Baju Batik, Pakaian Formal yang Asyik Dipakai Kapan Saja

baju batik

Baju Batik, Pakaian Formal yang Asyik Dipakai Kapan Saja. Siapa di sini yang tidak mengenal batik? Secara sederhana, batik merupakan lembaran kain bergambar dengan ragam corak yang khas. Beda daerah, maka beda pula coraknya. Kain batik ini bisa diaplikasikan menjadi berbagai jenis pakaian atau benda lainnya. Mulai dari baju, rok, tas, hingga sepatu. Penggunaan seragam batik pun telah lama diterapkan di sekolah maupun kantor di Indonesia. Tidak hanya sebagai seragam, baju batik juga sering kali menjadi pakaian formal yang asyik dipakai kapan saja. Terutama bagi para pria.

Baju Batik, Pakaian Formal yang Asyik Dipakai Kapan Saja

Bagi kaum pria, selain kaos mungkin salah satu yang menjadi pakaian andalan mereka adalah baju batik. Ya, baju dengan jenis yang satu ini memang dapat digunakan di berbagai kesempatan. Terutama pada kegiatan-kegiatan yang bersifat formal. Baik saat menghadiri sebuah pertemuan/rapat, maupun saat mengikuti pesta pernikahan. Desain baju batik pria dari dulu hingga kini pun sebenarnya terlihat sama. Hanya selembar baju sederhana dengan deretan kancing di bagian depannya. Corak dan kualitas batiknyalah yang membuatnya berbeda. Sangat pas dengan tipikal berpakaian para pria, maunya yang simple aja. Benar gak?

Kalau dulu batik identik dengan hal-hal yang sifatnya oldish, maka hal tersebut tidak berlaku zaman sekarang. Nyatanya, batik justru menjadi tren bagi semua kalangan. Entah itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Acara perpisahan sekolah, pagelaran seni, dan sejumlah kegiatan lain yang dihadiri oleh berbagai generasi itu telah menampilkan bagaimana baju batik menjadi pakaian yang paling sering terlihat di sana. Dan umum digunakan oleh pria.

Keunggulan Baju Batik dibandingkan Jenis Pakaian Lainnya

Lalu mengapa pakaian batik menjadi salah satu pakaian favorit jika dibandingkan dengan jenis lainnya? Berikut ini beberapa keunggulannya, disimak yuk!

Banyak Pilihan Corak atau Motifnya

Semua orang tahu, bahwa keunggulan baju batik adalah coraknya tidak basi. Jarang sekali kita menemukan corak ataupun motif yang benar-benar sama antara pakaian batik yang satu dengan pakaian batik lainnya. Sebagai warisan budaya Indonesia, setiap daerah memiliki corak khas batiknya masing-masing. Dimana kemudian kian beragam lagi karena ada perbedaan warna diantaranya.

Formal dan Bernilai Seni

Pakaian dengan jenis yang satu ini tergolong jenis pakaian yang formal. Meski terkadang ada pula baju batik dengan jenis casual. Baju batik kian digemari karena pada setiap corak khasnya terdapat nilai seni. Ada kebanggaan tersendiri bagi mereka yang mengenakan pakaian tersebut. Terutama jika coraknya merupakan corak yang langka atau jarang ditemukan.

Cocok Untuk Semua Usia

Pakaian batik dapat dikenakan dan cocok untuk semua usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Pakaian jenis ini pun bersifat unisex atau bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Bagi saya pribadi sih, senang aja gitu saat melihat suami dan ayah menggunakan batik. Kesannya rapi banget! Besok-besok kalau dikasih rezeki punya anak laki-laki pasti seru banget tuh tiga generasi pria pada berpakaian batik semua. Ihiy!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Baju Batik

Bagi sejumlah orang, baju batik adalah pakaian yang wajib dimiliki. Setidaknya, kita harus memiliki selembar di dalam lemari. Sebab pakaian ini sangat mudah dikenakan, sederhana, dan tepat sekali digunakan pada acara formal. Kalau teman-teman belum memilikinya, maka berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih baju batik. Disimak yuk!

  • Bahan. Kualitas dan harga selembar baju batik biasanya ditentukan oleh bahannya. Semakin bagus dan nyaman bahannya, tentu semakin mahal harganya. Pilihlah batik dengan kualitas bahan yang sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Ukuran. Baju batik yang nyaman digunakan adalah yang ukurannya nyaman di badan. Yakni yang tidak kekecilan dan tidak pula kebesaran. Perlu diperhatikan juga apakah baju tersebut kepanjangan atau kependekaan.
  • Warna. Dalam menghadiri sebuah acara, sesuaikan pula warna baju yang akan dikenakan. Jangan gunakan warna yang terlalu mencolok jika teman-teman tidak merasa nyaman saat menggunakannya. Saya sarankan, gunakanlah batik dengan warna-warna yang gelap saat menghadiri acara formal.

Bagaimana? Benar bukan, selain sebagai seragam yang wajib dikenakan di sekolah maupun kantor, baju batik adalah pakaian formal yang asyik digunakan kapan saja. Jadi, teman-teman punya berapa lembar nih di rumah? Suka warna dan corak seperti apa? Share dong di kolom komentar!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

2 Comments

  • Jalan-Jalan KeNai 3 February 2018 at 10:14 am

    Sekaran baju batik makin banyak modelnya dan bagus-bagus. Kalau dulu, saya suka bingung pakai batik. Rasanya jadi berasa jauh lebih tua 😀

    Reply
  • Triani Retno A 18 February 2018 at 1:39 am

    Batik sekarang makin keren ya. Makin banyak pilihan warnanya juga. Sukaaa…..

    Reply

Leave a Comment