SMP Negeri 6 Mataram dan Semangat Literasi yang Tak Pernah Padam

smp negeri 6 mataram

SMP Negeri 6 Mataram dan Semangat Literasi yang Tak Pernah Padam. JaWAra Internet Sehat menjadi program yang mengantarkan saya untuk pertama kalinya ke tempat ini, SMP Negeri 6 Mataram. Sebuah sekolah yang apik dari segi bangunan dan lingkungan, memiliki banyak prestasi, serta menariknya, antusiasmenya luar biasa pada dunia literasi. Setelah beberapa kali mengurus proses perizinan untuk berkegiatan di sana, bolak-balik mengurus surat, Alhamdulillah saya dipertemukan pada seseorang yang tepat. Adalah Bu Ellysabeth Usmiatiningsih, S.Pd, M.Pd, Kepala Perpustakaan sekaligus guru yang memegang peranan penting dalam urusan literasi sekolah di sana.

Bu Ellys, sapaan akrabnya, mendukung penuh kegiatan baik yang diselenggarakan di sekolah yang dikenal dengan nama Spena Mataram ini. Terutama yang ada kaitannya dengan dunia literasi. Itulah mengapa, beliau sangat bersemangat membantu saya -selaku JaWAra Internet Sehat NTB 2022 bersama dengan komunitas Begibung Blogger Lombok untuk mengadakan workshop pembuatan blog di sekolah tempatnya mengajar.

smp negeri 6 mataram

SMP Negeri 6 Mataram dan Semangat Literasi yang Tak Pernah Padam

Masih teringat di benak saya, saat menuju ruang perpustakaan yang terletak di ujung lantai dua sekolah. Rencananya saya akan bertemu Bu Ellys, seperti yang disarankan oleh salah satu Wakil Kepala Sekolah. Beberapa menit saat menunggu di dalam ruangan perpus, saya dibuat terkagum-kagum dengan banyak hal di sana. Mulai dari interior, kebersihan, serta tentu saja kualitas buku-bukunya. Saya yakin, para kutu buku dijamin betah, yang tidak doyan membaca saja mungkin bakal tertarik untuk membaca. Perpustakaannya nyaman, bersih, buku-bukunya pun terawat dengan baik. Rupanya situasi dan kondisi ruang baca sekolah yang luar biasa tersebut, sejalan pula pada semangat literasi para guru maupun siswa di sana.

Seperti apa yang disampaikan oleh orang nomor satu di Spena Mataram saat memberikan sambutan dan membuka acara Blogging Workshop #1: Berkarya di Media Sendiri, Keren Gak sih?, Rabu (10/8) lalu. Di mana sekolah yang berlokasi di Jalan Udayana ini adalah sekolah pertama dari empat sekolah tempat diadakannya Blogging Workshop.

“Sekolah ini luar biasa, karena telah mencatatkan hal baik dalam bidang literasi. Mulai dari rapor pendidikan dengan dominasi nilai biru, yang artinya berdasarkan ANBK itu berada di atas rata-rata nilai nasional. Hingga menariknya, pada bulan Juli 2022 lalu, tercatat lebih dari 1000 kunjungan di perpustakaan”, jelas Bapak H. M Sibawaeh, S.Pd, Kepala SMP Negeri 6 Mataram.

Mengajar Puluhan Siswa Ngeblog dalam Waktu 3 Jam, Apa Bisa?

Meski adalah hal yang wajar, namun saya salut pada Kepala Sekolah Spena Mataram yang menyempatkan diri untuk hadir membuka acara sederhana ini. Padahal, di waktu yang berdekatan, ia pun harus menghadiri acara lainnya. Tidak hanya memberikan sambutan dan membuka acara, sosok yang dikenal akrab dengan siswa maupun guru di sana ini pun sempat melakukan ice breaking– membuat kuis sederhana- dan memberikan hadiah uang tunai seratus ribuan pada siswa yang berhasil menjawab. Wow! Boleh balik jadi anak SMP lagi gak nih saya?

smp negeri 6 mataram

Hadir sebagai peserta, total 66 orang siswa dan siswi yang merupakan duta literasi dari 33 kelas di Spena Mataram. Ya, setiap kelas mengirimkan dua orang perwakilannya. Kelar acara pembukaan, kini giliran saya dan narasumber lainnya untuk mengisi acara. Adalah Sudomo, S.Pt, atau yang akrab disapa Momo DM, seorang blogger, penulis sejumlah judul buku, serta guru penggerak, yang menjadi tandem saya pada kegiatan ini. Dimana kami akan berbagi materi, yaitu di awal sesi, saya akan menyampaikan pentingnya menciptakan konten yang sehat. Sharing pengalaman bagaimana dulu saya mulai menjadi blogger, apa manfaat ngeblog, serta kenapa sih seorang blogger harus memikirkan baik-baik konten yang akan dipublikasikannya. Sedikit banyak, para peserta jadi tahu tentang hoaks, serta betapa jejak digital itu akan sangat berpengaruh pada diri mereka kelak.

Setelah itu, Mas Momo DM yang akan sharing serta tentunya mengajarkan/praktik langsung bagaimana cara membuat blog pribadi dengan menggunakan layanan blog gratis di WordPress. Sekaligus memastikan para peserta berhasil membuat postingan baru dan mempublikasikannya. Ya, menurut kami, urusan utak atik template, biarlah nanti mereka seperti kami- belajar sendiri. Lantas, muncul pertanyaan apa bisa mengajarkan puluhan siswa ngeblog dalam waktu 3 jam saja?

smp negeri 6 mataram

Berbekal Literasi Digital, Harapannya Puluhan Blogger Spena Mataram Kelak Kian Dikenal

Mengapa materi dan praktik pembuatan blog tidak disampaikan di awal? Apa pentingnya mengetahui hal baik maupun tidak baik dalam dunia konten blog? Jawabannya adalah sebab dahulukan adab, baru ilmu. Sebelum terjun ke dunia blog, minimal kita harus punya bekal bagaimana berkarya di sana. Pilar literasi digital itu ada empat, salah satu diantaranya adalah etika digital. Harapannya, sebelum para peserta mahir membuat dan mempublikasikan tulisan/postingan di blog, mereka sudah tahu bahwa meski bebas berkarya- mereka harus paham bahwa segala sesuatu ada etikanya. Dengan begitu, mereka tidak memposting tulisan yang mengandung berita bohong atau hoaks, tidak menggunakan karya orang semena-mena tanpa menuliskan sumbernya, dan lainnya.

Lima belas tahun yang lalu, saya adalah mereka. Seorang remaja yang mengikuti workshop pembuatan blog di sebuah tempat di Kota Makassar. Saya senang bisa memiliki halaman/media sendiri, tempat saya bisa menulis apa saja (saat itu saya gemar menulis puisi). Perbedaannya, saya sudah duduk di bangku kelas 2 SMA kala itu, tidak semua mereka- yang baru berusia SMP. Saya pun mencari sendiri kegiatan di luar sekolah, tidak seperti mereka- yang didatangi, dan mendapatkan ilmu di sekolahnya sendiri. Jadi, apakah saya dan Mas Momo DM berhasil memastikan mereka sudah mampu membuat blog sendiri dan mempublikasikan postingan baru selama workshop tersebut. Alhamdulillah, kami berhasil.

Dari Aneka Menu Kantin, Hingga Tips dan Trik Gaming

Betapa bahagianya kami setiap kali anak-anak berseragam putih biru tersebut bercerita apa yang dituliskannya. Mereka menulis berbagai hal menarik. Mulai dari daftar makanan yang tersedia di kantin sekolah, kuliner Korea yang bisa ditemukan di Kota Mataram, hingga siswa gamers-yang menulis berbagai tips dan trik gaming. Puluhan komputer di ruangan yang jumlahnya tidak sebanding dengan peserta, tidak menjadi halangan mereka untuk belajar. Terlihat dari sejumlah anak yang menggunakan laptop pribadinya, sementara sejumlah lainnya tetap enjoy berkarya lewat layar telepon pintarnya. Sungguh perangkat apapun itu tak jadi soal ketika kita sudah punya niat belajar yang kuat, bukan?

Berbekal literasi digital, harapannya semoga puluhan blogger muda dari SMP Negeri 6 Mataram ini kian dikenal. Dikenal akan konten-konten yang diciptakannya, karyanya, serta tentu saja apa yang mereka telah pelajari itu dapat diajar pula pada teman-temannya.

Terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman JaWAra Internet Sehat dan Begibung Blogger Lombok atas terselenggaranya acara ini. Kepada pihak Spena Mataram, atas kesediaannya berkolaborasi. Serta tentu saja kepada pihak-pihak sponsor yang telah mendukung berlangsungnya acara. Mulai dari IndiHome, Adhitama, Nutsafir Lombok, Roti Gembong Mandalika, Lombok Info, dan Mafindo Mataram.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

24 Comments

  • Nurul Rahma 19 September 2022 at 4:48 pm

    ADab sebelum Ilmu….ini pentiiinggggg bgt
    Apalagi utk remaja, fase yg sangat rentan

    Semogaaaa Allah lindungi dan berkahi kita semuaaaaaa

    Reply
    • Lisdha www.daily-wife.com 20 September 2022 at 8:59 am

      Wooowww…keren skali mb andi. Bloggers go to school. Teringat anakku yg baru masuk SMP, dulu kuajari ngeblog tapi blm minat. Mungkin nanti baru ngejar2 emaknya kalo dapat tugas di skolah hehehe.

      Btw, adab dulu baru ilmu. Setujuu banget tuh mak.. apalagi di dunia maya, di mana orang merasa bebas dan aman posting suka2. Anak2 perlu dibekali prinsip ini sejak dini.

      Reply
  • Bibi Titi Teliti 19 September 2022 at 9:12 pm

    Keren sekali sih adik2 SMP Negeri 6 Mataram udah pada mulai belajar ngeblog yaaah. Setuju mbak, adab dan etika harus lebih di kedepankan sebelum memulai segala sesuatunya.

    Ditunggu tulisan2 kerennya di blog nih buat adek2 tersayang!

    Reply
    • @hm_zwan 21 September 2022 at 9:40 pm

      Wuaa mbak Andi keren sekali. Kebayang banget antusiasnya anak anak SMP bikin blog. Betul sekali mbak, adab nomor satu ya. Semoga berkah ilmunya

      Reply
  • Eri Udiyawati 20 September 2022 at 8:27 pm

    Kegiatan yang menarik banget nih. Mengenalkan blogger ke anak sekolah. Sekalian praktek gitu. Karena jarang banget anak jaman now mengenal apa itu blog, gimana cara buatnya, dan lain sebagainya.

    Reply
  • Siti nurjanah 21 September 2022 at 3:52 am

    Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih, ketertarikan akan dunia literasi semakin surut.
    Ini sebuah langkah yg bagus yg dilakukan SMP 6 Mataram karena menyediakan fasilitas dan kegiatan menarik seputar literasi

    Reply
  • Nurul Sufitri 21 September 2022 at 9:30 am

    Mantap banget SMPN 6 Mataram nih, siswanya belajar melek teknologi yach, ngeblog rame-rame 🙂 Betul ,elajar etika di dunia maya itu penting sekali sebelum mulai. Ternyata tips dan trik gaming banyak diminati anak2 untuk ditulis dan dibagikan di blog, keren!

    Reply
  • Hidayah Sulistyowati 21 September 2022 at 1:39 pm

    Ah keren nih anak-anak putih biru SMP negeri 6 Mataram, semangatnya luar biasa. Aku jadi terharu dengan usaha mereka seadanya perangkat yang digunakan, tetap bisa kok bikin konten di blog. Salut juga dengan konten yang dituliskan, menarik dengan beragam teman dan sudut pandang. Semoga kelak apapun profesi mereka, bisa menjadikan semangat literasi di blog masing-masing

    Reply
  • Yurmawita 21 September 2022 at 6:03 pm

    Wah, anak anak sekolah pada antusias ya buat blog, bagus nih semakin bertumbuh blogger muda berbakat apalagi dukungan dari sekolah

    Reply
  • Dian 21 September 2022 at 8:52 pm

    Wah keren sekali mbak
    Sudah mengajar blogging ke sekolah sekolah seperti ini
    Asiknya, anak sekolah sudah mulai belajar ngeblog ya

    Reply
  • Nunung Nurlaela 21 September 2022 at 8:56 pm

    Masya Allah, keren mbak Andi. Sekarang zamannya semua harus melek dunia blog juga ya. Lihatnya senang sekali. Mereka antusias dan semangat luar biasa. Salut. Semoga bermanfaat ilmunya.

    Reply
  • Myra (Keke Naima) 21 September 2022 at 11:06 pm

    Kalau lihat yang pada semangat begini, saya masih ada rasa optimis tingkat literasi masyarakat Indonesia akan membaik. Konten-konten positif akan bertebaran. Semoga aja ilmunya terus bermanfaat

    Reply
  • Gusti yeni 21 September 2022 at 11:12 pm

    Masya Allah bun kegiatannya bagus banget. Anak jaman now harus banyak belajar dr orang terdahulu, cerdas, pinter, imtaq,

    Reply
  • Dian Restu Agustina 21 September 2022 at 11:26 pm

    Keren banget, di awal baca: pada bulan Juli 2022 lalu, tercatat lebih dari 1000 kunjungan di perpustakaan. Anak-anak ini..semoga kelak akan membesarkan dunia literasi Nusantara.
    Mba Andy sukses buat kegiatannya, semoga makin banyak konten berkualitas lahir dari siswa-siswi di Mataram

    Reply
  • Gusti yeni 21 September 2022 at 11:37 pm

    Waah masya Allah tabarakallah kereen banget siswa siswi SMPN 6 mataram. Semoga dengan bekal yg telah diberikan mau menekuni dan rajin membaca supaya kelak berguna di kemudian hari.

    Membaca takpernah merugi, salut kak Andy kereen banget pokoknya

    Reply
  • lendyagassi 21 September 2022 at 11:51 pm

    MashaAllah~
    Keren banget aktivitas kak Andy yang menginspirasi mengajarkan kebaikan untuk anak-anak SMP Negeri 6 Mataram.
    Rasanya anak sekarang pasti memiliki banyak ide segar yang bisa dituangkan di blog dan semoga lama kelamaan bisa menghasilkan penghasilan seperti Andy seonseng-nim ^^

    Reply
  • diane 21 September 2022 at 11:52 pm

    keren banget mbak..kelihatan sekali semangatnya.. Semoga anak-anak semakin mantap untuk tahu lebih jaug tentang literasi ya..terutama literasi digital yang memang sangat akrab dengan mereka

    Reply
  • Sri Widiyastuti 21 September 2022 at 11:52 pm

    MasyaAllah barakallah ya mbak, semoga karya anak anak SMP ini bisa dikenal di seluruh dunia ya lewat media blog. Keren sekali mereka sudah tertarik dunia blogging yaa. alhamdulillah dapat mentor yang luar biasa juga. barakallah mbak

    Reply
  • Nanik Nara 22 September 2022 at 3:10 am

    Salam Literasi!
    Salut nih dengan semangat anak-anak di SMPN 6 Mataram untuk belajar membuat konten berkualitas lewat blog, Salut juga sama mbak Andy, bisa membagikan ilmu dan pengalamannya untuk adik-adik putih biru.

    Hebat ya di SMPN 6 Mataram ini, kemampuan literasinya di rapor pendidikan sudah biru, saya kemarin pas sosialisasi rapor pendidikan ke beberapa SMK di NTB, banyak yang nilai kemampuan literasi masih oranye, bahkan merah

    Reply
  • Nia Haryanto 22 September 2022 at 5:15 am

    Wah seru banget ini. Kudu deh anak-anak muda begini diarahkan ke hal positif dalam menggunakan internet. Salah satunya ya belajar ngeblog. Btw, anak-anaknya antusias, pengajarnya juga keren ini. Semoga semakin banyak ya murid yang bisa ikut penyuluhan literasi begini.

    Reply
  • Eni Martini 24 September 2022 at 11:13 pm

    Bangga kalau ade-ade SMP sudah melek literasi, apalagi paham blog. Insaallah sangat bermanfaat sekali buat masa depan mereka

    Reply
  • Rina Susanti 25 September 2022 at 10:04 pm

    Semoga makin banyak nih remaja tertarik ngeblog agar kreatif ,

    Reply
    • Adriana Dian 26 September 2022 at 7:00 pm

      Wah keren banget ini SMPN 6 Mataram ngadain blogging workshop yaaaa. Cocok banget buat memperkaya literasi digital di era taknologi ini yaaaaaa.. biar makin banyak bibit bibit blogger kece buat regenerasi kaka kakak blogger yang senior yaaaa.. hehe

      Reply
  • Sapti Nurul Hidayati 26 September 2022 at 10:14 am

    Keren Mb, acaranya. Mengenalkan remaja dengan kegiatan blogging bagus untuk mengisi waktu mereka dengan kegiatan yang bermanfaat.. Semoga semakin banyak generasi muda memanfaatkan teknologi untuk share hal-hal positif.

    Reply

Leave a Comment