Asuransi Kebakaran Rumah: Tips Memilih Asuransi Terbaik

asuransi kebakaran rumah

Asuransi Kebakaran Rumah: Tips Memilih Asuransi Terbaik. Produk asuransi kebakaran rumah menjadi salah satu produk penting yang perlu dimiliki oleh pemilik rumah pribadi maupun yang disewakan. Mengingat ada banyak risiko bencana yang dapat merusak hunian, mulai dari banjir, tanah longsor, hingga kebakaran. Terlebih lagi, mengingat biaya perbaikan rumah tidak selalu murah. Maka penting untuk memikirkan bagaimana mitigasi atas hal tersebut.

Bagaimana mencegah agar hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisasi dampaknya. Termasuk pula bagaimana agar ketika hal yang tidak diinginkan itu terjadi, kita sudah siap akan biaya perbaikannya. Di sinilah, kita dituntut untuk cerdas dalam menyiapkan persiapan atas kondisi darurat tersebut, salah satunya yaitu menyiapkan asuransi.

Memilih Asuransi Kebakaran Terbaik

Sesuai namanya, asuransi ini merupakan produk yang memberikan ganti rugi jika rumah yang ditanggung mengalami musibah kebakaran. Kebakaran dapat menimbulkan kerugian finansial yang tinggi karena pemilik harus membangun hunian kembali maupun mengembalikan properti yang sudah terbakar.

Oleh karena itu, produk ini penting dimiliki terutama jika Anda mempunyai satu atau beberapa unit aset properti. Dari sekian banyak produk asuransi di Indonesia, ada baiknya Anda memilih asuransi rumah menggunakan tips sebagai berikut.

Memastikan persyaratan proteksi

Hal pertama yang perlu dipastikan ketika akan memilih asuransi kebakaran yakni memastikan seperti apa syarat dan ketentuan yang diwajibkan. Umumnya, pihak asuransi akan memberi persyaratan terkait jenis rumah, harga pertanggungan rumah, hingga status kepemilikan rumah. Tidak jarang, asuransi seperti ini tidak menjamin ruko, rumah kosong, hingga apartemen.

Selain itu, umumnya beberapa pertimbangan akan disampaikan untuk menentukan boleh/tidaknya rumah diasuransikan, seperti lokasi sampai jenis konstruksi. Pastikan juga biaya yang perlu dikeluarkan untuk setiap proses penerbitan polis hingga jika ada perubahan atau pembatalan polis.

Memilih perusahaan asuransi terpercaya

Pemilihan asuransi kebakaran rumah memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Salah satu indikatornya yakni menggunakan produk asuransi dari perusahaan yang mempunyai rekam jejak bagus. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan sejumlah riset sederhana untuk melihat reputasi perusahaan tersebut.

Selain itu, umumnya setiap asuransi akan mempublikasikan laporan keuangan hingga berbagai dokumen dan syarat yang lengkap di situs masing-masing. Tentunya, Anda perlu memastikan dokumen tersebut untuk melihat kemampuan perusahaan dalam aktivitas klaim nasabahnya.

Memastikan layanan klaim yang dimiliki

Layanan yang lengkap tentu menjadi pertimbangan bagi calon nasabah sebelum membeli asuransi kebakaran. Ada baiknya Anda benar-benar mencermati setiap informasi yang tersedia di website atau brosur asuransi tersebut sehingga dapat memahami layanan apa saja yang tersedia.

Jika masih kurang jelas, Anda dapat menghubungi pihak jasa asuransi untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai layanan apa saja yang didapatkan. Pastikan juga apakah ada jaminan terhadap santunan pembelian perabotan, pengobatan akibat kebakaran, sampai biaya tempat tinggal sementara.

asuransi kebakaran rumah

Prosedur dan Dokumen Klaim

Setelah mengetahui tips memilih asuransi kebakaran terbaik untuk rumah dan hunian Anda, tentunya Anda juga perlu mengetahui bagaimana prosedur yang harus dilakukan beserta dokumen apa saja yang harus disiapkan saat akan melakukan klaim asuransi.

Secara garis besar, terdapat 5 langkah yang mesti dilakukan, mulai dari menghubungi pihak jasa asuransi, pengisian form klaim, melengkapi dokumen, verifikasi data, hingga proses pembayaran klaim asuransi kebakaran rumah.

Menghubungi pihak jasa asuransi

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan yakni membuat laporan kejadian kebakaran sesegera mungkin. Adapun caranya dengan menghubungi pihak perusahaan asuransi maupun agen yang terkait. Umumnya, Anda juga akan dikonfirmasi mengenai kronologi dan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk prosedur selanjutnya.

Pengisian form klaim

Selanjutnya, Anda juga akan diminta mengisi formulir klaim dan melengkapi berbagai informasi yang diminta. Adapun form dan informasi yang dimaksud di antaranya seperti tempat dan waktu kejadian, penyebab kebakaran, perkiraan kerugian, hingga pengisian identitas diri.

Melengkapi dokumen

Tentunya, Anda wajib menghubungi pihak jasa asuransi maksimal 7 hari setelah tanggal kejadian. Setelah menghubungi pihak asuransi dan mengisi form klaim, pastikan Anda melengkapi dokumen klaim yang umumnya terdiri dari:
• Formulir klaim
• Surat keterangan tentang peristiwa dan kerugian dari Kepala Desa atau Kepala Kepolisian setempat
• Laporan rinci dan lengkap mengenai kerugian dan kerusakan
• Keterangan dan bukti lain yang relevan

Verifikasi data

Langkah selanjutnya yakni verifikasi data oleh pihak asuransi. Adapun langkah verifikasi ini dilakukan dengan jangka waktu yang berbeda pada setiap jasa asuransi tersebut. Akan tetapi umumnya tidak lebih dari 14 sampai 30 hari kalender dari laporan klaim yang Anda ajukan.

Pembayaran klaim

Jika sudah dilakukan proses verifikasi, maka langkah selanjutnya yakni perusahaan asuransi akan memberikan hasil pemeriksaan dengan menunjukkan nominal ganti rugi. Penghitungan juga akan dijelaskan kembali oleh pihak asuransi, bahkan ada kemungkinan juga klaim akan ditolak. Apabila diterima, maka proses pencairan akan dilakukan dalam beberapa hari setelahnya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara memilih asuransi kebakaran rumah. Untuk memberi perlindungan maksimal pada rumah Anda, gunakan saja produk dari Garda Home. Mulai dari Rp98 ribu-an saja, Anda juga mendapat manfaat besar, mulai dari perlindungan risiko kebakaran, kerusuhan, tanggung jawab hukum, hingga jaminan pengobatan akibat kebakaran.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment