Black and Blue, Album Pertama Abhy Summer dan Bagaimana Cara Menikmatinya - Blognya Andy Hardiyanti

Black and Blue, Album Pertama Abhy Summer dan Bagaimana Cara Menikmatinya

black and blue album pertama abhy summer

Black and Blue, Album Pertama Abhy Summer dan Bagaimana Cara Menikmatinya. Black and Blue, Album Pertama Abhy Summer yang berisi sepuluh lagu akhirnya dirilis setelah proses panjang selama tiga tahun. Abhy Summer, seorang solois asal Bima, belakangan ini menjadi bahan perbincangan. Setidaknya di circle saya. Bagaimana tidak, sejak album pertamanya dirilis, satu per satu lagunya mulai didengar oleh masyarakat. Entah kenapa, bahkan saya yang tidak bisa berbahasa inggris pun akhirnya penasaran mengartikan liriknya. Satu dari sepuluh lagu di dalam album tersebut yang paling menyentuh perhatian masyarakat adalah Family. Sebuah lagu yang berkisah tentang dirinya yang harus bekerja jauh meninggalkan keluarga, menahan rindu, untuk segera pulang ke rumah bertemu istri dan anak-anak.

Sebenarnya saya bukanlah seseorang yang fanatik pada musik. Mau melakukan sesuatu harus ditemani alunan musik, tidak juga. Apalagi sampai mengidolakan penyanyi atau grup musik tertentu, rasanya tidak. Saya sampai berkali-kali bolakbalik install-uninstall aplikasi streaming musik macam Spotify maupun JOOX. Satu-satunya yang tetap ada dan jadi andalan saya ya YouTube itu. Plus situs Open Spotify yang saya akses saat mengerjakan sesuatu di laptop. Walaupun untuk mengakses keduanya, harus ada jaringan internet. Hahahha. Seperti itulah kebutuhan saya akan musik, sekadar suka saja. Tapi ketika sudah suka, entah mengapa saya jadi ingin tahu lebih banyak tentang lagu tersebut, arti atau pesan yang ingin disampaikan dalam liriknya, penyanyinya, bagaimana ketika dinyanyikan oleh orang lain (cover), apakah lagu lain dari penyanyi tersebut juga sama bagusnya dengan lagu yang saya suka, dan masih banyak lagi.

black and blue album pertama abhy summer

foto oleh @dwiyantoachmad/@indraganeza

Black and Blue, Album Pertama Abhy Summer dan Bagaimana Cara Menikmatinya

Postingan seorang teman melintas di timeline facebook saya, terdengar potongan lirik dengan alunan musik yang menarik. But as long you’ll always hold my hand… Nothing can stop us, like the hurricane… We’ll fly away to the promise land. Dalam postingannya, disematkan pula link menuju channel YouTube, di sana tertulis nama Abhy Summer, dengan album berjudul Black and Blue. Ah saya ingat nama itu, beberapa bulan yang lalu pertama kalinya saya tahu dan sekilas mendengar suaranya di story instagram. Dan barubaru ini, solois tersebut baru saja merilis album pertamanya dengan salah satu lagunya yang langsung mengambil tempat di hati saya. Ceile bahasanya…Lagu mana lagi kalau bukan Family.

Singkat cerita, ada jalan untuk mewawancarainya. Bertanya banyak hal padanya mulai dari kapan pertama kali mengenal musik hingga perihal albumnya yang baru dirilis. Postingan yang kalian baca sekarang adalah tulisan lanjutan, setelah sebelumnya saya membahas tentang Abhy Summer, Penyanyi Asal Bima NTB yang Menginspirasi. Pada penasaran kan, ada lagu apa saja di dalam album Black and Blue? Bagaimana proses pengerjaannya? Apa pesan yang ingin disampaikan melalui album tersebut? Apa arti di balik pemberian nama Black and Blue? Dan masih banyak lagi pastinya. Jadi yuk disimak postingan ini sampai akhir.

black and blue album pertama abhy summer

foto oleh @dwiyantoachmad/@indraganeza

Black and Blue, Album Pertama Abhy Summer dan Cerita di baliknya

Pemilihan nama album bertajuk Black and Blue ini tentu bukan yang pertama di dunia musik. Tahun 1976, sebuah band rock Inggris bernama The Rolling Stones merilis album studionya yang ke-13 (British, ke-15 untuk versi Amerika) berjudul Black and Blue. Selanjutnya di tahun 2000, sebuah grup vokal asal Orlando, Florida – USA, yakni Backstreet Boys (akrab dengan nama BSB), merilis album ke-4 yang juga berjudul Black and Blue. Kemudian, beberapa waktu yang lalu di tahun 2020, seorang penyanyi asal Bima NTB, Indonesia, bernama Muhammad Habib Salim alias Abhy Summer, baru saja merilis album pertamanya yang sama sama berjudul Black and Blue. Apakah ada hubungannya? Tentu saja tidak. Tapi Insya Allah, nama yang terakhir saya sebutkan tadi tidak lama lagi akan dikenal pula oleh kalangan musik internasional, singkatnya: mendunia. Aamiiin.

Mengapa Menggunakan Nama Black and Blue?

Black and Blue dari apa yang dipikirkan dan dinyanyikan oleh seorang Abhy Summer, tentu saja berbeda dengan apa yang dibuat oleh The Rolling Stones dan Backstreet Boys. Kalaupun ada kesamaan, satu-satunya adalah dari pilihan kata-kata yang menjadi judul album tersebut. Hahahah. Jadi, mengapa menggunakan nama Black and Blue? Apakah Abhy mengidolakan The Rolling Stones maupun Backstreet Boys? Atau warna hitam dan biru itu adalah warna favoritnya?

Kenapa Black and Blue? “Karena ini album perjalanan saya, dari apa yang saya lihat dan rasakan”, jawab Abhy singkat. Abhy menambahkan bahwa Black and Blue seharusnya menjadi gambaran setiap sosok manusia yang ada di dunia. Menurutnya lagi, “kita pasti punya rahasia, yang kita simpan dalam dalam, yang tidak ingin kita ungkapkan. Semua manusia punya sisi hitam, kelam. Dari hasrat, suka, duka, cinta, citacita, yang selalu disandingkan dengan kenyataan. Dimana kenyataan ini diwakili dengan warna biru. Sebab warna biru dekat dengan truth, kebenaran”. Demikianlah, kita selalu dihadapkan pada pergolakan hati yang selalu bimbang, hidup diantara dua pilihan.

Pesan yang Ingin Disampaikan melalui Album Black and Blue

Words make you think. Music makes you feel. A song makes you feel a thought

– Yip Harburg

Setiap mendengarkan lirik lagu, kita pasti merasakan ada makna, ada pesan yang ingin disampaikan di sana. Demikian pula dengan album, kumpulan sejumlah lagu dengan tema yang sama. Lantas pesan apakah yang ingin disampaikan melalui album Black and Blue ini? Tidak muluk-muluk, menurut Abhy, lewat album perdananya tersebut ia berpesan bahwa, “Kita tidak bisa terus-terusan berandai. Segala sesuatunya hanya ada dua pilihan: ya atau tidak. Selalu ada keharusan untuk mengambil keputusan. Selama ini, kita lebih banyak berkeinginan, namun tidak sejalan dengan kenyataan”.

Menurutnya, yakinlah dengan apa yang telah dipilih atau diputuskan. Jangan khawatir menjadi seorang diri ketika menentukan sebuah pilihan. We are not alone. Segala sesuatunya, kita masih punya orang lain, yang masih bisa saling bantu. Bahkan seorang stranger sekalipun. Benar bukan?

black and blue album pertama abhy summer

foto oleh @dwiyantoachmad/@indraganeza

Daftar Lagu dalam Album Black and Blue, serta Cara Menikmatinya

Total ada 10 (sepuluh) lagu yang terdapat di album perdana Abhy Summer yang bertajuk Black and Blue. Kesepuluh lagu tersebut baik lirik maupun musiknya, diciptakan oleh Abhy Summer sendiri. Selanjutnya untuk mixing dan masteringnya dibantu oleh rekannya yang bernama Ferdi Soewandi, seorang musisi sekaligus arranger di NTB, untuk urusan segala macam desain dikerjakan oleh Paerstud Graphic Desain Studio  dan kemudian dirilis di bawah naungan label kolektif Lombok, yakni Belibis6 Records.

Lagu-lagu di dalam Album Black and Blue Karya Abhy Summer

Adapun lagu-lagu di dalam album Black and Blue karya Abhy Summer tersebut, yaitu:

  1. Earth Song, tentang mencintai alam dalam keadaan lingkungan hidup yang rusak saat ini.
  2. Chill Out, tentang kemanusiaan dan kenyataan bahwa betapa kita semua berharga.
  3. Let’s Get Down Tonight, tentang romansa daily dan night life.
  4. Late Night Lover, tentang cinta tanpa pandang bulu/cinta dengan sebenar-benarnya.
  5. Another You, tentang move on.
  6. Stuck With You, tentang tidak adanya keberanian untuk move on.
  7. Run, tentang bagaimana melawan bullying.
  8. Brave, tentang bagaimana aksi dan reaksi yang terjadi ketika menyatakan isi hati.
  9. Family, tentang seorang lelaki (kepala keluarga) yang bekerja jauh dari istri dan anak-anak, serta selalu rindu untuk pulang.
  10. Funny Greeny, tentang situasi pandemi Covid-19 yang tengah terjadi sekarang dan bagaimana kita rindu untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman kembali.

Kalau biasanya dalam sebuah album, saya hanya fokus pada satu atau dua lagu yang menjadi andalan di dalamnya. Lalu, sering kali merasa tidak “sreg” atau gak “nancap” dengan lagu lainnya. Maka lain halnya dengan lagu-lagu yang terdapat di dalam album Black and Blue. Menurut saya, seluruh lagu di dalam album ini punya kekuatannya masing-masing, punya ciri khas. Tidak ada smash song dalam album Black and Blue, karena sebagian besar atau mungkin seluruh lagunya berhasil memberikan “smash“. Percayalah, coba dengar satu per satu daftar lagu di atas. Saya percaya, teman-teman bakal suka dan merasa gak ada yang perlu difavoritkan. Sebab semuanya asyik di dengar.

Cara Menikmati Lagu-lagu di Album Black and Blue

Teman-teman yang sudah akrab dengan aplikasi streaming musik pasti memiliki sejumlah playlist pada akunnya, bukan? Sejumlah lagu yang dikumpulkan untuk didengarkan kapan saja, mungkin sebagai teman saat perjalanan atau saat mengerjakan berbagai tugas. Sebuah playlist biasanya berisi lagu-lagu yang diandalkan, yang mewakili perasaan atau situasi saat itu, atau mungkin yang lainnya. Meski tidak sering menggunakan aplikasi streaming musik, saya sempat membuat satu playlist di sana. Kumpulan sejumlah lagu yang saya suka. Kadang saya dengarkan saat mengetik postingan blog, membaca artikel-artikel di internet, mengedit gambar, dan masih banyak lagi.

Setiap kita, pasti punya cara sendiri saat menikmati lagu-lagu favorit. Saya pribadi, ingin berbagi tentang bagaimana cara menikmati lagu-lagu di album Black and Blue ini. Pertama, jadikan sepuluh lagu yang saya sebutkan di atas ke dalam satu playlist. Sepuluh lagu itu saja. Mengapa? Sebab setiap lagunya punya cerita yang berbeda, yang menurut saya sudah cukup memenuhi semua kebutuhan perasaan kalian. Wkwkwk.. (((kebutuhan perasaan))). Kedua, lebih asyik lagi kalau kalian sudah ngeh masing-masing lagu itu membahas tentang apa. Ketiga, untuk lagu Family, percayalah..itu paling asyik kalau didengarkan sekeluarga, saat kumpul bersama. Keempat, jangan lupa siapkan minuman favorit kalian (secangkir teh atau segelas kopi) lengkap dengan camilannya. Kelima, sepertinya asyik mendengarkan lagu-lagu Abhy Summer sambil menikmati keindahan alam (pantai, bukit, atau lainnya) maupun dengan berdiam diri di kamar. Silakan dipilih, kalian nyaman dengan cara yang mana.

Respon Masyarakat atas Album Black and Blue

Hal yang paling membahagiakan dari dirilisnya album perdana Abhy Summer ini tentu saja adalah antusiasnya respon masyarakat. Betapa banyak sekali yang menerima, memberikan respon positif atas karya pria kelahiran Raba Bima ini. Terlebih lagi, sejak lagu-lagunya didengar masyarakat, ada banyak sekali orang-orang dari Bima (para perantau seperti saya) yang bermunculan, memberikan responnya. Abhy tentu saja merasa sangat senang, karena dengan begitu akan semakin banyak tercipta silaturahmi.

Terakhir, Abhy berharap kedepannya, kita semua dapat berkolaborasi atau kerja bersama. Sebab ada banyak sekali talent berpotensi di NTB yang masih belum keluar dari pertapaannya. Mereka yang bertalenta sudah banyak, namun alangkah baiknya jika dikenal. Kalau punya dana, tentu tidak susah bagi mereka untuk usaha sendiri. Tapi jika tidak, maka minimal harus punya banyak teman. Kerja gotong royong, berkolaborasi. Sebab panggung itu bukan dicari, panggung itu kita ciptakan sendiri. Apalagi di era digital seperti sekarang. “Meskipun kita anak kampung, Bismillah saja. Cari teman sebanyak-banyaknya, materi bukanlah segalanya”, tutup Abhy Summer.

Gimana menurut teman-teman? Black and Blue, Album Pertama Abhy Summer lagu-lagunya bagus gak? yang mana jadi favorit kalian dan kenapa? Cerita yuk di kolom komentar.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

50 Comments

  • NurulRahma 27 July 2020 at 5:45 pm

    Gokiiill nih Mba
    Abhy Summer siap2 go international, yes!
    Bakal banyak yg suka ama lagu2nya ih

    Reply
  • Dian Restu Agustina 27 July 2020 at 6:07 pm

    Aku speechless lho..bikin lagu sendiri ..in English, musiknya keren begini…enggak mudah. Keren ini!
    Sekilas kayak bukan penyanyi asli Indonesia. Giila euy Abhy!
    Talenta warbiyasa dari Abhy Summer semoga menjadi jalan dia untuk berkarya hingga mendunia.

    Reply
    • Uniek Kaswarganti 30 July 2020 at 2:00 pm

      Iya mba kayak bukan penyanyi Indonesia ya tarikan suaranya dan gaya bernyanyinya. Keren banget lah Abhy Summer ini. Semoga sukses selalu dan go internasional.

      Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 27 July 2020 at 7:42 pm

    Black and blue. Ternyata kenyataan lebih cocok digambarkan sama warna biru ya ketimbang putih. Mungkin kalau putih lbh cocok buat sesuatu yang ideal dan perfect banget #analisasotoy hehe
    Wah penasaran lagunya yang bertema Family kek apa, soalnya kalau ttg romansa kdng ku merasa ku lewat waktunya, lbh suka yg lagu2 bertema keluarga, walau ya kyknya msh jarang ya. Semoga sukses buat Abhy Summer

    Reply
  • Bambang Irwanto 28 July 2020 at 8:41 am

    Saya jujur tidak tahu siapa Abhy Summer ini, Mbak Andy. Sampai membaca postingan ini. Dan pas saya klik 2 lagu di sini, ternyata keren-keren ya lagunya. Suaranya laki banget.
    Hanya sayangnya kendala saya, saya ga paham artinya. Tapi saya bisa menikmati lagu. Habis ini mau cari playlist lagu Abhy Summer lainnya.

    Reply
  • Selvijua 28 July 2020 at 8:58 am

    Jujur kalau aku sih tidak terlalu mengamati musik, tapi setelah membaca isi dari lagu tersebut, jadi sempat pensaran ingin coba mendengarkan juga. Memang kalau dihayati akan terasa arti dari lagu tersebut.

    Reply
    • Dawiah 1 August 2020 at 5:47 am

      Sama mbak, akupun jarang mengamati perkembangan musik tapi suka dengar lagunya. Kalau dengar lagu baru biasanya dari anak-anak. Tapi Abhy justru tahu lagunya dari potingan di sini.

      Reply
  • Dian Restu Agustina 28 July 2020 at 12:04 pm

    Paham akhirnya aku, kenapa pakai judul album Black and Blue yang ternyata menjadi gambaran setiap sosok manusia yang ada di dunia. Sukses buat Abhy untuk album barunya, semoga makin jaya berkarya di dunia musik di Indonesia dan dunia/

    Reply
  • Lidya 28 July 2020 at 1:38 pm

    Sekarang aku masuk cirlenya jadi ikut memperbincangkannya gak? 🙂
    Lama juga ya proses pembuatan album perdananya sampai 3 tahun.
    AKu tunjukin, eh dengerin ke anak-anak ah lagunya Abhy Summer mau tau pendapat mereka, skaligus kasin info ini loh ada penyanyi asal Bikmak yang keren suara & musiknya. AKu baru dengerin satu nih mbak liriknya dalem juga ya

    Reply
  • winda - dajourneys.com 28 July 2020 at 5:32 pm

    jujur aku nggak terlalu mengikuti perkembangan dunia musik tapi saya suka melihat anak muda Indonesia yang terus berkarya

    Reply
  • Erin 28 July 2020 at 6:54 pm

    Wah, keren dari NTB. Lagu-lagunya penuh makna banget deh, Mba. Kalau aku jujur baru tahu Abhy dari postingan ini. Memang di luar sana banyak anak-anak Indonesia yang punya bakat bagus dalam bidang musik.

    Reply
    • Gina 30 July 2020 at 1:50 am

      Org2 dr timur pasti memiliki suara yg khas dan merdu. Penasaran pd dikasih makan apa y ba suaranya bagus

      Reply
  • Shyntako 28 July 2020 at 7:13 pm

    Wah keren nih ada lagi musisi kita yang bakalan jadi pemain di industri musik tanah air, semoga juga karyanya bisa go internasional yaa

    Reply
  • nchie hanie 28 July 2020 at 8:00 pm

    Aku pecinta musik, kalo di rumah full musik, apalagi kalo lagu2 evergreen, golden memories wakakak tuek banget. Tapi seringnya dengerin di MTv, ada kpop dll.
    Nah kudet, baru kenalan sama Abhy ini pas baca postingan ini. Mau langsung kepoin lagu2nya dulu ahhh.
    Mbangga donk kalo musisi dari daerah trus go internasional, haseeek.

    Reply
  • indah nuria 29 July 2020 at 8:54 am

    he is one great singer indeed ya mba. Aku sempat Google him dan memang seru bnageeet

    Reply
  • Icha Marina Elliza 29 July 2020 at 10:14 am

    Lagu family ini dalem banget maknanya kak. Yes, gak mudah katanya. Tapi asalkan tetap bersama berpegangan tangan akan lebih mudah .
    Semoga album black and blue ini meledak di pasaran. Aamiin

    Reply
  • Demia 29 July 2020 at 12:28 pm

    waa aku baru tau nih Abhy, jadi kepo deh sama lagunyaa, auto nyari sih ini di Youtube hihihi, semoga albumnya hits yaaa

    Reply
  • Dian Restu Agustina 29 July 2020 at 3:07 pm

    Senang dengan prinsipnya si Abhy Summer ini: yakinlah dengan apa yang telah dipilih atau diputuskan. Jangan khawatir menjadi seorang diri ketika menentukan sebuah pilihan. Inspiratif benar Abhy! semoga memotivasi anak muda lainnya untuk terus berjuang dan berkarya

    Reply
  • gina 29 July 2020 at 4:21 pm

    Yuk kita support penyanyi lokal rasa internasional, penyanyi dgn potensi yg mendunia seperti Abhy

    Reply
  • Ophi Ziadah 29 July 2020 at 5:09 pm

    waah keren yaaa…
    ku pikir waktu baca judulnya ini bukan penyanyi indo lho mba…
    acungin jempol deh…
    sukses buat abhy summer dan karya2nya

    Reply
  • Nurhilmiyah 29 July 2020 at 7:37 pm

    Suka dengan filosofi black and blue nya Abhy ya… Dlm agama jg ada tuh kl “al haya’u fi mas’alatain”, bahwa hidup itu selalu dihadapkan pada 2 permasalahan.

    Reply
  • Mechta 29 July 2020 at 8:46 pm

    Sah..aku jadi penasaran dg lagu2 di Black n Blue ini, terutama yg Family. Kepoin dulu ah…

    Reply
  • Mia Yunita 29 July 2020 at 9:00 pm

    Musiknya unik. Pas dengerinnya berasa kelempar ke zona yang berbeda. Liriknya juga walaupun berbahasa Inggris tapi mudah dimengerti.

    Reply
  • Dawiah 29 July 2020 at 9:11 pm

    Baru tahu penyanyi ini, ternyata orang NTB. Masya Allah ternyata Indonesia tak kurang kerennya ya dengan penyanyi dari luar. Baru sempat buka sedikit dan dengar lagunya langsung jatuh hati.

    Reply
  • Utie adnu 29 July 2020 at 10:20 pm

    Judulnya keren Hitam dan Biru, Album Pertama Abhy Summer yang berisi sepuluh lagu akhirnya dirilis walaupun prosesnya lama.juga tiga tahun semoga best seller bagus suaranya sukaa

    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai 29 July 2020 at 10:29 pm

    Saya dengerin lagu yang judul family. Enak juga ternyata. Berasa kayak dengar curhatan seorang suami, ya

    Reply
  • BayuFitri 29 July 2020 at 10:38 pm

    Ternyata bnyk penyanyi berbakat ya di daerah patut diapresiasi nih apalagi bisa mencipta syair lagu

    Reply
  • Milda Ini 29 July 2020 at 10:48 pm

    Words make you think. Music makes you feel. A song makes you feel a thought

    – Yip Harburg

    yess, i do agree with the quote. music make my life is powerfull and colourfull

    Reply
  • lendyagasshi 29 July 2020 at 10:56 pm

    Semakin mewarnai kancah musik Indonesia.
    Semoga sukses dan terus berkarya yaa…Abhy Summer.

    Reply
    • lendyagasshi 30 July 2020 at 12:44 pm

      Konsepnya cinta yang sesungguhnya yaa, kak.
      Kepada alam, keluarga.
      Bermusik yang indah…

      Reply
  • diane 29 July 2020 at 11:57 pm

    Aduh… enak euy lagunya.. suaranya pun aku sukaaa… Bakal donlod videonya juga kayaknya nih haha

    Reply
  • Ameliasepta 30 July 2020 at 12:02 am

    Keren banget yah kak penyanyi lokal kita. Tapi kalau orang timur emang gak diragukan lagi apik suaranya, jatuh hati deh denger lagunya kak

    Reply
  • Maria G Soemitro 30 July 2020 at 2:03 am

    Wah kudet saya, baru tahu tentang Abhy Summer
    Segera buka YouTube ah 😊😊

    Reply
  • Rafahlevi 30 July 2020 at 6:49 am

    Wahhh…filosofi black n blue niya saja sudah begitu inspirasional. Akj jadi penasaran seperti apa musik dan suara Abhy Summer asl NTB ini. Biasanya orang-orang timur memang punya suara keren-keren. Semoga optimisme beliau akan segera dikenal hingga internasional seperti backstreet boys dan rollingstone segera terwujud yaa

    Reply
  • Ida Tahmidah 30 July 2020 at 7:27 am

    Aku kemarin juga baca tentang sosok Abhy ini luar biasa memang ya…berbakat dan yg keren semua lagunya ciptaan sendiri. Aku penasaran dengan lagu2 bertema keluarganya nih…

    Reply
  • Shyntako 30 July 2020 at 8:04 am

    Aku baru tau nih musisi satu ini, hidden gem ini sih, semoga bisa makin dikenal pecinta musik tanah air ya dan karyanya makin oke

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 30 July 2020 at 8:56 am

    Ah iyaaa… baca Black and Blue jadi ingat Backstreet Boys. Maklum angkatan mereka sih ini ya saya hehehee..
    Udah dengerin beberapa lagu Abhy yang disertakan di atas. Rada berat tapi ya genrenya. Suaranya bagus banget, kereeennn

    Reply
  • Dyah ummu AuRa 30 July 2020 at 10:09 am

    Sejujurnya aku baru tahu dengan lagu Black and Blue dari Album Pertama Abhy Summer ini mbak. Soalnya aku gak terlalu sering dengerin lagu, kalaupun dengerin sukanya lagu jadul. Hehehe.. but thanks for your sharing

    Reply
  • Dyah ummu AuRa 30 July 2020 at 10:10 am

    Sejujurnya aku baru tahu dengan lagu Black and Blue dari Album Pertama Abhy Summer ini mbak. Soalnya aku gak terlalu sering dengerin lagu, kalaupun dengerin sukanya lagu jadul. Hehehe.. but thanks for your sharing….

    Reply
  • Katerina 30 July 2020 at 10:49 am

    Aku baru ini tau Abhy Summer. Langsung cari di youtube ketemu channelnya, dengerin 2 lagu, astagaaa….keren ini penyanyi. Suara dan lagunya khas banget. Penyanyi lokal rasa internasional ini mah. Salut!

    Reply
  • Fenni Bungsu 30 July 2020 at 12:06 pm

    Nah suka nih sama pesan dari album tersebut, karena beandai-andai kan memang nggak bagus. Mantapkan saja apa pilihan yg diambil

    Reply
  • Sani 30 July 2020 at 12:35 pm

    Wah,keren… Saya suka musiknya
    Ni sih dah internasional ya
    Semoga makin sukses

    Reply
  • Sri Widiyastuti 30 July 2020 at 1:08 pm

    Saya udah lama sekali tidak menikmati musik mbak, dan ga kenal sama penyanyi penyanyi baru. Keren ini filosofi penamaan albumnya

    Reply
  • Dwi Ananta 30 July 2020 at 1:20 pm

    Baruka dengar ini penyanyi dan albumnya kak. Setelah ini bakalan coba dengar lagu-lagunya di spotify, terimakasih untuk artikelnya kak. Tema yang diangkat lagu-lagunya pun menarik sekali…

    Reply
  • Idah Ceris 30 July 2020 at 5:28 pm

    Aku malah baru tau kalau warna biru itu artinya mendekati kebenaran. Hahaha. Aku tdi dengerin yang family, bagus ya, Mbak. Suaranya ughh. 😀

    Reply
  • Dzulkhulaifah 31 July 2020 at 11:09 pm

    Dari judul albumnya aku udah mau komen aja, seperti judul album Backstreet Boys, haha. Jangan-jangan kita seangkatan, Mbak. Ternyata Black and Blue versi Abhy Summer memiliki makna yang lebih dalaaam. Jadi penasaran sama semua lagu-lagunya.

    Reply
  • herva yulyanti 2 August 2020 at 12:42 am

    aku kok merasa kudet ya mba apa emang ga pernah update tentang musik yah baru tahu loh Abhy summer ini heheheh

    Reply
  • Yelli 2 August 2020 at 9:40 pm

    Jadi penasaran lagunya, aku coba nikmatilah. Terima kasih atas sharingnya.

    Reply
  • Mugniar 6 August 2020 at 9:13 pm

    Semua manusia punya sisi hitam, kelam. Dari hasrat, suka, duka, cinta, citacita, yang selalu disandingkan dengan kenyataan. Dimana kenyataan ini diwakili dengan warna biru … wah filosofis juga beliau ya … keren

    Reply
  • Lubnah lukman 10 August 2020 at 1:48 am

    berasa dengar ini bukan penyanyi indonesia yah mba… suka akunya apalagi liriknya punya banyak filosofi sendiri…

    Reply

Leave a Comment