Teman Kreasi Indonesia, untuk Komunitas Kreatif yang Lebih Baik

teman kreasi indonesia

Teman Kreasi Indonesia, untuk Komunitas Kreatif yang Lebih Baik. Teman Kreasi Indonesia merupakan program baru yang diluncurkan oleh Smartfren. Tidak lain sebagai bentuk kuatnya dukungan terhadap produsen, wirausahawan, serta kreator lokal. Tujuan dari program tersebut adalah sebagai sarana pemberdayaan berkelanjutan (sustainable) yang berbasis pada pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Tahu sendiri kan teman-teman, masa pandemi seperti sekarang, segalanya serba tidak pasti. Kita semua dituntut untuk berpikir kreatif, berpikir dan terus berusaha supaya tetap bertahan menghadapi pandemi dan segala persoalannya ini. Ya, sudah saatnya pula untuk kita semua bekerja dan bergerak bersama, serta saling mendukung.

Harapannya apa? Agar dari pemikiran kreatif dan gerakan bersama itu semakin banyak para wirausahawan maupun kreator lokal yang lahir di Indonesia. Sehingga dapat terwujud yang namanya ketahanan ekonomi masyarakat. Banyak produk bisa lahir dari tangan-tangan wirausahawan di negeri sendiri. Pasti bangga dong kalau kita membeli dan menggunakan produk buatan Indonesia? Terlebih lagi kalau kualitasnya gak kalah sama kualitas produk negara lain yang biasa kita gunakan, ya kan?

Teman Kreasi Indonesia, untuk Komunitas Kreatif yang Lebih Baik

Kamis (25/3) lalu, Smartfren meluncurkan sebuah program bernama Teman Kreasi Indonesia. Program baru untuk komunitas kreatif yang lebih baik, dengan komitmen mendukung produk 100% lokal Indonesia. Lantas, bagaimana sih program ini berjalan, dan apa peran serta dari Smartfren selaku penggagas program? Singkatnya, Teman Kreasi Indonesia atau #TemanKreasi menjalankan prinsip kokreasi yang saling mendukung. Dalam hal ini, Smartfren hadir memberikan dukungan modal bagi para peserta program. Baik berupa koneksi internet 4G LTE Advance, serta jaringan potensi pasar yang berasal dari Smartfren Community.

teman kreasi indonesia

Ide dan produk yang lahir saja tidak cukup. Itulah mengapa prinsip kokreasi sangat penting dalam program Teman Kreasi Indonesia. Sebab pada hakikatnya, manusia pun adalah makhluk sosial, yang membutuhkan bantuan dari orang lain. Pekerjaan akan lebih mudah, jika dikerjakan secara bersama-sama. Sering mendengar kalimat itu juga kan? Prinsip ini bisa kita lihat jelas dari logo Teman Kreasi Indonesia. Bentuknya yang berupa anyaman, menggambarkan bahwa kebersamaan dan saling dukung itu adalah hal yang penting. Kita kan semakin kuat, ketika kita melakukan segala sesuatu secara bersama-sama. Dalam hal ini, jika Smartfren, WOWLabs, dan Smartfren Community tidak mampu bersinergi dengan baik, maka tidak akan lahir yang namanya: Teman Kreasi Indonesia.

Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra, pada peluncuran Teman Kreasi Indonesia mengatakan, “Kehadiran Teman Kreasi Indonesia adalah bukti bahwa sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik”. Lebih lanjut, Roberto yakin bahwa Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital. Apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100% 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial.

teman kreasi indonesia

Belajar Pentingnya Kokreasi, dari Teman Kreasi Indonesia

Kokreasi menjadi prinsip dari program Teman Kreasi Indonesia yang diluncurkan Smartfren beberapa hari yang lalu. Smartfren menunjukkan betapa prinsip tersebut sangat penting dan menjadi bekal lahirnya wirausahawan dan kreator lokal hingga kini. Tidak tanggung-tanggung, tercatat sudah ada 90.000 anggota Smartfren Community yang tersebar di 100 kota. Sementara untuk peserta #TemanKreasi sendiri sudah hadir di 24 kota di Indonesia. Tentu saja kedepannya, tidak menutup kemungkinan, akan terus bertambah. Bayangkan, peserta di 24 kota tersebut, dengan dukungan dari anggota Smartfren Community yang sangatlah banyak, bukankah potensi pasar yang sangat besar?

Seperti yang dikatakan oleh Dani Akhyar, selaku Head of Community Development Smartfren. Menurutnya, Peluncuran Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi Smartfren dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet. Ya, komunitas saja tidak cukup, demikian pula dengan internet. Keduanya saling berkaitan, untuk membuat/menciptakan sesuatu yang lebih besar dari tangan-tangan para wirausahawan. Dani menambahkan, bahwa setidaknya ada 5 keywords dari Teman Kreasi Indonesia yang menunjukkan cirinya, yaitu buka peluang, kokreasi, social digitalpreneur, local heroes, dan suistainable community develompent.

Yuk Kembangkan Wirausaha Berbasis Digital dan Sosial!

Produk yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia ini sangatlah beragam. Mulai dari kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, keripik Usus Ayam “Jumain” Kriuknya Ngangenin, hingga Ledre Bojonegoro. Pesertanya tersebar di sejumlah wilayah, yakni: di wilayah Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya, dan Bali. Pastinya, Smartfren akan mengembangkan pula program tersebut di wilayah lain yang sudah terjangkau Smartfren Community.

Nah.. bagi teman-teman yang merupakan pelaku wirausaha atau siapa saja yang ingin mengembangkan wirausaha berbasis digital dan sosial. Yuk belajar banyak hal dan cari tahu infonya di akun instagram @SmartfrenCommunity, @TemanKreasi_id atau menghubungi info@temankreasi.id

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment