Cara Membuat Pisang Goreng Keju yang Praktis dan Lezat - Blognya Andy Hardiyanti

Cara Membuat Pisang Goreng Keju yang Praktis dan Lezat

cara membuat pisang goreng keju

Cara Membuat Pisang Goreng Keju yang Praktis dan Lezat. Bagaimana cara membuat pisang goreng keju yang praktis dan lezat? Pada postingan ini akan dijelaskan resep dan tips yang bisa kalian coba di rumah. Saya dan keluarga termasuk orang yang doyan ngemil. Salah satu camilan favorit kami adalah pisang goreng keju. Pas sekali karena di Mataram sangat mudah mendapatkan pisang kepok berkualitas baik. Setiap hari, penjual sayur keliling selalu membawa beberapa sisir pisang kepok, dimana ibu saya adalah pelanggan yang tetap membelinya. Pisang kepok yang ibu beli tersebut, sering kali akan berakhir di penggorengan, dilumuri adonan tepung, lalu kemudian diberi taburan keju dan susu. Jadilah yang namanya Pisang Goreng Keju.

Saya masih ingat momen pertama saya jatuh cinta dengan camilan tinggi kalori ini. Saya mencobanya saat pergi berenang di kolam renang hotel, oleh ibu kami diminta memesan makanan untuk disantap usai renang. Seingat saya, waktu itu menu makanan hotel belum begitu modern seperti sekarang. Satu yang fotonya paling menarik perhatian saya tidak lain adalah pisang goreng keju. Harganya entah berapa, pastinya sih mahal…ya standar hotel lah.. Tidak butuh waktu lama bagi saya dan Kak Diyah (kakak saya) untuk menghabiskan seporsi menu tersebut. Beberapa potong pisang yang ditaburi keju parut dan kental manis. Aih! Lezat sekali rasanya. Tapi karena harganya yang luar biasa, ya sudah pesannya seporsi saja.

Pisang Goreng Keju, Camilan Favorit Keluarga

Waktu berlalu dan pisang goreng keju tetap menjadi salah satu menu camilan favorit saya, bahkan keluarga. Entah mengapa, rasanya perpaduan manisnya susu (sekarang namanya sih Kental Manis aja) dan pisang, ditambah asinnya keju tuh gimana yaaa. Enak pokoknya! Meski sadar bahwa betapa banyak kalori yang terkandung dalam sepotong camilan tersebut, tapi tetap saja…sulit untuk menolaknya. Baik itu saat memesan makanan di restoran, kafe, menyantap hidangan di sebuah acara, hingga saat harus membuatnya sendiri di rumah. Ya, tidak ada kalimat yang pantas digunakan untuk tidak menyantap beberapa potong pisang goreng keju.

Demi menghemat biaya, ditambah dukungan ibu di rumah yang nyaris tiap minggunya membeli pisang kepok. Maka saya putuskan untuk hanya menyantap pisang goreng keju yang dibuat sendiri. Selain lebih hemat, saya pun bisa memberi topping keju parut sebanyak-banyaknya, sesuka saya. Hahahah. Bahkan kadang lebih cocok disebut keju goreng pisang, dibanding pisang goreng keju. Tentu saja harganya tidak sampai berpuluh-puluh ribu seperti saat saya membelinya di restoran, hotel, atau yang lainnya.

cara membuat pisang goreng keju

Cara Membuat Pisang Goreng Keju yang Praktis dan Lezat

Beberapa tahu belakangan, oleh ibu dan saudara di rumah, saya didaulat sebagai si pembuat pisang goreng keju. Kata mereka sih, racikan saya tuh rasanya lezat. Ah masa iya? Perasaan cara membuatnya ya begitu saja. Tapi kembali lagi, saya senang membuat camilan ini. Kalau saya buat sendiri, banyaknya keju parut bisa saya atur sesuka saya. Selama masa work from home maupun belajar dari rumah bagi anak-anak sekolah, entah sudah berapa kali saya menyajikan kuliner berbahan dasar pisang ini. Demikian seringnya, sampai saya lupa untuk memotretnya dengan baik agar bisa dibuat menjadi konten instagram atau yang lainnya. Syukurnya, saat ingat, saya segera memotret ala kadarnya dengan niatan ingin menuliskannya ke dalam sebuah postingan blog.

Cara Membuat Pisang Goreng Keju yang Praktis dan Lezat

Jadi bagaimana cara membuat pisang goreng keju yang praktis dan lezat? Langsung saja yaa. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah pembuatannya yaitu:

Bahan-bahan

  • Pisang Kepok
  • Tepung Terigu (saya pakai Segitiga Biru)
  • Sedikit garam
  • Air secukupnya
  • Susu Kental Manis, eh sekarang namanya cuma Kental Manis (saya pakai Frisian Flag Full Cream Gold)
  • Keju Cheddar diparut (saya pakai Keju Cheddar Kraft)
  • Minyak untuk menggoreng (saya pakai Bimoli Spesial)

Langkah Pembuatan

  1. Buat adonan untuk membalut pisang, dengan cara: campurkan tepung terigu, air, dan sedikit garam.
  2. Aduk sampai adonan tersebut dirasa cukup mengental. Bisa dikira-kira saja, jika masih cair maka tambahkan tepung terigu lagi. Demikian pula jika dirasa terlalu kental, tambahkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk.
  3. Jika adonan sudah siap, kupas dan potong-potong Pisang Kepok tadi. Ukurannya sesuai selera saja. Kalau saya sih, biasa dipotong serong atau dibelah, kemudian dipotong dua. Bisa dibayangkan gak ya?
  4. Aduk-aduk potongan pisang tadi agar tercampur rata dengan adonan tepung.
  5. Panaskan minyak di atas kompor, goreng pisang yang sudah dibalur adonan tepung. Goreng hingga warnanya kuning keemasan atau kuning kecoklatan. Sesuai selera saja.
  6. Angkat pisang dan tiriskan.
  7. Letakkan beberapa potong pisang yang sudah digoreng tadi pada piring (bagusnya sih piring ceper yaa..biar cakep!), berikan topping keju parut yang lagilagi banyaknya sesuai selera. Pastikan semua bagian pisang sudah diberi taburan keju parut yaa. Jangan sampai terjadi kecemburuan sosial karena ada yang gak kebagian keju. Wkwkwk
  8. Selanjutnya, tuangkan susu kental manis eh kental manis aja di atas topping keju parut tadi.
  9. Tadaaaaa… jadi deh Pisang goreng keju yang praktis dan lezat

Tips Membuat Pisang Goreng Keju yang Enak

Bisa dicoba di rumah, bahan-bahan yang saya sebutkan di atas tadi sudah dicoba bandingkan dengan merk lainnya. Nyatanya, bahan-bahan tersebut yang menurut saya mampu memberikan rasa pisang goreng keju yang enak. Satu hal yang paling penting adalah jenis kental manisnya. Dari sekian banyak merk, menurut saya ya Frisian Flag Full Cream Gold yang pas. Rasa susunya menyatu dengan keju dan pisang, ditambah lagi karena tidak terlalu manis. Sipp deh…toh pisangnya saja sudah manis.

Kemudian untuk kejunya, kalau tidak ada merk Kraft, bisa pakai merk MEG Cheese atau Prochiz. Balik lagi ke selera sih. Saya pribadi, setelah mencoba beberapa merk, ya paling pas dengan rasa kejunya Kraft Cheddar.

Cara Membuat Pisang Goreng Keju Coklat

Pecinta camilan coklat mana suaranya? Umumnya, pisang goreng keju disajikan dengan kental manis Full Cream. Tapi jika teman-teman suka coklat, ya tinggal ganti kental manisnya dengan varian coklat. Opsi lainnya yaitu, kental manis tetap varian full cream. Untuk rasa coklatnya bisa didapatkan dengan memberi tambahan topping coklat tabur atau meses. Bisa juga diganti dengan bubuk coklat seperti ovaltine maupun milo bubuk. Sama aja kok praktisnya.

Cara Membuat Pisang Goreng Keju Mozarella

Punya budget lebih? Atau mungkin mau menyajikan pisang goreng keju yang lebih berkelas? Teman-teman adalah salah satu penggemar keju mozarella? Tenang saja, cara membuat pisang goreng keju mozarella juga sama gampangnya. Tinggal mengganti tahapan pemberian topping keju parut dan susu kental manis tadi, menjadi taburan keju mozarella. Pastinya pada tahap akhir, bagian keju mozarella tersebut perlu dipanaskan agar dapat meleleh seperti yang kita inginkan.

Cara Membuat Pisang Goreng Keju Pasir

Ada banyak sekali varian pisang goreng keju. Salah satunya yang terkenal yaitu pisang goreng keju pasir. Ciri khas varian ini adalah pada balutan tepung pisangnya yang hancur seperti pasir. Cara membuat pisang goreng keju pasir kurang lebih sama dengan resep di atas tadi. Adapun yang membedakan adalah pada penambahan tepung panir atau tepung roti, serta sedikit tepung beras pada bahan adonannya. Sementara bahan lainnya, semuanya sama.

Bagaimana? Mudah bukan? Sangat praktis dan tentu saja rasanya lezat. Semoga postingan tentang cara membuat pisang goreng keju ini dapat bermanfaat buat teman-teman. Selamat mencoba 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

31 Comments

  • Diyah Ifada 14 August 2020 at 3:21 pm

    Pisangnya pisang kepok berkualitas, dibalur pakai segitiga biru, digoreng pakai bimoli spesial, ditaburi keju Kraft cheddar, dan terakhir ditambahkan kental manis Frisian flag full cream Gold, ini semuanya terbaik kakaaaa, buatan rumah tapi gak kalah enak sm yg punya hotel atau resto yess

    Reply
  • winda - dajourneys.com 14 August 2020 at 4:54 pm

    saya suka bikin mbak, tapi pisangnya di bakar bukan di goreng, enak deh kl di taburi keju yg banyak

    Reply
  • nchie hanie 14 August 2020 at 5:30 pm

    Olahan pisang ini cemilan di rumah banget. Hampir setiap minggu bikin, terutama pisang goreng keju ato pisang keju tabur gula aren, huhuuu ternikmat apalagi Bandung lagi dingiin inii dicemil bareng teh panas ato kopi huhuuy.

    Nanti kalo aku ke Mataram lagi, bikinin pisju buatan Andy yaaaa..

    Reply
  • Mugniar 14 August 2020 at 9:59 pm

    Saya sukaaa walaupun banyak kalorinya hehehe … selalu saja enak buat saya pisang dimasak seperti ini.

    Reply
  • nurulrahma 14 August 2020 at 11:26 pm

    Gampill, praktis dan endolita banget ya Mak.
    Mauuuk bikin buat cemilan bocah

    Reply
    • Yati Rachmat 15 August 2020 at 11:33 am

      Pisang goreng keju emang idaman keluarga bunda. sekalipun bunda hrs puasa gorengan dan keju, tetep aja kl terhidang pisang goreng keju jadinya pura2 lupa aja ketika mengunyahnya.

      Reply
  • Tetty Hermawati 15 August 2020 at 1:27 am

    pisangnya emang harus pisang kepok mak? pisang apalaagi mak yang enak dibikin pisang keju? aku seneng pisangnya tuh yg bertekstur agak benyek tpi manis, tapi ga tau jenis pisangnya apa aja, hwehehe

    Reply
  • Mechta 15 August 2020 at 2:58 pm

    Wah sama nih..aku juga sukaaa dengan Pisang goreng keju ini. Apalagi Kental Manisnya coklat, kadang masih ditaburi Meises juga! Haha…paraaah enaknyaa…

    Reply
  • YSalma 15 August 2020 at 3:35 pm

    Di rumah saya semuanya juga penikmat pisang goreng keju, mba.
    Mau disiram dengan kental manis original, cokelat, hayuks aja, dijamin ludes dalam sekejap.

    Reply
  • Okti Li 15 August 2020 at 4:48 pm

    Tipsnya kebetulan banget nih. Cocok saya sedang punya pisang yg baru ditebas dari kebun. Nanti udah cukup matang coba eksekusi pakai tips dari sini ya…

    Reply
  • Keke Naima 15 August 2020 at 6:53 pm

    Saya baru berencana bikin pisang keju. Kebetulan kemarin dapat pisang nangka. Agak susah dapat pisang ini. Padahal saya paling suka pisang nangka

    Reply
  • Tuty Queen 16 August 2020 at 8:33 am

    Enak ini..tapi aku kalau di rumah lebih sering bikin pisang bakar keju tabur ceres. Duh kalau udah ngemil pisang sjak nggak bisa ngerem hehe

    Reply
  • Nia Haryanto 16 August 2020 at 9:30 am

    Waduh, ada banyak macemnya ternyata ya pisang goreng ini. Aku paling cuma baru bikin 2 macem aja. Pisang goreng balut terigu sama pisang goreng yang tanpa dibalut. Kudu nyoba semuanya nih. Anak-anakku kebetulan suka dengan aneka olahan pisang.

    Reply
  • Rahmah 16 August 2020 at 9:42 am

    Aha untung lihat ini dan pengen banget bisa makan pisang kepok hari ini
    Tak buat pisang ini aja deh ya buat nemenin anak BDR

    Reply
  • Ida Tahmidah 16 August 2020 at 10:18 am

    Wah semuanya faavorit keluargaku nih AKu sering bikin karena aku ga suka pisang yg polos ga diapa-apain. Jadi penggantinya ya harus diolah dulu deh…hehe…

    Reply
  • Rani Yulianty 16 August 2020 at 11:33 am

    Kalau di tempat saya, pisang kepok harganya lebih mahal daripada jenis pisang lainnya tapi memang enak ya dibikin camilan kayak gini, jadi pengen bikin juga

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 16 August 2020 at 12:07 pm

    Nyaaam ini camilan favorit juga saat di rumah mbak 😀
    Aku juga pakai SKM sama parutan keju cheddar. Anak2ku kalau makan pisang goreng keju kyk gini nambah2 gk berhenti ngunyah hehe.
    Tapi tantangannya emang dapetin pisang yang rasanya pas itu yaaa 😀

    Reply
  • lendyagasshi 16 August 2020 at 12:35 pm

    Jadi ingat zaman sekolah yaa..
    Ke kantin beli pisang goreng, sambil ngeliatin anak-anak cowo main sepakbola. Minumnya kokop-kokopan sama temen yang lain, hahahaa…
    Seruu iih…kangen masa-masa makan pisang goreng.

    Reply
  • Lidya 16 August 2020 at 1:06 pm

    pisang kepoknya harus beli satu sisir gak di sana? aku kadang beli separuh biar gak kebanyakan eh padahal sih habis2 aja kalau beli banyak. Jadi inget aku mau ke toko bahan kue beli keju udah habis

    Reply
  • Yuniari Nukti 16 August 2020 at 6:59 pm

    Pisang goreng kalau yang dipake pisang kepok emang enak Mbak. Ada sensasi gimana gitu, beda dengan pisang lain yang kalau digoreng teksturnya lembek. Pisang kepok diapain aja enak, dibakar juga

    Reply
  • Indah Nuria 16 August 2020 at 11:53 pm

    Waaah lihat penampakannya oke bangeet nih mba. Anak – anakku yang doyaaan niih

    Reply
  • Zahra Rabbiradlia 17 August 2020 at 4:38 am

    Mksh banyak resepnya mba. Jd banyak inspirasi jenis pisang goreng stlh baca ini 😍

    Reply
  • nyi Penengah Dewanti 17 August 2020 at 6:46 pm

    kalau pisang aku kurang suka, kalau keju suka banget mba
    pisang goreng keju ini laris banget lho di daerahku kalau dijual mba.
    Pengen bikin tapi gantinya pisang enaknya apa ya

    Reply
  • Bambang Irwanto 18 August 2020 at 8:33 am

    Pisang goreng memang salah satu favorit saya, Mbak. Dan saya sukanya pisang kepok. makanya saya happy di halaman rumah ada pohon pisang kepok. jadi kalau panen, dibuat kripik, barongkoh, termasuk pisang goreng. Biasanya cocolannya margarine gula pasir atau sekalian sambal terasi hahaha.

    Tapi boleh nih, nanti saya coba. Bakalan hadir camilan lezat nih, teman minum teh hehehe.

    Reply
  • Dian Restu Agustina 18 August 2020 at 9:16 am

    Ini camilan tinggi kalori yang beneran bikin hepiiii….soalnya ada rasanya komplit, meski bikinnya mesti hati-hati. Apalagi pas marutin keju, jangan sampai ada kecemburuan sosial karena ketidakadilan kwkwkw
    Enak bener ini aku coba nanti , biasa pakai tepung goreng pisang yang langsung jadi..ini berarti pakai terigu langsung ya…wah lebih terasa pasti rasa pisang, keju dan kental manisnya

    Reply
  • Nuniek KR 18 August 2020 at 10:16 pm

    Saya ini orang yang kurang doyan pisang, kalau misal ada pisang goreng tuh, yang saya makan tepungnya saja dan si pisangnya tergeletak begitu aja di pinggir piring. Hihi
    Aneh sih saya tuh, tapi lihat pisang keju ini kenapa saya ngiler bangettt? Mau dong cobain, janji deh enggak saya makan tepungnya doang, hihi

    Reply
  • tari 20 August 2020 at 9:23 am

    yg semangat malah anakku, minta share ke wa dia krn mau nyobain! terima kasih mbak

    Reply
  • BayuFitri 20 August 2020 at 12:33 pm

    wah auto laper liat gambar pisang goreng kejunya…bnr jenis pisang yg enak digoreng tuh pisang kepok dan hrs kepok kuning..sayangnya ditmpt sy kepok kuning tuh mihil dan.langka..hehe

    Reply
  • Fachrur Rozi 20 August 2020 at 2:49 pm

    aku biasanya suka pisang keju mozarella karena enak dan lezat wah jadi pengen buat

    Reply
  • Maria tanjung 20 August 2020 at 3:00 pm

    Pisang keju emang camilan yg lagi ngehits sih menurutku, mba. Hampir semua tempat baik kaki lima sampai di mall ada yg jual pisang keju. Kalau sya suka milihin kejunya, hehehe.

    Reply
  • Munasyaroh 24 August 2020 at 9:56 pm

    Jadi pengen bikin sendiri nih, biasanya bahan-bahannya jadi persediaan di rumah. Tapi gak pernah kepikiran buat bikin pisang keju kayak gini

    Reply

Leave a Comment