Wisata Kabupaten Semarang, Lebih Aman dan Nyaman dengan Penerapan Protokol Kesehatan - Blognya Andy Hardiyanti

Wisata Kabupaten Semarang, Lebih Aman dan Nyaman dengan Penerapan Protokol Kesehatan

wisata kabupaten semarang

Wisata Kabupaten Semarang, Lebih Aman dan Nyaman dengan Penerapan Protokol Kesehatan. Bagaimana destinasi wisata Kabupaten Semarang mempersiapkan diri saat menyambut era adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19 nanti? Sudah sejauh apa seluruh elemen di sana memastikan penerapan protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik, kelak? Entahlah, bahkan bagi saya, Kabupaten Semarang adalah satu dari sekian banyak tempat yang masuk dalam daftar impian. Indonesia sungguh kaya akan objek wisata alamnya, butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk tuntas mengeksplor seluruh keindahannya. Jika pandemi ini menghalangi seluruh perjalanan yang telah direncanakan, maka ciptakanlah solusi. Persiapkan segala sesuatunya sehingga ketika tiba waktunya nanti, saat kita dapat berwisata kembali, perilaku hidup bersih dan sehat sudah menjadi sebuah kebiasaan yang melekat.

Siapapun paham bahwa belakangan ini sektor pariwisata terkena imbas atas pandemi yang terjadi. Ada virtual tour sebagai opsi untuk bertahan, tapi sampai kapan? Itulah mengapa, menyesuaikan diri dengan menerapkan protokol kesehatan menjadi solusi saat destinasi wisata kembali beroperasi di era adaptasi kebiasaan baru. Tidak hanya tugas kita sebagai wisatawan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, melainkan pula tugas seluruh stakeholder dalam memastikan destinasi wisatanya memang aman untuk dikunjungi. Menariknya, kesiapan ini saya temukan di destinasi wisata Kabupaten Semarang, setidaknya berdasarkan informasi pada halaman situs Protokol Kesehatan Obyek Wisata yang mereka sajikan.

Wisata Kabupaten Semarang, dan Liburan di Waktu yang Akan Datang

Hingga usia saya di angka 29 tahun sekarang, saya belum pernah sama sekali ke Kabupaten Semarang. Bahkan, saya baru tahu kalau ada yang namanya Kabupaten Semarang. Saya pikir, Semarang, ya ibukota provinsi Jawa Tengah itu. Padahal, lain Kota Semarang, lain pula Kabupaten Semarang. Ahh, sepertinya saya mesti mengulang pelajaran  Geografi nih… Nama Ungaran, sebagai ibukota Kabupaten Semarang sendiri sudah saya dengar sejak sekitar tahun 2008. Saya masih ingat momennya, bagaimana saat saya bertanya pada seorang teman lama saya perihal akan melanjutkan pendidikan ke mana. Dengan mantap ia menjawab sebuah nama perguruan tinggi dan menjelaskan bahwa lokasinya berada di Ungaran. Respon saya waktu itu, “ha? Ungaran? di mana itu?”. Saya tidak bertanya lagi, namun saya cukup terkejut ketika melihat postingan teman tersebut kala akhir pekan. Sejumlah potret objek wisata yang indah “dipamerkannya” di halaman Facebook. Aihh, ini di Ungaran semua? Seiindah ini?

Ternyata itulah Ungaran, sebuah daerah dengan objek wisata yang menawan. Mulai dari air terjun, candi, bukit, dan yang lainnya. Indahnya pemandangan alam seolah tak ada habisnya di sana. Rasanya, ingin sekali suatu saat dapat mengunjungi objek wisata Kabupaten Semarang. Rencana liburan di waktu yang akan datang seolah sudah tersusun rapi dalam pikiran, membayangkan bagaimana bisa merasakan langsung keindahan tempat yang selama ini hanya bisa saya lihat.

Wisata Kabupaten Semarang 2020, Asyiknya Ke Mana Saja?

Siapa yang sudah merencanakan ingin liburan ke mana sepanjang tahun 2020 ini? Memastikan kapan saja tanggal merah di tahun 2020 tersedia di tiap bulannya? Rasanya, sebagian besar dari kita tentu melakukannya. Sayangnya, pandemi membuat semua rencana berubah total. Meski keadaan belum kembali normal, banyak rencana yang batal, namun tidak ada salahnya jika kita tetap menyusun jadwal. Berharap ketika saatnya tiba, saat pandemi berakhir, kita semua dapat kembali berpikir menyelesaikan yang sempat tertunda. Mungkin dengan menuntaskan impian liburan ke destinasi wisatan Kabupaten Semarang, misalnya. Ya, bila di tahun ini keadaan membaik, maka wisata Kabupaten Semarang 2020, asyiknya ke mana saja?

wisata kabupaten semarang

sumber: travelnusa.com

Air Terjun Semirang dan Perihal Mencari Tenang

Seorang teman yang mengenalkan saya pada daerah bernama Ungaran, mengatakan, “ada satu destinasi wisata yang berada tepat di belakang kampus saya dulu, namanya Air Terjun Semirang”. Saya tanya kembali, “ha? Semirang? Semarang maksudnya?”. Saya pikir dia salah ketik, ternyata nama air terjunnya ya memang Semirang. Lupakan masalah nama tersebut, saya langsung dibuat penasaran dengan lokasinya yang katanya berada di belakang kampusnya. Bayangkan, betapa mudahnya mahasiswa di kampus itu melepas penat, mencari tenang. Cukup mendengar derasnya air berjatuhan, melihat hijaunya panorama sekitar, duduk di bebatuan besar, dan merasakan segarnya aliran air di sana. Bukankah itu sebenar-benarnya bahagia?

wisata kabupaten semarang

sumber: wisatakaka.com

Eling Bening dan Keindahan Rawa Pening

Liburan bersama keluarga di Kabupaten Semarang, maka penting untuk berkunjung ke Eling Beling. Sebuah restoran keluarga dengan konsep perpaduan pemandangan alam yang dilengkapi sejumlah fasilitas menarik di dalamnya. Menariknya lagi, tidak hanya sebagai tempat rekreasi, Eling Beling juga menawarkan view keindahan Rawa Pening. Bayangkan, bukankah ini perwujudan “sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”? Sekali ke destinasi wisata Eling Beling, banyak hal yang bisa dinikmati. Termasuk pula menikmati pemandangan sejumlah gunung, seperti Merbabu, Telomoyo, dan Andong, komplit dengan persawahan serta perkebunan kopinya.

wisata kabupaten semarang

sumber: instagram.com/zaenury_kun

Taman Bunga Celosia yang Memanjakan Mata

Sering melihat keindahan warna-warni bunga di negara lain? Selalu bermimpi bisa ke sana? Tenang saja, cobalah untuk menikmati dulu yang ada di negeri sendiri. Tempat seperti itu sudah hadir di Kabupaten Semarang, Taman Bungan Celosia namanya. Terletak di Jalan Wisata Gedong Songo KM.5 Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, destinasi wisata ini menghadirkan berbagai jenis bunga berwarna-warni yang dapat memanjakan mata. Tidak hanya itu, tersedia pula sejumlah spot foto (tahu sendiri kan tren wisata 2020 itu yang pepotoan sana sini hahahah), arena bermain anak, miniatur landmark sejumlah negara, toko yang menyediakan aneka bibit sebagai oleh-oleh, dan masih banyak lagi. Asyik banget kan? Apalagi kalau dikunjungi dengan penuh cinta, alias tanaman bunga di sana dijaga. Makin asyik deh tuh, besok lusa atau bertahun-tahun ke depan tempat ini akan terus terawat dan dapat kita nikmati keindahannya.

Wisata Kabupaten Semarang, Lebih Aman dan Nyaman dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Lantas bagaimanakah kesiapan wisata Kabupaten Semarang di era adaptasi kebiasaan baru? Dari informasi yang saya lihat di halaman situs Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, rasanya sejumlah pihak sudah siap dengan menerapkan protokol kesehatan. Informasi mengenai destinasi wisata mana saja yang telah melakukan penerapan protokol kesehatan tersebut bisa dilihat langsung di sana. Beberapa diantaranya, yaitu: Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Dusun Semilir, Cimory On The Valley, Eling Beling, dan masih banyak lagi.

Menurut saya, memang penting bagi setiap daerah untuk menginformasikan penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata seperti ini. Seperti yang telah dilakukan oleh objek-objek wisatan Kabupaten Semarang. Mengapa? karena dengan diterapkannya protokol kesehatan, maka para wisatawan pun akan merasa lebih aman dan nyaman. Sebab, mesti tidak berada di masa pandemi, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat itu adalah sebuah kebaikan yang manfaatnya dapat kita rasakan bersama?

Yuk siapkan rencana liburan ke destinasi wisata Kabupaten Semarang, dan bersiaplah berlibur ketika masa pandemi ini berakhir. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta jadilah wisatawan yang baik dengan menjaga dan tidak merusak apapun saat mengunjungi objek wisata. Bersenang-senang di Kabupaten Semarang, kenapa tidak?

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Wisata Kabupaten Semarang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

25 Comments

  • Tanti Amelia 16 September 2020 at 5:24 pm

    Wah seru ya wisata ke Semarang!

    Apalagi ditambah kulinernya yang unik. Nah, setuju dengan penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata seperti ini. Karena dengan diterapkannya protokol kesehatan, maka para wisatawan pun akan merasa lebih aman dan nyaman.

    Reply
  • nurulrahma 16 September 2020 at 5:40 pm

    Destinasinya sungguh memanjakan mata dan menghangatkan jiwa ya Mbaaa
    Puingiiin banget cuss ke kab SMG. Semoga coronce segera hengkang!

    Reply
  • Maria G Soemitro 16 September 2020 at 8:53 pm

    Ya ampun ternyata banyak ya destinasi wisata di kabupaten Semarang
    Padahal saya sering ke Semarang lho
    Noted ah, mau kesana kalo ke Semarang lagi

    Reply
  • Annie Nugraha 17 September 2020 at 8:41 am

    Saya paling suka baca artikel yang isinya referensi tempat wisata. Apalagi jika tempat² yang disebutkan belum pernah saya kunjungi. Serasa mendapatkan referensi buat jalan².

    Good luck untuk lombanya ya Mbak. Semoga menang

    Reply
  • Shyntako 17 September 2020 at 8:48 am

    Wah Semarang ternyata banyak yaa sekarang objek wisata kecenya, sayangnya lagi PSBB nih di Jakarta jadi gak bisa kemana-mana, semoga segera berlalu dan pariwisata Indonesia maju lagi ya

    Reply
  • Rizka Edmanda 17 September 2020 at 10:11 am

    Aku baru tau lho kabupaten semarang dan kota semarang tuh beda hehe

    Reply
  • katerina 17 September 2020 at 12:13 pm

    Banyak orang sudah kangen pingin liburan dan pergi berwisata, tapi situasi masih belum aman. Mudah2an kalaupun pergi, tempat yang dituju bener2 menerapkan prokes dengan benar ya dan kitanya juga jaga diri.

    Air terjun Semirangnya menggoda untuk didatangi. Mudah2an kalau sudah aman bepergian jauh, tempat ini bisa kusambangi 🙂

    Reply
  • Anggraeni Septi 17 September 2020 at 12:59 pm

    saat ini kalo liburan kayaknya emang pilihannya ke alam nih mba, seperti air terjun di Kab Semarang kudu jadi target liburan jika kondisi bener2 aman. Alhamdulillah jika tempat wisata sudah mulai menggeliat lagi, di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

    Reply
  • Anggraeni Septi 17 September 2020 at 1:00 pm

    saat ini kalo liburan kayaknya emang pilihannya ke alam nih mba, seperti air terjun di Kab Semarang kudu jadi target liburan jika kondisi bener2 aman. Alhamdulillah jika tempat wisata sudah mulai menggeliat lagi, di masa new normal. Semoga bs menjejakkan kaki di Kab Semarang nih

    Reply
  • Cindy Vania 17 September 2020 at 1:43 pm

    Aku cuma pernah ke eling bening gara2 temen dari depok sama surabaya ngajak ke sana. Jadi lah mampir sana dulu trus ke the wujil.
    Anak2 sih seneng yaa karena ada mainan juga di sana

    Reply
  • Dian Restu Agustina 17 September 2020 at 2:12 pm

    Aku kalau mudik selalu lewat Semarang. Tapi mampirnya ke Kota Semarang, itu pun biasa transit doang, pernah juga nginep sebentar terus jalan. Kalau ke Kabupaten Semarang belum eksplor duh..padahal bagus-bagus ya destinasinya. Jadi kepo mudik nanti mampir ke sana. Apalagi jika penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata telah dilakukan oleh objek-objek wisata di Kabupaten Semarang.

    Reply
  • rahmiaziza 18 September 2020 at 7:02 am

    Waah air terjun Semirang aku belum pernah padahal dekat aja lhooo

    Reply
  • Jihan 28 September 2020 at 3:38 pm

    Selalu kepooo sama kota ini. Dulu kesini cuma mampir makan ajaa ngga sempet pergi jalan jalan eksplore tempat wisatanya. Penasaran sama rawa peningnya. masyaAllah mudah-mudahan pandemi segera berakhir jadi bisa segera jalan2 kesana

    Reply
  • Yanti Ani 29 September 2020 at 8:43 am

    Wah banyak juga destinasi wisatanya ya mba, memang sih sudah rindu buat jalan-jalan. Tapi kalau sekarang sih masih suka serem untuk liburan ke tempat-tempat wisata gitu meskipun sudah menerapkan protokol kesehatan, cari aman dulu untuk sementara

    Reply
  • Susie Ncuss 29 September 2020 at 2:18 pm

    Saya sama suami itu udah lama banget pengen roadtrip dari bandung sampe semarang dan trus lanjut ke yogya.
    Makin banyak info soal wisata di Semarang, saya jadi makin pengen roadtrip, tapi corona malah makin menjadi-jadi kayak gini >,<

    Reply
  • Ruli retno 29 September 2020 at 2:45 pm

    Suamiku bulan lalu ada dinas ke semarang yg katanya protokol kesehatannya memang bagus. Jadi beliau sempat wisata disela-sela dinas dengan tetap menjaga kesehatan

    Reply
  • Fionaz 29 September 2020 at 3:41 pm

    Kangen banget sama semarang yang indah itu.
    Belum lagi makanannya yang bikin rindu makin berat

    Reply
  • Karyati Niken 29 September 2020 at 3:50 pm

    Beberapa tempat wisata sudah mulai dibuka untuk umum ya kak. Semoga kita semua patuh sama penerapan protokol yang ada. Baik pengunjung maupun pengelola tempat wisata.

    Reply
  • Antin Aprianti 30 September 2020 at 11:08 am

    Destinasi impian aku semua ini, beberapa kali ke Semarang tapi cuma main di kota-kotanya saja.
    Seneng kalau lihat destinasi wisata sudah mematuhi protokol kesehatan seperti ini, pengunjung jadi merasa aman.

    Reply
  • Fenni Bungsu 30 September 2020 at 11:56 am

    eling bening dan rawa pening kalau diambil fotonya dari atas, subhanallah cantiknya. Semoga bisa ke sana, tapi maunya sih kalau keadaan udah kondusif biar lebih tenang

    Reply
  • Latifika Sumanti 30 September 2020 at 12:29 pm

    Semarang panas ga sih Mba? Atau adem suhunya? Sama sekali belum pernah ke sana. Jadi penasaran. Mungkin nunggu covid terkendali baru berani jalan2

    Reply
  • Hallowulandari 30 September 2020 at 12:42 pm

    Ahhh pengen ke air terjun sama taman bunganyaaa! Betul ya mba emang jaman sekarang tuh pengelola pariwisata ya harus mengedepankan protokol kesehatan biar mencegah penularan corona

    Reply
  • Yuni BS 2 October 2020 at 9:56 am

    Saya pernah tinggal di Kota Semarang selama tiga tahun. Tapi sayangnya saya belum menjelajah tempat wisata di daerah Ungaran. Sayang banget sih.

    Kini saya sudah mudik ke Madura. Entah kapan bisa menjelajah tempat wisata di Ungaran yang mbak sebutkan.

    Reply
  • Qoty Intan Zulnida 2 October 2020 at 10:07 am

    Iya mba. Saya pun agustus kemarin udah ke umbul Sidomukti alhamdulillah udah memenuhi protokol kesehatan. Ada danau juga gak boleh buat berenang. Sebelum masuk diperiksa suhu tubuhnya, dan semua wajib memakai masker. Banyak juga spot untuk mencuci tangan dengan sabun.
    Dan alhamdulillah nya emang masih sepi

    Reply
  • nengsi hariyanti 2 October 2020 at 2:45 pm

    Kalau wisatanya sesuai dengan protokol kesehatan gini, kita sebagai pengunjung pun ikut merasakan aman ya kak..

    Reply

Leave a Comment