Mie Hotplate Enak dan Murah di Lombok, Emang Ada? - Blognya Andy Hardiyanti

Mie Hotplate Enak dan Murah di Lombok, Emang Ada?

mie hotplate

Mie Hotplate Enak dan Murah di Lombok, Emang Ada?ย Istilah hotplate pasti sudah tidak asing lagi buat teman-teman, terutama yang doyan makan kali ya? Ya, hotplate merupakan sebuah pinggan besi yang diberikan alas kayu sebagai dudukannya. Menu yang disajikan menggunakan hotplate biasanya akan terjaga panasnya. Jadi kita bisa melihat langsung tampilan makanan yang benar-benar baru masak tersebut. Tapi jangan buru-buru disantap ya! Ntar malah lidahnya kepanasan. Heuheuheu.

Oh ya, ada banyak sekali jenis masakan yang bisa dijadikan dalam sebuah hotplate. Sejauh ini sih yang pernah saya lihat adalah menu steak, nasi dan mie. Ngomong-ngomong soal mie, pas banget nih karena kemarin saya baru saja menyantap sajian mie hotplate. Selama tinggal di Mataram, akhirnya saya mencoba juga yang namanya mie hotplate. Sebenarnya sudah sering lihat menunya di beberapa restoran di mall. Tapi tidak pernah jadi saya pesan, alasannya pertama karena harganya yang cukup mahal. Juga karena khawatir rasanya tidak sesuai di lidah.

mie hotplate

Meetup Seru Sambil Icip Icip Menu Baru

Sampai akhirnya saya diajak oleh seorang teman untuk bersilaturahmi di warung sederhana miliknya. Katanya sih karena lama tidak bertemu. Selain itu kami memang sudah janjian sejak 6 bulan yang lalu, pengen makan siang bareng. Ya, makan siang sambil ngobrol banyak hal. Entah tentang ngeblog (btw, dia blogger juga lho..intip deh di viedyana.com), dunia anak-anak, hingga topik lainnya. Janji tinggalah janji, gempa Lombok yang datang beruntun sejak akhir Juli hingga yang kecil-kecil kini, bikin rencana itu gagal terealisasi. Kadang mikir, masih satu kota gini, mau ketemuan aja kok susah banget ya?

Baca Juga: Colour to Life dan Trauma Healing Usai Bencana Gempa di Lombok

Dan tadaaa..setelah berbulan-bulan lamanya acara ketemuannya jadi juga. Judulnya sih pertemuan, padahal sekalian diajak nyobain menu baru di warungnya. Yups, ini dia mie hotplate yang saya bahas sejak awal tadi. Oh ya, meski jarang ketemu, sebenarnya saya ini pelanggan setia di warungnya lho. Seringnya sih pesan lewat ojek online. Alasannya gak lain adalah karena makanannya enak dan harganya terjangkau. Menu favorit saya yaitu paket nasi ayam kremes. Dimana posisi tersebut kemudian bergeser setelah saya mencoba menu mie hotplate.

mie hotplate

Mie Hotplate Enak dan Murah di Lombok, Emang Ada?

Ada dong! Kalau tidak percaya, lihat saja daftar harga yang tercantum pada lembaran menu di atas. Harganya belasan ribu saja, guys! Terdapat tiga pilihan menu mie hotplate yang bisa kalian pesan, yaitu: mie hotplate ayam rica-rica, seafood rica-rica dan sapi lada hitam. Pada kesempatan kemarin, saya mencoba mie hotplate seafood rica-rica. Dengan harga 15k, menurut saya kemurahan sih eh gak ding, udah pas! Ntar kalau dia baca, malah dinaikkan harganya. Wkwkwk.

Sepiring mie hotplate seafood rica-rica disajikan dalam keadaan panas. Komplit dengan asapnya yang mengepul plus sausnya yang baru saja mendidih. Eh apa sih istilahnya, berbuih-buih macam air lagi mendidih gitu deh..tapi ini saus. Duh bahasanya, gagal jadi food blogger deh~ Setelah kelar foto-foto (teteup yaa..), saya sudah tidak sabar ingin mencobanya. Sayangnya masih panas, jadi saya aduk-aduk dan kipas-kipas sebentar. Soalnya kan kata Nussa dan Rara: jangan tiup yang panas, lebih baik dikipas. Hihihi.

mie hotplate

Baru lihat tampilannya, saya sudah yakin kalau tekstur mienya ini enak banget. Untuk saos dan lainnya sih ntarlah dirasa. Benar saja, setelah mencoba…tekstur mienya pas. Gak keras, gak lembek. Perpaduan saus dan segala yang ada di dalam pinggan besi tersebut enak banget. Saya sampai berpikir, ini serius harganya 15k? Ya gimana, bayangkan deh…sudah porsinya gak sedikit, lauknya gak pelit, enak pula! Apa-apaan ini, gak mendukung upaya penurunan badan sekali -_-

Besok-besok bakal sering makan mie hotplate di sini nih. Pengen order dari rumah pakai ojek online, tapi menu hotplate gini kan enaknya disantap di tempat ya kan? Lah gimana, sensasi panas-panasnya ada di situ.

mie hotplate

Makan Enak Gak Harus Mahal di Warung Swasembada 39

Buat yang belum tahu, warung ini dulunya bernama Lomie Swasembada. Seperti namanya, menu utamanya ya seputaran mie. Mulai dari lomie, yamin, mie ayam dan lain-lain. Di luar menu mie tersebut, tersedia pula aneka paket nasi. Ada nasi ayam kremes, ayam penyet, ayam saos mentega, capcay dan masih banyak lagi. Tapi rupanya makin ke sini AGM alias Anak Gaul Mataram gak begitu demen yang namanya lomie. Eh malah lebih senang makan paketan nasi.

Baca Juga: Ada Apa di sepanjang Jalan Udayana Mataram?

Berangkat dari hal tersebut, tim dapur pun membuat gebrakan. (((Gebrakan))). Salah duanya yaitu dengan mempertahankan menu aneka paketan nasi dan menciptakan menu-menu baru. Menu baru ini diantaranya adalah mie hotplate dan steak. Lho kok mie lagi? Bukannya gak begitu banyak peminatnya? Oh jangan salah, kalau disajikan berbeda ya misalnya dengan hotplate gini AGM suka penasaran. Wkwkwkwk. Benar gak? Benar gak? Coba AGM mana suaranya~

mie hotplate

Dan karena jualan utamanya pun udah beda, maka nama warungnya juga ganti. Apa-apaan sih nih pedagang, labil bener. Hihihi. Dari Lomie Swasembada menjadi Warung Swasembada 39. BTW, kenapa saya perlu menjelaskan perubahan nama ini? Ya karena di aplikasi pemesanan online sepertinya masih menggunakan nama yang lama, yakni Lomie Swasembada. Ntar kalian pada bingung nyarinya, kan kasian~

Baca Juga: 5 Jasa Ojek dan Kurir Online yang Paling Populer di Lombok

Meski ada beberapa hal yang berubah, mulai dari nama warung dan menu-menu yang disajikan. Tapi saya salut karena mereka tetap mempertahankan prinsip: makan enak gak harus mahal. Yuhuu..coba deh lihat lagi daftar harga di atas. Murah-murah euy! Menu nasi ayam penyet ini salah satunya. Nasi, terong, tempe, ayam plus sambal gitu harganya 16k saja kakak~ Udahlah kenyang, rasanya pun gak main-main enaknya. Sekarang saya penasaran sama steaknya nih, kapan-kapan kalau sudah dicoba, saya ceritakan lagi ya!

Teman-teman gimana, pada suka menu mie hotplate gak?

Warung Swasembada 39 (ex. Lomie Swasembada)
Jln. Swasembada No.39B Ruko 3 Kekalik, Mataram-NTB
No.Hp: 0877-7152-3434

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

55 Comments

  • Viedyana 19 January 2019 at 8:42 pm

    Makasih udah mau mampir. Alhamdulillah rasanya cocok. Besok-besok kita meet up lagi ya. Mudah-mudahan gak harus nunggu puluhan purnama lagi ya wkwkwkwk

    Reply
  • Okti Li 19 January 2019 at 9:36 pm

    Saya saja baru tahu ada mie hotplate hehee… Iya selama ini kan umumnya steak aja ya.
    Inovasi dalam bidang kuliner Jaman sekarang memang sangat diperlukan ya. Kalau gak bisa ketinggalan
    Murah meriah yang penting sehat dan kenyang memang sudah jadi rujukan banyak pecinta kuliner dimana pun kayanya

    Reply
  • Nchie Hanie 19 January 2019 at 9:39 pm

    Baiklaah..
    Nanti kalo ke Mataram lagi ajakin ako ke sini yaa, makan sampai bgadang eeaaa
    Tapi semoga ga pake mati lampuu..

    Reply
  • Abby Onety 20 January 2019 at 1:22 pm

    Okee… Insya Allah klo saya ke Lombok lagi, kita jumpanya di warung swasembada 39 ya, bukan di warung coto lagi hehee

    Reply
  • Lelakibugis 20 January 2019 at 1:48 pm

    Menu andalan ini kalau mau makan di MP atau MaRI. Endes tenan. Eh kok di Lombok bisa lebih murah yah? Di Makassar, harganya dua kali lipat. Apa karena di mall yah?

    Reply
  • Daeng Techno 20 January 2019 at 2:17 pm

    Rasanya langsung lapar,pas siang-siang belum makan langsung berkunjung ke sini..hehe itu Hotplate bagus juga yah fungsinya.. Saya belum pernah coba sebenarnya..biasanya pake mangkok biasa ajha.. setelah baca tulisan penasaran lngsung pengen coba pake hotplate..

    Reply
  • chinta 20 January 2019 at 3:20 pm

    Santai banget suasananya yaa kaks, jadi penasaran pengen icip icipp mie hotplatenya.. langsung lapar liat postingan ini wkwkwk.

    Reply
  • Mugniar 20 January 2019 at 3:25 pm

    Harga enam belas ibu rupiah sudah bikin kenyang, enak pula …. itu warbiyasak. Murah-murah ya.

    Oya, kenapa pemiliknya ndak ganti namanya di aplikasi pemesanan online ya? Ndak bisakah diganti?

    Reply
  • Eryvia Maronie 20 January 2019 at 4:47 pm

    Saya juga suka mie hotplate. Panasnya itu awet sampe suapan terakhir.

    Reply
  • Adda 20 January 2019 at 6:06 pm

    Baru tahu kalo ada mie hotplate. Selama ini yang biasa di hotplate steak saja setahu saya. kalo makanan seeh menurut saya cuma ada dua. Enak dan Enak sekali.

    Reply
  • Enal 20 January 2019 at 6:49 pm

    Jujur saya bukan penikmat mie kecuali mie dengan banyak sayuran terutama tomat dan hewan-hewan lautnya. Kebayang juga keringatnya bercucuran makan mie panas-panas. Boleh lah dicoba. Terima kasih referensinya, Kak.

    Reply
  • Daeng Ipul 20 January 2019 at 7:17 pm

    Kenapa kalau saya ke Mataram nda pernah dibawa makan di sini? Hahaha

    Eh tapi mungkin saya juga akan menolak, dan lebih memilih menu khas Lombok. Karena mie hot plate ada di mana-mana, tapi ayam taliwang yang enak hanya ada di Lombok ๐Ÿ˜

    Reply
  • Ainhy Edelweiss 21 January 2019 at 7:19 am

    Waah murah meriah nih, padahal menunya kayak di resto-resto, tp sayang kejauhan ๐Ÿ˜

    Reply
  • Iyan 21 January 2019 at 7:33 am

    Andalanku ini sy kak, mie goreng atau mie kering hotplate, tapi 15 K? Wah murahnya kak.
    Sy penyuka makanan yang disantap panas makany suka yg hotplate, itu kalau baru datang dengan asap mengepul, beuh nikmat

    Reply
  • Mur 21 January 2019 at 11:31 am

    Wah jadi pengen hotplate nya. Murah pula..

    Reply
  • N Firmansyah 21 January 2019 at 2:04 pm

    (((GAGAL JADI FOOD BLOGGER)))

    Saya sendiri belum pernah nyoba mie hotplate sih. Dan, saya baru tau kalau ojek online sudah sampai ke Mataram. Gokil ya.

    Oh, satu lagi. Harga makanan di sana ternyata tidak semahal yang saya bayangkan. Wkwk

    Reply
  • Bang Dzul 21 January 2019 at 3:23 pm

    Wah baru tahu ada mi hot plate, makin kreatif aja yak. Klo bakmi jawa pake sajian kayak gini mungki bakal menarik juga ya hahaha

    Reply
  • Zeilla Mutia Devi 21 January 2019 at 8:24 pm

    Paling gak bisa tahan kalo liat menu mie. Aku lbh suka mie ketimbang nasi soalnya hehe. Anyway, harganya terjangkau bgt ya mba.

    Reply
  • Evi Indrawanto 21 January 2019 at 8:25 pm

    Emang, makan enak gak harus mahal. Mie hot plate-nya tampak menggodak sekali. Meet up seru banget ini pasti Mbak Andy. Ketemu teman dan makan enak ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Ratna 21 January 2019 at 10:32 pm

    Beberapa kali ke Lombok, yang diuber ayam taliwang aja. Mungkin next time ke Lombok, bisa coba menu ini ya..

    Reply
  • Diyanika 22 January 2019 at 9:13 am

    Dengan harga belasan ribu tapi porsinya lumayan besar ya, Mbak. Murah itu. Di sini mie goreng dengan saru telir aja bisa 12 ribuan.

    Reply
  • Queen Djolie 22 January 2019 at 9:59 am

    Thanks sharingnya mba, makanan enak ga harus dari tempat yang mewah ya. Siiipp, nambah lagi nih list makanan yang harus dicoba kalau ke Lombok.

    Reply
  • April Hamsa 22 January 2019 at 10:33 am

    Kapan ya aku bisa ke Lombok? Sedih liat harga pesawat.
    Setuju makan enak gak harus mahal ya mbak. Yg penting itu sesuai sama lidah. Drpd bayar mahal2 eh gak cocok di lidah hehe ๐Ÿ˜€
    TFS

    Reply
  • Annafimuja 22 January 2019 at 2:56 pm

    Saya suka makan di hotplate. Kesannya ada mewah2nya gtu. Kyak makan steak. Apalagi panasnya yang menggelubuk itu looo…

    Reply
  • Sulung Siti Hanum 22 January 2019 at 10:04 pm

    Enak ya kayanya mie hotplate ini.

    Salam kenal Kak ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Ruth 22 January 2019 at 11:10 pm

    Aku baru tahu lho kalo ada yang namanya mie hotplate ๐Ÿ˜ฎ Trus affordable banget ya, Rp 15 ribu tapi porsinya lumayan dan topping-nya pun nggak pelit! Thank you for sharing Mbak ๐Ÿค—

    Reply
  • Evhy 22 January 2019 at 11:35 pm

    Makanannya sangat terjangkau kak. Kalau dilihat dari foto tempatnya juga bersih. Jarang makan ginian jadi liat penampakannya jadi ngiler. ๐Ÿ˜‚

    Reply
  • Darius Go Reinnamah 23 January 2019 at 1:10 am

    Ahahaha, saya jadi ngebayangin abang gojek bawa hotplate. Sirkus dong ah ๐Ÿคฃ

    Yang bikin nafsu makan di hotplate itu memang asapnya yang masih terlihat jelas. Sejauh ini baru cobain steak aja u tuk hotplate, selain itu belum pernah

    Reply
  • Sapti nurul hidayati 23 January 2019 at 6:12 pm

    Ada ya mie hotplate.. Wah enak ya… Makan mie dengan kondisi panas.. Pasti langsung bikin melek mata.. ๐Ÿ˜ aku tu kl lombok penasaran bgt sama plecing kangkungnya.. Katanya kres2 enaak…

    Reply
  • hani 24 January 2019 at 6:15 am

    Segalanya yg berhotplate itu jozzz seperti bunyi hotplatenya. Haha…
    Deket rumah adanya sate hotplate. Huuf kebulยฒ tapi mahalnyoo.
    Kebayang bikin ngiler deh,…mie hotplate mur mer…

    Reply
  • Okti 25 January 2019 at 1:12 am

    Hujan2 gini enaknya emang makan mie yang panas dan pedas. Wah pasti mantap…
    Sambil kumpul keluarga jelang liburan tahun baru Imlek, pasti seru. Jadi ga harus menu hot pot saja. Mie juga bisa

    Reply
  • dinilint 25 January 2019 at 2:40 pm

    Mbak, kok murah banget sjh. Tampilannya juga oke. Rasanya juga enak nih menurut mbak.
    Siapa tahu aku main-main ke Lombok dan deket-deket lokasi aku mampir ah.

    Reply
  • Oni hoironi 25 January 2019 at 4:33 pm

    Akuuhh ga kuadd kalau lihat yg beginian hahaha. Next kalau trip ke sana bakal cobain makanan ini cuss

    Reply
  • Putu Sukartini 25 January 2019 at 5:58 pm

    Aduh udah lama banget gak makan mie hot plate gini
    Lihat doto-fotonya aku langsung ngiler berat
    Kalau pas ke Lombok, aku mau cobain ah

    Reply
  • charles 25 January 2019 at 6:32 pm

    Saya sering ke Lombok tetapi belum pernah nyoba mie hotplate. Next time kalau mampir pengen coba.

    Reply
  • Monica Anggen 25 January 2019 at 7:35 pm

    Kalau di Jakarta, suka juga berburu mie hotplate, secara aku dan suami emang penggemar berat mie. Kalau di Lombok, belum, aku belum pernah ke Lombok euy. Mudahan nanti bisa main ke Lombok dan nyobain mie hotplate yang satu ini ya.

    Reply
    • Farhati 31 January 2019 at 11:16 am

      Kalo ke Lombok mau langsung cari ah kue hotplate ini, bikin ngiler dari fotonya ๐Ÿ˜

      Reply
  • Inna Riana 25 January 2019 at 9:28 pm

    jadi inget mie hot plate yg ada di bogor, tapi mie nya terkenal super pedas dan anaku suka ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Fenni Bungsu 26 January 2019 at 2:03 pm

    Mbak andy udah ke lombok aja dan menikmati Kuliner nya , wah ini nikmat banget pas lagi jam makan siang BW ke sini lihat mie hotplate, Haddeh

    Reply
  • April Hamsa 26 January 2019 at 6:11 pm

    Duuuhh aku ke postingan ini lagi dan ngiler lagi. kebetulan lagi gak masak nih mbak, ntr malm kepengen beli mie jadinya haha. teracuni tulisanmu ๐Ÿ˜› .

    Reply
  • Damar Aisyah 27 January 2019 at 2:13 pm

    Mayan banget masih ada harga segitu ya, Mbak. Di Jakarta juga ada sih, tapi bukan hot plate tentunya. Mie ayam bangka favoritku seharga 15-an yang spesial. Kalau biasa ya 12-an. Nah, kalau ayam geprek tuh, masih ada yang jual 15-17. Mayan sih, biat mlipir kalau males masak, hehe.

    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai 27 January 2019 at 2:26 pm

    Harganya murah meriah, uy! Paling seneng saya kalau ada makanan enak yang harganya bersahabat kayak begini ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Echi mustika 28 January 2019 at 6:41 pm

    Aduh jauh banget, kalo dekat ak damperin mba.. Harganya itu ramah dikantong anak sekolah juga

    Reply
  • Bibi Titi Teliti 28 January 2019 at 6:57 pm

    Wah aku doyaaan banget makan mie hotplate nih mbak dan kenapa kok harganya murah meriah gitu sih! Kalo bisa kirim ke Bandung bakalan sering pesen deh ๐Ÿ™‚

    Ntar kalo main2 ke Lombok pengen mampir2 ah nyicip mie hotplate-nya

    Reply
  • Andi Nugraha 29 January 2019 at 1:42 am

    Kok saya baru tahu ya sama mie hotplate ini. Ternyata ada di Lombok. Info nih buat temen yang ada di lombok, siapa tau dia belum tahu..hehe

    Saya jadi penasaran pengen mencobanya langsung..he

    Reply
  • Dian Restu Agustina 30 January 2019 at 8:36 pm

    Ya ampun seriusan 15K harganya? Itu murah bangets…
    Kalau pilihannya banyak jadi bisa nyoba menu yang berbeda tiap datang nantinya.
    Wah…jadi mupeng saya

    Reply
  • Afifah Mazaya 30 January 2019 at 9:47 pm

    Asyik banget 15000 udah kenyang dan dapat makanan enak. Udah langka banget kan sekarang, apa lagi ala hotplate gitu.

    Reply
  • Maria Soraya 30 January 2019 at 9:54 pm

    Belum pernah makan mie hotplate, taunya steak hotplate ato nasgor hotplate. Tempatnya enak nih. Dan harganya muraaaah ๐Ÿ˜

    Reply
  • Riri Restiani 31 January 2019 at 2:42 pm

    Wahhh enak banget nih, mana harganya murah juga, puas banget deh pasti makan disini.

    Reply
  • Liswanti 31 January 2019 at 6:50 pm

    Mba, ini makanannya bikin ngiler banget. Pengen nyobain.

    Reply
  • Visya 31 January 2019 at 10:25 pm

    Asli baru tahu ga cuma steak yg bsa disajikan dalam hotplate, mie pun juga ada yaa.

    Reply
  • uli 1 February 2019 at 5:47 pm

    enak ya ttp hangat sampe suapan terakhir hehe

    Reply
  • Siti nurjanah 4 February 2019 at 1:45 am

    Dengan porsi segitu bisa puas banget makannya, harganya cukup terjangkau lha. Udah gitu variasinya banyak menu, asyik banget buat kongkow di temani mie hotplate yg hangat

    Reply
  • Himawan Sant 9 February 2019 at 9:50 am

    Senangnya ya bisa temu darat dengan sesama blogger …, aku belum pernah kesampaian kayak gitu ๐Ÿ™
    Udah gitu, sajian mie hot platenyaa … enaaak dan murah. Bikin kepengin ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Ainun Puspita 11 February 2019 at 9:15 am

    sayangnya saya bukan Anak Gaul ato Anak Hits mbak ๐Ÿ˜€
    tapi ini boleh lah di coba mahasiswa kantong kritis macem saya :v

    Reply

Leave a Comment