Service Motor, Para Pengendara Perempuan Wajib Tahu!

service motor

Service Motor, Para Pengendara Perempuan Wajib Tahu! Selayaknya pengendara pria, perempuan pun wajib tahu tentang service motor dan hal lainnya demi awetnya kendaraan yang digunakan. Mengapa? Sebab ada sejumlah alasan yang pastinya bermanfaat bagi kita sebagai pengendara, pun pemilik motor tersebut. Diantaranya yaitu alasan keamanan, efisiensi dan performa kendaraan, mencegah kerusakan berkepanjangan, melatih pengendara perempuan untuk mandiri dalam mengurus kendaraannya, mengurangi biaya perawatan, dan masih banyak lagi.

Meski banyak yang beranggapan bahwa sering kali motor milik perempuan tidak begitu terawat layaknya motor yang dimiliki para pria, tapi jangan salah lho..makin ke sini makin banyak pengendara perempuan yang mulai aware. Pengetahuan terkait apa saja yang mesti dilakukan saat service motor penting untuk diketahui siapa saja. Jadi tidak sekadar memiliki motor, menjaga kebersihan tampilan luarnya, dan menjaga keterisian bahan bakarnya ya. Lebih jauh, kita mesti paham bagaimana agar mesin dan segala yang bekaitan di dalamnya terawat dengan baik, minimal dengan rutin membawa kendaraan yang dimiliki ke tempat service motor.

Definisi Service Motor

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa service motor adalah suatu kegiatan mengecek kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Adapun bagian yang diperiksa, diantaranya: saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan masih banyak lagi.

Secara keseluruhan, pengetahuan tentang service motor sangat penting bagi para pengendara perempuan karena memberikan manfaat keselamatan, efisiensi, mandiri, dan keuangan. Pemahaman yang baik tentang perawatan motor, menjadikan para pengendara perempuan dapat memastikan kendaraan mereka beroperasi dengan baik dan aman, serta menikmati pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Terkait Service Motor

Perawatan motor yang teratur sangatlah penting untuk memastikan kinerja yang optimal dan keberlangsungan usia motor yang dimiliki. Para pengendara perempuan harus menyadari bahwa merawat motor dengan baik akan mengurangi risiko masalah dan memastikan keamanan dalam berkendara. Berikut beberapa hal yang perlu diketahu terkait service motor, yaitu:

? Mengenal Komponen Utama Motor

Hal pertama yang perlu diketahui adalah terkait komponen utama pada motor yang kita miliki. Bagaimana mesinnya, sistem bahan bakar, sistem pengereman, suspensi, dan sistem pendingin. Dengan memahami fungsi masing-masing komponen tentunya akan membantu pengendara, terutama para perempuan, dalam mengidentifikasi potensi masalah dan berkomunikasi dengan mekanik secara lebih efektif.

? Jadwal Perawatan Rutin

Selanjutnya, kita wajib mengetahui jadwal perawatan rutin yang dianjurkan oleh pabrikan motor. Termasuk di dalamnya jadwal penggantian oli, filter, cairan pendingin, dan pemeriksaan umum. Dengan menjaga jadwal perawatan, maka akan membantu mencegah masalah besar dan biaya perbaikan yang tinggi di masa depan.

? Penggantian Oli yang Tepat

Penting bagi siapa saja mempelajari bagaimana cara mengganti oli motor dengan benar. Penggantian oli secara teratur dan benar, dapat membantu menjaga mesin tetap sehat dan mengurangi gesekan komponen dalam mesin.

? Pemeriksaan Rutin Sebelum Berkendara

Sebelum memulai perjalanan, jarak dekat maupun jauh, pastikan untuk menyempatkan waktu memriksa tekanan ban, rem, lampu, dan kelistrikan lainnya. Pemeriksaan rutin ini akan membantu pengendara dalam mengidentifikasi masalah sebelum berkendara dan menghindari risiko kecelakaan.

? Kebersihan dan Pelumasan

Jaga kebersihan motor  dan pastikan semua bagian yang perlu dilumasi telah diolesi dengan baik. Hal ini tentunya akan membantu mencegah karat dan memastikan bagian-bagian bergerak dengan lancar.

? Keterampilan Dasar Perbaikan Motor

Mulailah untuk mempelajari keterampilan dasar perbaikan motor, minimal jenis motor yang kita miliki. Seperti diantaranya: bagaimana mengganti ban bocor atau mengganti busi. Pengetahuan ini nantinya dapat membantu mengatasi masalah kecil di jalan dan menghindari situasi darurat.

? Pemahaman Tentang Manual Pemilik

Jangan abaikan buku manual yang diberikan saat teman-teman membeli kendaraan motor yang dikendarai saat ini. Luangkan waktu untuk membaca buku manual kepemilikan motor tersebut dengan seksama. Manual ini berisi informasi penting tentang spesifikasi motor, panduan perawatan, dan tata cara perbaikan sederhana.

? Pilih Bengkel Motor yang Terpercaya

Jika merawat mesin motor sendiri terbilang berat dan memakan waktu, maka pilihlah bengkel yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Pastikan bengkel tersebut memiliki teknisi yang berpengalaman dan dapat dipercaya. Miliki juga kemampuan untuk berkomunikasi yang baik dengan mekanik yang mengerjakan motor kita. Ketika mengunjungi bengkel, maka berkomunikasilah dengan teknisi tentang masalah yang dialami oleh motor yang kita miliki. Jelaskan secara jelas gejala yang muncul agar teknisi dapat mendiagnosis dan memperbaikinya dengan tepat.

Planet Ban, Bengkel Service Motor Terbaik

Bingung memilih bengkel motor yang terpercaya? Kalau saya sih, pilihnya ya Planet Ban, bengkel service motor terbaik yang sudah tersebar di banyak kota. Sejumlah pengendara menyebut service motor di sana tuh sebagai service motor rasa mesin baru. Service motor rasa mesin baru? Hmm seperti apa ya? Servis motor rasa mesin baru ini disebut juga sebagai sistem servis terpadu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat, dengan biaya lebih terjangkau.

Adapun fokusnya adalah pada pemeriksaan dan perbaikan, terutama di bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Di mana 8 bagian vital motor yang dimaksud, yaitu: Oli Mesin, Oli Gardan, Busi, Kampas Rem, Filter Udara, Aki atau Accu, Ban, dan Tune up Motor Rutin. Terkait tune up motor rutin ini, di Planet Ban, adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kok sebelum melakukan perbaikan. Jika memang setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

service motor

Apa yang Membuat Service Motor di Planet Ban Berbeda dari Bengkel Lainnya?

Teman-teman yang merupakan para pengendara perempuan dengan dominasi jenis motornya adalah matic, apakah sudah tahu bahwa di Planet Ban tersedia banyak pilihan oli motor matic dengan harga yang bervariasi pula? Ada banyak hal lain juga yang bisa kita temukan di Planet Ban dan tidak dapat ditemukan di bengkel lainnya. Apa itu?

Jadi begini, jika teman-teman melakukan servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. Sementara jika service motor rutin dilakukan di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Wow!

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Wah, buruan pada pengen ke Planet Ban kan jadinya~

Bagaimana teman-teman, sudah dicek kondisi kendaraan motornya? Sehat sehat-sehat semua mesin maupun berbagai komponennya ya!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

7 Comments

  • Lidya Fitrian 14 August 2023 at 12:23 pm

    Aku dong..termasuk pengendara motor yang concern banget soalnya service motor gini. Soalnya ya kita juga yang repot, kalau motor udah rewel ga pernah di-service

    Reply
  • Carajalani 14 August 2023 at 12:24 pm

    Perempuan pengendara motor juga perlu nih tahu yang ada di tulisan ini supaya bisa mengurus kendaraannya sendiri.

    Reply
  • Idah 14 August 2023 at 12:31 pm

    kalau service motor emang harus ke bengkel terpercaya macam planet ban ya, kak. hasil lebih nyaman dan jaminan memuaskan.

    Reply
  • Achi Hartoyo 14 August 2023 at 12:47 pm

    Sering lihat info jual motor bekas, nah kalau sudah ada poin “pemakaian sebelumnya oleh perempuan”. Waduh.. biasanya calon pembeli bakal mikir dua kali tuh. Karena yang mereka tahu, kebanyakan pengendara perempuan gak aware untuk service motor. Padahal ya sekarang gampang, ke Planet Ban aja.

    Reply
  • Imawan 14 August 2023 at 12:51 pm

    Planet Ban sudah ada juga di Mataram Lombok? Wahh makin luas aja ya jangkauannya. Saya pikir baru ada di Pulau Jawa. Kalau gini sih, bakal sat set rajin ngurusin perawatannya si motor.

    Reply
  • Ria Fasha 14 August 2023 at 1:35 pm

    Semenjak bisa pake motor aku jadi lebih aware sama perawatan motor biar awet
    Bagus banget ya planet ban ini servicenya menyeluruh, semoga bisa ada jg dikotaku

    Reply
  • Nia W 14 August 2023 at 5:03 pm

    Tulisan yang informatif, meskipun saya nggak bisa nyetir motor tapi banyak temen-temen saya yang perempuan pengguna sepeda motor, memang sih nggak terlalu terawat motornya & rata-rata nggak terlalu tau tentang mesin motor. Bisa deh nih saya share tulisannya ke temen-temen pengendara motor di Mataram.

    Reply

Leave a Comment