Things To Do di Candi Prambanan - Blognya Andy Hardiyanti

Things To Do di Candi Prambanan

candi-prambanan

Things To Do di Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Kompleks candi yang satu ini merupakan representasi akan tiga dewa utama bagi umat Hindu. Di mana ketiga candi utamanya dinamakan dengan Candi Siwa yang berada di tengah, Candi Wisnu dan Candi Brahma yang mengapit bangunan candi utama.

Belum lagi dengan beberapa candi kecil lainnya yang mengelilingi candi utama. Jika dihitung ada sekitar 240 candi yang ada di kompleks Candi Prambanan ini. Pastinya bisa dibayangkan betapa megahnya candi yang satu ini. Belum lagi dengan susunan batu yang masih rapi dan kokoh hingga saat ini. Pasalnya, memang candi ini selalu melakukan pemugaran setelah erupsi Gunung Merapi 2010 lalu.

Things To Do di Candi Prambanan

Selama berkunjung di Candi Prambanan ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Pastinya akan menambah kesenangan Anda. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di kompleks Candi Prambanan.

Menikmati Keindahan Candi

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan adalah menikmati keindahan Candi Prambanan. Di mana kompleks candi yang satu ini memang memiliki arsitektur yang sangat indah dengan alam yang memukau. Anda bisa menyaksikan keindahan candi dengan menyewa sepeda yang disediakan. Jangan lupa sempatkan untuk berfoto dengan latar belakang kemegahan Candi Prambanan.

Belajar relief candi

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di kompleks Candi Prambanan adalah menikmati keindahan relief candi yang terukir dengan indah dan rapi. Relief – relief tersebut menggambarkan cerita Ramayana dan kehidupan Krina. Untuk menikmati cerita Ramayana, Anda harus memulainya dari Candi Siwa, kemudian Candi Brahma dan Candi Wisnu yang terkahir.

Anda harus melakukan pradakshina, yakni berputar mengikuti arah jarum jam. Sedangkan untuk Candi Wisnu juga memiliki relief yang menggambarkan kehidupan Krena sebagai salah satu manifestasi Dewa Wisnu. Selain itu, ada juga relief pohon Kalpataru yang menggambarkan keserasian masyarakat Jawa dengan alam sekitarnya.

Bagi Anda yang memang ingin mendapatkan informasi lengkap saat ini akan relief di Candi Prambanan ini, bisa menyewa jasa tour guide yang disediakan.

Berkunjung ke Museum Joglo dan Istana Ratu Boko

Jangan lupa saat berkunjung ke Candi Prambanan untuk menyempatkan diri mampir ke Museum Joglo. Museum ini berada di sebelah utara candi dengan arsitekturnya Joglo yang masih kental. Di sini, Anda akan melihat berbagai artefak dan peninggalan bersejarah yang masih tersusun dengan rapi dan bagus. Mulai dari arca, patung dan bebatuan dengan nilai sejarah yang tinggi.

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus mengunjungi Istana Ratu Boko yang terletak di selatan kompleks Candi Prambanan. Di sini, Anda akan melihat bagaimana megahnya istana ini. Dengan berbagai 4 sekat untuk setiap ruangan.

Menyaksikan sunset di Candi Prambanan

Mungkin banyak beranggapan bahwa waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Prambanan adalah siang hari. Tapi jangan salah, Anda bisa menyaksikan keindahan candi yang satu ini saat sunset tiba. Di mana latar kompleks candi kokoh dihiasi dengan langit berwarna jingga kemerahan dan menjadikan pemandangan yang berbeda dengan lainnya.

Menyaksikan sendratari Ramayana

Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan adalah menyaksikan sendratari Ramayana. Pada hari – hari tertentu, Candi Prambanan memang mempertunjukkan kisah Ramayana yang kental akan unsur kebudayaan. Sendratari Ramayana sendiri merupakan kesenian Jawa yang menggabungkan unsur tari, musik dan drama dalam satu panggung. Kisah yang dibawakan adalah kisah Ramayana yang cukup terkenal.

Dalam kisah Ramayana sendiri, Anda akan menjumpai berbagai tokoh terkenal. Ada empat lakon yang ditampilkan dari sendratari Ramayana, yakni penculikan Sinta, misi Anoman menuju Alengka, kematian Kumbarkana hingga pertemuan Rama dan Sinta.

Untuk bisa menyaksikan sendratari Ramayana, Anda bisa berkunjung ke Candi Prambanan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Sedangkan harga tiket menyaksikan pertunjukan ini berkisar 125 ribu hingga 375 ribu rupiah. Pertunjukan akan dimulai pada pukul 10 malam. Jadi siap – siap untuk begadang menyaksikannya. Namun rasa kantuk akan hilang dengan kultur Jawa yang ditampilkan dan memukau siapa saja.

Itulah lima aktivitas yang bisa dilakukan selama mengunjungi Candi Prambanan. Jadi tidak hanya menyaksikan keindahan bangunannya saja.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment