FORTUNE Indonesia Summit 2022, Perihal Usia Hanyalah Angka

fortune indonesia summit 2022

FORTUNE Indonesia Summit 2022, Perihal Usia Hanyalah Angka. Usia hanyalah sebuah angka. Inilah satu dari sekian banyak pelajaran yang saya tuai dari gelaran FORTUNE Indonesia Summit 2022 kemarin. Tentu saja, dua hari adalah waktu yang terlalu singkat untuk menyerap banyak sekali ilmu dari para tokoh yang hadir. Gelaran yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia memang baru saja usai, tapi kesan yang para peserta dapatkan rasanya tak usai-usai.

Sungguh beruntung siapa saja yang menjadi bagian dari event yang berlangung di The Westin Jakarta pada 18-19 Mei 2022 tersebut. Bisa belajar banyak hal terkait impact, sustainability, dan growth, yang harapannya dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia. Dimana di dalamnya terdapat banyak sekali topik menarik, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Bukankah kesemua topik tadi adalah yang marak diperbincangkan belakangan ini? Bayangkan betapa menariknya deretan topik tersebut dirangkum menjadi belasan sesi talkshow.  Kemudian disampaikan oleh para pembicara inspiratif yang memang tak diragukan lagi namanya.

FORTUNE Indonesia Summit 2022, Perihal Usia Hanyalah Angka

Tentu FORTUNE Indonesia Summit 2022 tidak hanya tentang satu talkshow ke talkshow lainnya. Berlalu tanpa menyisakan inspirasi, begitu? Ah, jangan sampai kalian salah berpikir. Selain talkshow yang menjadi gelaran utama acara, diselenggarakan pula awarding night bagi sejumlah tokoh inspiratif. Dalam hal ini terbagi menjadi dua daftar, yaitu: FORTUNE Indonesia Businessperson of The Year dan 40 Under 40. Dan demikianlah postingan blog ini saya beri judul: perihal usia hanyalah angka. Ya, memang benar, age is just a number, usia hanyalah sebuah angka.

Setidaknya ini yang saya simpulkan dari siapa saja yang hadir membagikan inspirasi pun semangatnya lewat event dua hari tersebut. Bagaimana keberhasilan dan kesuksesan yang diraih sekarang oleh mereka, telah lebih dulu diawali oleh berbagai ujian pun cobaan. Mereka, para pembicara maupun awardee nan inspiratif yang hadir, berasal dari kelompok usia yang berbeda-beda. Satu-satunya persamaan yang dimiliki adalah: pantang menyerah. Usia hanyalah angka, bukan? Usia berapapun seseorang, yang terpenting adalah bagaimana ia memanfaatkan waktu yang dimilikinya sebaik mungkin. Apakah dilewatkan begitu saja, disia-siakan, dilalui dengan bermalas-malasan. Ataukah terus belajar dari pengalaman, jatuh-namun bangkit lagi, dan selalu pantang menyerah. Inilah yang kemudian membuat saya tertarik untuk membaca satu persatu profil dari para awardee FORTUNE Indonesia 40 Under 40.

fortune indonesia summit 2022

Menebar Manfaat, Sebelum Tiba Usia Kepala Empat

Lagi-lagi, age is just a number. Usia hanyalah sebuah angka, balik lagi kepada bagaimana kita semua mengisi hari demi hari di usia tersebut. Tidak perlu jauh-jauh, cobalah bertanya dalam diri, lihat usia berapa kita kini. Bandingkan dengan mereka yang namanya terpampang pada profil penerima award FORTUNE Indonesia 40 Under 40. Mereka, 40 orang dengan usia di bawah 40 tahun, namun sepak terjangnya minta ampun! Dari empatpuluh nama di sana, saya tahu sejumlah nama. Kalaupun tidak tahu namanya, saya tahu usaha/gerakan yang mereka prakarsai.

Iri sama Arief Muhammad, Boleh Gak?

Dalam hati ini tak henti bertanya-tanya, usia kita sama, kok bedanya luar biasa ya? Mereka, 40 orang yang sudah kemana-mana menebar manfaat, bahkan saat usia mereka belumlah tiba kepala empat. Kita eh saya apa kabarnya? Apakah waktu kita kebanyakan habis dengan scrolling timeline media sosial, jadi netizen yang selalu punya bahan untuk digosipkan, atau sibuk mencibir kerja keras seseorang yang sebenarnya gak ada hubungannya dengan kita? Yuk bisa yuk, introspeksi, mulai refleksikan diri sendiri, gak papa kok iri sama Arief Muhammad, heran sama kelakuannya yang beli mobil macam jajan camilan di warung sebelah. Atau mungkin iri sama rumahnya yang lebih mirip mall ketimbang rumah beneran. Asalkan, irinya menjadi cambuk untuk bisa meraih kesuksesan yang sama, bahkan lebih.

Mau heran, tapi Arief Muhammad. Pasti udah biasa baca komentar tersebut perihal Armuh-atau yang dulu kita kenal lewat akun twitter @poconggg. Rasanya berbagai tren yang diciptakannya, selalu BOOM! Sukses. Jadi pembicaraan di mana-mana, gak sedikit ditiru oleh selebritas lainnya, ya itulah suksesnya seorang Arief Muhammad. Sosok yang membuat banyak orang kagum, mungkin juga iri, meski jatuh bangunnya ia tentu tak banyak yang tahu. Armuh pernah gak punya penghasilan sama sekali? Pernah. Ya, tentu saja ia pernah berada di titik tersulitnya. Kita mungkin tidak tahu dan tidak perlu tahu itu. Faktanya, kini ia adalah seorang berusia 31 tahun yang memiliki banyak lini bisnis, mulai dari kuliner, fashion, hingga properti. Ia membuka banyak lapangan kerja, dan membuktikan bahwa bisa lho menebar manfaat bahkan sejak usia belum tiba di kepala empat.

fortune indonesia summit 2022

Kenapa Eko Yuli Irawan Terus sih?

Setiap kali melihat berita terkait atlet angkat besi berprestasi yang satu ini, setiap itu juga muncul komentar-komentar yang menurut saya hmm agak gimana ya. Kenapa Eko Yuli Irawan terus sih? Udahlah, kasih kesempatan yang lain juga! Atau berbagai komentar lainnya. Beberapa tahun terakhir, kita rasanya semakin mengenal nama Eko Yuli, prestasinya tak habis-habis. Diboyongnya medali dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya. Tak heran jika namanya terpilih menjadi salah satu awardee 40 under 40 di ajang FORTUNE Indonesia Summit 2022 kemarin. Karena prestasi yang ditorehkannya, nama Indonesia kian dikenal di mana-mana. Tentu tidak berlebihan ketika kita katakan bahwa nama Eko Yuli, lifter asal Indonesia, menjadi nama yang patut diwaspadai oleh lifter negara lainnya di luar sana. Di usianya yang menginjak 32 tahun, Eko Yuli membuktikan: inilah ia, yang sukses menebar manfaat sebelum tiba usia kepala empat.

Di sisi lain, seperti halnya judul postingan ini sekaligus pelajaran yang saya tuai dari gelaran FORTUNE Indonesia Summit 2022. Perihal usia hanyalah angka, memang benar adanya. Eko Yuli, di usianya yang masih di bawah 40 tahun, memang terbilang usia muda untuk tiba di puncak kesuksesan. Namun di sisi lain, berbicara dunia olahraga, itu adalah usia yang menurut banyak orang-sudah waktunya memberikan kesempatan yang lain. Faktanya, prestasi seseorang memang tidak ditentukan pada usia berapa mereka kini. Tua maupun muda, usia berapapun (selagi masih memenuhi persyaratan), kekuatan dan kemampuannyalah yang menunjukkan apakah ia mampu dikalahkan atau tidak. Lagi-lagi, ini ada kaitannya dengan quotes: age is just a number. Usia hanyalah angka.

Siap untuk FORTUNE Indonesia Summit Berikutnya?

Siap dong! Acara inspiratif yang juga mampu membuka banyak jejaring seperti ini tentu sangat menarik dan dinantikan oleh siapa saja. Sungguh tak sabar rasanya menanti gelaran yang sama di tahun berikutnya. Penasaran akan ada hal seru apa yang dihadirkan. Harapannya juga nih, semoga cara menghadiri event di tahun yang akan datang pun sama simplenya dengan yang tahun ini. Hanya dengan berlangganan Majalah Fortune Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia, maka tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022 pun bisa kita dapatkan. Gampang, kan? Puas baca majalahnya, insightful juga terima materi dari berbagai narasumber yang hadir.

Bagaimana dengan teman-teman, pelajaran atau inspirasi apa nih yang bisa dituai dari gelaran FORTUNE Indonesia Summit 2022? Share dong di kolom komentar.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

21 Comments

  • Alfianhoki 24 May 2022 at 12:46 pm

    Keren Dan sangat menginspirasi, semoga berikutnya saya bisa ikutan

    Reply
  • Dian Restu Agustina 26 May 2022 at 12:09 pm

    Waduh saya sudah lewat dari kepala empat, penginnya sih menebar manfaat sebelum usia lewat kepala empat hehe. Tapi setuju usia adalah angka, tokoh-tokoh yang disebutkan di artikel ini bisa memotivasi kita. Beneran inspiratif kiprahnya!

    Reply
    • Nia Haryanto 28 May 2022 at 10:46 pm

      Acara begini nih yang suka bikin takjub. Denger perjuangan orang-orang berhasil hingga sampai bisa sampe di posisi sekarang. Bikin kita jadi semangat ya. Dan memang ini membuktikan bahwa hasil tidak mengkhianati usaha. Duh jadi pengen lihat deh acara serupa berikutnya.

      Reply
  • Andiyani Achmad 26 May 2022 at 4:00 pm

    menjelang kepala 4, lantas flashback adakah aku sepanjang hidup membawa manfaat untuk sekitar??

    Reply
  • Tanti Amelia 26 May 2022 at 10:00 pm

    Ini tuh membuktikan bahwa orang itu harus mengejar prestasi dulu baru deh uang dan emas berlian mengikuti

    Ketelatenan dan konsisten dalam menggali passion serta menjalankan itu semua jadi berbuah pundi-pundi mereka sekarang

    Reply
  • Okti Li 27 May 2022 at 9:27 pm

    Sebagai penyemangat diri saya ucapkan pada diri sendiri saja, gak apa, meski usia sudah lewat 40 tapi gak punya kesuksesan apapun, mungkin itu memang sudah rencana Tuhan untukmu…
    Padahal itu cuma alibi saya saja, alibi atas ketidakmampuan hehehe

    Reply
  • Myra (Keke Naima) 27 May 2022 at 11:09 pm

    Zaman sekarang banyak anak muda yang keren, ya. Di bawah 40 tahun pun udah berprestasi. Nah, harusnya yang begini dijadikan panutan anak muda lainnya

    Reply
  • Nanik Nara 28 May 2022 at 12:36 pm

    Fortume Indonesia Summit 2022 memang sudah selesai gelarannya, tapi pengetahuan dan manfaatnya masih bisa dirasakan bagi yang menghadiri ya mbak. Yang nggak bisa hadir pun bisa mencicipi suntikan semangat untuk terus berkarya lewat tulisan ini

    Reply
  • Nurul Rahma 28 May 2022 at 2:45 pm

    Wohooo ini inspiring bgt.
    Energi positif nya bisa nular nih.
    Bravoo Fortune!

    Reply
  • Tuty Queen 28 May 2022 at 3:55 pm

    Suka banget mengikuti pengalaman orang-orang sukses karena menginspirasi dan memotivasi diri agar lebih semangat belajar dan berusaha

    Reply
  • Dzulkhulaifah 28 May 2022 at 7:50 pm

    Arief Muhammam pantas banget dapat award 40 under 40. Kalau aku bilangnya usia sama tapi nasib masih beda. Haha. Ya beda lah, perjuangannya dia aja beda banget sama sayaaa. Huhu. Acara FORTUNE Indonesia
    Summit 2022 ini keren banget!

    Reply
  • Mugniar 28 May 2022 at 8:08 pm

    Usia 40 sudah sukses lalu ingat diri sendiri hihi … etapi jadi blogger juga membanggakan lho, kita bisa melakukan banyak hal dan bermanfaat juga bagi yang baca. Sebagaimana bermanfaatnya tulisan ini 🙂

    Reply
  • lendyagassi 28 May 2022 at 9:04 pm

    Menginspirasi sekali ya, acara FORTUNE Indonesia Summit 2022.
    Khususnya untuk para pengusaha muda sih yaa.. Yang cita-citanya usia 30 uda punya usaha matang dan anak usaha yang banyak, kudu banget mantengin konten-konten dari FORTUNE Indonesia.

    Reply
  • Dennise Sihombing 28 May 2022 at 9:22 pm

    Sangat mengisipirasi untuk mereka yang sukses diusia under 40. Angkat 2 jempol dengan kesuksesan yang sudah diraih, walaupun semua itu penuh perjuangan dan tidak mudah

    Reply
  • Lidya 28 May 2022 at 9:51 pm

    Iya kalau buat perusahaan atau media kaya gini usia hanyalah angka justru bisa makin berkembang nih, tapi kalau usia aku gimana ya kak hahaha. Maaf oot.
    Bagus dong kalau bisa memberikan inspirasi dari event itu jadi kita bisa belajar banyak ya

    Reply
  • Gusti yeni 29 May 2022 at 12:11 am

    Sayaa juga apa kabar sudah 40.lewaat😭😭
    Acaranyaa kereen ya maak, ndaging bermanfaat semoga fortune makin maju kedepannya.

    Reply
  • Nova Violita 29 May 2022 at 12:20 am

    sekarang banyak kesempatan dan peluang, sehingga sekarang banyak anak2 kita dibawah 40 udah banyak karya. kita yng 40 keatas rasa insecure, tapi..kita beri peluang yang baik untuk anak2 kita kedepannya

    Reply
  • nchie hanie 29 May 2022 at 12:53 am

    Aku salut sama Arif Muhammad dengan segala trendnya yang selalu viral dan juga bisnis2nya yang sukses. Hafal banget dari mulai beliu baru muncul sampe sekarang, perjalanannya menginspirasi kita semua dan memotivasi.
    Sukses pokonyaaa..

    Reply
  • Damar Aisyah 30 May 2022 at 6:38 am

    Anak jaman now benar2 membuktikan bahwa usia itu hanyalah angka. Rata2 usia masih 30 bahkan 20-an tapi sudah banyak menebar manfaat. Bisnis, karier, kegiatan kemanusiaan, pokoknya sangat inspiratif. Satu lagi, mereka itu inovatof dan pantang menyerah

    Reply
  • Dedew 30 May 2022 at 9:05 am

    Keren yaa, mengiri pada anak-anak muda yang usianya belum banyak tapi bisa berkarya, menemukan passion dan menginspirasi banyak orang seperti Eko Yulianto dan Arif Muhammad ini…

    Reply
  • Rani R Tyas 31 May 2022 at 10:28 am

    Tokoh-tokoh yang ditampilkan ini bukan kaleng-kaleng ya, selalu ada ajaa prestasinya. Penasaran sama the next tokoh yang akan muncul di Fortune

    Reply

Leave a Comment