Sembalun 7 Summits, Jelajahi Tujuh Puncak Tertinggi di Kawasan Sembalun

sembalun 7 summits

Sembalun 7 Summits, Jelajahi Tujuh Puncak Tertinggi di Kawasan Sembalun. Sembalun 7 Summits merupakan tujuh puncak tertinggi yang terdiri dari: Gunung Rinjani, Sempana, Lembah, Kondo, Anak Dara, Pergasingan, dan Bao Ritip. Diberi nama Sembalun Seven Summits, karena ketujuh puncak tertinggi tersebut bisa diakses dari Kawasan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Untuk diketahui bahwa Sembalun terletak di kaki Gunung Rinjani dan menjadi pemukiman tertinggi di Pulau Lombok dimana ketinggiannya berada pada 1.200 mdpl. Sembalun adalah nama sebuah kecamatan, yang terdiri enam desa, yakni: Sembalun Bumbung, Sembalun Lawang, Desa Sajang, Bilok Petung, Sembalun, dan Sembalun Timba Gading.

Kawasan Sembalun sering menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan, baik yang berasal dari Pulau Lombok maupun dari daerah lainnya. Terutama bagi mereka yang mencari udara segar pegunungan, hijaunya perbukitan, panorama sawah dan kebun yang berbentuk kotak-kotak. Berakhir pekan di Lembah Sembalun memang hal yang menyenangkan. Meski telah diterpa gempa Lombok di tahun 2018 lalu, kawasan ini pun perlahan mulai bangkit. Memperbaiki segala sesuatunya sehingga siap untuk dikunjungi kembali oleh para wisatawan.

sembalun 7 summits

Sembalun 7 Summits, Jelajahi Tujuh Puncak Tertinggi di Kawasan Sembalun

Apa itu Sembalun 7 Summits? Sembalun 7 Summits merupakan tujuh puncak tertinggi yang bisa diakses dari Kawasan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Nama Sembalun Seven Summits terinspirasi dari konsep penamaan World Seven Summits atau tujuh puncak tertinggi yang berada di tujuh benua di dunia. Selayaknya Seven Summits yang menggambarkan keindahan puncak tertinggi di tujuh benua. Sembalun 7 Summits pun bertujuan untuk mengeksplor dan memberikan pengalaman bertualang di puncak-puncak tertinggi di Kawasan Sembalun. Dimana tentunya, selama ini belum banyak diketahui oleh para petualang maupun masyarakat awam.

sembalun 7 summits

view dari Bukit Anak Dara, salah satu puncak dari Sembalun 7 Summits | sumber: roaetunnabiya.blogspot.com

Mengenal Sembalun Seven Summits

Mengapa dipilih tujuh puncak tertinggi? Seperti yang disebutkan di awal tadi, bahwa nama Sembalun 7 Summits terinspirasi dari tujuh puncak gunung-gunung tertinggi yang berada di tujuh benua di dunia. Namun, tidak hanya itu, Sembalun pun memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan angka 7 (tujuh). Berdasarkan sejarah Sembalun, diketahui bahwa rumah adat di sana, di Desa Beleq, ada 7 jumlahnya. Selanjutnya, tujuh rumah tersebut dihuni oleh 7 kepala keluarga yang merupakan leluhur masyarakat Sembalun.

Tujuh puncak yang tergabung dalam Sembalun 7 Summits berada di bawah dua kawasan, yakni kawasan TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Timur. Adapun yang termasuk di dalam kawasan TNGR, yaitu: Gunung Rinjani, Bukit Gedong/Lembah, dan Bukit Kondo. Sedangkan yang termasuk dalam kawasan KPH Rinjani Timur, yakni: Bukit Pergasingan, Bukit Anak Dara, Bukit Bao Ritip, dan Bukit Sempana.

“Secara geografis dan administratif, semua bukit ini masuk di Sembalun, tapi Bukit Kondo dan Bukit Lembah itu pengelolanya dari Wanasaba, kalau Bao Ritip masuk Kecamatan Sambelia. Tapi semua puncak bisa di akses dari Sembalun”, jelas Abdul Rozak, salah seorang pioneer Sembalun 7 Summits.

sembalun 7 summits

Tujuh Puncak Tertinggi dalam Sembalun Seven Summits

Lantas, puncak mana sajakah yang termasuk di dalam Sembalun Seven Summits? Dan berapakah ketinggian masing-masing puncak? Berapa lama waktu yang ditempuh untuk bisa tiba di destinasi tersebut? Sebelum membahas tujuh puncak tersebut, mari kita ketahui dulu apa sih tujuan dibuatnya Sembalun 7 Summits? Sembalun Seven Summits bertujuan untuk mengenalkan Sembalun sebagai destinasi sport adventure terbaik di Indonesia. Untuk diketahui, bahwa ini merupakan konsep pertama di Indonesia, yang merupakan konsep tantangan wisata petualangan puncak tertinggi pertama dan satu-satunya di Indonesia dalam satu kawasan.

Berikut ini tujuh puncak tertinggi dari Sembalun 7 Summits:

sembalun 7 summits

Gunung Rinjani | sumber: sembalun7summits.com

1. Gunung Rinjani

Dari tujuh titik tertinggi di Kawasan Sembalun, tentu saja posisi pertama ditempati oleh Puncak Gunung Rinjani. Siapa yang tidak kenal Gunung Rinjani? Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini merupakan gunung favorit bagi para pendaki karena terkenal akan panoramanya yang memukau. Secara geografis, Gunung Rinjani terletak antara 116°21’30” – 116°34’15” BT dan 8°18’18” – 8°32’19” LS. Dimana daerahnya bergunung-gunung dengan ketinggian mulai dari 500 hingga 3.726 mdpl, dengan puncaknya yang berada di ketinggian 3.726 mdpl.  Kemiringan lahannya pun bervariasi: datar, bergelombang, berbukit, sampai bergunung.

sembalun 7 summits

Bukit Sempana | sumber: kanaqlomboksasak.blogspot.com

2. Bukit Sempana

Selanjutnya ada Bukit Sempana, sebuah bukit dengan ketinggian 2.329 mdpl yang terletak di Kabupaten Lombok Timur. Perjalanan ke Bukit Sempana dimulai melalui pintu pendakian dari Sembalun, yang bernama Batu Jalik (letaknya di Sembalun Bumbung). Tidak butuh waktu lama untuk tiba di sana, perjalanan trekking dari pintu pendakian hingga puncak Bukit Sempana hanya menghabiskan waktu 3 jam. Tapi kembali lagi, waktu tempuh tiap orang/pendaki tentunya berbeda, bergantung apakah mereka sudah biasa (jadi tidak butuh waktu lama) ataukah mereka jalan santai (sehingga bisa menghabiskan waktu lebih dari 3 jam).

Dari puncak Bukit Sempana, ada banyak panorama dan objek bukit lainnya yang bisa para pendaki lihat. Beberapa diantaranya yaitu: Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan, Dandaun, Nanggi, Anak Dara hingga Padang Savana yang membentang luas.

sembalun 7 summits

Bukit Lembah | sumber: sembalun7summits.com

3. Bukit Lembah

Bukit Lembah merupakan salah satu destinasi pendakian yang jaraknya paling dekat dengan Gunung Rinjani. Puncak Bukit Lembah yang berada di ketinggian 2.200 mdpl ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Jarak dari pintu pendakian hingga puncak Bukit Lembah yaitu sejauh 3,5 km. Dimana dalam waktu normal dapat ditempuh selama sekitar 2 jam. Dalam perjalanan menuju Bukit Lembah, kita akan menjumpai dua jenis panorama.

Sebelum tiba di pos peristirahatan pertama yang bernama “Gerbang Ratu”. Pendaki akan disuguhkan hamparan hutan lebat yang masih asri dan alami. Saat itu pula, kita akan menikmati pemandangan sejumlah bukit, seperti: Puncak Gedong, Pal Jepang, Jaran Kurus, Nanggi, Sempana dan Desa Sembalun. Selanjutnya, setelah melewati Gerbang Ratu, pendaki akan disuguhkan hamparan ilalang yang merupakan pemandangan yang sering dilihat sehari-hari oleh pemburu tempat makan para Rusa atau Kijang.

sembalun 7 summits

Bukit Kondo | sumber: bukitkondo.blogspot.com

4. Bukit Kondo

Selanjutnya, puncak tertinggi di urutan keempat dari Sembalun 7 Summits ini ditempati oleh Bukit Kondo. Seperti halnya Bukit Lembah, Bukit Kondo pun termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Puncak Bukit Kondo berada di ketinggian 1.937 mdpl. Dari puncak Bukit Kondo, para pendaki bisa melihat langsung puncak Gunung Rinjani dan pemandangan indah Padang Savana Propok.

sembalun 7 summits

Bukit Anak Dara | sumber: kanaqlomboksasak.blogspot.com

5. Bukit Anak Dara

Puncak tertinggi berikutnya yakni Bukit Anak Dara. Bukit yang berada di ketinggian 1.923 mdpl ini menghabiskan waktu selama sekitar 3 jam untuk didaki. Untuk memulai pendakian, kita masuk melalui pintu pendakian di jalur wisata Bukit Selong atau rumah adat Desa Beleq, Sembalun Lawang. Jarak dari gerbang/pintu masuk pendakian hingga puncak Bukit Anak Dara adalah sejauh 2,4 km.

sembalun 7 summits

Bukit Pergasingan | sumber: sembalun7summits.com

6. Bukit Pergasingan

Bukit yang terbilang hits di kalangan para pendaki dan termasuk ke dalam Sembalun 7 Summits ini bisa ditebak, apa lagi kalau bukan Bukit Pergasingan. Berada di dalam kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Timur, Bukit Pergasingan dikenal sebagai bukit yang menawarkan keindahan luar biasa saat berada di puncaknya. Dari ketinggian 1.806 mdpl, para pendaki bisa melihat hamparan kotakkotak hamparan sawah maupun kebun di daerah Sembalun. Serta tentu saja, deretan hijaunya perbukitan yang mengelilinginya.

Adapun jarak dari pintu masuk pendakian ke puncak Bukit Pergasingan adalah sejauh 2,78 km. Normalnya, butuh waktu selama sekitar 2 jam untuk sampai ke puncaknya.

sembalun 7 summits

Bukit Bao Ritip | sumber: sembalun7summits.com

7. Bukit Bao Ritip

Destinasi Sembalun 7 Summits yang terakhir yakni Bukit Bao Ritip. Meski termasuk ke dalam Kecamatan Sambelia, pendakian ke puncak Bao Ritip dimulai dari kawasan Sembalun. Dimana lebih tepatnya, pintu pendakiannya berada di Timuran (Sembalun Bumbung), dengan jarak dari gerbang/pintu menuju puncak adalah sejauh 6,21 km. Puncak Bukit Bao Ritip berada di ketinggian 1.500 mdpl. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk tiba di puncaknya yaitu sekitar 4 jam.

sembalun 7 summits

Siapa Saja Pelopor Sembalun 7 Summits?

Dilansir dari situs rinjanigeopark.com, bahwa Sembalun adalah sisa kaldera gunung api purba yang berumur sekitar 0.45 juta tahun lalu. Dikatakan kaldera karena diameter cekungan depresinya lebih dari 1.5 km. Adapun daerah yang saat ini dijadikan pemukiman dan areal persawahan tak lain adalah sebuah lantai kaldera, sedangkan perbukitan yang mengelilinginya merupakan sisa dinding kaldera. Gunung Rinjani yang kita lihat saat ini, merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus di tahun 1257.

Lantas, siapa saja pelopor konsep Sembalun 7 Summits? Mereka yang terlibat sejak awal dalam pengembangan konsep atau ide Sembalun 7 Summits merupakan para pendaki/petualang yang sudah cukup mengenal potensi Kawasan Sembalun. Para pendaki tersebut tentunya memiliki visi yang sama untuk mengembangkan wisata petualangan di Sembalun sebagai yang terbaik di Indonesia, serta dapat dikenal oleh para pendaki dunia.

Bagaimana Cara Menjadi Finisher Sembalun 7 Summits?

Untuk menjadi finisher Sembalun 7 Summits tentunya para pendaki harus tuntas mendaki tujuh puncak tertinggi di kawasan Sembalun tersebut. Buktinya bisa ditunjukkan dengan foto-foto mereka di tiap bukitnya. Adapun informasi terkait Sembalun Seven Summits, bisa diperoleh di situs resmi sembalun7summits.com . Sedangkan untuk setiap perjalanan, bisa satu per satu atau paketan, para pendaki bisa menghubungi operator pendakian yang berada di Kawasan Sembalun. Umumnya, waktu yang dibutuhkan di tiap puncaknya masing-masing adalah selama 2 hari, dengan rute sebagai berikut: Gunung Rinjani, Pergasingan, Anak Dara, Bao Ritip, Sempana, Lembah, dan terakhir yaitu Bukit Kondo.

“Tidak ada ditentukan lamanya pendakian. Dan ini bukan adu cepat, dan program pendakiannya juga kita tidak tentukan mau mulai dari mana, kita akan memberi reward bagi mereka yang telah menyelesaikan 7 puncak dengan menyerahkan bukti berupa foto atau bukti lain yg ditentukan oleh komite”, jelas Abdul Rozak, salah seorang pioneer Sembalun 7 Summits.

Dan tentunya reward paling berharga adalah pengalaman, bukan?

Lalu Erwin Mustiadi “Miq Inyok”, Finisher Pertama Sembalun 7 Summits

Siapa finisher pertama Sembalun 7 Summits? Adalah Lalu Erwin Mustiadi yang akrab disapa Miq Inyok, yang pada 24 Oktober 2020 telah menyelesaikan puncak terakhirnya di Bukit Anak Dara. Pria yang tergabung di dalam Runjani Lombok Based Runners tersebut, memulai pendakian Sembalun 7 Summits pada 29 Agustus 2020 dengan puncak pertamanya di Bukit Kondo. Sejalan dengan yang dikatakan oleh Abdul Rozak (pioneer Sembalun 7 Summits), bahwa tidak ada penentuan pendakian harus dimulai dari puncak yang mana. Untuk waktunya pun kembali lagi pada ketersediaan waktu dan kemampuan yang dimiliki masing-masing pendaki.

Perjalanan Miq Inyok mendaki tujuh puncak tertinggi di Kawasan Sembalun bisa kita lihat di akun instagramnya @erwin_inyok . Sembalun 7 Summits ia selesaikan dengan urutan sebagai berikut:

  1. Bukit Kondo 1.937 mdpl, pada 29 Agustus 2020.
  2. Bukit Anak Dara 1.923 mdpl, pada 5 September 2020.
  3. Gunung Rinjani 3.726 mdpl, pada 2 Oktober 2020.
  4. Bukit Pergasingan 1.806 mdpl, pada 4 Oktober 2020.
  5. Bukit Lembah 2.200 mdpl, pada 17 Oktober 2020.
  6. Bukit Bao Ritip 1.500 mdpl, pada 21 Oktober 2020.
  7. Bukit Sempana 2.329 mdpl, pada 24 Oktober 2020.

“Banyak yang saya korbankan untuk semua ini. Mulai dari waktu, tenaga, pikiran, materi, dan fisik yang prima. Tetapi semua itu terbayar lunas dengan kebanggaan terhadap pencapaian diri sendiri”, ujar Miq Inyok di salah satu postingan instagramnya.

sembalun 7 summits

Euforia Miq Inyok sebagai Finisher Pertama pada Acara Launching Sembalun 7 Summits | sumber: Rifqi @si_pincang

Berhasil menggapai tujuh puncak tertinggi di Kawasan Sembalun, sekaligus menjadi finisher pertama dalam Sembalun 7 Summits tentu menjadi pengalaman berharga bagi Miq Inyok. Pada setiap perjalanannya, tentu selalu pelajaran yang ia dapatkan. Seperti yang dikatakan Sir Martin Conway (1856-1937), sosok yang pernah menjadi Presiden Alpine Club, klub mountaineering pertama di dunia, dari tahun 1902-1904. Menurutnya, “setiap puncak baru yang didaki, agar selalu memberikan sesuatu pelajaran bagi kita”.

Each fresh peak ascended teaches something.

—Sir Martin Conway (1856-1937)

Nah, itu tadi tulisan tentang Sembalun 7 Summits, Jelajahi Tujuh Puncak Tertinggi di Kawasan Sembalun. Tujuh puncak tertinggi di Kawasan Sembalun yang bisa teman-teman eksplor dan nikmati keindahannya. Oh ya, ingat selalu untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak meninggalkan sampah di sana ya.

Bagaimana, tertarik untuk menjelajahi Sembalun Seven Summits? Atau mungkin teman-teman sudah pernah mencapai salah satu dari tujuh puncak tersebut, yang mana saja? Share yuk di kolom komentar.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

44 Comments

  • Mugniar 25 October 2020 at 11:36 pm

    Tantangan besar ya Sembalun 7 Summits ini … menantang sekaligus menggairahkan para pendaki.

    Uniknya ini ya … rumah adat di Desa Beleq, ada 7 jumlahnya. Selanjutnya, tujuh rumah tersebut dihuni oleh 7 kepala keluarga yang merupakan leluhur masyarakat Sembalun.

    Reply
  • Mechta 26 October 2020 at 6:29 am

    Menarik sekali mba… Menjadi finisher Sembalun 7 summits pasti sangat berkesan krn perjalanannya tidak main2.. Ah, andai kubisa juga.. *ngelirik lutut ..hiks.

    Reply
  • Rach Alida 26 October 2020 at 10:08 am

    Weh aku nyerah duluan deh kalau harus punya kemampuan mendaki di tempat seperti itu. Mugkin karna bukan pendaki ya. Salut dengan keberanian para pendaki dan semoga lancar sukses sehat targetnya tercapai

    Reply
  • Jiah Al Jafara 26 October 2020 at 10:43 am

    Udah lama gak muncak. Lihat Sembalun 7 Summits kok penasaran banget! Indah pemandangannya. Namun aku mungkin belum bisa ikutan. Naik gunung sebiji aja capeknya seminggu

    Reply
  • winda - dajourneys.com 26 October 2020 at 1:28 pm

    yang ikut Sembalun 7 Summits ini harus prima ya staminanya, keren deh yang bisa menyelesaikan semuanya, duh dijamin pemandangannya indah2 semua 🙂

    Reply
  • Susie Ncuss 26 October 2020 at 1:32 pm

    Iri bangett sama yang udah menyelesaikan Sembalun 7 Summits di Kabupaten Lombok Timur. Semoga someday aku juga bisa ke sana dan mendaki setidaknya 1 gunung saja.

    Reply
  • Azifah 26 October 2020 at 3:03 pm

    Aku cukup sampe puncak kebon samping rumah mbak.. Itu kayaknya butuh kekuatan super menurunkan BB berkilp kilo apalagi ku yg udh melar ini🤣.. Btw thx sharenya mbak

    Reply
  • gina 26 October 2020 at 3:24 pm

    Belum pernah ke 7 gunung itu…boro-boro treking aja aku ud sesek napas…(aku bukan anak gunung) tapi ngeliat konten pendaki….selalu kepengen,,,,apalah daya

    Reply
  • Shyntako 26 October 2020 at 10:12 pm

    Jalan-jalan ke alam memang selalu worth it ya sama breath taking viewnya tuh, apalagi ada awan-awan gitu, serasa lagi terbang rasanya hihi

    Reply
  • Sri Al Hidayati 26 October 2020 at 11:45 pm

    Luar biasa muncak 7 gunung sekaligus satu persatu. Salut. Banyak yang ia korbankan waktu, pikiran, tenaga, kelelahan semua terbayar ketika misinya semua sudah dituntasin yaaa… pengen banget ikutan juga ke Rinjani. Aamiin ya Allah

    Reply
  • Helena 27 October 2020 at 1:04 am

    Mbaaak itu kok ada paralayang? Jadi Miq Inyok bisa terbang juga dari salah satu puncak gunung tersebut? Aku bukan anak gunung sih tapi tertarik kalau urusan terbang.

    Reply
  • Yuni 27 October 2020 at 7:05 am

    wow menarik sekali mbak…saya selalu takjub dengan kisah para pendaki yang berhasil menaklukkan berbagai puncak ketinggian. Sembalun 7 Summits ini luar biasa…pasti banyak kisah didalamnya…pendaki itu hebat, luar biasa….penuh tantangan.

    Reply
  • nyi Penengah Dewanti 27 October 2020 at 7:52 am

    Luar biasa fisiknya terlatih itu bisa mencapai puncak ketinggian, menakhlukan aral melintang. Takjub luar biasa, selalu suka sama kegigihan mereka.

    Reply
  • Ida Tahmidah 27 October 2020 at 7:57 am

    Wah pengen juga ke sana suatu hari, tapi ga tau masih kuat apa tidak ya, sudah lama engga tracking, terakhir waktu ke NTT tracking di sana..masih kuat…hehe…

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 27 October 2020 at 8:05 am

    Wow bangt, iya ya banyak pengorbanan apalagi puncak yang didaki gak cuma satu. gak kebayang ini keknya gak cocok buat yang masih status karyawan bisa dijulidin pak bos cuti lama hehe.
    Salut buat yang bisa selesai ketujuhnya dalam waktu singkat, eh tapi kan bukan bapalan ya? Justru itu kudu bner2 dinikmati, bukan sekadar pencapaian semata yaaa 😀

    Reply
    • April Hamsa 28 October 2020 at 10:18 am

      Astaga bary nyadar banyak sekaleeeee typonya wkwkwk sorry

      Reply
  • Faridilla Ainun 27 October 2020 at 9:24 am

    Waduh, bukan cuma rinjani tapi ada bukit-bukit yang tergabung dalam sembalun 7 summits yang layak untuk ditaklukan…

    Ini buat para pendaki, petualan, maupun pecinta ultra trail kayaknya menantang banget

    Reply
  • nurulrahma 27 October 2020 at 9:29 am

    Mantaaabbb kaliiii!
    Ya ampyuunn gokil nih manusia2 yg bisa “menaklukkan” puncak gunung, bravo!
    Selalu antusias menyaksikan semangat dan dedikasi mereka!

    Reply
  • Ruli retno 27 October 2020 at 11:42 am

    Bukit sempana itu lucu ya kaya bukit teletubis, entah kapan bisa ke lombok lagi, belum pernah ke wilayah gunung

    Reply
  • Gioveny 27 October 2020 at 11:49 am

    Aku ga kebayang deh kalo harus naik ke taman nasional gunung rinjani ini. Dulu aja ngos ngosan naik ke papandayan hehehe lemah

    Reply
  • Evid 27 October 2020 at 11:50 am

    Unik juga ya penamaan Sembalun 7 Summits ini. Selain mencontoh 7 gunung-gunung tertinggi di dunia, di sembalun terkait dengan budaya setempat. Memang ada baiknya diberi nama seperti ini biar lebih mudah diingat kawasannya. Kalau aku sih tetap ngiler aja lihat orang mendaki, entah dimanapun, karena rasanya belum mampu 🙂

    Reply
  • Kartika Nugmalia 27 October 2020 at 12:16 pm

    Masha Allah. Salah satu yang membuat hidup menjadi lengkap, menurut saya adalah terhubung kembali dengan alam. Hal ini pasti bikin kita lebih mendalami arti hidup dan mensyukuri lebih banyak nikmat kehidupan.

    Reply
    • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 28 October 2020 at 10:19 am

      Iyaaa bener sekali. AKu jg kangen trekking2 gtu (kalau mendaki aku ngos2an huhu)
      Berada di alam biasanya bikin kita sadar utk selalu menjaganya ya, krn kalau rusak bakalan sayang sekali

      Reply
  • Uniek Kaswarganti 27 October 2020 at 1:09 pm

    Aku naik gunung baru di Jawa aja nih mba, teman-temanku pada banyak yang udah ke Rinjani. Huhuuu entah kapan ya bisa naik gunung lagi.

    Reply
  • Naqiyyah Syam 27 October 2020 at 1:13 pm

    sukses selalu ya buat Sembalun 7 Summits mantap banget naik gunung, aku udah ngos-ngosan ini jalan jauh hahah… bismillah mau banyak jalan kaki lagi.

    Reply
  • Alfa Kurnia 27 October 2020 at 5:17 pm

    MasyaAllah keren banget bisa menyelesaikan pendakian Seven Summits dalam waktu 2 bulan gitu. Daebak, Mas Erwin.

    Reply
  • Hidayah Sulistyowati 27 October 2020 at 5:39 pm

    Masya Allah bisa menyelesaikan pendakian dalam waktu 2 bulan itu keren banget. Dan alamnya cantik banget yaa, juwaraak pemandangan Rinjani dan puncak gunung yang ada di sekitarnya. Aku ke Lombok cuma di kawasan lautnya aja senang banget. Langitnya biruuu.

    Reply
  • ainudin 27 October 2020 at 5:45 pm

    dg adanya program sembalun seven summit ini, sy tertantang & semakin bergairah utk melakukan pendakian, terutama ke puncak bukit yg sblmnya sy kurang minat, smp saat ini br 2 summit yg sy daki bersama si sulung yg umur 13 th, yaitu rinjani & kondo, mudah2an bs sekesai d th 2020 ini ….
    mohon maaf, apa reward yg diberikan oleh penyelenggara bg yg bs menyelesaikannya …

    Reply
  • Cindy 27 October 2020 at 5:52 pm

    Keren bgt nih Sembalun 7 summits. Aku baru tahu ada kayak gini.
    Temenku banyak pelari yg akhirnya beberapa sambil mendaki jg. Tp kayaknya belum ada yg ikut gini

    Reply
  • HM Zwan 27 October 2020 at 6:34 pm

    Masya Allah, luar biasa bisa mendaki 7 punyak tertinggi Sembalun. Pastinya bangga sekali hisa menaklukkan 7 puncak gunung. Keren banget

    Reply
  • Dedew 27 October 2020 at 7:45 pm

    Wow, tantangan banget ya menaiki tujuh puncak gunung, perjuangan meraihnya tidak mudah tapi ada perasaan lega dan puas sudah berhasil mencapai keindahan ini..

    Reply
  • Rosanna Simanjuntak 27 October 2020 at 7:45 pm

    Baru pernah mendaki Anak Krakatau di Lampung 🙂
    Seru euy!

    Btw,
    Aku percaya pasti banyak persiapan yang kudu disiapkan agar bisa menaklukkan Sembalun 7 Summits!

    Salut sama pendaki!

    Reply
  • indah nuria 27 October 2020 at 10:16 pm

    pemandangan gunung di atas sana memang luar biasaaa ya mba.. suka melihatnya dengan segala awan dan kabutnya yang memikat

    Reply
  • Dian Restu Agustina 27 October 2020 at 11:58 pm

    Aku seperti de javu baca ini Mbak Andy
    Jadi ceritanya, libur panjang Maulid Nabi ini suamiku mau naik ke Rinjani. Bareng sama teman-teman kuliahnya dulu di UI .
    Tahun lalu (Oktober juga) mereka naik Gunung Sindoro di Jawa Tengah.
    Tahun ini maunya Rinjani (saja) dengan perhitungan nambah 2 hari cuti, jadi sekitar seminggu termasuk perjalanan dari Jakarta.
    Oh ya karena semua pekerja profesional, jadi mereka terbiasa pakai operator yang ngurus semuanya. Jadi tinggal sampai TKP terus naik deh.
    Sayangnya pandemi membuyarkan rencananya…Semoga lain kali
    Cantik sekali ya Sembalun 7 Summits ini. Pasti bangga bisa menaklukkan semua seperti Lalu Erwin itu

    Reply
  • Lidya 28 October 2020 at 6:47 am

    Sembalum jadi pemukiman tertinggi di Pulau Lombok udaranya dingin ya mbak di sana?
    Kalau aku ke sana di temani ke Rinjani ya 🙂
    Aku baca jarak tempuh paling singkat itu ke Bukit Pergasingan ya kuat lah ya kalau segitu aku

    Reply
  • Andiyani Achmad 28 October 2020 at 11:36 am

    wow keren sekali Sembalun 7 Summits, luarbiasa cantik pemandangan di sana dan sejuk banget pasti ya udaranya

    Reply
  • Anggraeni Septi 28 October 2020 at 1:20 pm

    aduh sepertinya seru kalo liat potonya, penuh tantangan gt, tapi kalo mendaki sendiri rasanya deg degan sama lutut hehe. Aku baru tahu indahnya Sembalun 7 Summits dari tulisan mba Andy, luar biasanya ternyata.

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani 28 October 2020 at 1:38 pm

    Waah…jadi kangen ngedaki gunung. Kayaknya seru bisa mencapai ketujuh puncaknya. Saya yakin, effortnya pasti luar biasa.
    Salut untuk Miq Inyok yang bisa menaklukkan Sembalun 7 Summits.

    Reply
  • Nurul Dwi Larasati 28 October 2020 at 6:16 pm

    Selalu antusias aku kalau bahas soal alam dan pegunungan. Apalagi ngebahas gunung Rinjani yang memang bikin penasaran buat didaki. Semoga ada waktu dan rezeki bisa tembus 7 Summits Sembalun ini.

    Reply
  • Lina W. Sasmita 28 October 2020 at 10:38 pm

    Sembalun ini desa yang indaaaaah banget. Sampai sekarang bahkan saya masih ingat detail kawasan ini. Dulu pernah sekali ke Rinjani dan mungkin suatu waktu nanti mau ajak keluarga kembali ke sana.

    Reply
  • Siti Hairul 28 October 2020 at 10:52 pm

    Ya ampun kangen banget sama Lombok. Tadinya suamiku ada jadwal lagi ke Lombok tahun ini tapi dicancel karena pandemi

    Reply
  • diane 28 October 2020 at 11:44 pm

    Rinjani belum.sempat aku samperin nih…udah keburu ada buntut ..haha.. Kalo berminatnya sih pengen banget..tapi inget butuh persiapan fisik yang serius…

    Reply
  • lendyagasshi 29 October 2020 at 12:57 am

    Tantangan banget niih…menaklukkan Sembalun 7 Summits.
    Bagi pecinta alam, pasti merasa wajib ke Sembalun 7 Summits.

    Reply
  • artha 30 October 2020 at 9:33 am

    waaah saya baru tahu soal ini. sebelumnya cm ngeh soal puncak rinjani, ternyata masih ada 6 titik tertinggi lainnya loha. bagi anak gunung rasanya wajib taklukan semuanya

    Reply

Leave a Comment