Tips Diet Sehat untuk Meningkatkan Kesuburan - Blognya Andy Hardiyanti

Tips Diet Sehat untuk Meningkatkan Kesuburan

tips-diet-sehat-01

Tips Diet Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan. Dengan meningkatnya komplikasi kesuburan,banyak kita lihat di lingkungan sekitar, pasangan muda yang saat ini belum bisa mendapatkan kehamilan tentunya sangat mengkhawartikan akan masalah kesuburan. Tingkat kesuburan pada seorang wanita adalah salah satu penentu utama besar atau kecilnya peluang hamil yang akan dia dapatkan, oleh karena itu sangat penting bagi anda, wanita yang ingin segera hamil untuk mengetahui cara meningkatkan kesuburan pada wanita.

Jika anda dan pasangan anda sedang menginginkan kehamilan maka ada tips sederhana tertentu yang dapat anda coba untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Tapi, sebelum lanjut ke makanan yang akan dikonsumsi terlebih dahulu anda mengetahui apa penyebab ketidaksuburan wanita sehingga tidak bisa hamil, diantaranya ada beberapa faktor, yaitu;

  1. Faktor dari istri, masalah pada wanita yaitu masalah saluran telur, ovulasi, endometriosis, mulut rahim dan rahim.
  2. Faktor dari suami, masalah pada laki- laki yaitu kelainan pengeluaran sperma, kelainan produksi dan pematangan sperma, penyempitan saluran mani karena infeksi bawaan.
  3. Faktor imunologik, anti sperma dan faktor gizi.

Tapi terlepas dari faktor- faktor diatas, ada beberapa tips diet sehat pilihan untuk meningkatkan kesuburan pada wanita

Mengkonsumsi Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk susu di Indonesia  sudah tidak asing lagi, karena merupakan produk yang sangat menyehatkan dan sangat membantu untuk mendapat kehamilan yang ideal dan cepat. Diantara manfaat mengkonsumsi susu yaitu untuk menaikkan produksi hormone kesuburan wanita FSH dan LH yang dapat meningkatkan kemungkinan untuk dapat hamil. Selain itu juga diet pilihan bagi anda dengan mengkonsumsi makanan lezat seperti keju, yogurt dan makanan  yang kaya kalsium untuk membangun tulang yang kuat serta protein yang mempersiapkan tubuh untuk pembuahan yang baik.

Mengkonsumsi Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Makanan sehat bermanfaat bagi tubuh anda, juga memberikan manfaat bagi kesuburan anda, jenis makanan yang anda butuhkan adalah makanan yang kaya akan:

Asam Folat

Asam folat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan proses ovulasi. Bahan yang kaya asan folat diantaranya adalah asparagus, bayam, jagung, kacang hijau, dan buah- buahan seperti papaya, jeruk, dan alpukat.

Zat Besi

Zat besi memberikan pengaruh pada kualitas sel telur. Anda dapat menambah zat besi dengan mengkonsumsi bayam, kacang tanah, dan kentang.

Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk menjaga kualitas sel telur, dan makanan yang kaya akan vitamin E atau tokoferol diantaranya adalah sawi, paprika merah, dan biji bunga matahari.

Lemak Ikan

Lemak ikan adalah salah satu makanan kesuburan yang baik bagi perempuan karena terdapat asam lemak omega 3, seperti ikan salmon, sarden, herring dan makarel. Omega 3 mampu meningkatkan rasio prostasikin tromboksan pada wanita yang membantu dalam menyelesaikan komplikasi kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke uterus. Dan nutrisi ini juga sangat berguna selama dan setelah kehamilan.

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah nutrisi paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energy. Karbohidrat kompleks seperti roti gandum, kacang- kacangan, oatmeal, beras merah dan kacang- kacangan akan memperlambat proses pencernaan dan mencegah naiknya insulin secara tiba- tiba yang memiliki efek positif pada kesuburan. Sedangkan karbohidrat sederhana seperti tepung putih halus, nasi putih, dan makanan manis lainnya yang bisa meningkatkan gula darah dan kadar insulin dalam darah secara tiba- tiba yang dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi dan mengganggu siklus menstruasi.

Jauhi 5 Hal Berikut

Rokok, alkohol, narkoba,junk food, dan kafein karena ini dipercaya memperburuk kesuburan wanita, walaupun tidak mempengaruhi secara langsung pada sel telur, namun karena tidak ada manfaatnya sama sekali, sebaiknya anda menghindari 5 hal tersebut.

Memiliki Aktivitas yang Tetap dan Rutin

Penelitian membuktikan bahwa perempuan yang aktif lebih besar memiliki peluang untuk hamil jika dibanding mereka yang kurang beraktivitas. Misalnya dengan melakukan olahraga-olahraga ringan secara teratur yaitu berenang, jogging dan masih banyak lagi.

Sekian dulu ya pembahasannya. Semoga Tips Diet Pilihan Untuk Meningkatkan Kesuburan ini bisa memberikan manfaat 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment