Oli Motor Terbaik dan Bertahun-Tahun Perjalanan bersama Enduro - Blognya Andy Hardiyanti

Oli Motor Terbaik dan Bertahun-Tahun Perjalanan bersama Enduro

oli motor terbaik

Oli Motor Terbaik dan Bertahun-Tahun Perjalanan bersama Enduro. Saya perhatikan beberapa tahun belakangan ini, semakin mudah saja bagi siapapun untuk memiliki kendaraan bermotor. Tidak usah jauh-jauh, di kota tempat saya tinggal, entah bisa kita temukan berapa unit motor dalam satu rumah. Bukan hal yang berlebihan jika saya katakan jumlah motor sama dengan jumlah anggota keluarga dalam satu KK. Mirisnya, ketertarikan untuk memiliki motor tidak sebanding dengan pengetahuan merawat/menjaganya. Ya kalian pasti setuju, bahwa sebelum berkeinginan membeli sesuatu (termasuk motor) ada baiknya kita sudah paham dulu bagaimana urusan perawatannya, bukan? Salah satu bukti sayangnya kita pada si motor adalah dengan memberikannya oli motor terbaik. Dimana dengannya, mesin motor yang telah mengantarkan kita ke sana sini selama ini jadi lebih terawat.

Ganti oli? Beli oli gitu maksudnya? Buat apa ya? Kemarin bukannya baru aja isi bensin, full pula.

Kalau ingat rentetan pertanyaan di atas, yang bikin suami gak sempat jawabnya itu, saya kok pengen ketawa terus ya? Jadi itu suami habis saya telepon, nanyain posisinya lagi di mana karena si sulung harus diantar ke tempat ngaji. Tadinya sudah berkabar kalau mau service motor di bengkel, tapi karena agak lama ya saya telepon lagi. Kaget dong pasti dijawab lagi ganti oli, ya saya pikir kemarin baru aja isi bensin, kok ngisi lagi.

WOY OLI, WOY…. BUKAN BENSIN!

Dan sejak itulah saya mengenal yang namanya oli. Jadi saya pikir hidupnya kendaraan motor (motor, mobil, dll) bergantung pada bahan bakar semacam bensin maupun solar gitu aja. Serius deh, dasar saya ya…tahunya dibonceng doang. Gak pernah punya motor, apalagi mengendarainya (eh dulu zaman SMP pernah bisa bawa, tapi ya belum berani ke jalan besar). Jadi ya blas gak tahu apa-apa soal per-oli-an ini. Meski sempat beberapa kali penasaran, apaan sih yang dijual di setiap pom bensin Pertamina, yang packagingnya botol entah bentuk apa dengan dominasi warna abu-abu itu? Pada beberapa kesempatan menemani suami ke bengkel pun saya lihat juga produk tersebut. Apa itu bensin kemasan ya? ((((bensin kemasan)))) Ya Allah, dudulsnya diriku~ Epicnya lagi karena sok bener gak mau nanya, bwahahaha..takut dibilang gak tahu kali ya. Padahal emang!

oli motor terbaik

Tempat mengisi oli

Lebih Dekat dengan Oli Motor

Sejak kejadian di atas, saya akhirnya tahu betapa pentingnya ganti oli. Ganti oli lho ya, ganti. Soalnya lagi lagi sebelumnya saya tahunya tuh oli diisi, macam bensin. Wkwkwkwk. Ketawa deh kalian. Jadi, apa itu oli? Ada jenis apa saja? Apa fungsi dan manfaatnya? Oke, siapa tahu ada dari pembaca blog saya yang macam saya dulu. Gak tahu apa-apa soal oli. Saya jelaskan di postingan ini ya.

Apa itu Oli Motor?

Oli atau biasa disebut minyak pelumas mesin merupakan kebutuhan dasar bagi sebuah kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Oli memiliki peranan penting dalam menjaga performa serta kinerja mesin, sehingga kendaraan jadi lebih awet. Mengingat fungsinya yang sangat vital tersebut, maka kita wajib memilih oli motor terbaik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Selain sebagai minyak pelumas, oli berfungsi melindungi mesin dari karat, menjadi pendingin mesin, serta membantu menutup celah-celah pada dinding mesin. Dengan adanya oli, gesekan-gesekan yang terjadi pada komponen yang ada di dalam mesin kendaraan bermotor jadi halus, karena telah dilumasi sebelumnya. Fungsinya sebagai fluida memungkinkan oli untuk memindahkan panas pada ruang bakar ke bagian lain dari mesin yang lebih dingin. Tentu saja dengan begitu semakin memudahkan mesin bekerja untuk mencapai suhu ideal pada kendaraan.

Jenis-jenis Oli Motor

Umumnya yang dimaksud oli adalah oli mesin, namun untuk diketahui bahwa oli itu ada banyak jenisnya. Baik jika diklasifikasikan berdasarkan bahan dasar, maupun fungsinya. Adapun jenis-jenis oli berdasarkan bahan dasarnya yaitu:

Jenis-jenis Oli Berdasarkan Bahan Dasarnya

Jika dilihat dari bahan dasar pembuatannya, maka oli dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: oli mineral, oli sintetik, dan oli semi sintetik. Dari ketiganya, yang paling tahan terhadap penguapan adalah oli mineral. Namun perlu diketahui bahwa oli jenis ini memiliki viskositas atau kekentalan yang mudah berubah, karena tidak tahan suhu tinggi/kondisi ekstrim.

Selanjutnya oli sintetik merupakan oli yang lebih mudah menguap tapi viskositasnya stabil. Oli jenis ini tahan dalam kondisi ekstrim, baik panas maupun dingin. Itulah mengapa oli sintetik cocok digunakan pada motor yang sudah berusia tua atau keluaran tahun lama karena celah-celan mesinnya cenderung lebih renggang. Terakhir yakni oli semi sintetik, yang sangat cocok digunakan pada motor-motor keluaran terbaru. Intinya, apapun bahan dasarnya, pastikan kita memilih betul mana oli motor terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Jenis-jenis Oli Berdasarkan Fungsinya

Dilihat dari fungsinya, oli motor dibedakan menjadi tiga jenis yaitu: oli mesin, oli rem, dan oli samping atau biasa disebut oli gardan. Saya dong…kemarin kemarin tahunya ya oli mesin aja. Hahahaha. Yups, memang yang umum kita ketahui itu oli mesin. Oli mesin merupakan cairan yang diisi pada bagian mesin. Dimana ketika mesin dihidupkan, oli tersebut akan dialirkan ke seluruh komponen mesin. Secara periodik oli mesin harus diganti karena seiring pemakaian akan terjadi penurunan, baik dari dari segi kualitas maupun fungsinya.

Selanjutnya ada yang namanya oli rem, atau biasa disebut minyak rem/brake fluid. Oli jenis ini digunakan khusus untuk sistem rem motor. Fungsinya selain sebagai pelumas rem, juga menjadi media perantara yang mentransmisikan tenaga hidrolik ke seluruh sistem rem. Peranan oli rem sangat penting bagi sistem pengereman, utamanya untuk menghentikan laju kendaraan.

Terakhir ada oli samping atau oli gardan. Oli jenis ini digunakan pada motor matic. Jika dibandingkan dengan oli mesin, maka penggantian oli samping tidaklah sedemikian sering. Oli samping biasa disebut oli gear, cukup diganti setahun sekali atau setiap mencapai 15.000 km.

Fungsi Oli Motor, Apa saja sih?

Setelah kita mengetahui apa itu oli motor dan apa saja jenis-jenisnya, baik berdasarkan bahan dasar maupun fungsinya. Maka sekarang kita masuk ke penjelasan terkait apa saja sih fungsi dari oli motor itu.

Oli Motor sebagai Pelumas

Sebagai pelumas, dimana saat mesin dihidupkan maka oli mesin akan disirkulasikan pada setiap komponen mesin oleh pompa oli. Oli tersebut nantinya melewati bagian-bagian yang bergerak, untuk selanjutnya membentuk lapisan film agar dapat melumasi komponen tersebut. Dengan demikian komponen di dalam mesin menjadi lebih awet.

Oli Motor sebagai Pendingin atau Penyerap Panas

Saat mesin motor dihidupkan, maka berlangsung proses pembakaran yang menghasilkan panas untuk kemudian diubah menjadi tenaga. Di saat yang sama, oli dialirkan ke dalam komponen mesin. Ketika oli tersebut melewati bagian mesin bertemperatur tinggi (seperti piston, metal, dinding silinder), makan panas komponen tersebut akan diserap. Hal inilah yang kemudian dapat menjaga temperatur mesin dan mencegah keausan yang berlebihan pada bagian mesin.

Oli Motor sebagai Pembersih dan Pencegah Karat

Dengan rutin mengganti oli motor sesuai waktunya, maka mesin akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari karat. Selain itu pemilihan oli yang tepat dan sesuai kebutuhan pun akan berdampak pada kualitas dan awetnya komponen di dalam mesin.

Oli Motor untuk Merapatkan Komponen Mesin

Ketika oli bersirkulasi di area mesin, maka akan terbentuk lapisan tipis. Lapisan inilah yang akan merapatkan celah diantara dua benda yang bergerak.

Oli Motor Terbaik dan Bertahun-Tahun Perjalanan bersama Enduro

Sejak menikah, saya dan suami memang sudah akrab dengan yang namanya sepeda motor. Saya sebagai boncengers aja sih, ya kan udah bilang tadi sayanya gak bisa bawa motor. Entah kenapa kami memang suka bepergian mengendarai motor, rasanya lebih gesit aja gitu. Bebas macet, bisa lebih menikmati perjalanan, dan banyak lagi alasan lain. Selain karena memang masih belum sampai buat jajan mobil sih wkwkwk. Dari setiap perjalanan kami, gak bisa dipungkiri bahwa Enduro punya peranan penting. Apa lagi kalau bukan memastikan perjalanan kami jadi lebih aman dan nyaman. Makanya suami tuh paling gak bisa telat deh urusan ganti oli.

Baca Juga: Fenomena Pengendara Motor di Bawah Umur

Gak heran meski kami cuma sekali beli motor baru, seringnya beli motor second yang kemudian dioprek lagi sama suami, tapi performanya tetap cihuy! Iseng iseng nanya ke suami, eh ternyata emang udah dari dulu pakai Enduro. Terus pada nanya, mana dong fotonya. Gak adaaaa, kan udah saya bilang, saya tuh baru beberapa waktu belakangan ini ngeh sama per-oli-an. Hahahah. Fotonya nyusul ya, nanti kalau udah beli oli lagi baru kita pepotoan~

Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Andalan Kita Semua

Itu tadi saya sebut Enduro, man teman pada tahu gak ya? Yups, saya jelaskan yaa.. Enduro merupakan produk oli motor yang diproduksi oleh Pertamina Lubricants. Makanya gak heran kalau produk-produk Enduro (oli motor) maupun Fastron (oli mobil) tersedia di pom bensinnya Pertamina. Adapun untuk produk oli motor Enduro sendiri, terdiri dari sejumlah jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan kita, beberapa diantaranya yaitu:

Enduro 4T Sport SAE 5W-30

Biasa disebut Pertamina Enduro 4T Sport merupakan Fully Synthetic Oil PAO Ester Technology yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi serta perlindungan dari keausan yang maksimal. Oli motor ini telah memenuhi persyaratan tingkatan mutu API Service SL dan JASO MA2. Enduro 4T Sport direkomendasikan untuk digunakan pada mesin motor empat langkah dengan sistem kopling basah, terkhusus lagi pada aplikasi balapan.

Enduro 4T Racing SAE 10W-40

Merupakan pelumas motor empat lengkap dengan kekentalan yang ganda. Oli motor jenis ini memiliki kualitas yang tinggi, diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif API SL terpilih. Selain itu, Enduro 4T Racing SAE 10W-40 juga telah lolos uji variable speed friction test dimana hasilnya melebihi high friction reference oil. Dengan demikian dapat dipastikan oli tersebut tidak menyebabkan slip pada kopling saat pemakaian di lapangan.

Enduro 4T SAE 20W-50

Oli jenis sintetik dengan Anti-Slip Kopling ini merupakan pelumas bermutu tinggi yang diformulasikan menggunakan bahan dasar mineral berkualitas tinggi dengan sejumlah aditif pilihan, yang dirancang khusus untuk motor empat langkah. Selain itu juga telah memenuhi tingkatan mutu API SJ dan JASON MA.

Enduro Matic SAE 1OW-30

Oli motor matik yang direkomendasikan untuk digunakan pada merk Yamaha, Honda, Suzuki, dan lainnya. Oli dengan tingkatan mutu JASO MB ini memiliki viskositas (kekentalan) rendah yang dapat mempermudah sirkulasi pelumas dan memberikan fuel economy yang lebih baik.

Harga Oli Motor Pertamina Enduro

Dengan kualitas dan jaminan mutu yang sedemikian bagusnya, lantas timbul pertanyaan. Berapa harga oli motor Pertamina Enduro? Pastinya harga setiap jenis yang dipaparkan di atas berbeda, tapi tenang saja karena harganya terjangkau. Dimana berkisar dari angka Rp36.000,- hingga di bawah 100ribu-an. Semakin hemat lagi ketika ada promo paket pembelian langsung lebih dari satu botol. Saran saya, sering-sering saja pantau Pertamina setempat dan berbagai promo marketplace.

Intinya sih, baik harga oli mobil maupun oli motor yang diproduksi Pertamina itu terjangkau kok. Dan yang terpenting adalah ada harga, ada kualitas. Ya kan?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com