Browsing Category : Kesehatan

Tuberkulosis, Tiga Belas Tahun Lalu


Tuberkulosis, Tiga Belas Tahun Lalu. Tiga belas tahun yang lalu, saya pikir itulah akhir kehidupan. Ketika mengandung anak pertama, di saat yang sama pula, saya mengidap penyakit menular paling mematikan pertama di dunia. Tuberkulosis namanya. Batuk berdahak lebih dari dua minggu, malam-malam dilewati tanpa tidur nyenyak sebab harus berkali-kali mengganti pakaian yang basah karena keringat, demam meriang, hingga kesulitan menelan…

Read More »

Cara Masak Nasi Rendah Gula dengan Rice Cooker


Cara Masak Nasi Rendah Gula dengan Rice Cooker. Bagaimana sih cara masak nasi rendah gula? Apakah bisa menggunakan rice cooker, kalau iya, yang seperti apa? Ngomong-ngomong, emang kenapa sih mesti repot-repot memastikan apakah nasi yang disantap itu rendah gula atau tidak? Ya, karena ini berkaitan dengan Diabetes Melitus, penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Dimana penyakit tersebut…

Read More »

Penyakit Jantung Bawaan, Apakah Bisa Disembuhkan?


Penyakit Jantung Bawaan, Apakah Bisa Disembuhkan? Setelah 3 bulan berjuang, pada 12 Februari 2024 lalu, putri ketiga saya yang mengidap Penyakit Jantung Bawaan (PJB) akhirnya meninggal dunia. Sebenarnya ini penyakit apa? Bagaimana pencegahannya? Apakah bisa disembuhkan? Akankah operasi menjadi jalan terakhir? Berapa besar kemungkinan seorang bayi terlahir dengan PJB? Bisakah mereka bertahan hidup? Dan berbagai pertanyaan dari keluarga, kerabat, bahkan…

Read More »

Atasi Mata Kering, Agar Produktif Bekerja Tanpa Pening!


Atasi Mata Kering, Agar Produktif Bekerja Tanpa Pening! Atasi mata kering tuh bagaimana sih? Mungkin begitu pertanyaan yang banyak diajukan oleh mereka yang bekerja berhadapan dengan layar. Pertanyaan lainnya lagi tentang bagaimana mengatasi ketika merasa mata pegel, sepet, atau kering setelah terlalu lama menatap layar smartphone? Ya, saya dan banyak teman-teman yang pekerjaannya gak bisa jauh-jauh dari smartphone, laptop, maupun PC,…

Read More »

Dermatitis Atopik, Kondisi yang Sempat Bikin Panik


Dermatitis Atopik, Kondisi yang Sempat Bikin Panik. Dermatitis atopik pada bayi, seperti apa? Kok sampai sempat bikin panik? Ya gimana, baru lahir gitu kulit udah kenapa-kenapa. Terlebih lagi, kondisi ini tidak saya temukan pada si sulung, yang berbeda usia 6 tahun dengan adiknya. Istilah kondisi atau penyakitnya pun baru belakangan saya ketahui. Seingat saya, belum usia sebulan, saya temukan beberapa…

Read More »

Layanan Kesehatan Sirka, Siap Hidup Sehat No Tunda-Tunda!


Layanan Kesehatan Sirka, Siap Hidup Sehat No Tunda-Tunda! Pernah dengar layanan kesehatan Sirka? Pelayanan digital untuk berbagai solusi bagi kalian yang ingi memulai hidup sehat. Bosan gak sih mendengar dan melihat jokes “diet mulai besok”? Menunda-nunda untuk menjalankan pola hidup sehat, padahal tidak ada yang tahu, sampai kapan kita hidup di dunia. Pun kita sendiri tahu, bahwa dengan tubuh yang…

Read More »

Jaga Diri dan Keluarga dengan Proteksi Sesuai Syariah


Jaga Diri dan Keluarga dengan Proteksi Sesuai Syariah. Masya Allah ya, dalam Islam, segala sesuatunya diatur dengan sangat sempurna. Termasuk anjuran untuk jaga diri dan keluarga yang sudah menjadi tanggung jawab kita untuk senantiasa saling menjaga satu sama lain agar tetap mendapatkan berkah dan rahmat Allah SWT. Bagaimana tingkah lakudan amal ibadah yang dilakukan oleh anggota keluarga, tentulah menjadi tanggung…

Read More »

Sehat Secara Alami dengan Produk Teh Hingga Kopi Bernutrisi


Sehat Secara Alami dengan Produk Teh Hingga Kopi Bernutrisi. Siapa sih yang tidak ingin sehat secara alami? Bisa bugar dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan cara yang baik. Konsumsi produk-produk yang baik, tanpa kandungan bahan berbahaya apapun. Dan ya, ini pula yang menjadi tagline dari brand lokal Morikai. Sebuah brand aneka produk teh hingga kopi berbahan dasar daun kelor, yang berada…

Read More »

Penyakit Kusta, Apa dan Bagaimana Ketika Menimpa Wanita?


Penyakit Kusta, Apa dan Bagaimana Ketika Menimpa Wanita? Apa itu penyakit kusta? Penyebab, gejala, dan pengobatannya seperti apa? Kemudian bagaimana ketika penderitanya adalah wanita? Selain sejumlah pertanyaan di atas, tentu ada banyak lagi hal yang masih mengganjal yang ingin banyak orang ketahui tentang penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Leprae ini. Saya pun merasa demikian, makin ke sini saya jadi lebih…

Read More »

Minyak Kayu Putih, Barang Wajib Ada di Tas


Minyak Kayu Putih, Barang Wajib Ada di Tas.  Apakah minyak kayu putih sudah menjadi barang wajib yang ada di tas teman-teman? Kayaknya kepikiran banget kalau gak dibawa. Tidak hanya di dalam tas sih, melainkan harus tersedia di rumah, jangan sampai gak ada pokoknya. Entah itu seorang ibu yang punya anak kecil, kaum bapak, remaja, atau berapapun usianya, nyaris butuh jenis…

Read More »

Gaya Hidup Sehat Bermula dari Paket Internet Cepat


Gaya Hidup Sehat Bermula dari Paket Internet Cepat. Setuju atau tidak? Bahwa kemudahan akses internet dengan kecepatan yang stabil bisa mendukung kita untuk menerapkan gaya hidup sehat. Ah masa iya? Bukannya aktivitas internetan tuh cuma menghabiskan waktu dan bikin kita bermalas-malasan aja alias kurang gerak dalam waktu yang lama? Eitt.. tunggu dulu, segala sesuatunya akan menjadi bermanfaat atau tidak, tergantung…

Read More »

Menjadi Vegetarian Ternyata Tak Serumit yang Dibayangkan


Menjadi Vegetarian Ternyata Tak Serumit yang Dibayangkan. Adalah keputusan besar ketika seseorang memilih menjadi vegetarian. Siap hidup sehat pun dikomentari banyak orang. Saya pribadi memang belum sampai pada salah satu pola hidup sehat tersebut. Namun dalam kesehariannya, saya beberapa kali dipertemukan pada mereka yang dengan mantap memilih jalan hidup vegetarisme. Tentu saja sering muncul pertanyaan dalam diri, kok tahan banget…

Read More »