Cara Mengetik Cepat dan Tepat Tanpa Melihat Keyboard

cara mengetik cepat

Cara Mengetik Cepat dan Tepat Tanpa Melihat Keyboard. Bagaimana cara mengetik cepat dan tentunya dengan tepat tanpa harus melihat tuts keyboard? Mengapa keahlian tersebut penting dikuasai? Sebagai seorang blogger, aktivitas saya tidak jauh dari berkarya lewat tulisan yang diposting pada halaman blog. Tulisan itu kemudian bisa dibaca oleh siapa saja, selama terkoneksi dengan internet. Tulisan yang berawal dari buah pikir, ide kreatif, untuk kemudian diketik kata demi kata hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Terbiasa menekan tuts keyboard, membuat saya terbiasa pula menggerakkan jemari, yang membuat saya tak perlu lagi melihat keyboard.

Si sulung saya, kadang takjub sendiri saat melihat saya membuat postingan blog. “Mama gak lihat keyboard, kok tahu posisi huruf-hurufnya?”, tanyanya pada suatu waktu. Padahal ya cara mengetik saya biasa saja, belum seperti papanya yang menguasai cara mengetik 10 jari. Tapi tidak melihat keyboard itu yang membuatnya penasaran. Terkadang pertanyaannya itu cukup saya jawab, “Sudah terbiasa, nak. Kegiatan mama setiap hari kan membuat tulisan di laptop. Ngetik, ngetik, dan ngetik. Jadi ya lama-lama jadi biasa, gak perlu lihat keyboard lagi”.

Mengapa Keterampilan Menekan Tuts Keyboard Diperlukan?

Tidak hanya untuk kami yang bekerja atau mungkin memiliki kegemaran ngeblog. Kemampuan menekan tuts keyboard secara cepat dan tepat pun dibutuhkan oleh profesi lainnya, serta pagi kegiatan-kegiatan tertentu. Mereka yang bekerja sebagai sekretaris, notulen, orang-orang di bagian pelayanan administrasi, kasir, dan masih banyak lagi profesi yang memerlukan keterampilan tersebut. Pada kegiatan atau situasi tertentu, misalnya saat sedang menyelesaikan tugas akhir, membuat naskah buku, hingga menginput data dari yang sebelumnya ditulis manual. Kemampuan mengetik/menekan tuts keyboard secara cepat dan tepat pastinya akan sangat membantu terselesaikannya tugas ketikan itu secara cepat pula.

Sebaliknya, ketika gerakan jemarin kita lambat dalam menekan tuts keyboard, terlebih lagi jika sering terjadi salah ketik (typo), maka apa yang akan diketik pun semakin lama selesainya. Waktu habis untuk menunggu selesainya ketikan tersebut, juga tersita karena harus memperbaikin sejumlah kesalahan pengetikan. Salah ketik atau typo, selain bisa menyebabkan munculnya arti lain dari tulisan, juga tentu membuat tidak nyaman siapa saja yang membacanya.

Cara Mengetik Cepat dan Tepat Tanpa Melihat Keyboard

Lantas selain karena sudah terbiasa, apakah ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melatih kecepatan pengetikan itu? Bagaimana melatih gerak-gerik jemari dari yang biasanya menggunakan teknik mengetik 11 jari menjadi 10 jari? Oh ya, istilah teknik ketik 11 jari ini umum digunakan merujuk pada mereka yang belum mampu menekan tuts keyboard yang menjangkau banyak huruf/angka/karakter. 11 jari/sebelas jari maksudnya ada ketika jari yang digunakan adalah dua jari, kedua telunjuk di kiri dan kanan tangan, yang jika disatukan, serupa angka sebelas.

Sekali lagi, saya bukanlah seseorang yang mampu mengetik dengan metode sepuluh jari. Namun, bagi saya setidaknya bagi orang-orang di sekitar saya, saya cukup mampu mengetik secara cepat dan tepat tanpa melihat keyboard. Tidak dengan metode 11 maupun 10 jari, entahlah ada berapa jari yang benar-benar saya gunakan. Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan untuk melatih keterampilan tersebut:

Berkenalan dengan Tuts Keyboard

Saya mengenal tuts keyboard sejak usia 4 atau 5 tahun. Sebelumnya, saya terbiasa melihat mesin ketik manual yang digunakan oleh bapak dan kakak saya di rumah. Meski sering saya gunakan, mesin ketik tersebut menurut saya berisik dan keras untuk ditekan. Maka ketika pertama kali melihat satu unit komputer di rumah salah satu keluarga, saya tertarik untuk mencobanya. Menekan tuts keyboard bagi saya kala itu adalah hal yang sangat menyenangkan. Dibanding mesin ketik manual, tuts keyboard jauh lebih soft dan nyaman digunakan. Percaya atau tidak, saat itulah kali pertama saya melihat hamparan huruf pada keyboard. Berkenalan dengannya, sekadar melihat posisi seluruh huruf, dari a hingga z, posisi angka, karakter, dan lainnya. Sesederhana itu, tapi menurut saya sangat berpengaruh dibanding ketika pertama kali melihat saya langsung tekan-tekan secara asal saja.

Berlatih Menulis Apa Saja yang Disukai

Saat mengenal komputer, program pertama yang saya coba adalah Microsoft Word. Setelah melihat dan memahami letak-letak tuts keyboard, saya mulai mengetik dan membuat sebuah dokumen di sana. Saya berlatih menulis eh mengetik apa saja yang saya sukai. Lambat laun, ketika sudah bisa membaca, saya mulai mengetik biodata, nama saudara, makanan kesukaan, hingga cerita-cerita sederhana. Saya ingat sekali, saat mengetik, saya masih perlu mencari letak huruf yang hendak saya tekan tutsnya. Membuat ketikan satu halaman saja rasanya lama sekali kala itu. Bukan lama karena bingung mau mengetik apa, melainkan lama karena harus melihat keyboard dan mencari posisi huruf/angka/karakter yang saya butuhkan. Tapi tak apa, ternyata sering mengetik walau lambat begitu, menjadi awal terlatihnya keterampilan mengetik saya.

cara mengetik cepat

Melatih Kecepatan dan Ketepatan Mengetik dengan Bermain Game

Sewaktu kecil, saya belum mengenal bahwa ada game atau permainan yang dapat melatih kecepatan dan ketepatan mengetik. Baru belakangan ini saya tahu bahwa ada banyak website yang sangat berguna bagi siapa saja yang hendak melatih kemampuan mengetiknya. Tidak hanya menilai kecepatannya, tetapi juga ketepatan kita dalam menekan tuts keyboard. Salah satu game tersebut bernama Zombie Typing, game yang terdapat pada free games online Plays.org.

 

Tampilan games Zombie Typing yang menarik, membuat kita semakin menikmati tiap challengenya. Adapun yang pemain harus lakukan adalah mengetik kata-kata sesuai urutan secara cepat dan benar. Setiap kata yang berhasil diketik dengan benar, maka akan menghilangkan zombie-zombie tersebut. Ketik kata-kata yang tersedia sesegara mungkin, sebelum para zombie semakin dekat dengan kita (tokoh laki-laki yang memegang senjata). Jadi di sini, senjata dengan peluru tersebut digambarkan sebagai alat untuk menyerang zombie. Pelurunya ya berasal dari kata-kata yang berhasil diketik dengan benar. Semakin tinggi level (wave) permainan, maka langkah para zombie pembawa kata-kata pun akan semakin cepat.

cara mengetik cepat

Mengenal Plays.org

Menarik bukan, melihat ada game yang bisa meningkatkan keterampilan, khususnya untuk soal mengetik. Semakin menarik karena rupanya, Plays.org situs free online games tempat game Zombie Typing ini berada, memiliki sejumlah kelebihan dibanding situs bermain lainnya, yaitu:

  • Tersedia ratusan game online yang bisa diakses secara gratis. Ya, ratusan! Bisa diakses gratis secara online oleh siapa saja, tanpa perlu repot harus registrasi. Cukup buka websitenya, dan bermain.
  • Game yang tersedia di Plays.org sudah disusun atau dikelompokkan sesuai kategorinya. Beberapa diantaranya, yaitu: Board Games, 2 Players, Arcade, Cartoon, Education, dan masih banyak lagi.
  • Semakin nyaman diakses karena tidak adanya tayangan iklan. Tidak perlu khawatir bakal nongol iklan yang aneh-aneh, jangankan iklan aneh-aneh yang bahaya dilihat oleh anak-anak, iklan apapun gak ada yang tayang di sini kok.
  • Game yang tersedia umumnya adalah game yang sederhana, yang mudah dimainkan oleh semua usia. Pokoknya gak bakal stres main game di sini.
  • Skor tertinggi akan tercatat di sistem website. Ya, walaupun gak ada step registrasi, skor tertinggi akan selalu di hati, eh dicatat di sistem maksudnya.

Dan ya bicara soal game dan hubungannya dengan mengetik, rupanya ada sejumlah game yang membutuhkan keterampilan pengetikan yang cepat lho. Termasuk game yang dimainkan sambil harus terhubung dengan pemain lain via chat misalnya, atau permainan yang membutuhkan masukan-masukan teks tertentu untuk menggunakan peralatan/senjata yang ada. Bagaimana pun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kita mampu menerapkan bagaimana cara mengetik cepat dan tepat tanpa melihat keyboard. Selamat berlatih, semoga semakin terampil!

 

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

25 Comments

  • Mugniar 8 November 2021 at 12:19 pm

    Saya ingat waktu SMA ada pelajaran mengetik pakai mesin ketik besar.
    Malas2an ikuti tapi rupanya butuh juga keterampilan itu sekarang ya demi cepat menulis. Nah game ini bisa buat belajar ngetik lagi nih.

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 9 November 2021 at 9:02 am

    Ahaha kemampuan mengetikku kyknya membaik setelah aku sering ngetik tapi gak sebaik sekretaris2 di tipi2 itu yang bisa mengetik dengan cepat pakai 10 jari.
    Wah ada ya game di Plays yang maininnya dengan mengetik gtu? Seru juga nih kyknya
    Aku blm terlalu banyak eksplor Plays 😀
    Coba ah nanti cek2

    Reply
    • Ugik Madyo 10 November 2021 at 5:57 pm

      Wah ini nih penting banget buat aku. Kemampuan ngetik saya menurun drastis. Saya termasuk Yang ngetik 11 jari. Enak banget nih latihannya pake main game di plays. Aku kan jadi makin semangat berlatih ngetik cepat.

      Reply
    • Maya Siswadi 11 November 2021 at 6:45 am

      Hahaha, iya sama, kemampuan mengetikku lumayan nambah sejak rajin nulis di blog, tapi ya masih belum sebaik yg mampu mengetik 10 jari. Sekarang banyakan nulis pakai hp malah cuma pakai jempol😂. Jadi pengen coba games di plays

      Reply
  • Yati Rachmat 9 November 2021 at 10:19 am

    Bener juga ya ide itu pating sliwer. Coba aja liat yg ini soal mengetik 10-jarj aja bisa menjadi postingan Andi yg menarik. Boleh ya idenya Andi bunda tiru. Jd kangen ketemu Andy n Mamanya Andi. Nah izinin ya bunda comot idenya? Kl jd bunda share ke Andi. Terima kasih ya karena semakin nyata ide itu datang tergantung dari diri kita ya.

    Reply
  • Ucig 9 November 2021 at 10:56 am

    ngetik cepat memang diperlukan nih ya mba, apalagi sekarang apa2 typing hihiihihi.. amazing lihat mamanya yaa^^
    wah latihan pake games mah aku nggak nolak, ngetik cepat pas jaman sekolah dulu sering nih lomba2an haha. btw plays.org ini enak deh ya, nggak ada iklan jadi nggak panik klo ada iklan apa gitu buat anak2, nggak perlu download instal segala juga

    Reply
  • FIRSTY UKHTI MOLYNDI 9 November 2021 at 11:52 am

    Molly masih setia ngetik satu jari aja. hihii.. pengen ahh kapan2 belajar ngetik 10 jari. kerjaan jadi lebih cepet kelarr

    Reply
  • Mutia Karamoy 9 November 2021 at 11:48 pm

    Jadi ingat pas SMA, ada pelajaran mengetik 10 jari hahaha, tapi memang sih terbiasa mengetik membuat tangan kita tanpa sadar tahu letak huruf-huruf di keyboard tapi sampai sekarang aku masih suka mengetik 11 jari maksudnya satu jari tangan kanan dan satu lagi jari tangan kiri.

    Reply
  • Ririe 10 November 2021 at 12:14 am

    Wah saya masih sering mengetik dengan 11 jari mbak, hehehe.

    Nah kalau platform Permainan Gratis, Playsdotorg memang salah satu platform nge-game online yang bisa dijadikan pilihan utk main game bareng sama anak-anak karena tersedian bejibun jenis game untuk anak-anak, orang dewasa, dan siapa saja yang ingin spending time main game.

    Kita dapat menemukan banyak item permainan gratis yang menarik karena situs web ini memiliki berbagai macam permainan, serta berbagai kategori permainan untuk dipilih.

    Reply
    • Aswinda Utari 10 November 2021 at 2:18 pm

      Wuah, latihan mengetik cepat dg main game. Sebuah solusi yg menarik banget mba. Aku udah main jg di play org tp blm bs ngetik cepat. Mgkn krn game yg dimainin jg buat anak. Ahahaha. Aku cb lg ah buka play.org spy bs ngetik cepat jg

      Reply
  • Rach Alida Lidbahaweres 10 November 2021 at 6:35 am

    Nah iya mungkin karna kita terbiasa ngetik ya jadi jari kayak punya mata hahaha. Sodsrkau ya sempat blang kok aku nulis tanpa liat. Tapi ya karna kebiasaan. Mau ikutan permainan itu ah. Asik banyak game seru

    Reply
  • Nanik Nara 10 November 2021 at 7:16 pm

    Ah ketrampilan mengetik 10 jari ini dari dulu nggak berhasil saya kuasai.

    Si bungsu saya nih cepet banget ngapalin posisi keyboard, awalnya dari main game juga. Sering nekal tombol anak panah, lalu huruf w, s terus lama-lama apal

    Reply
  • Tanti Amelia 10 November 2021 at 8:41 pm

    Latihan mengetik cepat dengan main game ini jadi sebuah solusi menarik ya, soalnya aku belum mengetik secepat yang aku inginkan tanpa melihat

    kalau tau ada di play org aku mau main juga ah

    Reply
  • Cindy Vania 10 November 2021 at 10:04 pm

    dulu saya kenal mengetik cepat itu dari game pas di sekolahan, seru banget! jadi latihan mengetik kalau nggak buru2 nanti akan dimakan buaya si karakternya >.< hahaha

    sekarang pengen banget nyari yg gitu lagi..

    Reply
  • echaimutenan 10 November 2021 at 10:19 pm

    Dulu smp ada pelajaran mengetik
    inget banget aku pakai telunjuk saja. Terus sekarang jadi inget bisa banget ngetik semua jari karena terbiasa

    pengen ngajari anakku juga mengetik begini

    Reply
  • lendyagassi 10 November 2021 at 10:23 pm

    Wih…iya banget.
    Aku masih liat keyboard dan masih banyak typo. Huhuu…uda berapa lama gaul sama kang lepi, ya masih belum bisa tanpa lihat.
    Apa harus berlatih di play.org yaa…

    Reply
  • Milda Ini 11 November 2021 at 12:54 am

    Boleh dicoba nih caranya Mak, sebab akau belum berhasil. Kalo via hp lama dulu. Iyah aku bisa, hahaha

    Reply
  • @hm_zwan 11 November 2021 at 5:57 am

    jadiinget, waktu kuliah dulu lumayanlah ngetikku macam sekretaris. Tapi sekarang bisanya cuma 6 jari itupun nggak secapat dulu wkwkwkwk.. wah, ada game zombienya juga ya ternyata

    Reply
  • Utie adnu 11 November 2021 at 6:32 am

    Boleh Juga nih ya bermain Ada manfaatnya kayak game yg bernama Zombie Typing, jadi pnasaran mau main..

    Dah gitu bnyak Juga pilihan gamenya,, seneng klo gini bnyk game yg edukatif

    Reply
  • Nathalia DP 11 November 2021 at 10:32 am

    Seru banget ada game zombie typing di plays.org… Sejak resign dan lebih sering ngetik di keyboard ponsel, kecepatan saya ngetik di keyboard laptop jadi melambat nih… Asyik kayanya latihan lagi sambil main game…

    Reply
  • Faradillah 13 November 2021 at 9:51 am

    Aku dulu diajarin mengetik 10 jari kak sama alm. Ayah dan diajarinnya beliau sabar banget karena aq lama banget hehehe

    Reply
  • Naqiyyah Syam 13 November 2021 at 2:29 pm

    Dulu aku gak kursus mengetik, alhasil aku ngetik hanya 2 cari sampai sekarang hahah, suka deh banget games di Plays.org banyak pilihan

    Reply
  • Eni Martini 14 November 2021 at 10:41 pm

    Aku juga main game di situs itu, mba, tapi sama anakku yang kecil. Dia suka yang matematika, jadi ngelawan musuh pakai tanya jawab matematikan in english. Beneran edukatif

    Reply
  • Alia 15 November 2021 at 7:11 am

    Hehee ini lucu banget ada zombie segala. Buat yang gamer addict pas ini. Aku jg pake 11 jari kalau ngetik

    Reply
  • antung apriana 17 November 2021 at 4:19 pm

    kalau terbiasa ngetik memang jari kita bakalan hapal sama posisi tuts di keyboard ya, mbak. dan ternyata bisa juga ya kita melatih kecepatan ngetik pakai games di plays.org. mantap banget deh

    Reply

Leave a Comment