Pipa SNI Rucika Exoplas dan 7 Keunggulannya

pipa sni rucika exoplas

Pipa SNI Rucika Exoplas dan 7 Keunggulannya. Sedang membangun sistem perpipaan untuk aplikasi air bersih bertekanan? Pipa SNI Rucika Exoplas dengan karakter istimewa adalah solusinya. Seperti yang kita ketahui bahwa air bersih merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Setiap harinya, kita butuh air bersih untuk dikonsumsi, mandi, maupun untuk urusan cuci mencuci. Ada banyak masalah yang bisa timbul, jika suatu daerah kekurangan atau bahkan tidak mendapatkan sama sekali pasokan air bersih. Entah itu masalah dehidrasi, hingga sejumlah penyakit yang berkaitan dengan kurangnya kebersihan (umumnya penyakit kulit). Aspek penting dalam mendistribusikan atau mengalirkan air ke tempat tujuan agar bisa dimanfaatkan oleh manusia yaitu sistem perpipaan. Sistem perpipaan yang baik, tentunya akan menjamin kualitas dan keamanan air bersih yang baik pula yang diterima oleh konsumen. Ketika sistem perpipaan berfungsi dengan benar, maka tidak ada lagi masalah dalam sistem penyaluran air bersih tersebut.

Saya harus banyakbanyak bersyukur karena tinggal di daerah yang lancar air bersihnya. Teringat pada beberapa kali kesempatan, saat saya ke daerah Lembah Sembalun (kaki Gunung Rinjani), terutama di Desa Sajang, betapa air bersih menjadi sesuatu yang langka di sana. Terlebih lagi ketika berkali-kali terjadi gempa di tahun 2018 lalu, sudahlah air bersih di sana memang sulit, ditambah lagi bencana gempa yang mengakibatkan sistem perpipaan banyak yang putus. Saat terakhir kali ke sana, saya berkalikali merasa diingatkan untuk terus bersyukur. Alhamdulillah di rumah bisa mandi 2 kali sehari, bisa minum air bersih sesuka hati, cuci mencuci tanpa khawatir kekurangan air. Itulah mengapa sedih rasanya kalau sampai terlupa mematikan kran air, yang menyebabkan air membludak tumpah dari baknya. Hiks.

Pentingnya Pipa SNI untuk Sistem Perpipaan yang Baik

Untuk kemudahan dan kelancaran penyaluran air ke tempat tujuan, maka dibutuhkan sistem perpipaan yang baik. Sistem perpipaan yang baik, dibangun oleh penggunaan pipa-pipa yang berkualitas dan tentunya memiliki standar yang baik pula. Kita mengenal yang salah satu standar yang digunakan di Indonesia, yakni Standar Nasional Indonesia atau disingkat: SNI. Sesuai namanya, SNI adalah suatu standar yang berlaku secara nasional di Indonesia, yang disusun serta dirumuskan oleh mereka yang tergabung sebagai Panitia Teknis. Untuk kemudian ditetapkan oleh BSN atau Badan Standardisasi Nasional. Singkatnya, jika suatu produk (dalam hal ini pipa) telah berstandar SNI, maka kualitas, keandalan, dan keamanan produk tersebut bagi konsumen, sudah terjamin.

Lantas, apa itu Pipa SNI Rucika Exoplas? Apakah produk tersebut bisa diandalkan untuk membangun sistem perpipaan yang baik?

Mengenal Pipa SNI Rucika Exoplas

Rucika merupakan merk pipa yang berada di bawah naungan PT. Wahana Duta Jaya Rucika, sebuah perusahaan pipa yang berdiri sejak tahun 1973. Perusahaan ini dikenal sebagai produsen pipa PVC terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas produksi yang telah tersebar di berbagai wilayah nusantara. Berbekal pengalaman dalam industri perpipaan selama lebih dari 40 tahun tersebut, menjadikan PT. Wahana Duta Jaya Rucika telah menghasilkan banyak produk unggulan untuk kebutuhan perpipaan. Salah satunya yaitu Pipa SNI Rucika Exoplas.

Rucika Exoplas adalah sistem perpipaan yang menggunakan pipa berstandar SNI yang dipercaya untuk penggunaan/aplikasi air bersih bertekanan karena dikenal istimewa dan memiliki sejumlah keunggulan. Setidaknya, ada 7 keunggulan yang dimiliki Pipa SNI Rucika Exoplas. Apa saja?

pipa sni rucika exoplas

Pipa SNI Rucika Exoplas dan 7 Keunggulannya

Dalam membangun sistem perpipaan untuk keperluan aplikasi air bersih, penting bagi kita memilih Pipa SNI yang baik dan memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan merk pipa lainnya. Sehingga, kita tidak hanya membangun sistem perpipaan yang berkualitas, tetapi juga unggul sehingga dipastikan akan berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama.

1. Istimewa karena Terbuat dari Bahan yang Berkualitas Baik

Pipa SNI Rucika Exoplas merupakan sistem perpipaan untuk aplikasi air bersih bertekanan dengan karakter yang istimewa karena terbuat dari yang berkualitas baik. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat Pipa SNI Rucika Exoplas yaitu uPVC atau unplastized Polyvinyl Chloride. Bahan uPVC dikenal sebagai bahan berkualitas baik, namun tidak perlu diberikan perawatan secara khusus.

2. Metode Pembuatan Terbaik untuk Kualitas Performa Pipa yang Baik pula

Mengapa metode pembuatan pipa sangat penting? Karena dari sanalah dihasilkan pipa yang juga memiliki kualitas performa yang baik. Rucika Exoplas diproduksi dengan menggunakan metode pembuatan yang berorientasi Bi-axial (stretching) yang bertujuan untuk meningkatkan performa pipa termoplastik. Ya, metode tersebut menjadikan pembuatan pipa dan design Super Socket Rucika Exoplas menjadi berbeda dengan PVC biasa, tujuannya agar dapat menghindari kesalahan dalam memasang Ring Karet pada socket pipanya. Selain itu, peningkatan karakter fisik pipa juga ditujukan untuk membuat pipa exoplas memiliki performa yang tinggi, meningkatkan kemampuan impak, daktilitas, serta pengurangan berat pipa dibanding pipa PVC biasa.

3.Β  Unggul dari Segi Design Stress

Lantas bagaimana design stress dari Pipa SNI Rucika Exoplas ini? Rucika Exoplas memiliki design stress sampai dengan 28 MPa atau 2x lipat lebih besar dari pipa uPVC, angkat tersebut bertujuan untuk membuat ketahanan pressure meningkat dengan perbandingan ketebalan pipa yang sama dengan pipa uPVC.

4. Dibuat oleh Perusaan yang Berpengalaman pada Pengembangan Biax

Rucika Exoplas diproduksi oleh PT. Wahana Duta Jaya Rucika yang dikenal berpengalaman untuk urusan metode pembuatan yang berorientasi Bi-axial atau Biax. Setidaknya, sudah lebih dari 13 tahun perusahaan tersebut melakukan pengembangan Biax dengan cara mengkombinasikan proses produksi secara radial dan longitudinal yang bertujuan untuk membuat pipa Exoplas meningkat kemampuannya secara keseluruhan.

5. Tidak Menggunakan Bahan Berbahaya

Satu hal penting dalam memilih pipa untuk sistem perpipaan adalah jangan sampai menggunakan bahan berbahaya. Tidak perlu khawatir, karena Rucika Exoplas tidak menggunakan bahan berbahaya seperti material cadmium maupun mercury dalam campuran zat aditifnya yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

6. Diproduksi oleh Perusahaan yang Berpengalaman Lebih Dari 40 tahun dalam Sistem Perpipaan

Kalau pada poin sebelumnya disebutkan bahwa perusahaan tempat Rucika Exoplas diproduksi yaitu PT. Wahana Duta Jaya Rucika sudah lebih dari 13 tahun melakukan pengembangan Biax, maka jangan heran untuk pengalamannya dalam industri perpipaan. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan tersebut sudah berpengalaman menghasilkan produk-produk unggulan selama lebih dari 40 tahun. Waktu yang sangat lama yang cukup menunjukkan sebuah profesionalisme, bukan?

7. Telah Lolos Standar Nasional Indonesia (SNI)

Tentu saja ini adalah hal penting dan telah mengcover keunggulan lainnya. Rucika Exoplas telah lolos Standar Nasional Indonesia atau memiliki label SNI. Sebuah standar produk yang diakui di negara Indonesia. Produk dengan label SNI, telah terjamin kualitas, keandalan, serta keamanannya.

Adapun informasi selengkapnya terkait Rucika Exoplas maupun produk pipa Rucika lainnya bisa diakses di website Rucika www.rucika.co.id

Nah, itu tadi pembahasan mengenai Pipa SNI Rucika Exoplas dan 7 Keunggulannya. Pipa, satu objek penting dalam sistem perpipaan. Aspek krusial dalam membangun saluran agar air bersih dapat mengalir ke tujuan, ke tempat kita semua berada. Sehingga dapat dimanfaatkan atau diolah oleh manusia menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Jadi.. yuk banyakbanyak bersyukur karena kita diberikan kemudahan untuk memperoleh air bersih. Bijaklah menggunakan air πŸ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

50 Comments

  • Santi suhermina 22 October 2020 at 11:03 am

    Jujur aku gak ngerti urusan pipa. Biasanya sih klo ada urusan kek gini tinggal panggil pak su atau tukang. Tapi artikelnya bisa nih aku tunjukin ke pak su buat rekomendasi

    Reply
  • nurulrahma 22 October 2020 at 11:11 am

    Pipa dgn standar SNI pastinya terbaik ya Mba
    Apalagi brand RUCIKA ini udah malang melintang di kancah perpipaan.
    Super recommended yha

    Reply
  • Ana Ike 22 October 2020 at 12:37 pm

    Ya ampun, itu di kaki gunung Rinjani bisa sampai kekurangan air, mbak? Padahal harusnya air berlimpah ya. Aku aslinya kaki gunung juga tapi Alhamdulillah, air lancar banget.
    Kalau pakai pipa air rucika, moga-moga segala masalah air bisa diatasi tu. Nggak ada lagi daerah kekurangan air. Apalagi rucika terkenal awet dan kuat produknya

    Reply
  • Andrew Pradana 22 October 2020 at 3:16 pm

    Kalau udah urusan saluran air mending milih pipa yang ber SNI. Karena kita menggunakannya jangka panjang. Rucika juga bukan brand baru, sudah lama melintang di dunia perpipaan Indonesia. Mulai dari bahan, kualitas, istimewa dan banyak hal positif lainnya dari pipa ini. Mantap ! Saya juga menggunakannya mba. Cuma yang Exoplas ini tergolong baru sepertinya

    Reply
  • Lina sophy 22 October 2020 at 3:57 pm

    Saya nggak paham blas urusan perpipaan nih mbak,tapi baca artikel ini nggak ada ruginya. Jadi tahukan ternyata pipa juga ada SNInya

    Reply
  • Lisdha 22 October 2020 at 4:18 pm

    saya jelas nggak ngerti urusan perpipaan. tapi kalo ngomongin merk pipa saya emang terkaitnya langsung ke brand rucika. Soalnya dulu sering lihat iklannya di tv hehehe

    Reply
  • Reyne Raea 22 October 2020 at 4:57 pm

    Memilih pipa yang berkualitas tinggi seperti pipa SNI Rucika ini memang pas banget ya.
    Biar lebih awet dan kuat serta sehat juga.

    Nggak kayak beberapa pipa di tempat saya bocor dan pecah dong huhuhuhu

    Reply
    • Reyne Raea 22 October 2020 at 6:19 pm

      Dan yang paling penting juga tidak mengandung bahan berbahaya, apalagi kalau digunakan buat air konsumsi keseharian ya, seperti buat masak dan lainnya, pokoknya mending pakai Rucika deh πŸ™‚

      Reply
  • Mugniar 22 October 2020 at 6:00 pm

    Dengan lolosnya Rucika dalam Standard Nasional Indonesia (SNI) terbukti memang bahwa Rucika benar-benar mempentingkan kualitas. Jaminan mutu iniih.

    Reply
  • Lidya 22 October 2020 at 6:19 pm

    cek pipa air di rumah mereknya juga sama Rucika nih, dimana air mengalir sampai jauh, masih inget kan sama iklan pipa yang ini. Aku tau sih proses penyambungan pipa tapi praktiknya belum pernah

    Reply
  • Vivi 22 October 2020 at 6:23 pm

    Pengetahuan baru nih.
    Walau tak paham betul, tapi mendengar pembicaraan antara tukang dan suami pas renov rumah ortu, pipa ini terdengar penting. Jadi harus diperhatikan kualitas pipanya.

    Reply
  • Dian Restu Agustina 22 October 2020 at 6:56 pm

    Iya ya..sistem perpipaan yang baik, akan menjamin kualitas dan keamanan air bersih yang baik pula.
    Dan ketika sistem perpipaan berfungsi dengan benar, maka tidak ada lagi masalah dalam sistem penyaluran air bersih ini…Beneran Pipa SNI Ruci Exoplas bermanfaat dalam kehidupan kita

    Reply
  • Nurul Sufitri 22 October 2020 at 11:31 pm

    Pipa berkualitas Rucika yang memiliki SNI ini tentu menjadi pilihan utama. Apalagi kan dipakai untuk jangka panjang. Hati tenang kalau pipa yg digunakan bagus, fungsinya sesuai dan ga mudah rusak deh.

    Reply
  • Nurhilmiyah 23 October 2020 at 1:36 am

    Keren deh pipa Rucika ya, udah SNI lagi jadi gak perlu ragu kl urusan pipa pasti milihnya pipa Rucika ya Mbak

    Reply
  • Maria Soemitro 23 October 2020 at 3:11 am

    iya juga ya, apa yang terjadi jika pipa air terbuat dari campuran bahan berbahaya?
    Pastinya bakal berdampak jangka panjang pada kesehatan penggunanya

    Reply
  • Annie Nugraha 23 October 2020 at 9:29 am

    Pipa berstandard SNI dan ditangani oleh sebuah organisasi yang sudah berdiri sejak 1973 itu pastinya luar biasa. Dijamin kualitasnya dan ditangani oleh mereka yang sudah ahlinya. Satu paket yang klop untuk dijadikan referensi bagi dunia per-pipa-an pastinya.

    Reply
  • Devi 23 October 2020 at 9:39 am

    Pipa rucika memang kuat dan tahan lama. Nggak heran sudah bertahun-tahun dipercaya sebagai pipa air di berbagai bangunan. Kita nggak perlu khawatir lagi untuk penyaluran air bersih karena pipanya sudah berstandar SNI.

    Reply
  • Ririn Wandes Melalak Cantik 23 October 2020 at 9:53 am

    Mencari pipa air ini memang enggak bisa sembarangan aja ya mbak,harus ekstra juga melihat bahan-bahan yang digunakan. Apalagi jika sudah memiliki label Standar Nasional Indonesia pasti sudah lebih terpercaya gitu. Bisa jadi referensi nih saat memilih pipa air ke depannya. Saya sendiri sebenarnya uda sering juga dengar nama Rucika ini di beberapa media.

    Reply
  • Fenni Bungsu 23 October 2020 at 9:59 am

    Kalau mau pipa yang berkualitas dan terjamin, tentunya dicari yang sudah ada standar nasionalnya seperti Pipa SNI Rucika Exoplas ini. Jadi lebih awet digunakan.

    Reply
  • Shovya 23 October 2020 at 10:47 am

    Rucika ini memang sudah terkenal dan terpercaya dari dulu untuk masalah per pipaan, di rumah ini juga pakai dan sudah bertahun-tahun bertahan ga ada masalah kebocoran atau apapun, memang bahannya kuat, jadi ga mudah rusak

    Reply
  • Aisyah Dian 23 October 2020 at 10:49 am

    Di rumah dulu juga perasaan pakai Pipa SNI Ruci Exoplas kak, dan memang bermanfaat dalam kehidupan kita ya. Kebayang kan kalau bahan pipanya itu terbuat dari hal-hal yang berbahaya pasti bertahun-tahun kita akan timbul penyakit yang tak diinginkan ya Kak

    Reply
  • Nurhilmiyah 23 October 2020 at 11:24 am

    Pipa Rucika sudah ada sejak 1973 yaa pastinya usia yang cukup senior untuk eksis di bidang pembuatan pipa yang berkualitas ya

    Reply
  • Susindra 23 October 2020 at 11:27 am

    Label SNI sangat menjual karena menawarkan kepercayaan pada konsumen. Informasi yang bermanfaat, Mbak, kebetulan pengen bikin instalasi hidroponik.

    Reply
  • Dian Restu Agustina 23 October 2020 at 12:18 pm

    Iya juga ya, untuk kemudahan dan kelancaran penyaluran air ke tempat tujuan, maka dibutuhkan sistem perpipaan yang baikyang dibangun oleh penggunaan pipa-pipa yang berkualitas dan tentunya memiliki standar yang baik pula. Seperti Pipa SNI Rucika Exoplas ini

    Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas 23 October 2020 at 1:45 pm

    Pipa Rucika mah gak usah diragukan sudah pasti bagus kualitasnya karena tanpa kita sadari setiap rumah banyak menggunakan Rucika. Kebetulan dulu Rucika ini klienku waktu kerja di media cetak.

    Reply
  • Faridilla Ainun 23 October 2020 at 8:14 pm

    Kalau sudah ada SNI jadi lebih yakin dengan kualitas produk, termasuk Pipa Rucika ini…Apalagi ada penjelasan keunggulan produknya apa…Jadi yakin untuk memilihnya

    Reply
  • RACHMANITA 24 October 2020 at 12:33 am

    Aku pernah denger ini sebelumnya pipa rucika ini Kayaknya waktu itu pernah denger di tv juga dan ternyata bagus ya dia

    Reply
  • Inova Melisa 24 October 2020 at 12:36 am

    Dari dulu PT. Wahana Duta Jaya Rucika sudah gak diragukan lagi kualitas barang produksinya, walau sedikit lebih mahal tapi awet dan gak bikin repot di belakang hehehe..

    Reply
  • Mugniar 24 October 2020 at 12:47 am

    Perlu diperhatikan memang sih ya … bahan pipa air jangan sampai ada yang termasuk bahan berbahaya.

    Reply
  • Linda Puspita 24 October 2020 at 6:25 am

    Memang Pipa yang berSNI seharusnya yang digunakan. Demi kesehatan ya kak. dan Pipa Rucika memang recomended.

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 24 October 2020 at 11:39 am

    Selama ini ku gak pernah merhatiin pipa berstandar SNH, tapi kalau dipikir2 iya juga sih, kudu ada standart oke.
    Apalagi pipa buat menyalurkan air kudu dibuat dari bahan yang aman supaya enggak mengkontaminasi aliran airnya ya mbak, khususnya yang kita konsumsi sehari2.

    Reply
  • Rach Alida 24 October 2020 at 1:06 pm

    Kalau sudah lulus SNI, produknya sudah terpercaya bagus. Aku infoin ke suami karena pas lagi butuh info ini

    Reply
  • lendyagasshi 24 October 2020 at 2:56 pm

    Pipa dengan label SNI tentu lebih baik digunakan karena sudah pasti aman, karena melewati berbagai macam uji kualitas produk.
    Pilih pipa SNI Rucika, terbaik.

    Reply
  • HM Zwan 24 October 2020 at 6:12 pm

    Wajib banget kalo beli pipa harus yang sudah berSNI. Seperti pipa SNI Rucika. Selain menggunakan bahan yang tidak berbahaya juga dibuat oleh perusahaan yang kompeten

    Reply
  • Dedew 24 October 2020 at 8:25 pm

    Rucika jaminan mutu ya, ternyata sudah ber SNI jadi kualitas terjamin…

    Reply
  • Dedew 24 October 2020 at 8:26 pm

    Rucika jaminan mutu ya, ternyata sudah ber SNI jadi kualitas terjamin…gawat kalau pipa mudah rusak gimana bongkarnya…

    Reply
  • Alfa Kurnia 24 October 2020 at 8:53 pm

    Lumayan sering denger pipa brand Rucika ini dari iklan. Ternyata sebagus itu ya, sudah ada SNInya juga jadi pasti berkualitas.

    Reply
  • Susanto Madani 24 October 2020 at 10:54 pm

    Pipa yang sering ditawarkan kalau datang ke toko bangungan. terkenal banget ini pipa dengan segala kelebihannya. mkasih infonya mbak..

    Reply
  • ira duniabiza 25 October 2020 at 12:08 am

    Dengan produk berkualitas seperti ini tentu akan semakin mendukung perkembangan konstruksi tanah air.. Bagus dan tahan pastinya kalau sudah lulus SNI juga

    Reply
  • Ade UFi 25 October 2020 at 4:08 am

    Saya kalau inget Rucika nih inget sama iklannya yang bengawan solo. Air mengalir sampai jaaauuuh.. xixixi.. btw, bukan cuma makanan saja ya yang perlu diperhatikan bahannya aman, pipa pun juga.

    Reply
  • Damar Aisyah 25 October 2020 at 7:35 am

    Pantes suamiku paling rewel kalau pilih-pilih pipa, ternyata memang kualitas pipa mempengaruhi kualitas air juga ya. Emang ada harga ada rupa.Kalau Rucika ini setauku emang merk lama ya. Gak heran kalau kualitasnya udah terpercaya.

    Reply
  • Shisca Elliza 25 October 2020 at 8:01 am

    Saya memang ibu rumahtangga. Tapi untuk amannya urusan saluran air mending milih pipa yang ber SNI. Kalo kita pake brand yang belum jelas dan tidak ber- SNI kuatir bolak balik renovasi karena rusak. Rucika juga terkenal sekali di per-pipa-an
    Jadi Rucika bukan brand baru, yang bahan, kualitas, istimewa dan banyak hal positif lainnya dari pipa ini.
    Bravo Rucika.
    Congrats sudah ada produk exoplas nya

    Reply
  • Dyah ummu AuRa 26 October 2020 at 10:04 am

    Aku baru renovasi rumah dan bangun dapur, nah untuk pipa kami pake rucika mbak. Emang sih rada mahal tapi pas saya cek emang lebih tebal dan berkualitas dibandingkan merk lain.

    Reply
  • Bayu Fitri 26 October 2020 at 11:10 am

    Segala produk yang sdh terstandarisasi SNI bagus dan awet ya kak apalagi produk pipa yang kegunaannya urgent untuk lintasan air dan pembuangan . Kalau pemakaian pipa di rumah tangga wajib nih pake pipa SNI biar ga bobok tembok karena sering bocor hehehe

    Reply
  • hallowulandari 26 October 2020 at 4:19 pm

    segala macam material bangunan emang harus pilih yang kualitasnya bagus yaa, termasuk pipa, biar bangunan pun tetep kokoh, awet dan ga mudah bermasalah di kemudian hari

    Reply
  • ranirtyas86 27 October 2020 at 7:07 am

    Suamiku kan kerja di toko bangunan Mbak , itu kebetulan pipa rucika juga banyak yang nyari Soalnya terkenal awet dan kuat.

    Reply
  • Meykke Santoso 27 October 2020 at 7:12 pm

    Pipa Rucika ini emang udah terkenal dan terjamin kualitasnya ya Mba. Jadi nggak perlu cari cari referensi lain lagi.

    Reply
  • novaviolita 28 October 2020 at 3:36 pm

    Aku taunya paralon aja. ternyata ada merk2 khusus dan berkualitas seperti Rucika dan ber SNI pula. Nah gak cuma buat di gunung ya..bagus juga dipake kalau dirumah..biar tahan lama dan gak gampang bocor

    Reply
  • Erin 28 October 2020 at 11:40 pm

    Memilih pipa untuk saluran air sangat penting, karena jika pipa mengandung bahan berbahaya malah aka berbahay untuk kita. Pipa Rucika ini bisa jadi pilihan, apalagi sudah standar SNI.

    Reply
  • Ilham Sadli 30 October 2020 at 7:07 pm

    ngomong-ngomong soal Pipa, dan Rucika ini salah satu produk yang sampai sekarang iklannya masih terngiang-ngiang lho. Mengalir sampai jauh

    Reply

Leave a Comment