Cara Merawat Gitar Akustik Anda Terutama Saat Sedang Bepergian - Blognya Andy Hardiyanti

Cara Merawat Gitar Akustik Anda Terutama Saat Sedang Bepergian

cara merawat gitar akustik

Cara Merawat Gitar Akustik Anda Terutama Saat Sedang Bepergian. Jalan-jalan sambil membawa gitar akustik memang asyik. Membayangkan kita santai di tepi pantai sambil memainkan gitar akustik rasanya sangat menyenangkan. Agar gitar akustik Anda awet apalagi jika sering dibawa bepergian, Anda sebaiknya tahu cara merawat gitar akustik dengan benar. Sebab ada banyak sekali faktor yang memengaruhi kondisi gitar saat dibawa bepergian. Perubahan suhu penyimpanan dan kelembaban yang sangat mungkin terjadi saat Anda berada di perjalanan dapat menyebabkan kerusakan pada gitar. Itulah mengapa, kita harus memerhatikan cara merawat gitar akustik, terutama jika Anda sering membawanya saat bepergian.

Gitar selalu asyik dimainkan di mana saja. Entah itu saat bersantai di tengah padatnya urusan kerjaan, berkumpul bersama teman atau keluarga, berlibur/bepergian, atau memang dimainkan saat ada sebuah pentas. Aktivitas menyanyi kian menyenangkan jika diiringi petikan gitar, terutama gitar akustik. Seperti saat saya mendengarkan petikan gitar di beberapa gelaran musik yang menampilkan lagu-lagu Abhy Summer, misalnya. Aih, benar-benar menghibur. Agar alat musik gitar yang kita miliki senantiasa terjaga kualitasnya, maka saat bepergian, perhatikan pula perawatannya.

Cara Merawat Gitar Akustik Anda Terutama Saat Sedang Bepergian

Anda hendak bepergian ke suatu tempat untuk liburan? Misalnya ke daerah kaki gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, atau yang lainnya? Pastikan untuk selalu membawa gitar agar suasana lebih hidup saat bepergian nanti. Namun, jangan asal bawa, perhatikan pula perawatannya. Berikut ini beberapa cara merawat gitar akustik agar awet, terutama saat di perjalanan.

Lindungi Gitar dari Suhu Panas di dalam Mobil

Saat Anda membawa gitar akustik bepergian dengan mobil, jangan sampai membiarkan gitar akustik Anda berada dalam suhu yang terlalu panas. Suhu yang panas di dalam mobil dapat melelehkan lem yang menyambungkan badan gitar. Ditambah dengan tarikan dari senar yang kencang, rangka gitar dapat menjadi renggang karena panas ini.

Jadi, saat berkendara dengan mobil, jangan menaruh gitar akustik di dalam bagasi mobil. Taruhlah gitar di jok belakang mobil agar suhunya tidak menjadi panas. Usahakan juga untuk tidak meninggalkan gitar terlalu lama di mobil dengan mesin yang dimatikan, misalnya di parkiran.

Jangan Terlalu Kencangkan Senar

Sehari sebelum Anda bepergian, sempatkan untuk mengendurkan sedikit senar-senar gitar akustik Anda. Saat membawa gitar akustik bepergian terutama jika menggunakan pesawat, dapat terjadi perubahan suhu dan tekanan yang dapat merusak leher gitar. Mengendurkan sedikit senar gitar dapat mencegah terjadinya kerusakan ini agar tidak menjadi parah. Saat Anda sampai di tempat tujuan, Anda dapat menyetel ulang kembali senar gitar Anda.

Bersihkan Fretboard Gitar

Saat bepergian, gitar akustik Anda dapat mengalami perubahan suhu, tekanan, dan kelembaban. Sempatkan untuk membersihkan gitar untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkan. Amati apakah ada tumpukan debu atau kotoran pada fretboard gitar, dan bersihkan.

Fretboard gitar dapat Anda bersihkan secara mendalam, namun pastikan badan gitar tetap terlindungi. Anda dapat menutup lubang pada badan gitar dengan handuk saat membersihkan fretboard. Bersihkan fretboard dengan kain, dan Anda juga dapat menggunakan minyak pembersih fretboard yang dapat Anda beli secara online atau di toko alat musik. Bersihkan fretboard secara menyeluruh hingga ke setiap sudutnya dan pada kedua sisi depan dan belakang.

Perhatikan Kebersihan Sinar Gitar

Selain fretboard, kebersihan senar gitar juga perlu diperhatikan. Senar yang kotor dapat mempengaruhi nada yang dihasilkan. Kotoran dan minyak yang berasal dari tangan yang menumpuk pada senar juga dapat menyebabkan senar rapuh dan rusak. Anda dapat menggunakan minyak pembersih dan pelumas senar. Lalu coba amati apakah senar masih menghasilkan nada dan suara yang bagus. Bila perlu, Anda dapat mengganti senar Anda agar suara gitar akustik Anda kembali seperti baru meskipun telah lama disimpan atau lama dibawa bepergian.

Gunakan Tas Gitar yang Berkualitas

Saat dibawa bepergian, sebaiknya gunakan tas gitar yang berkualitas yang dapat melindungi gitar akustik Anda dengan baik. Pertimbangkan untuk menggunakan hardcase jika Anda bepergian dengan jarak yang cukup jauh agar gitar lebih terlindungi. Bila masih ada ruang kosong pada tas gitar Anda, lapisi gitar dengan baju atau handuk untuk melindungi gitar saat terjadi goncangan atau benturan.

Kontrol Kelembaban Gitar

Mengontrol tingkat kelembaban udara saat Anda menyimpan gitar sangat penting untuk merawat dan menjaga kualitas gitar akustik Anda. Idealnya gitar akustik disimpan pada ruangan dengan kelembaban 45-50%. Anda dapat mengontrol kelembaban gitar dengan alat humidity controller untuk gitar. Alat ini dapat dimasukkan ke dalam lubang gitar, dan Anda dapat membaca tingkat kelembaban udara pada monitornya. Saat kelembaban di bawah 45%, Anda dapat menambah kelembaban dengan membasahi controller. Jika kelembaban di atas 50%, Anda dapat menaruh silica gel pada humidity controller.

Meskipun memerlukan biaya, merawat gitar akustik dengan baik merupakan investasi agar gitar Anda lebih awet dan tetap bagus saat dimainkan. Jika tidak dirawat dengan baik, gitar Anda dapat semakin cepat rusak. Saat gitar akustik harus diganti, biaya yang dikeluarkan justru akan semakin banyak. Rawatlah gitar akustik dengan baik dan selamat mencoba tips di atas.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

45 Comments

  • Mechta 23 September 2020 at 5:48 pm

    Baca post ini jadi ingat, duluuu banget pengen bisa main gitar. Sepertinya asyik bisa nyanyi sambil nfgitar..haha…

    Reply
  • Nurul Dwi Larasati 24 September 2020 at 2:41 am

    Bayangin main gitar sambil camping di pinggir pantai dan perkemahan sambil ngumpul dengan orang tersayang. Aduh, indah banget kan.

    Punya suatu barang itu memang butuh perawatan tersendiri, seperti gitar akustik ini. Yang hobi main gitar harus tahu bagaimana cara merawatnya.

    Reply
  • Melina Sekarsari 24 September 2020 at 5:05 am

    Dulu saya nggak paham ternyata ada berbagai jenis gitar. Di SMA, ada kelas gitar akustik dan wali kelas saya pengajarnya. Jadi tahu deh kalau ada jenis gitar akustik, hehehe …

    Alat musik pun membutuhkan perawatan ya, Kak. Sebaiknya memang kita bukan hanya jago dan senang memainkannya tapi juga mau merawatnya. Kalau terawat dengan baik kan suara yang dikeluarkan akan berkualitas juga.

    Reply
  • Yanti 24 September 2020 at 6:34 am

    Seneng banget semua hal yang berbau musik mba dlu aku permah belajar gitar tapi blum bisa malah berhenti baru tahu kalo perubahan suhu berpengaruh smaa senar bunyinya bisa beda ya mba

    Reply
  • Zefy 24 September 2020 at 7:34 am

    sayang gitar d rumah sudah dijual. Dulu kalau ga salah sedang butuh uang untuk apa…gitu, jadi gitar listrik pak suami dijual deh hehe..kasihan sih pas lihat dia bersihin gitar sebelum dijual

    Reply
  • Faradillah 24 September 2020 at 9:48 am

    Gitar ku dijual baru bulan kmrn yg harga aslinya 1.2 aku jual 900 rb hehehe

    Reply
  • Vivi 24 September 2020 at 4:59 pm

    Terkenang masa masa sma, ada temen cowok yang tiap hari bawa gitar. Kalo lagi istirahat atawa gurunya lagi gak masuk langsung de kita jreng jreng hehe
    Blom lagi kalo bolos turun ke ngarai sianok, gitar gak ketinggalan

    Reply
  • Reyne Raea 24 September 2020 at 9:06 pm

    Ternyata perawatannya lumayan juga ya, saya mah kurang ngeh dengan gitar, kirain dibawa gitu aja juga nggak mengapa 😀
    Ternyata kudu diperhatikan juga cara merawatnya 😀

    Reply
  • Mugniar 24 September 2020 at 11:45 pm

    Kalau ada teman seperjalanan membawa gitar akustik, suasana jadi lebih hidup ya. Tapi perlu perawatan yang baik tentunya.

    Reply
  • Aisyah Dian 25 September 2020 at 12:15 am

    Gitar akustik memang membutuhkan perawatan secara berkala ya kak. Dan ini harus kita lakukan daripada kalau rusak biaya perbaikan pasti lebih mahal daripada perawatan ya kan kak?

    Reply
  • Lidia 25 September 2020 at 2:54 pm

    Dulu naksir suami salah satunya karena jago main gitarnya tapi ga sampai beli gitar akustik sih sekarang setelah berumah tangga hihi, jadi nostalgia. Ternyata ada caranya juga ya merawat gitar akustik. Thanks sharingnya ya

    Reply
  • Shisca Elliza 25 September 2020 at 4:47 pm

    Tau gak mba, pas aku pertama sekali liat judul ini aku langsung teringat pas awal nikah dulu aku suka sebel sama cara suami merawat gitarnya dengan telaten.
    Ternyata memang butuh diberikan tas khusus dan dihindari area lembab ya.

    Reply
  • irpan 25 September 2020 at 5:29 pm

    Jadi inget dulu belajar main gitar, usia SMA, sampe tangan melepuh. Tapi kayaknya saya nggak ada bakat, nggak ada kemajuan, C Am Dm G ke C lagi, gitu aja ^_^

    Reply
  • BayuFitri 25 September 2020 at 7:02 pm

    Wah harus telaten ya merawat gitar akustik nih saya pikir cukup di lap saja ternyata ada hal2 yang harus diperhatikan dengan seksama

    Reply
  • Icha Marina Elliza 25 September 2020 at 10:52 pm

    Ternyata berpengaruh juga ya kak suhu panas terhadap kualitas gitar yang dipakai. Entah lemnya yang jadi renggang ataupun senar gitar yang jadi kendur..

    Reply
  • Andi Mirati Primasari 26 September 2020 at 6:42 am

    wah ternyata kalo dibawa bepergian gak boleh kenceng2 yaa nyetel senarnya.. lumayan butuh ketelatenan ya merawat gitar akustik ini biar awet..

    Reply
  • Linda Puspita 26 September 2020 at 11:15 am

    Cocok banget bagi teman teman yang mempunyai gitar ya kak. Dulu pernah sih ada gitar tapi sayangnya dicantolin aja di tembok. Segala sesutu harus dijaga ya kak. Noted.

    Reply
  • Susindra 26 September 2020 at 3:01 pm

    Ini pekerjaan suami. Dia cukup telaten merawat gitarnya. Sudah melebihi usia perkenalan kami, dan itu pun lungsuran… masih bagus kondisinya. Saya juga kadang heran ngapain utak-utik senar selain bersihin gitarnya. Meski saya tahu iitu teknis perawatan gitar. jadi itu rahasianya.

    Reply
  • Nurhilmiyah 26 September 2020 at 3:22 pm

    Iya nih kl gitar akustik ditaruh di bagasi mobil dan mobilnya dalam keadaan berhenti, lama pula kasian kan jd kepanasan dan itu gak bagus dan bikin gitar jadi cepet rusak ya Mba

    Reply
  • Dian Restu Agustina 26 September 2020 at 3:58 pm

    Baru tahu kalau gitar akustik pun perlu perawatan khusus. Di rumah suami punya 2 gitar nih, nanti aku praktekkan cara perawatannya. Mengingat merawat gitar akustik dengan baik merupakan investasi agar gitar lebih awet dan tetap bagus saat dimainkan.

    Reply
  • dhenok 26 September 2020 at 3:58 pm

    bisa main gitar, mbak? aku sih cuma cita2 aja 🙂 pernah belajar tapi nyerah.

    keren membayangkan wara-wiri bawa gitar. terutama di acara ke hutan. maen gitar di bawah pohon pinus #ngayal 🙂

    Reply
  • Fachrur 26 September 2020 at 4:34 pm

    hehe dulu saya suka main gitar waktu SMP SMA sekarang semenjak masuk kuliah megang gitar aja malas sampe di jual kepada orang lain

    Reply
  • Desy Yusnita 26 September 2020 at 9:46 pm

    Baru tau saya kalau silica gel juga bisa untuk alat musik. Makasih infonya Mba.

    Reply
  • Annisa 27 September 2020 at 12:20 am

    Thanks buat tipsnya mbak. Sejujurnya belum pernah punya gitar, tapi suka pinjem punya adikku yang suka akustikan hehehe. Bisa ku share buat adikku nih

    Reply
  • wulan 27 September 2020 at 12:26 am

    wohoooo, aku baru tau nih tips-tips merawat gitar, maklum bukan anak musik banget nih aku hahhaha, aku bagian dengerinnya aja haha

    Reply
  • Milda Ini 1 October 2020 at 10:20 am

    wah, mungkin ini tindakan yang merepotkan tapi bagi pengguna tentu saja gak masalah ya kan.

    Reply
  • Nanie 5 October 2020 at 10:40 am

    Deh salah satu impianku dulu ini bisa main gitar, sayangnya sampe kapalan jariku ga bisa-bisa juga wkwkwkwk ditambah lagi malu sendirika dengar suaraku pas nyanyi, cemprengnyaaa 🤣🤣

    Reply
  • Eni Martini 6 October 2020 at 1:00 am

    Wah, pas banget ini infonya karena suamiku punya gitar akustik. Memang kami belum tahu nih cara perawatan yang tepat

    Reply
  • Jiah Al Jafara 15 October 2020 at 7:59 pm

    Aku gak punya gitar, gak bisa main juga. Cuma kalau lihat ada yang main tuh suka aja. Ternyata Gitar Akustik tetep kudu ada perawatan. Kirain perawatannya dielap aja

    Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas 15 October 2020 at 10:10 pm

    ku tak punya gitar kak tapi iparku tuh bekas anak band dan emang dia tuh walau sudah tak menggunakan gitarnya selalu dia rawat dan bersihkan terus.

    Reply
  • Farida Pane 16 October 2020 at 6:36 am

    Begitu, ya. Memang bahan gitar akustik itu rentan, sih. Jadi butuh perhatian biar enggak gampang lapuk.

    Reply
  • diane 17 October 2020 at 9:12 am

    Wah kalau bepergian emang harus handle with care ya…Gak bisa sembarangan karena bakal pengaruh ke hasil bunyinya nanti…Trims loh tipsnya…

    Reply
  • Dedew 17 October 2020 at 9:23 am

    Gitar akustik tuh dari kayu sih ya gampang rusak kalau cuaca panas dan lembab..sayang kalau gitar kesayangan jadi rusak pas diangkut..

    Reply
  • Mugniar 17 October 2020 at 12:51 pm

    Kalau jalan sama orang yang bawa-bawa gitar akustik asyik ya … terhibur terus tapi bawanya ndak gampang juga.

    Reply
  • Dian 17 October 2020 at 6:29 pm

    Wahh makasih tipsnya mbak…
    Aku share ke ponakanku ya, dia punya gitar akustik juga

    Reply
  • lendyagasshi 17 October 2020 at 8:22 pm

    Masku banget ini…
    Dia suka main gitar karena dulu leas gitar. Eh kebolak yaa…dia les gitar karena suka main gitar. Inget SLANK gitu…

    Reply
  • Ade UFi 17 October 2020 at 8:47 pm

    Ternyata gitar akuistik ada cara perawatannya toh. Saya pikir mau kondisi apa pun gitar ga jadi masalah. Ternyata suhu ruang juga mempengaruhi kualitas gitarnya ya.

    Reply
  • herva yulyanti 17 October 2020 at 9:55 pm

    aku baru tahu ada treatment khususnya mba soale suami juga punya gitar tapi ga kerawat giliran dipake senarnya ga enak

    Reply
  • Hidayah Sulistyowati 17 October 2020 at 11:35 pm

    Nah ini yang kudu jadi perhatian pemilik gitar yang amatir kayak anak bungsuku. Dia udah tiga kali beli gitar, alasannya yang sebelumya udah gak enak dipakai. Ternyata bisa ditreatment ya, hemat donk dibanding beli lagi yang baru

    Reply
  • Milda Ini 17 October 2020 at 11:47 pm

    Wow, these tips must be read by guitar lovers. thank you

    Reply
  • ira duniabiza 17 October 2020 at 11:58 pm

    Iya benar. sayang banget ya kalau lupa merhatiin ee pas di lokasi malah nanti gitarnya jadi ga asyik bunyinya. saya jadi ingat teman yang suka bwa gitar ke mana2, telatennya minta ampun… perhatiin senar dan ruangan tempat meletakkan gitarnya selama perjalanan

    Reply
  • Liswanti 18 October 2020 at 12:08 am

    Pernah punya gitar, terus mau ujian dan sibuk kuliah, jadi dilupain, eh malah rusak, nyesel banget, untung masih bisa dibenerin.

    Reply
  • Adriana Dian 18 October 2020 at 1:00 am

    makasi infonya ya mak, kebetulan punya gitar akustik nih dirumahm. jadi lebih ngerti deh cara ngerawatnya.. hehe. makasi sharingnya maaaak

    Reply
  • Sri Widiyastuti 18 October 2020 at 3:14 am

    Wah ternyata membawa gitar enggak semudah yang dipikirkan yaa, harus tahu cara membawanya dengan beberapa tips di atas. makasih mbak, jadi tahu nih saya, meskipun enggak punya gitar lagi, karena rusak

    Reply
  • Niken Nawang Sari 19 October 2020 at 7:49 am

    Memiliki barang apapun termasuk gitar akustik harus dirawat ya mbak. Saya baru tau kalau pemilihan tas gitar dan kelembaban gitar selama perjalanan perlu diperhatikan. Maklum saya ga pernah punya gitar jadi sama sekali ga tau cara merawatnya.

    Reply

Leave a Comment