Lavella Villas, Tempat Menikmati Sushi dan Sashimi di Mandalika

Lavella Villas, Tempat Menikmati Sushi dan Sashimi di Mandalika. Tempat makan sushi dan sashimi di Mandalika enaknya di mana ya? Pastinya yang fresh dan lezat. Coba deh ke Lavella Villas! Bagi yang gemar ke kawasan Mandalika atau yang dulunya bernama Kuta, pasti tahu bahwa daerah ini lebih dominan dengan kuliner Italia. Pizza, pasta, risotto, aneka kopi espresso based ala Italia dapat dengan mudah didapatkan di setiap kafe maupun restoran di sana. Selain itu, untuk yang suka dengan sajian lokal, maka nasi balap atau nasi campur, serta plecing kangkung adalah pilihannya. Beberapa tempat, terutama yang dekat dengan pinggir pantai, menyajikan ikan bakar dan aneka menu seafood.

Lantas bagaimana bagi penikmat kuliner Jepang? Sajian sushi dan sashimi di Mandalika yang recommended bisa ditemukan di mana? Sushi, makanan khas negeri Sakura berupa gulungan nasi yang biasanya dibalut nori/rumput laut, dengan aneka isian (umumnya ikan mentah, ada pula yang matang), serta Sashimi yang merupakan irisan tipis daging ikan mentah yang segar (biasanya salmon maupun tuna), ternyata bisa kita jumpai di salah satu vila di kawasan Mandalika. Lavella Villas namanya.

Lavella Villas, Tempat Menikmati Sushi dan Sashimi di Mandalika

Saya bukanlah penggemar kuliner Jepang, menyantap sushi saja rasanya tidak pernah. Sampai ketika si sulung saya- Rani, sejak kecil sudah menggemari yang namanya sushi. Aih, mau tidak mau, saya pun jadi ikut mencicipi. Ada satu restoran sushi favoritnya dulu di kota Mataram, sayangnya kini sudah tutup. Kemudian hadirlah beberapa restoran maupun rumah makan yang menyediakan kuliner Jepang. Bolehlah, walau rasanya masih belum bisa menyamai tempat makan favoritnya dulu. Itu di kota Mataram, bagaimana kemudian ketika tiba di Mandalika? Salah satu kawasan wisata yang belakangan ini kian dikenal karena menjadi lokasi perhelatan balap motor dunia MotoGP- walau kami sih udah demen ke sana karena pantainya yang cantik. Menemukan sushi di Mandalika, emang ada?

Tidak sulit menemukan kuliner barat seperti Pizza, Spaghetti, Steak, atau yang lainnya di sana. Ada banyak kafe maupun restoran di sepanjang jalan di pusat keramaian di Kuta Mandalika yang menyediakannya. Nah untuk sajian sushi dan sashimi di Mandalika, maka saya akan merekomendasikan tempat ini.

Siang itu kami berangkat dari kota Mataram menuju Mandalika, tujuan kami adalah Lavella Villas, sebuah villa yang berjarak sekitar 50km dari rumah. Cukup jauh, tapi karena jalan yang ditempuh menawarkan pemandangan yang cantik dan sepanjang jalan pun lancar jaya, jadi ya tak terasa.. eh tahu-tahu udah sampai aja. Villa sederhana yang tidak terlihat langsung di jalan besar, tapi langsung membuat saya jatuh cinta sejak kedatangan pertama. Mengapa? Baca sampai habis ya.

Siang yang Menyenangkan

Setibanya di Lavella Villas, kami langsung diarahkan ke sebuah kamar family room yang cukup luas. Kamar tipe ini hanya ada satu di sana. Berdiri pada satu bangunan sendiri, bentuknya semacam bungalow- dengan dua tempat tidur ukuran king size. Wah, cocok sekali ya dengan kami ayah, ibu, dan dua orang anak. Kelar menaruh barang, bisa ditebak kan, apa yang selanjutnya dilakukan anak-anak? Oh tentu saja, bersiap berenang! Sebagai yang gak bisa berenang, udah paling bener deh- saya jadi bagian dokumentasi aja di pinggir kolam. Karena perjalanan dari kota Mataram tadi cukup melelahkan, dan rasanya sudah mulai lapar lagi, maka ini saatnya mencoba menu sushi di sini!

Maka jadilah siang itu tersaji dua menu sushi yakni California Roll dan Sunset Roll, komplit dengan empat gelas minuman. Sepintas gak nyangka sih ya, bisa melihat menu sushi dengan bahan segar gini di Mandalika, antara saya yang mainnya kurang jauh, kebiasaan pesan pizza dan sejenisnya, atau pada dasarnya sushi terbaik di Mandalika ya di sini. Kayaknya pilihan terakhir deh jawabannya. Nah, coba tebak? Siapa yang mendominasi menyantap sajian sushi tadi? Oh tentu saja si sulung Rani. Hahahah. BTW, kami mencoba menu lainnya yakni Spaghetti Carbonara, dan.. enak dong!

Menikmati Mandalika dengan Cara Berbeda

Setiap orang punya caranya sendiri dalam berwisata. Menikmati objek wisata yang didatanginya. Sebagian orang mungkin berpikir, Kuta Mandalika adalah daerah pantai dengan kafe yang ramai di sepanjang jalan, hiruk pikuk wisatawan- terutama di malam hari. Sebagian lain berpikir Mandalika adalah lokasi gelaran MotoGP di Indonesia, euforia para penonton yang hendak menyaksikan event balap motor kelas dunia tersebut memang belakangan ini tengah ramai-ramainya. Saya menyukai suasana di sana, di Mandalika. Tapi saya ingin sesuatu yang tenang, dengan tetap bisa sesekali melihat pantai dan merasakan anginnya. Ingin di Mandalika, tapi jauh dari hiruk pikuk dunianya- terutama dunia malamnya. Hahaha.

Dan di sinilah, di Lavella Villas saya menemukannya. Sebuah villa yang tidak berada di pinggir jalan, tapi tidak begitu jauh pula dari pantai terdekat (hanya berjarak 1,8km dari Pantai Kuta Mandalika), dan yang terpenting: tenang. Ramah sekali bagi saya yang datang dengan membawa dua orang anak. Mereka bisa menikmati liburan dengan penuh keceriaan, tapi tetap paham untuk tidak berlebihan ramainya. Mereka belajar untuk menghargai orang lain di sini, yang tentu saja mencari tenang pula.

Ketika tiba di sini, enggan rasanya kemana-mana lagi. Kamarnya demikian nyaman, suasana keseluruhan villa tenang dan damai, menu makanan dan minuman cukup lengkap-lezat-dan harganya masih terbilang masuk akal untuk ukuran di Mandalika. Satu catatan penting yang mungkin teman-teman wisatawan lokal akan suka, yaitu toiletnya standar orang lokal kok. Ada toilet bidet sprayernya! Sungguh penting ya gaes~

 

Sashimi, Buku, dan Malam di Lavella Villas

Tujuan liburan kala itu bisa dibilang ditujukan untuk si sulung Rani. Bagaimana tidak, sudahlah kuliner Jepang yang jadi menu khas di sini- memang merupakan andalannya. Eh malam harinya, kami- lebih tepatnya Rani sih, dapat rezeki sajian sushi dan sashimi dari Chef Firman. Ingat sekali, malam itu saat Tita dan Ayah keluar berjalan-jalan hendak mencari sesuatu di minimarket, saya dan Rani lebih memilih menikmati malam di lantai dua bagian depan Lavella Villas, yang merupakan bagian dari restonya. Saya sibuk melihat timeline media sosial instagram, sementara Kak Rani masih asyik dengan buku bacaannya yang berjudul Halaman Belakang Pariwisata. Sayup-sayup, kami mendengar obrolan di bawah, tepat di depan pintu gerbang villa.

Ada Chef Firman, owner Lavella Villas (namanya siapa ya?), dan penduduk setempat. Entah apa obrolannya, rasanya renyah dan akrab sekali. Sampai kemudian kami dikagetkan dengan Chef Firman yang sudah menyapa, dan menawarkan sajian sushi dan sashimi untuk Rani. Dari beliau pula kami tahu bahwa satpam yang bertugas menjaga villa ini adalah orang lokal, mereka memang memanfaatkan penduduk setempat. Psstt.. satpamnya jagain villa sambil melantunkan ayat Al-Qur’an cobaaaa.. bagus pun suaranya.

Malam itu, kami tutup dengan Rani yang menyantap kuliner Jepang favoritnya dan lagi-lagi kami menyantap menu lain. Hahaha. Dahlah, fokusnya emang ke dia sihh. Sebelum kembali ke kamar, Tita dan Ayah sudah tiba lagi di villa- kami menyempatkan diri untuk ngobrol dan mewarnai gambar bersama di lantai 2 villa. Sampai suasana kian sepi, dan waktunya untuk beristirahat.

Paginya tentu saja diawali dengan berenang lagi sebelum akhirnya check out di pukul 12. Tenang, kali ini tak sarapan kuliner Jepang. Hahahaha. Terima kasih atas kenyamanannya, Lavella Villas Lombok~

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

14 Comments

  • Fenni Bungsu 5 June 2024 at 7:14 pm

    Sushi nya enak kali itu ????
    Btw, Kak Andy ini sepemikiran dengan daku dalam urusan toilet hihi. Soalnya ini kenyamanan haqiqi saat traveling apalagi menginap.

    Reply
  • Dessy Achieriny 5 June 2024 at 9:15 pm

    Kapan aku ke lombok dan bisa menikmati liburan bak istrinya Rheino Barack ini. Ahaha. Pungut aku jadi anakmu mbak andyyyy. Ahaha

    Reply
  • Annie NUGRAHA 6 June 2024 at 8:02 am

    Udah lama banget gak mampir di blog ini. Saya suka banget tulisan Mbak Andy. Ringkas jelas dengan susunan kalimat aktif yang gampang dipahami.

    BTW, saya juga pengen banget ke Mandalika. Banyak teman-teman yang memang mereferensikan daerah wisata ini karena keindahan pantai dan perbukitannya. Gak nyangka kalau ada villa seasik ini. Makannya pun terlihat menarik dan umami. Tapi kalau saya mungkin lebih memilih makanan seafoodnya. Kalau ala Jepang sudah sering makan di sini.

    Semoga suatu saat bisa sampai Mandalika dan ketemu (lagi) dengan Mbak Andy.

    Reply
  • Suci 6 June 2024 at 9:26 am

    Sekeluarga penikmat masakan Jepang ya mbak…
    Saya kurang suka, tapi salfok sama foto spagetinya (benarkah?)
    Kelihatan nikmat…
    Kolam renangnya juga ngga terlalu luas tapi tampak nyaman, bersih dan teduh.
    Smoga nanti bisa berkunjung ke Kuta Mandalilka, Aaamiin

    Reply
  • Inez Dwijayanti 6 June 2024 at 10:36 am

    Villa nya oke jg nih. Cocok buat liburan kalau ke mandalika. Harga relatif terjangkau

    Reply
  • Maria G 6 June 2024 at 10:36 am

    Saya juga gak suka sushi (khususnya sushi yang asli) karena asem!

    hehehe sushi cuma cantik penampilan tapi rasanya gak enak

    tapi saya bengong baca paragraf2 awal, ternyata Mataram dekat dengan Mandalika ya?
    Rasanya pingin ke sana untuk traveling

    Reply
    • Khoirur Rohmah 6 June 2024 at 3:09 pm

      Hwaa ga kerasa bacanya udah sampe bagian akhir artikel ini
      Mana gambarnya HD banget
      Jadi kebayang itu enaknya menu sushi dan sashimi nya
      Betah banget ya mbak staycation sekalian bisa memanjakan putri sulung nih,
      Pasti bakalan nagih nih buat nginep di Lavellas Villa lagi

      Reply
  • Farida Pane 6 June 2024 at 12:33 pm

    Udah tempatnya cantik, nyaman, sushinya enak lagi ya. Boleh banget nih ditandai kalau ada kesempatan ke Mandalika

    Reply
  • Dian 6 June 2024 at 2:59 pm

    Wah, ada tempat makan sushi dan Sashimi sekece ini di mandalika ya
    Semoga someday bisa kesini

    Reply
  • lendyagassi 6 June 2024 at 3:18 pm

    Selain enak rasa sushi di Lavella Villas Lombok, tampilannya juga cakeepp bangettt.. asa gak tega mau menyantapnya.
    Aku ngidam banget menu sushi ini karena suka daging dan suka mentah.
    Teknik memotongnya bisa bikin ikan gak asin.. yuummmmiii~~

    Reply
  • Dian Restu Agustina 6 June 2024 at 5:52 pm

    Wah..bisa jadi rekomendasi kalau ke Mandalika lagi ini
    menikmati makanan Jepang kesukaan anak-anak di rumah di Lavella Villas yang jadi andalan menu di sana
    tempatnya nyaman pula ya,

    Reply
  • shinta 6 June 2024 at 5:55 pm

    duh villanya bagus banget, memang pas banget buat liburan nih apalagi bersama orang2 tercinta yaaa, plus ada menu sushinya nih mah fav anakku bgt nih

    Reply
  • Fania surya 6 June 2024 at 6:15 pm

    Aku penikmat sushi nih. Kalo di mandalika ada sushi asyik banget. Apalagi kl disediakan di villa yang nyaman ya

    Reply
  • Nanik Kristiyaningsih 9 June 2024 at 11:36 pm

    Ya ampun Villanya menyenangkan banget, damai gitu ya mbak.
    Yap, menikmati Mandalika dengan cara yang berbeda, sukaa banget bacanya.
    Disimpan dulu nama hotelnya, siapa tahu bisa mampir ke Villa ini.

    Reply

Leave a Comment