Cara Menghilangkan Suara pada Video menggunakan VLC Media Player - Blognya Andy Hardiyanti

Cara Menghilangkan Suara pada Video menggunakan VLC Media Player

cara menghilangkan suara pada video

Cara Menghilangkan Suara pada Video menggunakan VLC Media Player. Cara menghilangkan suara pada video ternyata mudah, terutama untuk pengeditan di laptop atau pc. Tidak perlu aplikasi video editor, seperti Adobe Premier. Cukup menggunakan satu aplikasi yang berukuran/berkapasitas kecil, gratis, dan gampang digunakan, yakni VLC Media Player. Percaya tidak kalau kita bisa melakukan sejumlah hal pada aplikasi tersebut? Benar, VLC bukan sekadar aplikasi pemutar media, yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik maupun menonton film atau video. Lebih dari itu, aplikasi keluaran VideoLAN Project ini dapat melakukan beberapa pengeditan ringan, seperti: mengkonversi video, screen recorder, hingga menghilangkan suara pada video. Lantas, bagaimana caranya? Simak terus postingan berikut sampai habis ya.

Setelah sebelumnya saya membahas tentang VLC sebagai media player terbaik menurut saya. Maka sekarang saya hendak membahas satu dari sekian banyak hal yang bisa dikerjakan aplikasi pemutar media bersifat open source tersebut. Apa lagi kalau bukan cara menghilangkan suara pada video. Postingan ini pun dibuat karena saya merasa sangat terbantu ketika dihadapkan pada situasi harus mengirimkan file video, dimana di dalamnya seluruh suara telah di-mute. Ukuran file video yang saya buat itu cukup besar dan filenya berada di laptop. Selama ini, jika file videonya ringan dan memang direkam dari smartphone sih gampang untuk menghilangkan suaranya. Sementara kalau di laptop? Duh, saya gak punya aplikasi video editor. Malas pula kalau harus menginstalnya. Toh cuma untuk satu keperluan.

Cara Menghilangkan Suara pada Video menggunakan VLC Media Player

Awalnya sih saya mau pakai cara yang online aja. Banyak kan situs web yang menyediakan layanan seperti itu. Jadi kita tinggal mengunggah (upload) video yang suaranya ingin dihilangkan, nantinya situs web tersebut yang akan memproses. Sayangnya, setelah mengunjungi sejumlah situs web, rupanya ada maksimal ukuran file video yang diterima. Tentu saja file video saya berada di atas ukuran maksimal tersebut. Jadilah saya mencari cara lain, dengan tetap bertahan untuk tidak menginstall aplikasi besar macam Adobe Premiere Pro.

Alhamdulillah setelah dibantu suami, ternyata bisa lho. Jadi dia utak atik tuh menu-menu yang tersedia di aplikasi VLC Media Player. Dari sana pula, dia akhirnya tahu bahwa aplikasi yang dirilis sejak tahun 2001 tersebut, dapat melakukan banyak hal pengeditan. Dimana bisa kita manfaatkan ketika membutuhkan pengeditan ringan di PC atau laptop, sehingga tidak perlu lagi menggunakan aplikasi/program video editor berukuran besar.

Langkah-langkah Menghilangkan Suara pada Video di PC atau Laptop

Jadi bagaiman langkah-langkah menghilangkan suara pada video di PC atau laptop? Kalau lewat smartphone pasti gampanglah yaa. Nah, kalau lewat PC atau laptop, begini tahapannya:

Buka atau Jalankan Aplikasi VLC Media Player

Tahap pertama, tentu saja dengan membuka atau menjalankan aplikasi VLC Media Player. Bisa dengan membuka langsung lewat icon yang terdapat pada desktop, atau melalui tombol Windows. Dilanjutkan dengan mengisi kata kunci “VLC Media Player” pada kolom pencarian program.

cara menghilangkan suara pada video

Pilih Convert/Save pada Menu Media

Jika aplikasi sudah terbuka. Perhatikan screenshoot di atas, pada aplikasi VLC Media Player pilih menu Media, kemudian klik convert/save seperti pada gambar. Untuk mempersingkat waktu, cara cepatnya bisa dengan menekan tombol Ctrl+R pada keyboard. Setelah itu maka akan muncul box ‘open media’ untuk melakukan sejumlah pengaturan.

cara menghilangkan suara pada video

cara menghilangkan suara pada video

Selanjutnya klik tombol add seperti pada gambar. Nanti akan terbuka sejumlah file video yang ada pada laptop teman-teman. Carilah file video yang ingin dihilangkan suaranya. Kemudian tekan tombol ‘open’. Nantinya file video yang telah dipilih tersebut akan muncul pada box di bawah tulisan ‘you can select local files with the following list and buttons’. Yuhuu..gak cuma satu file video, kalian bahkan bisa menghilangkan suara pada video secara langsung dalam jumlah yang banyak alias lebih dari satu file! Gak perlu kerja dua kali ya kan? Setelah itu, langsung tekan tombol convert/save.

cara menghilangkan suara pada video

Cara Menghilangkan Suara pada Video Lewat Menu Audio Codec

Setelah menekan tombol convert/save, maka akan muncul tampilan pengaturan convert seperti gambar di atas. Selanjutnya, tekan tombol yang saya sorot pada gambar (bergambar kunci/pengaturan), tombol tersebut bernama ‘edit selected profile‘. Kemudian akan terlihat kotak pengaturan lagi, di sanalah tempat untuk menghilangkan suara pada video.

Perhatikan tab audio codec, lihat bagian audionya. Pastikan tidak ada tanda check di depannya. Jika saat pengaturan ini terbuka, tanda check tersebut tidak ada. Maka teman-teman cukup memberikan tanda cek terlebih dahulu, lalu kemudian menghilangkan tanda ceknya. Paham ya?

  • Jika saat tab audio codec dibuka, bagian audio ada tanda ceknya. Maka matikan tanda centang/cek tersebut
  • Jika saat tab audio codec dibuka, bagian audio sudah tidak ada tanda centang/cek, maka teman-teman harus memberikan centang dulu, lalu kemudian kembali menghilangkannya.

cara menghilangkan suara pada video

Kalau sudah, tinggal tekan tombol save. Nanti teman-teman akan kembali halaman pengaturan convert tadi. Centang bagian ‘append -converted to file name’ jika teman-teman ingin mempertahankan file aslinya. Dimana file video yang suaranya telah dihilangkan akan menjadi file baru dengan tambahan nama file -converted. Setelah itu, tekan deh tombol start. Dan tunggu sampai file selesai diproses. Tadaaa.. suara pada file video tersebut pun akan hilang.

Kalau dijelaskan dalam bentuk teks gini kelihatannya panjang sekali ya tutorialnya. Tapi kalau dipraktikkan, gampang banget lho. Cobain deh. Soalnya aplikasi VLC Media Player ini sederhana banget tampilannya, gak berat pula saat dijalankan. Siapa tahu kapankapan ada yang butuh cara menghilangkan suara pada video lewat pc atau laptop, boleh deh dibaca postingan ini.

Teman-teman punya pengalaman melakukan hal serupa dengan cara lain? Share yuk di kolom komentar.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

14 Comments

  • Mugniar 8 August 2020 at 7:37 pm

    Iya nih harus dipraktikkan. Saya malah bingung bacanya hehehe. Terus kalau suaranya dihilangkan, dimasukkan lagu ya?

    Reply
  • NurulRahma 8 August 2020 at 8:58 pm

    nah, ini buat vlogger/youtuber penting bgt niiih
    Semoga bisa bikin konten video yg makin kece badaii!

    Reply
  • Milda Ini 9 August 2020 at 3:57 am

    Huahaa, need this information to be comport and enjoy watching drakor, are you. Watching without sound is like eat not chili

    Reply
  • Mechta 9 August 2020 at 7:29 am

    Wah ternyata bisa dg VLC ya? Terima kasih tutorialnya mba..insya Allah berguna nih.

    Reply
    • nyi Penengah Dewanti 10 August 2020 at 12:06 pm

      Ayo coba make VLC mba Tan, aku juga udah make dari dulu sampai sekarang enak banget.

      Reply
  • Yati Rachmat 9 August 2020 at 12:04 pm

    Hihihi…bunda cuma enjoy bacanya gak ngerti istilah2nya dan pengetrapannya (boro2). Gampang nanti kl udah rada2 pinter balik lg ke sini.

    Reply
  • Okti Li 9 August 2020 at 2:44 pm

    Terimakasih informasinya. Suatu saat pasti perlu banget tutorial ini. Tidak saya siapa saja, tinggal informasinya dishare lagi ya…
    Sangat bermanfaat

    Reply
  • Ida Tahmidah 10 August 2020 at 9:35 am

    Wah mantaps nih selama ini saya banyak dibantu anak jadi ga terlalu paham soal pervideoan an hehe

    Reply
  • Lidya 10 August 2020 at 10:17 am

    Nah tutorialnya berguna banget buat aku, selama ini kan malas tinggal nyuruh Pascal aja kalau mau menghilangkan suara 😀
    Yang download VLC di laptop aku aja Alvin

    Reply
  • lendyagasshi 10 August 2020 at 1:44 pm

    Kak Andy oprek VLC bener yaa..
    Aku jadi pengen coba apps VLC sebagai media player niih..

    Reply
  • Diyanika 10 August 2020 at 10:43 pm

    Kupikir hanya aplikasi untuk medi aplayer doang, Mbak. Ternyata bisa buat edit-edit apalagi menghapus suara juga, ya. Nggak pelru repot-repot download aplikasi lain nih. Biasanya aku pakai WVM. Itupun berat banget aplikasinya di laptopku yang lama.

    Reply
  • Rahmah 10 August 2020 at 10:55 pm

    Aku butuh ini pas vidio anak main di luar
    Suaranya jadi ga jelas karena lalu lalang mobil
    Semoga pas pakai ini

    Reply
  • indah nuria 10 August 2020 at 11:30 pm

    ini seruu ya mba buat edit video dan pastinya memang bermanfaatnya buat kita yang suka buat editing

    Reply
  • Dirga ID 22 August 2020 at 12:02 pm

    Wah baru tau ternyata ada settingan seperti itu di VLC player, dari jaman masih harus ke warnet, punya android pertama dan punya laptop pertama yang udah tergolong jadul pada masanya, VLC selalu jadi pilihan kalo cari aplikasi pemutar video hehe

    Reply

Leave a Comment