Kuliner Bali, Sajian Menu Sehat Hingga Restoran Bernuansa Alam - Blognya Andy Hardiyanti

Kuliner Bali, Sajian Menu Sehat Hingga Restoran Bernuansa Alam

kuliner bali

sumber: instagram.com/_jjonul

Kuliner Bali, Sajian Menu Sehat Hingga Restoran Bernuansa Alam. Hari gini, siapa sih yang tidak kenal Pulau Bali? Destinasi wisata yang tidak hanya dikenal di Indonesia, melainkan juga di mata dunia. Bali menawarkan berbagai keindahan, terutama untuk urusan objek wisata alam dan seni budayanya. Tidak heran banyak sekali wisatawan yang senang menghabiskan waktu liburnya di sana. Bahkan yang pernah datang sekalipun, selalu saja ingin kembali lagi dan lagi ke Bali. Saya pribadi sangat bangga bisa lahir di Denpasar, ibukota dari Provinsi Bali. Ya, meski tidak menghabiskan waktu kecil di Pulau Dewata. Tapi setidaknya ada kebanggaan tersendiri ketika menyebutkan di kota mana saya dilahirkan. Hahaha.

Lahir di Bali dan kini berdomisili di pulau yang sangat dekat dari Bali, yaitu Lombok. Tidak lantas membuat saya berkali-kali berkunjung ke sana. Masalah waktu dan kesibukan lainnya membuat ada saja halangan untuk lompat ke pulau sebelah. Itulah sebabnya, ketika ada kesempatan untuk mengeksplor pulau yang satu ini maka akan saya manfaatkan sebaik mungkin. Seperti biasa sesuai hobi saya, pastinya sih langsung kepo sama wisata kuliner Bali. Entah itu makanan tradisionalnya, maupun sajian menu sehat yang sedang ngetren belakangan ini. Oh ya, karena saya seorang muslim, pastinya yang lebih dulu diutamakan adalah kehalalannya ya~

Baca Juga: Elephant Safari Park: Serunya Berpetualang Di Wisata Gajah Taro Bali

Kuliner Bali, Sajian Menu Sehat Hingga Restoran Bernuansa Alam

Untuk postingan blog kali ini, saya bakal membahas sajian menu sehat dulu ya. Kuliner Bali lainnya bakal menyusul. Kenapa menu sehat? Yapss, karena gaya hidup sehat sekarang lagi in banget! Terus gimana sih mereka yang menjaga pola hidup sehat tersebut kalau pas liburan? Pastinya harus pintar-pintar memilih menu makanan kan yaa. Jangan khawatir, karena para pengusaha kuliner di sana sudah memikirkan itu semua. Mau cari kuliner Bali yang menyediakan menu sehat komplit dengan suasana alamnya yang memikat? Ada!

Penasaran restoran mana saja yang saya maksud? Berikut ini beberapa restoran di Bali yang menyajikan menu sehat dengan pemandangan alam yang luar biasa.

Baca Juga: Dapoer Sasak, Perpaduan Lesehan dan Kafe di Area Persawahan

Sari Organic

Sari Organic terletak di kawasan Ubud, tepatnya di tepi sawah. Pengunjung di sini akan disuguhkan pemandangan area persawahan yang luar biasa. Suasana yang tenang dan damai menjadikan para pengunjung benar-benar menikmati kenyamanan di sana. Adapun pilihan menu sehatnya, diantaranya: yellow squash, bell pepper, dairy free pizza dan masih banyak lagi. Untuk minumannya tersedia aneka jus dan smoothies yang pastinya menyegarkan.

Yoga Barn Garden Cafe

Lokasinya tepat di sebuah bukit dengan sajian hamparan hijaunya sawah di hadapan pengunjung. Kebayang kan gimana cakep pemandangannya? Berada di Jalan Pengosekan, Ubud, cafe yang satu ini buka dari pukul 07.30 hingga 20.00 WITA. Penasaran ada menu apa saja di sini? Bagi para vegetarian, tersedia taco dan pasta. Selain itu, ada pula menu olahan hewani, diantaranya: daging, telur dan susu. Dimana seluruhnya dipastikan bebas gluten.

Juice Ja Cafe

Selanjutnya ada Juice Ja Cafe, sebuah cafe yang terletak di Jalan Dewisita-Gianyar. Lokasinya sangat dekat dengan Karna Street Market dan beroperasi pada pukul 08.00 hingga 23.00 WITA. Kafe ini memiliki banyak sekali pilihan menu. Untuk menu makanan ringannya sendiri, tersedia: bagels dan muffin, yang kesemuanya bebas gluten. Menariknya, bahan baku untuk membuat menu sehat di kafe tersebut seluruhnya didatangkan dari perkebunan setempat. Tentunya dipilih dengan sangat teliti. Jadi jangan khawatir akan kualitas menu yang disajikan di Juice Ja Cafe ya!

Down to Earth

Sepintas kafe ini akan terlihat sebagai sebuah toko biasa. Namun ketikan pengunjung menuju lantai dua, barulah mereka akan menemukan kafe tersebut. Down to Earth yang berlokasi di Jalan Goutama Selatan-Ubud tersebut, buka dari pukul 07.00 hingga 22.00 WITA. Adapun menu yang disajikan sebagian besar adalah menu vegetarian ala western cushion. Pilihan menunya terdiri dari veggie burger, savory falafel sandwich, dan lainnya.

Pilihan restoran dan kafe di atas tentunya sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki gaya hidup sehat. Pas sekali karena biasanya kawasan Ubud sering menjadi tempat digelarnya pelatihan yoga. Sambil liburan, olahraga, dan wisata kuliner Bali pula! Benar-benar perpaduan yang komplit. Aih, Bali memang destinasi wisata yang serba luarbiasa.

Teman-teman bagaimana, ada yang ingin mencoba kuliner Bali dengan sajian menu sehatnya? atau ada yang sekadar ingin mengobati kerinduan dengan Bali?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

7 Comments

  • Putu Sukartini 11 April 2019 at 7:51 pm

    Tempat makan bernuansa alam memang bikin betah. Di Bali pula. Menikmati hidangan sembari memandang sawah yang menghijau, lalu angin bertiup sepoi-sepoi, rasanya sempurnaaaaaa

    Reply
  • Dian Restu Agustina 11 April 2019 at 8:02 pm

    Jadi rindu Bali..apalagi dengan makanan sehat dan latar indah begini…hiks// Mupeng saya:)

    Reply
  • Okti Li 12 April 2019 at 6:42 am

    Ah pengen ke Bali lagi. Hanya waktu ke sana kami kesulitan cari tempat makan yang Halal 💯
    Harus diperhitungkan matang pemilihan lokasi makan di Bali buat kami ini.

    Reply
  • Reni 12 April 2019 at 9:44 am

    Makan sambil menikmati pemandangan hijau begini mempunyai kesan tersendiri ya apalagi di destinasi wisata seperti Bali yang sudah men dunia.

    Reply
  • Afifah Mazaya 15 April 2019 at 5:42 pm

    Resto sehat kayaknya akan makin banyak diminati nih. Gaya hidup sehat semakin happening. Oh, ya. Suka deh dengan foto di atas. Segar banget.

    Reply
  • Susindra 15 April 2019 at 5:44 pm

    Wah… Klau ke Ubud harus ke sini kalau gitu ya. View dan menunya cocok!

    Reply
  • Jalan-Jalan KeNai 18 April 2019 at 4:29 pm

    Kalau makan dengan pemandangan seperti itu di depan mata biasanya bikin lahap. Saking menikmati suasananya

    Reply

Leave a Comment