5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Mobil

sewa mobil

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Mobil. Anda sedang berpikir untuk sewa mobil untuk keperluan tertentu? Menyewa mobil tentu merupakan hal yang wajar dan biasa dilakukan. Asalkan, Anda tidak sembarangan memilih jasa penyewaannya. Ketika Anda melakukan rental mobil, Anda perlu memperhatikan berbagai aspek. Hal tersebut semata-mata agar perjalanan Anda menyenangkan dan sesuai harapan. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan catatan atau sedikit tips untuk Anda. Yakni tentang hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa mobil.

Saya termasuk orang yang rutin menyewa mobil, baik itu untuk keperluan bisnis/kerjaan ataupun sekadar digunakan untuk jalan-jalan. Saat belum memiliki mobil, menyewa mobil menjadi salah satu solusi untuk bisa mengeksplor keindahan objek wisata di Pulau Lombok. Dengan menyewa mobil pula, setidaknya kita bisa menghemat tenaga (karena adanya driver) dan bisa menikmati istirahat sejenak di perjalanan. Namun, agar tidak salah pilih dan tidak timbul kekeliruan di kemudian hari. Maka penting untuk memperhatikan sejumlah hal berikut sebelum sewa mobil.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Mobil

1. Perhatikan Latar Belakang Penyewanya

Bisnis rental mobil ini belakang memang menjamur. Pemainnya banyak sekali. Anda tentu diuntungkan, karena memiliki banyak pilihan sebelum memutuskan. Namun, sebaiknya Anda memperhatikan latar belakang penyewanya. Dalam bisnis jasa, pengalaman sangat diperhitungkan. Ini juga nantinya akan sangat berpengaruh pada layanan yang Anda dapatkan selama proses booking berlangsung.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Pengguna Mobil

Ketika memilih mobil, sebaiknya pilih mobil yang memang sesuai kebutuhan. Jika penumpang hanya 3 orang, gunakan saja mobil 4 seat. Beda halnya jika penumpangnya lebih dari itu. Selain penumpang, perhatikan juga kebutuhan penyimpanan barang bawaan. Pastikan mobil yang Anda pilih mampu menampung barang. Jangan sampai mengorbankan kenyamanan di perjalanan akibat berdesak-desakan dengan barang bawaan.

3. Cek Terlebih Dahulu Kondisi Mobil yang Digunakan

Meskipun Anda misalnya menggunakan sopir dari pihak rental, Anda juga sebaiknya bertanya dan memastikan mobil dalam kondisi siap jalan. Apalagi, jika mobil tersebut akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Repot jadinya jika harus mogok di jalan. Hal ini menjadi lebih penting manakala Anda menggunakan opsi lepas kunci. Jika terjadi apa-apa di jalan dan Anda kurang paham dengan masalah mobil, bisa jadi bahaya kan? Maka, pastikan kondisi mobilnya segar dan bugar.

4. Pahami Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Meski umumnya penyewaan mobil punya syarat-syarat yang sama, namun mungkin saja ada perbedaan-perbedaan tertentu. Hanya yang pasti, syarat dan ketentuan ini perlu Anda baca. Hal itu karena keduanya merupakan pegangan selama proses sewa berlangsung. Jika dalam perjalanan terjadi hal-hal tertentu, maka syarat dan ketentuanlah yang akan menjadi pegangan. Meski terkesan sepele, namun ini akan sangat bermanfaat jika Anda lakukan.

5. Cari Tahu Tentang Layanan Apa Saja yang Bisa Didapatkan

Ketika Anda membayar untuk sebuah jasa, itu artinya Anda membayar untuk mendapatkan berbagai macam layanan yang dijanjikan. Oleh karena itu, Anda perlu membaca dan tahu apa saja hak Anda sebagai penyewa. Sangat disayangkan jika pemberi sewa memiliki banyak layanan yang bagus namun tidak Anda manfaatkan. Padahal, itu hak And lho! Apalagi jika layanannya oke-oke. Misalnya, ketika Anda menyewa bus lewat aplikasi TRAC To Go.

Dalam aplikasi tersebut, terdapat fitur dan layanan yang bisa didapat oleh konsumen. Diantaranya adalah layanan menambah jam sewa tanpa reservasi ulang atau membatalkan pesanan dengan pengembalian penuh. Anda bisa memanfaatkan keduanya tanpa ragu. Berbicara soal pelayanan, aplikasi ini juga sangat memudahkan Anda jika melakukan sewa mobil. Anda tak perlu datang ke lokasi dan cukup tunggu di titik penjemputan. Bayarnya juga gampang, karena memiliki banyak opsi metode pembayaran sesuai dengan level kepraktisan di mata Anda.

Anda bisa buktikan sendiri dengan mengunduh dan menggunakan aplikasinya melalui Google Play Store atau Apple Store. Tampilan aplikasinya juga elegan dan bikin nyaman ketika hendak melakukan proses rental.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum sewa mobil. Pastikan semuanya Anda lakukan agar perjalanan yang Anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

20 Comments

  • Dian 4 December 2020 at 1:50 pm

    wah benar mbak, aku pun saat akan sewa mobil juga melakukan lima hal yg mbak tulis itu

    ditambah cek harganya juga, pilih yg sesuai budget, hehe

    Reply
    • Rahmi 5 December 2020 at 1:04 pm

      Sekarang makin mudah aja yaaa mau sewa mobil bs pakai aplikasi pasti udah ada review2 pengguna juga ya yg bisa dijadikan patokan.

      Reply
  • Tanti Amelia 4 December 2020 at 5:48 pm

    Untuk sewa mobil memang sebaiknya kita cari yang terpercaya seperti ini ya mbak Andy – pengalaman kalo komplain pas ada apa apa di jalan, kalau wadahnya oke, penanganannya juga cepat

    Reply
  • Happy Dyah 4 December 2020 at 9:42 pm

    Tambah juga cek harga sewa mobilnya ya. Biasanya cari sewa mobil dapet dari rekomen temen-temen supaya terpercaya dan aman juga

    Reply
  • Evi 5 December 2020 at 9:03 am

    Sebelum menyewa mobil, agar acara kita tak berantakan, emang perlu banget cek dan ricek sebelumnya. Kan gak lucu banget tiba-tiba mobil mogok dijalan, misalnya, terus yangmenyewakan tak membantu..Duh amit-amit ya…

    Reply
  • Dedew 5 December 2020 at 9:38 am

    Iya sewa mobil jadi alternatif daku kalau mau jalan-jalan jauh lebih murah dan hemat tenaga ya Mbak..harus pilih tempat persewaan yang terpercaya..

    Reply
  • Abadi 5 December 2020 at 11:45 am

    Iya, benar, ini adalah alternatif yang memudahkan kita untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan atau bahkan ketika berlibur bersama keluarga sekalipun. Karena begitu pentingnya mengenai kondisi kendaraan yang kita gunakan jangan sampai mengganggu pekerjaan atau liburan. Its okay. Informasi bagus kk Tutut. 👍👍👍👌

    Reply
  • Ranny 5 December 2020 at 3:29 pm

    Selama rental mobil, emang perlu sih perhatikan siapa yang punya plus juga kondisi mobilnya. Bukan kenapa nanti kalau ada apa-apa di jalan tar kita yang repot.
    Salut untuk TRAC yang bisa diorder via aplikasi ya, jadi kita lebih dimudahkan.

    Reply
  • Keke Naima 5 December 2020 at 6:25 pm

    Terpercaya menjadi kunci utama. Karena kendaraannya terawat, cara ordernya pun mudah, dan lain sebagainya. TRAC udah pasti bisa dipercaya

    Reply
  • Ruli retno 5 December 2020 at 8:08 pm

    Aku senang sewa mobil kalo banyak pilihan jenis mobilnya dan jenis mobil terbaru hehehe. Biasanya lebih nyaman di kendarai ya. Pastinya yg latar belakangnya bagus jg sih

    Reply
    • Caroline Adenan 5 December 2020 at 11:09 pm

      Penting banget ya emang sblm sewa mobil harus tau dulu kondisi mobilnya, jgn sampe kita pakai mobil yg sudah gak layak pakai ya.
      Plus perhatikan juga usia mobilnya. Kalau bisa 5 thn terakhir.

      Reply
  • Kartika Nugmalia 5 December 2020 at 9:10 pm

    Karena memang belum punya mobil pribadi, untuk beberapa keperluan kami memang beberapa kali sewa mobil. makasih untuk tipsnya mbak. Bermanfaat banget.

    Reply
  • Nia Haryanto 5 December 2020 at 10:14 pm

    Nyewa mobil memang gampang-gampang susah. Tapi bener, tips di atas wajib dipake. Aku dulu pernah asal aja karena tampilan mobil yang layak bagus. Pas dipakai, eh rewel. Dan saat balikin, yg punya nyalahin kita. Huhuhu

    Reply
  • lendyagasshi 5 December 2020 at 11:07 pm

    Pernah juga, kak…pas suami rekomendasiin temen buat nyewa mobil di tempat langganan. Eeh, ternyata temennya gak amanah.
    Jadi gak enak memang kalau minjemin mobil ke orang lain yang gak kita kenal-kenal banget.

    Reply
  • Echaimutenan 6 December 2020 at 12:19 am

    Nah ini kadang kalau nyewa ga bener, yang rugi malah kita sebagai penyewa ya mak. pilih-pilih yang aman nyaman emang dibutuhkan biar kita makenya juga lebih aman.

    Reply
  • indah nuria 6 December 2020 at 12:27 am

    kita harus paham ya mbaa.. supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Thanks for the reminders

    Reply
  • ira duniabiza 6 December 2020 at 12:38 am

    iya bener, lebih baik mencari tahu darii awal tentang layanan yang disediakan ya biar ga kaget. Jangan sampai ternyata nanti di belakang ada biaya tambahan ini dan itu…

    Reply
  • Sapti nurul hidayati 7 December 2020 at 2:02 pm

    Setuju banget, musti paham s n k nya dan harus pilih yang benar-benar terpercaya. Mencari rekomendasi dari teman boleh juga. Seperti trac ini banyak yang bilang bagus layanannya.

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 9 December 2020 at 7:55 am

    Sangat memudahkan pengguna ya ini, bisa sewa mobil menggunakan aplikasi. Oke banget nih, kita jadi tahu fasilitas apa saja yang bisa didapat ketika hendak menyewa mobil.

    Reply
  • Dzulkhulaifah 10 December 2020 at 12:19 am

    Mungkin kalau sekarang bisa ditambahkan dengan mengecek kebersihan mobil sebelum digunakan, ya. Apakah sudah disemprot desinfekten dan sesuai dengan protokol kesehatan. Supaya perjalanannya nyaman.

    Reply

Leave a Comment