membuat Oreo Cheese Truffle Enak

Tips Kreasi Resep Cookies Tanpa Oven

Meski dibuat tanpa oven, tanpa mixer dan hanya menggunakan empat bahan saja. Rasa cookies tersebut bisa diadu lho, rasanya tetap gak kalah lezatnya dengan resep cookies pada umumnya. Nah, agar tampilan cookies lebih menarik, teman-teman bisa mengkreasikan resep cookies di atas. Misalnya dengan membuat varian cookies cokelat keju, dimana caranya cukup mengkombinasikan dua resep di atas. Selain itu, bisa dengan menambahkan topping chocochip maupun sprinkle.

Demikian resep cookies tanpa oven dari saya. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi ya teman-teman.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

15 Comments

  • Keathine 18 June 2020 at 7:29 pm

    Aku kemarin pun nyobain bikin muffin mba karena tugas sekolah. kalo enggak, mamanya males ๐Ÿ˜‚ eh tapi ternyata menyenangkan ya liat anak bikin kue. Mba andy, itu kalau menteganya diganti butter kayaknya bisa lumer di mulut biskuitnya, nanti aku coba ah

    Reply
  • Adhe Albian 19 June 2020 at 9:03 pm

    Resep mya patut dicoba anak kosan yang minim alat masak nih mbak hehe. Semoga oneday bisa aplikasiin resep cookies nya, kali ini mo info ke kk ku dlu aja biar dia yang bikin hehe. Anw terimakasih yah mbak utk info resep nya ๐Ÿ˜‰

    Reply
  • Keke Naima 19 June 2020 at 9:26 pm

    Saya demen nih kalau praktis begini. Suka males nyuci kalau kebanyakan perabot yang dipakai ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Uzlifatul Azmiyati 20 June 2020 at 8:07 pm

    Bermanfaat banget nih resepnya, murah dan mudah. Layak dicoba, apalagi sambil ngajakin anak anak yaa

    Reply
  • Syaiful BS 20 June 2020 at 11:29 pm

    Wah ini nih info yang aku cari cari hehe. Ternyata bisa banget yah kak buat cookies tanpa oven dan mixer, tau banget aku nggak punya keduanyaa hahaha

    Reply
  • Baiq Rosmala 21 June 2020 at 7:22 pm

    Asiiiik. Sering2 mba share resep kue sederhana dengan 3 atau 4 bahan, emak2 suka banget nih resep kayak gini. Ngemilnya dapet, hematnya juga dapet ^^

    Reply
  • AJIE 21 June 2020 at 8:25 pm

    Waah ternyata pinter masak mbk andy
    Keren pula fotonya
    Rasanya? Hmmm sy ga yakin enak sebelum kuenya sampe rumah saya hahaha

    Reply
  • Lina W. Sasmita 21 June 2020 at 10:47 pm

    Baru-baru ini kue lebaran udah habis. Pas banget lagi pengen bikin kue, anak saya sudah nanyain minta dibuatkan lagi.

    Reply
  • Angga fathurachman 22 June 2020 at 11:57 am

    wah ini nih yang selama ini aku cari! semenjak lebaran kue udh pada habis tp karna dirumah aja bawannya pengen ngemil. mau beli sayang sayang uang:( kalo bikin sendiri gini kan lebih enak dan irit ya wkwkw

    Reply
  • Rina 22 June 2020 at 12:39 pm

    Wah praktis banget. Secara walaupun punya mixer suka males ngeluarin pake terus bersihinnya hehehe

    Reply
  • Alfianhoki 22 June 2020 at 6:39 pm

    Nah ini dia nih konten yang di tunggu tunggu nyam…, Btw butuh jasa cicip gAk? Saya bersedia kok, beneran.

    Reply
  • Bunda sugi 22 June 2020 at 8:20 pm

    Wow … Praktis ya tanpa oven. Saya kadang males bikin cookies karena malas angkat-angkat ovennya. Dengan tips ini kayaknya jadi pingin lagi deh bikin-bikin

    Reply
  • evisrirezeki 22 June 2020 at 10:54 pm

    Suami saya suka bikin pancake tanpa mixer dan oven. Ternyata menu-menu cookies juga bisa ya. Nanti mau bikin di rumah. Makasih resepnya, Mbak ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Achmad Humaidy 23 June 2020 at 12:30 am

    Terima kasih mba atas resepnya.
    Kalo boleh tahu, buat kue ini modalnya berapa?

    Soalnya aku beli Cookies Cokelat yang ada almond gitu di Clairmont harga 45k/toples. Itu aja harga promo ๐Ÿ˜†

    Reply
  • Elena 26 June 2020 at 7:35 pm

    Lumayan buat mengisi waktu luang WFH …

    Reply

Leave a Comment