Cara Beli Barang dari Luar Negeri yang Mudah dan Cepat

cara beli barang dari luar negeri

Cara Beli Barang dari Luar Negeri yang Mudah dan Cepat. Saat ini akses untuk membeli barang dari luar negeri sangatlah mudah karena ada banyak sekali opsi yang bisa Anda pilih. Seperti melalui e-commerce maupun jasa titip perorangan (jastip). Namun bagi yang baru pertama kali melakukannya, pasti cukup kebingungan dengan cara beli barang dari luar negeri yang aman dan terpercaya. Maka dari itu, simak cara lengkapnya di bawah ini ya!

Siapa sih yang tidak tertarik dengan berbagai produk yang dibeli dari luar negeri? Selain banyak pilihan, harganya pun sering kali lebih terjangkau jika dibandingkan saat barang tersebut sudah dipasarkan di sini. Brand-brand ternama yang mungkin tidak kita temukan namanya di Indonesia, dapat kita beli produknya yang terdapat di luar negeri. Lantas, apakah teman-teman sudah tahu langkah-langkah bertransaksi yang mudah, cepat, dan tentunya aman?

Cara Beli Barang dari Luar Negeri

Agar bisa belanja aneka produk dari luar negeri dengan mudah dan aman, inilah cara yang bisa Anda ikuti:

1. Lakukan Riset

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah riset. Baik itu membeli di e-commerce maupun jastip perorangan, ada baiknya Anda cari tahu lebih dalam kredibilitas toko atau jasa tersebut. Salah satu caranya dengan melihat situs resmi, akun, maupun bertanya di forum.

Lihat juga review dan ulasan dari toko atau jasa tersebut. Walaupun terlihat banyak ulasan positif, Anda tetap harus cermat, sebab bisa saja ulasan tersebut palsu atau hanya dibuat-buat. Biasanya hal ini terlihat dari ulasan yang terkesan ‘templated’. Akan lebih baik bila Anda bertanya kepada teman, rekan, atau saudara yang pernah berbelanja barang dari luar negeri melalui situs atau jasa tersebut.

2. Ketahui Syarat dan Ketentuan

Berikutnya, pahami juga syarat dan ketentuan dari toko online atau jastip tersebut. Membeli dari luar negeri tentu tidak sama dengan saat membeli dari dalam negeri. Bila Anda membeli dari e-commerce internasional, cari tahu apa saja pilihan yang ditawarkan e-commerce apabila barang Anda mengalami kerusakan saat pengiriman dan bagaimana cara untuk mengajukan masalah mengenai barang dan pembayaran Anda.

Akan lebih baik bila e-commerce tersebut memiliki akses Customer Service yang beragam. Seperti melalui email, live chat, dan lain-lain. Dengan begitu jika Anda mengalami kendala saat pembelian barang dari luar negeri, maka Anda dapat menghubungi customer service dengan mudah.

3. Cek Ongkos Kirim

Sama halnya dengan saat Anda membeli barang dari dalam negeri, sudah pasti terdapat biaya ongkos pengiriman barang ketika Anda berbelanja dari luar negeri. Ongkos kirim yang dikenakan sudah pasti sangat besar. Tapi hal ini bisa disiasati supaya ongkir lebih hemat.

Salah satu cara menghemat ongkos kirim adalah dengan memilih opsi jasa pengiriman yang murah. Dari berbagai opsi jasa pengiriman yang tersedia, cek berapa biayanya serta apa saja pelayanan yang Anda dapatkan. Pilihlah opsi yang menguntungkan Anda. Selain dengan cara ini, Anda juga bisa mengajak teman atau saudara untuk ikut membeli barang dari luar negeri supaya biaya ongkos kirim bisa ditanggung bersama.

4. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Tak kalah penting saat beli barang dari luar negeri adalah metode pembayarannya. Jika membeli dari dalam negeri ada opsi e-wallet, maka jelas berbeda saat Anda membeli dari luar negeri. Opsi metode pembayaran yang tersedia umumnya kartu kredit, kartu debit, dan PayPal.

Supaya data pembayaran Anda tetap aman, pastikan untuk mengecek apakah situs tersebut aman dan pilihlah metode pembayaran melalui kartu kredit daripada kartu debit.
Meski saat menggunakan kartu kredit beberapa data Anda tetap diminta, akan tetapi opsi ini jauh lebih aman dari kartu debit karena tidak memiliki akses langsung ke rekening bank Anda. Yang tentu saja hal ini dapat meminimalisir risiko penipuan saat melakukan transaksi.

5. Pastikan Biaya Bea Cukai

Tak hanya ongkos kirim, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya untuk bea cukai. Barang apapun dari luar negeri akan melalui pemeriksaan bea cukai dan akan dikenai pajak untuk setiap barang. Terkadang biaya ini diluar biaya ongkos kirim, terutama untuk jastip. Sehingga disarankan untuk menyimpan bukti pembayaran, nomor konfirmasi pesanan, serta nomor resi paket Anda, supaya memudahkan pengajuan keluhan bila timbul masalah.

Demikian tips cara beli barang dari luar negeri yang mudah dan aman. Untuk melakukan pembayaran dengan aman, gunakan kartu visa bank seperti kartu kredit Danamon Visa Platinum. Selain aman untuk melakukan transaksi belanja, Anda juga dapat menikmati cashback 10% untuk transaksi retail dengan Danamon Visa Platinum. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera pakai kartu visa Danamon untuk pembayaran belanja online yang mudah, praktis, dan juga aman!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment