Biaya Perbaikan Rumah, Bakal Habis Berapa Rupiah?

biaya perbaikan rumah

Biaya Perbaikan Rumah, Bakal Habis Berapa Rupiah? Tentu tidak ada nominal yang persis sama kita temukan ketika mencari informasi mengenai berapa besaran biaya perbaikan rumah. Banyak hal yang mempengaruhi, mulai dari ukuran rumah itu sendiri hingga tingkat kerusakan yang perlu diperbaiki. Lantas apakah setiap rumah harus menghadapi yang namanya renovasi? Jawabannya, ya. Sebab kita perlu menyiapkan mitigasi atas berbagai hal, termasuk pula untuk urusan tempat tinggal. Tidak ada yang pernah tahu apa yang terjadi kelak. Apakah sebuah rumah dapat rusak dengan sendirinya ataupun secara tiba-tiba, misal sebagai akibat dari terjadinya bencana alam.

Berbicara tentang perbaikan rumah, saya teringat pada hunian milik seorang kawan. Sebuah rumah sederhana tipe 36, yang selalu menjadi tempat berkumpul untuk mendiskusikan banyak hal. Tidak butuh banyak perabot, sebab kami yang sering ke sana membuat keramaian saja sudah sukses bikin pemilik rumahnya repot. Hahaha. Oh ya, karena lahan yang tidak besar, si kawan ini pun perlu memikirkan cara, berkreasi, agar hunian tersebut tetap menjadi ruang diskusi yang asyik.

Ketika Rumah Dihadapkan pada Masalah

Singkat cerita, itulah rumah si kawan dengan segala kreativitas di dalam yang diciptakannya. Rumah tipe 36 dengan hati pemiliknya yang luas tanpa batas. Membuat siapa saja yang tiba di sana mengagumi rumah sederhana ini. Tidak banyak perabot, ubinnya biasa saja, tapi kami para tamu senantiasa dibuat nyaman. Mungkin itulah yang dirasakan oleh si kawan. Betapa rumahnya benar-benar menjadi tempat ternyaman untuk pulang.

Sampai suatu ketika, saat di luar sana hujan sedang turun sederas-derasnya, lewat layar telepon pintar saya melihat postingan si kawan. Sebuah video pendek yang menunjukkan bahwa rumah satu-satunya itu, tempat banyak orang berdiskusi-pun berbagai ide terlahir, akhirnya merasakan pula yang namanya banjir. Bukan banjir akibat tersumbatnya aliran selokan, melainkan atap rumahnya yang secara tiba-tiba ambruk. Membuat banyak air dari atas, tumpah semena-mena mengisi tiap sudut rumah.

Pentingnya Menyiapkan Budget untuk Biaya Perbaikan Rumah

Kami, selaku yang punya banyak cerita dengan rumah tersebut, berinisiatif mengumpulkan rupiah untuk membantu si kawan. Tentu jumlahnya tak banyak, namun harapannya, semoga dapat sedikit menghibur dan membantu biaya pembelian material-material kecil yang dibutuhkan untuk perbaikan pusat diskusi dan berkreasi tersebut. Syukurnya, saat itu si kawan mendapatkan rezeki yang tak diduga-duga. Sebuah pekerjaan dengan nominal yang lumayan, yang setidaknya membuatnya mampu membayar biaya perbaikan rumah hingga tuntas. Alhamdulillah.

Berkaca pada yang dialami si kawan, saya pun terpikir bagaimana jika kejadian serupa terjadi pada saya. Rumah yang selama ini dianggap baik-baik saja, tak ada kerusakan, kemudian dalam sekejap perlu perbaikan besar-besaran. Biayanya dari mana? Apakah dana darurat yang saya siapkan sudah sudah cukup sebagai mitigasi kalau-kalau harus renovasi rumah? Ternyata sedemikian penting bagi siapa saja untuk mempersiapkan budget perbaikan rumah.

biaya perbaikan rumah

Perlukah Menyisihkan Pendapatan untuk Renovasi Rumah?

Perbaikan atau renovasi rumah adalah salah satu poin penting yang perlu dipikirkan oleh siapa saja. Bisa dilihat pula bahwa dana darurat sering kali dialokasikan untuk keperluan perbaikan rumah. Sebab benar bahwa tidak ada yang dapat memprediksi apakah sebuah unit rumah perlu mengalami perbaikan atau tidak. Namun, budget untuk hal tersebut, tentu saja harus dipersiapkan. Jika ditanya, perlukah menyisihkan pendapatan untuk renovasi rumah? Jawabannya, perlu. Dengan catatan, mekanisme menyisihkan pendapatan ini seperti apa? Apakah cukup dengan menyimpan dana-dana yang disisihkan itu pada rekening khusus di bank, atau bagaimana?

Cara paling umum sih sebenarnya dengan menabung di bank. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, selama jangka waktu tersebut, apa kabarnya saldo yang ada di sana? Apalagi dari hasil baca sana-sini, baru tahu nih bahwa besaran bunga bank sekarang, bahkan 0 untuk tabungan <50 juta. Akhirnya, hasil sharing dengan beberapa teman yang paham, riset beberapa sumber, sampailah saya pada yang namanya KoinRobo dari https://koinworks.com/

biaya perbaikan rumah

Mengenal KoinRobo dari Koinworks

Mungkin belum banyak dari teman-teman yang tahu apa sih KoinRobo itu. Jika dijabarkan, KoinRobo merupakan produk pendanaan dengan diversifikasi otomatis yang akan menyalurkan dana pengguna ke beberapa pinjaman untuk memitigasi risiko pendanaan dan demi mengoptimalkan imbal hasil. Secara sederhana, KoinRobo dapat diartikan sebagai tempat kita bisa menyalurkan aset yang nganggur dengan imbal hasil yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito di bank.

Adapun imbal hasilnya sendiri bisa sampai 13 persen p.a. yang tentunya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan memarkir dana di deposito atau tabungan di bank. Ya, seperti yang kita tahu, produk deposito di perbankan itu menawarkan bunga atau imbal hasil yang sangat kecil, yakni tidak lebih dari 2 digit. Sungguh sangat jauh di bawah inflasi. Bisa dikatakan bahwa jatuhnya rugi jika hanya memarkir dana di sana.

Kelebihan Pendanaan Menggunakan KoinRobo

Berbicara mengenai kelebihan KoinRobo dari Koinworks yaitu tenor atau jangka waktunya yang sangat fleksibel, yakni dari 1-12 bulan. Sama halnya dengan deposito, bukan? Adapun kelebihan lainnya, yakni karena tersedianya fitur automatic roll over (ARO) alias perpanjangan otomatis, dengan dua pilihan. Mau pilih yang perpanjangan pokoknya saja, atau pokok plus imbal hasil.

Fitur tersebut tentunya membuat “uang nganggur” teman-teman jadi lebih maksimal bekerja karena compounding effect alias penambahan nilai keuntungan dari pendapatan yang diinvestasikan kembali sehingga mendapatkan profit yang maksimal. Pastinya menjadikan uang kita bisa bekerja lebih maksimal sesuai tujuan keuangan. Sederhana banget kan? Kita jadi nggak perlu pusing dan ribet lagi membaca laporan keuangan.

Penggunaan KoinRobo untuk Biaya Perbaikan Rumah

Jadi kalau ngomongin soal biaya perbaikan rumah, kira-kira bakal habis berapa rupiah nih? Hasil sharing dari si kawan yang melakukan renovasi pada beberapa bagian rumahnya kemarin tuh, ternyata dia butuh puluhan juta rupiah lho untuk membereskan si atap yang tiba-tiba roboh itu. Hmm..udah benar tuh berarti memilih penggunaan KoinRobo untuk renovasi rumah. Mengingat tingkat imbal hasilnya yang maksimal, maka kita udah bisa mulai menyisihkan dana melalui KoinRobo mulai dari 100ribu rupiah.

Instrumen tersebut menjadi alternatif ketika siapa saja ingin mengembangkan aset untuk berbagai tujuan, salah satunya yaitu mempersiapkan biaya perbaikan/renovasi rumah, yang pastinya mudah dan mendapatkan hasil yang maksimal. KoinRobo ini pun aman karena terdaftar dan diawasi OJK. Jadi gak perlu khawatir yaa.. Meski demikian, seperti halnya pendanaan lainnya, risiko rugi tetap ada. High return, high risk. Low return, low risk. Jadi, pastikan pendanaan yang dilakukan sudah dilakukan baik-baik. Oke?

Sudah siap menyiapkan dana darurat untuk perbaikan rumah bersama KoinRobo? Yuk eksplor pendanaan di KoinRobo dengan download KoinWorks di Google Play atau App Store sekarang juga, jangan lupa pakai kode KLANDY untuk mendapatkan berbagai promo menarik ya 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

15 Comments

  • Okti Li 25 October 2022 at 7:54 pm

    Entah saya aja atau bukan, kalau mau renovasi rumah itu dana sekian harus nyiapin dua kali lipat bahkan lebih. Karena budget itu selalu melar. Selalu di luar ekspektasi.

    Reply
  • Maria G 25 October 2022 at 8:22 pm

    baru tau ada produk pendanaan untuk renovasi rumah dari Koinworks

    kayanya anak saya harus tau, karena rumahnya bocor parah dan belum dibenerin karena terhalang budget

    Reply
  • Mutia Ramadhani 25 October 2022 at 10:35 pm

    Biaya perbaikan rumah penting banget. Apalagi di kota yang tinggal di lokasi langganan banjir. Beuuh.

    Ada lagi, orang yang beli rumah yang pernah ditempati orang lain. Ini tentu usia rumahnya lebih tua dan lebih cepat butuh direnovasi. Menarik juga ya kalau semua bisa direncanakan dengan KoinRobo dari Koinworks ini.

    Reply
  • Bayu Fitri 26 October 2022 at 7:15 am

    KoinRobo bisa jadi solusi pendanaan rumah ternyata ya kak baru tau saya tapi jadi info menarik nih bisa untuk alternatif pendanaan

    Reply
  • Annie Nugraha 26 October 2022 at 9:01 am

    Lewat usia 10 tahun, biasanya ada aja perbaikan rumah yang harus dilakukan. Baik yang minor maupun mayor sampai harus membobok rumah dsb. Dan itu benar-benar makan waktu dan juga dana. Perlu ada dana yang disisihkan agar saat perbaikan itu sangat dibutuhkan, kita bisa melakukannya.

    KoinRobo ternyata bisa jadi salah satu solusi ya. Boleh nih ditelusuri. Siapa tahu cocok dengan program penyimpanan dana yang saya inginkan.

    Reply
  • Ila Rizky 26 October 2022 at 12:26 pm

    Renovasi rumah itu emang butuh biaya besar, apalagi rumah yang udah puluhan tahun dipake. Rentan keropos kayunya dan dinding2nya juga udah harus diperbaiki ya mba. Kalo ada dana lebih pasti langsung deh disimpen uangnya, biar bisa antisipasi kalo perlu renovasi darurat

    Reply
  • Suci 26 October 2022 at 1:52 pm

    Sebelumnya ngga pernah kepikiran loh buat dana darurat khusus perbaikan rumah. Baca artikel ini kok jadi yaa eh bener juga yaa…

    Reply
  • Emma 26 October 2022 at 3:05 pm

    Kalo renovasi rumah mah harus sedia dana lebih soalnya belanja tak terduganya benar-benar tak terduga suka bikin kaget heheee

    Reply
  • Nurul Rahma 26 October 2022 at 3:26 pm

    Aduhaiii yg namanya renov rumah tuhh, ongkosnya bisa melebaaarrr dan beranak pinak ???
    Dibutuhkan perencanaan keuangan yg mantab jiwa ?

    Reply
  • Fenni Bungsu 26 October 2022 at 3:39 pm

    Pos keuangan perlu ditambahkan 1 ya yaitu buat renovasi rumah, karena rumah sebagai tempat yang ditinggali memang kudu diperhatikan misalnya ada atap bocor, rembesan, dll

    Reply
  • deddyhuang.com 26 October 2022 at 3:51 pm

    aplikasi pendanaan ini sepertinya bakal laris untuk dipakai sama orang-orang yang membutuhkan dana cepat untuk mewujudkan impiannya ya.. nanti kutandai dulu hihi

    Reply
  • Dian 26 October 2022 at 6:00 pm

    Aku mau coba aplikasi ini ah
    Kebetulan aku lagi mau melakukan perbaikan di rumah
    Mau renovasi kamar mandi

    Reply
  • lendyagassi 26 October 2022 at 11:05 pm

    Ya Allah..
    Kok sedih sekali membacanya ya.. Soalnya rumah yang paling banyak habisnya kalau atap bermasalah. Karena bagian-bagiannya cukup kompleks dan pastinya mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

    Alhamdulillah,
    Ada solusi dari Koinworks. Rasanya memang mungkin gak segera terkumpul ya.. tapi semoga bisa membantu sementara hingga bisa diperbaiki total sehingga rumah kembali nyaman dihuni dan penuh keberkahan karena menaungi banyak tamu.

    Reply
  • Ivayana 27 October 2022 at 12:41 am

    Baru tau klo koinworks bisa untuk dana darurat seperti renov rumah jga, jadi ga pening lgi ya klo tiba2 rumah butuh perbaikan

    Reply
  • Lia Yuliani 27 October 2022 at 6:10 am

    Bener banget biaya perbaikan rumah itu butuh dipersiapkan, butuh nabung dulu. Soalnya harga bahan bangunan dll nggak murah di zaman sekarang. Baru tahu sih tentang koinwork saya

    Reply

Leave a Comment