Sering Terpapar Gadget? Yuk Jaga Kesehatan Mata Mulai dari Sekarang!

jaga kesehatan mata

Sering Terpapar Gadget? Yuk Jaga Kesehatan Mata Mulai dari Sekarang! Hai teman-teman, apa kabar? Sudah ada berapa kali mandangin layar hp seharian ini? Kalau laptop atau PC gimana, udah ada berapa jam tuh ditatap sejak tadi? Emang gak bisa dihindari sih ya, di zaman sekarang yang serba digital dan kuatnya arus informasi, apa saja bisa dikerjakan. Tentunya bermodalkan sebuah gadget! Gak hanya urusan kerja, buat refreshing seperti ngegame maupun streaming aneka video juga lagi-lagi bakal berhadapan dengan benda tersebut. Seiring dengan kerennya fungsi benda yang satu ini, ada hal lain yang harus kita perhatikan yakni kesehatan mata. Lalu, apa kabar kondisi mata yang sering terpapar gadget? Simak yuk!

Sebenarnya sih gak hanya mata yang sering terpapar gadget yang perlu dijaga. Intinya, yuk jaga kesehatan mata! Tapi ya gitu, kita sendiri pasti tahu kalau di zaman sekarang kita tuh lengket banget sama yang namanya gadget. Bangun tidur, yang dicari duluan pasti gadget. Makan, eh sambil megang gadget. Mau tidur, bisa jadi ketiduran dengan posisi gadget dalam genggaman. Hayooo..siapa yang gitu? Nah, kondisi tersebut kemudian mengundang perhatian banyak orang utamanya mereka para profesional di bidang kesehatan mata. Tentang bagaimana agar postingan blog maupun FB/IG/Twitter/YouTube dapat menjadi sarana edukasi kesehatan mata yang baik bagi masyarakat.

Sering Terpapar Gadget? Yuk Jaga Kesehatan Mata Mulai dari Sekarang!

jaga kesehatan mata

Belajar Tentang Kesehatan Mata bersama Dinas Kesehatan Provinsi NTB

Sebagai orang yang sering berjam-jam berhadapan dengan monitor, pun setiap saat menatap layar hp, kebayang kan gimana kondisi mata saya sekarang? Sejak tahun 2006, total saya udah ada 4 kali ganti kacamata. Penyebabnya tidak lain adalah karena nilai minusnya yang terus meningkat. Oh ya, belakangan malah ada masalah baru yaitu silinder. Bwahahahah. Gak heran sih, kesehatan matanya gak pernah dijaga gini. Heuheuheu. Makanya, pas kemarin diundang oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB untuk mengikuti Lokakarya Kesehatan Mata, saya senang banget dongs~

Anggapan saya sih, penyelenggaranya ini pasti udah ngeh banget gimana kondisi mata orang-orang yang mereka undang. Orang-orang yang dalam sehari gak pernah bisa lepas dari layar hp maupun monitor laptop/PC/TV. Benar saja, meski dengan waktu yang terbatas, para narasumber mampu memaparkan materi dengan baik. Ya, sejumlah nama hadir menjadi narasumber pada acara ini. Ada Bapak Dr. Zainul Arifin, M.PH, (Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi NTB), Ibu Novia Purnamasari (Yayasan FHF), dan Bapak Dudut Eko Juliawan, SKM., MPH (Kasi Promosi Kesehatan Dinas Provinsi NTB).

jaga kesehatan mata

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Dalam kegiatan Lokakarya Kesehatan Mata tersebut, setidaknya kita mendapatkan 3 paparan materi. Adapun materi pertama tentang Kapita Selekta Mata disampaikan oleh Bapak Dr. Zainul Arifin, M.PH, selaku Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Di sini kita diberikan penjelasan mulai dari bagian-bagian mata (berasa duduk di bangku sekolah nih), hingga ke sejumlah hal yang menyebabkan terganggunya kesehatan mata. Oh ya, sudah pada tahu belum bahwa menurut data WHO di tahun 2014 ada 285 juta orang yang terganggu penglihatannya, dimana 82% nya berusia 50 tahun ke atas. WOW! Semoga jika dicek kembali pada data terakhirnya, angka-angka tersebut sudah berkurang yaa. Satu lagi nih, rupanya penyebab utama kebutaan di negara yang berpenghasilan menengah dan rendah itu adalah penyakit katarak. Duh, ngeri~

Itulah mengapa penting banget untuk menjaga kesehatan mata yaa teman-teman. Buat kita yang sehari-harinya sering terpapar gadget/layar laptop, pastikan untuk mengistirahatkan mata barang sejenak. Selain itu, jangan lupa mengkonsumsi makanan yang sehat serta rutin berolahraga. Sungguh! Mesti pakai kacamata macam saya ini berat. Kalau pas ke bioskop pengen nonton film dan  kacamatanya kelupaan…selesai sudah, nggak jelas deh tuh yang ditonton di depan apaan. BWAHAHAHA.

jaga kesehatan mata

FHF, Bantu Cegah Penyakit Mata pada Generasi Muda Indonesia

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ibu Novia Purnamasari dari FHF. FHF merupakan singkatan dari The Fred Hollows Foundation. FYI, FHF adalah lembaga internasional non-pemerintah yang bersifat non-sektarian, non-politik dan nirlaba (tidak mencari keuntungan) yang berkedudukan di Sydney Australia. Lembaga ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata bagi orang-orang di negara-negara berkembang dan untuk warga pribumi Australia. Meski didirikan di Sydney, namun pada tahun 2012 FHF berdiri pula di Indonesia. Dan selanjutnya pada 30 Maret 2017 FHF telah memiliki MoU dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lalu, apa sih tujuan FHF? FHF bertujuan membangun kerjsasama antara para pihak guna memperkuat dan melaksanakan program penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan, melalui implementasi program Seeing is Believing (SiB) dan program Vision for the Indonesian People (VIP). Yups, dalam hal ini FHF bertindak selaku donatur serta penyelenggara kegiatan-kegiatan seperti pelatihan dalam rangka mencegah penyakit mata pada Generasi Muda Indonesia.

jaga kesehatan mata

Strategi Promosi Kesehatan Mata

Selanjutnya, sebagai materi penutup hadir Bapak Dudut Eko Juliawan, SKM., MPH selaku Kasi Promosi Kesehatan Dinas Provinsi NTB. Beliau memaparkan materi tentang Strategi Promosi Kesehatan Mata. Ya, di era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini apapun bisa disampaikan dan diakses secara cepat. Tentu teknologi yang sudah ada tersebut wajib kita manfaatkan dengan baik. Salah satu contohnya adalah dengan menyajikan konten-konten yang berisi edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan mata. Sebab tidak bisa dipungkiri, konten-konten dengan kemasan ringan seperti yang umumnya kita sajikan akan lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

Aih, tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Acara Lokakarya Kesehatan Mata pun berakhir. Oh ya, kabarnya kedepannya Dinas Kesehatan Provinsi NTB akan membentuk komunitas khusus. Dimana di dalamnya, para blogger akan bekerja sama dengan mereka dalam rangka menyajikan konten-konten kesehatan mata. Wah, keren ya! Semoga dengan usaha tersebut, apa yang menjadi cita-cita kita untuk menjaga kesehatan mata Generasi Muda Indonesia dapat terwujud. Amiiin…

Gimana dengan teman-teman, ada yang merasa mulai ada gangguan kesehatan mata juga setelah berjam-jam berhadapan dengan gadget? Share yuk di kolom komentar!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

10 Comments

  • nur rochma 26 May 2018 at 9:17 am

    Terahir aku periksa mata karena penglihatan semakin menurun. Ternyata selain mata yang minus sejak SMA, aku nambah silinder. Kata dokter karena faktor usia. Sedih juga sih. Yang minus saja suka nambah.

    Reply
  • Anindita Ayu 26 May 2018 at 1:09 pm

    Sekarang aku ngerasa kacamataku yang biasanya masih bikin penglihatanku rada buram. Ngeri mbak liat foto-foto kataraknya, secara aku setiap hari di depan komputer dengan waktu istirahat yang sedikit banget. Ternyata kalau bepergian justru dianjurkan menggunakan kacamata hitam anti sinar UV ya mbak? Noted, penting ini untuk kesehatan mata.

    Reply
  • Okti 26 May 2018 at 2:56 pm

    Beberapa waktu lalu tanpa kacamata saya masih bisa baca tulisan jarak jauh kalau ada ikut acara. Eh sekarang kalau ikut pelatihan dll gitu lihat tulisan di depan udah ga bisa membaca. Harus sedia kaca mata.
    Faktor usia, dan mungkin gaya hidup ini yg mulai tidak sehat…

    Reply
  • Nchie Hanie 26 May 2018 at 4:39 pm

    Aku alhamdulillah masih normal aja, tapi beberpa waktu yang lalu mulai periksa karena dah sering pusing kalo liat leptop or hape. Eh, taunya faktor usia ga bisa di bohongi, plus 1.5 deh dan pake kaca mataaa kalo lagi ga maleees..

    Reply
  • Naqiyyah Syam 26 May 2018 at 10:18 pm

    Kalau aku dulu terpapar oleh komputer awalnya mataku jadi minus deh. Sekarang malah silindris. Emangnya perlu banget jaga mata apalagi yang sering kerja dengan gadget atau komputer atau PC.

    Reply
  • Rach Alida Bahaweres 26 May 2018 at 11:47 pm

    Aku tuh makai kacamata gara2 kelamaan baca dan bacanya terlalu dekat jadinya minus sampai skarang. Kalau jama skarang, kuatir anak terapar gadget

    Reply
  • Puspita Yudaningrum 27 May 2018 at 9:18 pm

    Aku sering banget bahkan tiada hari tanpa gadget. Setiap periksa mata pasti minus bertambah. Wah penting banget nih untuk aku..

    Reply
  • Icha faizah 31 May 2018 at 6:19 pm

    Huhu bener banget nih, harus rutin cek kesehatan mata. Apalagi zaman sekarang lebih sering terpapar gadget.

    Reply
  • Zia 31 May 2018 at 11:38 pm

    Nah ini kadang kita ngga cek mata secara berkala, padahal sama pentingnya seperti kita cek gigi setiap 6 bulan sekali. Ini aku kayaknya udah kepala tiga harus periksa mata juga. Walaupun perasaan normal tapi ada perubahan sediki ga akan kerasa, daripada nanti kaget, lebih baik memeriksakan sebelum terlambat.

    Reply
  • cerite si mpo 1 June 2018 at 8:26 pm

    Mpo suka main gadget. Pegel kalau sering natap hp. Mpo usah pakai silinder

    Reply

Leave a Comment