Rencana Liburan ke Jogja dan Tentang Menuntaskan Rasa Penasaran - Blognya Andy Hardiyanti

Rencana Liburan ke Jogja dan Tentang Menuntaskan Rasa Penasaran

rencana liburan ke jogja

Rencana Liburan ke Jogja dan Tentang Menuntaskan Rasa Penasaran. Jogja menjadi destinasi liburan yang saya impikan sejak lama. Mengapa? Alasan pertama adalah saya penasaran dengan kata-kata istimewa yang selalu diceritakan orang. Ah, seistimewa apakah Jogja? Alasan kedua sebenarnya sih receh banget. Saya ingin ke Jogja karena mau membuktikan sendiri harga kulinernya yang konon murah itu. Ya, setiap kali saya terpana dengan harga kuliner di Lombok yang cukup murah, semua akan terbantah oleh testimoni teman-teman yang pernah tinggal di Jogja. Bagi mereka harga makanan di sana bahkan bisa lebih murah sekian ribu rupiah dari harga di Lombok.

Tinggal bertahun-tahun di Lombok dengan segala keindahan alamnya, tidak lantas membuat kalian tak lagi ke mana-mana. Ada kalanya saya bosan dengan pantai yang terlalu cantik, kuliner yang pedasnya tiada tandingan, dan lainnya. Maka melihat ke luar, menikmati destinasi wisata di daerah lain adalah salah satu solusinya. Selain dua alasan di atas, sejumlah alasan yang tercantum di web Kompas ini juga membuat saya ingin sekali ke Jogja. Oh ya, lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC2) juga di sana kan? Aih! Saya penasaran dengan beberapa tempatnya, seperti: Papermoon Puppet Theatre dan Klinik Kopi. Seingat saya ada 13 titik yang dipakai sebagai lokasi syuting, tapi rasanya tidak mungkin bisa kami jangkau semua. Apalagi dengan kondisi membawa dua krucil yang hebohnya bukan main hihihi..

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Wisata Domestik Indonesia Itu Lebih Asyik!

Rencana Liburan ke Jogja dan Tentang Menuntaskan Rasa Penasaran

Berangkat ke Jogja dan Segala Persiapannya

Namanya berangkat sekeluarga, dimana di dalamnya ada seorang anak usia 7 tahun dan bayi usia 15 bulan pastilah repot. Segalanya harus disiapkan dengan baik. Mulai dari barang yang harus dibawa hingga bagaimana rencana saat berada di sana nanti. Tidak lupa pula pilihan transportasi yang digunakan saat berangkat ke Jogja. Paling mungkin adalah naik pesawat, Alhamdulillah ada penerbangan langsung Lombok-Jogja. Penerbangan langsung dengan waktu tempuh yang tidak lama setidaknya bisa membuat anak terbebas dari rasa bosan. Kebayang kan kalau baru berangkat saja sudah bosan, bagaimana saat tiba di tujuan nanti?

Baca Juga: Asyiknya Mudik Menggunakan Pesawat Terbang

Mengapa tiket pesawat untuk pulangnya tidak kami pesan jauh-jauh hari? Ya, karena kami ada rencana perjalanan lagi alias tidak langsung pulang ke Lombok. Dari Jogja, kami akan ke Jakarta untuk mengantar Papa yang ada urusan kerjaan. Sambil papanya anak-anak kerja, kami pun bisa mengisi waktu di sana dengan kopdaran. Senang banget karena teman-teman blogger Jakarta yang saya kenal tuh banyak. Sebagian besar malah belum pernah ketemu sebelumnya. Asyik kan ketemu sama teman-teman dengan passion yang sama? BTW, kami ke Jakarta nanti gak naik pesawat lagi. Pengennya sih naik bus aja biar anak-anak bisa lihat pemandangan di sepanjang jalan Jogja-Jakarta. Beli tiket busnya pun gak pakai repot, cukup klik di sini.

Objek Wisata di Jogja yang Ingin Dikunjungi

Saya benar-benar tidak ada bayangan tentang Jogja, blank. Sekeluarga belum pernah ada yang ke sana. Kota-kota di Pulau Jawa yang pernah kami datangi/sekadar transit paling hanya Jakarta, Bandung dan Surabaya. Akhirnya untuk mendukung rencana liburan ke Jogja, kami mulai membaca segala tentangnya. Entah membaca artikel tips liburan di Jogja yang banyak tersebar di internet, maupun bertanya pada teman-teman yang sebelumnya pernah tinggal di sana. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak lain bertujuan agar kami dapat menarik kesimpulan tentang objek wisata di Jogja yang ingin dikunjungi.

Sampai saat ini daftar objek wisata yang rencananya akan kami datangi yaitu: Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Pantai Parangtritis, Pemandian Air Panas Parangwedang, Taman Pintar, dan Malioboro. Oh iya, ditambah dua titik yang menjadi lokasi syuting AADC2 tadi: Papermoon Puppet Theatre dan Klinik Kopi. Semoga semua yang sudah di-list di atas bisa benar-benar didatangi. Sebab lagi-lagi kami harus menyesuaikan dengan kondisi anak-anak. Intinya sih yang penting senang bisa liburan ke Jogja, ya kan?

Tips Liburan ke Jogja Bersama Keluarga

Paragraf ini sih maunya saya isi dengan tips liburan ke Jogja bersama keluarga. Tapi karena toh sayanya saja baru berencana ke sana, gimana mau memberikan tips buat teman-teman? Hahahha. Jadi bagaimana kalau teman-teman membantu saya mengisinya? Buat yang sudah sering atau pernah liburan ke Jogja bersama keluarga, share dong tipsnya di kolom komentar. Biar liburan kami nantinya makin cihuy dan no drama~ hehehe.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

21 Comments

  • Mugniar 21 February 2019 at 8:31 am

    Ndak tahu mau kasih tips apa karena waktu ke sana sama teman-teman kuliah.

    Yang jelas Jogja memang bikin kangen. Saya baru satu kali ke sana dan masih pengen 😍

    Reply
  • Viedyana 21 February 2019 at 10:06 am

    Satu lagi yang must visit di yogya: museum ullen sentalu…dari yogya ke jakarta paling enak lewat jalur selatan. Transit bandung. Hahaha

    Reply
  • Dita Indrihapsari 22 February 2019 at 9:10 pm

    Ke Jogja kayaknya mesti berkali-kali mba biar puas, ya.. Banyak banget destinasi wisata yang kece-kece.. Aku kalo ada kesempatan ke Jogja lagi pingin banget eksplor pantai di Gunung Kidul, ke Museum Ullen Sentalu sama Ratu Boko juga.. 😀

    Reply
  • Amanda ratih 24 February 2019 at 9:29 am

    Sama mba, aku bertahun2 tinggal di Ambon bosan liat pantai2 yg cantik, tp diluar sana temen2ku pd ngiri pengen ke Ambon wkwk

    Klo ke Jogja aku ke Taman pintar masuknya ga mahal, ke museum2, jalan2 ke alun2, makan soto daging banyaaak deeh

    Reply
  • imeldasutarno 26 February 2019 at 4:08 pm

    Aku tiap tahun ya mesti ke Jogja, lha wong kampung halaman suamiku di Wates hihi. Jadi saban lebaran ya mesti pulkam mbak. Tapi karena emang gak pernah ngoyo pergi2 ke objek wisata kekinian, lha mentoknya cuma main ke pantai2 deket rumah alm.mertuaku aja :)Salam kenal ya mbak andy

    Reply
  • artha amalia 1 March 2019 at 3:42 am

    Samaaaa. Saya juga pengen liburan ke Jogja. Kalau tinggal di sana udah pernah, selama setahun untuk kerja. Tapi namanya juga kerja, bukan jalan2. Jadi gak tau obyek wisatanya. Hehe. Rencananya karena kami di Sidoarjo, naik kereta dari Surabaya turun di stasiun Tugu. Itu dekat dengan Malioboro, tinggal jalan kaki. Cari penginapan di Malioboro, jadi lebih dekat kalau mau jalan2 ke sekitarnya. Kan area situ ada benteng, istana, alun2 serta banyak lagi obyek wisata. Tinggal jalan kaki ajah

    Reply
  • Artha Amalia 1 March 2019 at 3:43 am

    Samaaaa. Saya juga pengen liburan ke Jogja. Kalau tinggal di sana udah pernah, selama setahun untuk kerja. Tapi namanya juga kerja, bukan jalan2. Jadi gak tau obyek wisatanya. Hehe. Rencananya karena kami di Sidoarjo, naik kereta dari Surabaya turun di stasiun Tugu. Itu dekat dengan Malioboro, tinggal jalan kaki. Cari penginapan di Malioboro, jadi lebih dekat kalau mau jalan2 ke sekitarnya. Kan area situ ada benteng, istana, alun2 serta banyak lagi obyek wisata. Tinggal jalan kaki ajah

    Reply
  • Okti Li 1 March 2019 at 4:14 pm

    Jogyakarta memang selalu bikin kangen balik lagi ya. Saya juga lagi mengenang masa liburan ke Yogya nih saat anak minta naik pesawat pertama kalinya waktu itu.

    Happy traveling 🙂

    Reply
  • Turis Cantik 2 March 2019 at 8:05 pm

    Yogya memang salah satu destinasi asik buat bawa keluarga, apalagi kl anak sudah besar minimal SD. Lumayan buat wisata budaya.

    Reply
  • Maria Soraya 3 March 2019 at 5:06 pm

    Aku lagi nabung buat naik sleeper train ke Jogja. Yg udah2 naik kereta biasa atau ya naik mobil pribadi.

    Reply
  • Putu Sukartini 3 March 2019 at 8:19 pm

    Jogja itu kota yang bikin jatuh cinta pada pandangan pertama
    Bolak balik ke Jogja, mulai yang tugas kantor, solo traveling, hanimun, sampe liburan keluarga sama ortu dan balita semuanya berkesan dan bikin nagih

    Kalau tips dari aku, pilih wisata yang sesuai umur travelernya. Bawa krucil, sebaiknya banyakin ke tempat yang ada permainannya misalnya taman pintar, museum pesawat dan sejenisnya. Biar gak bosan

    Reply
  • Fenni Bungsu 5 March 2019 at 5:56 pm

    Liburan ke jogja mah nggak bisa sebentar, seminggu aja pasti kurang

    Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 5 March 2019 at 9:23 pm

    Jogja buatku selalu ngangenin dan selalu menjadi destinasi liburan setiap tahun. Selain emang banyak saudara disana, aku lebih suka explore tempat makanan disana.

    Reply
  • April Hamsa 5 March 2019 at 11:16 pm

    Hahaha jadi tipsnya nanya gtu yaaa.
    Hmmmm apa yaa, aku kasi tips deh, buat cobain wiskul kalau bisa makan di angkringan dan makanannya yg khas Yogya banget.
    Lalu kalau bisa bawa anak2 ya pilih destinasi wisata kyk Taman Pintar gtu2 yg anak2 paham 😀

    Reply
  • Dian Restu Agustina 6 March 2019 at 9:32 pm

    Mupeng juga sama lokasi syutingnya AADC2..Tahun lalu pas ke Jogja karena nikahan sodara jadi mepet waktunya enggak bisa ke sana..
    Semoga nanti pas ke Jogja lagi bisa singgah juga

    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai 7 March 2019 at 10:46 am

    Saya juga lagi mencari-cari tempat wisata di Jogja. Udah lama juga gak ke kota ini

    Reply
  • Riri Restiani 7 March 2019 at 6:58 pm

    Berkali-kali liburan di Jogya gak pernah bosan, dan selalu saja banyak yang harus di explore, banyak tepat wisata yang selalu baru soalnya.

    Reply
  • Liswanti 7 March 2019 at 7:16 pm

    Yuuk mba kita ke Jogja main, duuh kangen beneran main ke Jogjakarta.

    Reply
  • Grandys 11 March 2019 at 7:23 pm

    Jogja adalah kota yg penuh dengan kenangan dan rindu mba hehe. Kalo aku sangat menyarankan untuk k Goa pindul sama Lava tour di Kaliurang. Selamat berlibur k Jogja ya mba dan semoga nambah kangen lagi haha

    Reply
  • Yulia 12 March 2019 at 7:56 pm

    Jogja emang selalu ngangenin ya mba

    Reply
  • Damar Aisyah 14 March 2019 at 3:48 pm

    Papermoon Puppet Theatre? Aku juga pengin banget, Mbak. Bolak-balik ke Jogja tapi belum kesampaian ke teaternya. Padahal aku rajin mengikuti Papermoon lho. Sejak mereka belum sebesar ini aku udah nge-fans sama Mbak Ria Papermoon. Ah, next time kudu dijadwalin bener nih.

    Reply

Leave a Comment