Cara Hemat Bayar Tagihan Listrik - Blognya Andy Hardiyanti

Cara Hemat Bayar Tagihan Listrik

tagihan listrik

Cara Hemat Bayar Tagihan Listrik. Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan di tiap unit bangunan, termasuk juga rumah tinggal. Coba deh cari rumah mana sekarang yang tidak menggunakan listrik di dalamnya? Duh susah deh kayaknya. Kalaupun ada, paling hanya 1 atau 2 rumah saja ya kan? Nonton televisi, penggunaan kulkas, ac dan masih banyak lagi semuanya butuh listrik. Atau yang sederhana saja, seperti lampu sebagai penerang dan nge-charge hp? Lagi lagi butuh listrik, bukan? Aih, rasanya kita semua tidak bisa lepas dari kebutuhan tersebut. Terbukti dari betapa gelisahnya masyarakat saat terjadi pemadaman listrik. Tidak usah deh sejam, kelamaan. Setengah jam saja sepertinya sudah pada misuh-misuh mau komplain ke PLN. Benar gak?

Tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang masalah pemadaman sih, atau yang biasa kita sebut “mati lampu”. Paragraf di awal tadi sekadar pengantar bahwa betapa tergantungnya kita sama yang namanya listrik. Untuk semua kenikmatan hakiki (ngecharge hp berkali-kali, ngadem dengan AC, dll) tersebut, pastilah gak gratis. Itulah mengapa setiap bulan kita bakal membayar tagihan listrik, atau yang akrab belakangan ini yaitu beli token listrik. Bagi sebagian besar pelanggan lama (termasuk saya), sistem pembayaran listrik di rumah masih pascabayar. Alias pakai dulu baru deh tahu berapa besar tagihan yang harus dibayarkan.

Baca Juga: Cara Menghitung Tarif Listrik PLN

Sementara untuk token listrik adalah yang sifatnya prabayar. Jadi kita sebagai pelanggan membeli dulu pulsa dengan sejumlah nominal yang tersedia. Isi deh nomor tokennya dan listrik pun bisa digunakan. Baik listrik prabayar maupun pascabayar keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bilang pakai prabayar lebih hemat, nyatanya banyak juga kok dari kita yang berkali-kali isi pulsa listrik. Lagi-lagi ya kembali ke kitanya sebagai pengguna, bagaimana agar bisa bijak menggunakan listrik.

Cara Hemat Bayar Tagihan Listrik

Sebagaimana tagihan-tagihan pembayaran lainnya, tagihan listrik pun menjadi hal yang bikin dag dig dug setiap bulannya. Ada rasa penasaran apakah nominal tagihan bulan ini akan lebih besar, sama, atau lebih kecil dari bulan sebelumnya. Meski demikian setidaknya kita bisa memperkirakan sekitaran berapa besar tagihan yang harus dibayarkan. Ya kalau pemakaian listriknya normal seperti biasa, bayarnya pun tidak akan jauh-jauh dari bulan sebelumnya.

Lantas bagaimana cara hemat bayar tagihan listrik? Paling penting sih dengan cara menghemat pula penggunaannya. Biar kenapa? Biar besar tagihan listriknya tidak melonjak tinggi. Bisa dengan mematikan lampu saat tidak digunakan/kondisi terang, mencabut charger hp saat selesai dipakai, dan masih banyak lagi. Intinya sih, gunakan sesuai kebutuhan. Lantas kalau sudah tahu besaran tagihannya, selain dengan berhemat agar tagihan selanjutnya tidak tinggi, apakah ada cara lain? Ada dong!

Tagihan Listrik Tinggi? Yuk Berhemat dengan Cara Berikut!

Menjadi Agen Pembayaran Online

Ada banyak sekali aplikasi pembayaran online yang tersedia saat ini. Dimana masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, maka pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Setahu saya, setiap kali melakukan transaksi pembayaran, maka seorang agen akan mendapatkan komisi. Komisi yang didapatkan tersebut besarnya berbeda tergantung transaksi yang diproses (listrik, telpon, pdam dan lainnya) dan aplikasi yang digunakan. Tapi paling tidak dengan menjadi agen dan membayar tagihan listrik Anda sendiri di rumah, Anda bisa memperoleh komisi pula kan?

Manfaatkan Promo Cashback dari Marketplace

Untuk membayar berbagai tagihan, termasuk tagihan listrik saat ini bukanlah sesuatu yang sulit. Pergi langsung ke loket pembayaran PLN itu sih cara bayar zaman old, kecuali tagihan Anda menunggak dan harus bayar di sana ya. Sekarang semua serba online, meski Anda tidak harus juga menjadi agen pembayaran online. Sebab bayar tagihan listrik pun kini bisa dilakukan pada sejumlah marketplace, misalnya di Tokopedia.

tagihan listrik

Adapun promo yang paling sering berlaku di sana untuk pembayaran tagihan adalah promo cashback. Jangan khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak, karena Anda bisa berhemat sekian persen dengan adanya promo cashback. Lumayan banget lho, saya pribadi sudah beberapa kali memanfaatkannya. Khusus di bulan ini jangan sampai deh kalian kelewatan program Tokopedia Maret Mantap. Kenapa? Karena di sana bakal dibagikan kupon mantap untuk sebulan hemat! Dimana di dalamnya tersedia pula kupon cashback untuk pembayaran tagihan listrik hingga 50k! Mantap kan?

Pastikan juga untuk ikutan Tap Tap Mantap Tokopedia setiap harinya, agar berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah. Salah satunya yaitu tambahan poin di Tokopoints, yang bisa ditukar lagi-lagi dengan kupon cashback. Asyique tuh, bayar tagihan listrik bisa hemat 50k~

Selain Cashback, Manfaatkan Juga Promo Diskon untuk Pembayaran Tagihan Listrik

Satu lagi cara hemat bayar tagihan listrik, yaitu dengan memanfaatkan promo diskon. Kalau pada promo cashback, dana akan dikembalikan ke saldo akun yang dimiliki pada marketplace. Maka lain halnya dengan promo diskon, dimana total tagihan yang dibayarkan akan dipotong langsung sesuai besar diskon yang berlaku. Besaran diskon dan maksimal diskon yang bisa diperoleh pastinya berbeda di setiap marketplace. Semakin besar nominal tagihan listrik Anda, maka semakin besar pula diskon yang didapatkan.

Itu tadi cara hemat bayar tagihan listrik dari saya. Kalau teman-teman punya cara lain (bukan cara curang ya), yuk share di kolom komentar. Tapi paling top sih menurut saya ya dengan bijak menggunakan listrik: gunakan seperlunya, matikan selebihnya.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

10 Comments

  • Mugniar 5 March 2019 at 5:51 pm

    Jaman now ini mendukung sekali buat mamak-mamak yang irit. Kata “cashback” sangat menggiurkan, apalagi dalam urusan tagihan listrik 😀

    Reply
  • Lelakibugis 8 March 2019 at 1:59 pm

    Cara terbaik yang sering saya lakukan adalah dengan selalu memastikan lampu dan alat elektronik lainnya dimatikan saat tidak terpakai.

    Reply
    • Mugniar 8 March 2019 at 9:10 pm

      Yes, itu bisa sangat menghemat, ya.
      Di rumah saya, sering mematikan apa-apa yang menyala tapi tak perlu. Anak-anak di sini masih bolak-balik dikasih tahu mengenai lampu.

      Reply
  • Siska Dwyta 8 March 2019 at 2:47 pm

    Boleh juga caranya nih mbak. Apalagi
    bayar tagihan listrik sekarang ini gampang ya. Tinggal buka web/app marketplace seperti tokopedia saja, mana ada promo dan cashbacknya pula.

    Reply
  • daeng ipul 8 March 2019 at 9:11 pm

    Hahaha saya ingat zaman masih SD suka “dikaryakan” sama guru SD. Disuruh bayarkan listriknya. Jadilah saya antri di loket PLN dengan kompensasi bebas nda belajar selama satu jam pelajaran. Plus, dikasih nilai 8 hahaha

    Sekarang sudah nyaman, tinggal online semua beres. Dapat cash back lagi.

    Reply
  • Mydaypack 9 March 2019 at 2:44 am

    Paling efisien mmg yg marketplace. Bnyk promo bahkan free utk listrik. Lumayan klo bisa kita tongkrongin smua marketplace nya haha

    Reply
  • Daeng Techno 9 March 2019 at 4:28 am

    Mantap nih,,bisa di coba juga nantinya bayar di Marketplace..Selama ini saya bayar tagihan listrik lewat salah satu aplikasi karya nak Makassar dengan nama MJ Reload..Cuma klw cashback belum ada..Hehe Kita bayar sesuai tagihan..apa pun pilihan , saya setuju2 ajah dengan statement di atas, di mana setiap aplikasi punya kelebihan dan keurangan Masing2.. 🙂

    Reply
  • sluggish journey 9 March 2019 at 8:37 am

    Wah mantap banget tipnya kak khususnya bagi yang memang penggunaan listrik perbulannya terbilang tinggi. Bisa nih di jelaskan ke keluarga hehe.

    Reply
  • bisot 10 March 2019 at 7:56 am

    Ini namanya cara cerdas memangkas tagihan listrik melalui program promo, cashback dst dst ☺️ bisa dipertimbangkan hehehe

    Makasih sharenya

    Reply
  • Ardian 10 March 2019 at 11:05 am

    Semua teknik ini lumayan familiar dengan kaum milenials, harusnya mudah dipahami sih haha. Tapi saya sebagai Mahasiswa yang tinggal nge kos tidak urusin tagihan listrik. Semuanya Ibu kps yang urusin haha.

    Reply

Leave a Comment