Apakah Smartphone Cocok dijadikan sebagai Hadiah Ramadhan? - Blognya Andy Hardiyanti

Apakah Smartphone Cocok dijadikan sebagai Hadiah Ramadhan?

smartphone ramadhan

Apakah Smartphone Cocok dijadikan sebagai Hadiah Ramadhan? Bagaimana respon kalian ketika mendapatkan pertanyaan seperti itu, guys? Ya, Ramadhan yang akrab disebut sebagai bulan berkah sebentar lagi akan meninggalkan kita. Usai ramadhan, kita akan dipertemukan dengan hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Tidak jarang di hari kemenangan tersebut, banyak sanak saudara yang memberikan hadiah. Entah karena prestasi anggota keluarga yang kecil yang sukses menjalankan puasa penuh di tahun pertamanya. Atau sekadar reward atas perbuatan baik apapun itu yang dilakukan seseorang selama ramadhan. Biasanya sih hadiah yang diberikan dalam bentuk uang tunai, pakaian lebaran dan lainnya. Lantas bagaimana jika hadiah yang diberikan itu berupa smartphone? Menurut teman-teman, cocok gak ya?

Ah, masa smartphone dijadikan hadiah? Nanti malah kerjaannya main hp terus, entah itu nge-game atau eksis di instagram. Kalau punya hp baru, yang ada malah tidak fokus ibadah. Wajar jika kekhawatiran tersebut muncul di benak kita. Tidak bisa dipungkiri, smartphone kini dianggap lebih banyak mudharat dibanding manfaatnya. Tapi coba deh dipikir-pikir, apakah benar begitu? Bukankah hadiah lainnya, ketika tidak digunakan dengan baik justru akan membawakan mudharat pula? Sebaliknya, jika dimanfaatkan dengan benar bisa jadi kita bisa maksimal melakukan hal baik lewat sebuah smartphone. Memaksimalkan ibadah di bulan ramadhan dengan memanfaatkan smartphone, memangnya bisa? Bisa dong!

Apakah Smartphone Cocok dijadikan sebagai Hadiah Ramadhan?

Menurut saya pribadi, tentu saja cocok. Tapi kembali lagi pada pribadi yang menerima hadiah, serta niat sang pemberi hadiahnya. Insya Allah, jika dimanfaatkan dengan baik maka smartphone ini benar-benar jadi hadiah yang luar biasa. Ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan benda kecil nan canggih ini. Beberapa diantaranya yaitu: mengaji lewat aplikasi Al-Qur’an, menyimak video tausiah, berdonasi online, dan mempelajari agama lewat sumber-sumber digital. Masya Allah sekali bukan?

Baca Juga: Film Kalam Kalam Langit: Ajakan Mencintai Al-Qurโ€™an dari Pulau Seribu Masjid

Tentu poin-poin pemanfaatan smartphone tadi baru sebagian kecil saja. Di luar itu, masih banyak sekali hal-hal baik yang bisa dilakukan dengan si telepon pintar tersebut. Ah iya, menelpon maupun berkirim pesan singkat dengan kerabat/keluarga bukankah termasuk ikhitar menjalin silaturrahmi? Mengabadikan atau memotret panorama alam lewat kamera hp bukankah menjadi jalan mengagumi kebesaran Allah SWT? Belum lagi dengan teknologi ini kita bisa mendengarkan murottal lantunan ayat suci Al-Qur’an bahkan di saat sibuk bekerja. Aih, lagi lagi tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Smartphone menjadi bermanfaat, media untuk berdakwah dan mempelajari agama ketika kita memang menggunakannya dengan baik.

Rekomendasi Smartphone Murah untuk Maksimalkan Momen Ramadhan

Jika memang smartphone cocok dijadikan sebagai hadiah ramadhan, lantas rekomendasinya apa saja? Seperti yang kita ketahui, bahwa kini ada banyak sekali merk dan tipe hp yang beredar di pasaran. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Ada baiknya, kita memilih smartphone yang memang sesuai dengan kebutuhan kita atau orang yang ingin kita beri hadiah. Eh, memberikan hadiah untuk diri sendiri juga boleh kan?

Baca Juga: Manfaat Perkembangan Smartphone

Ya, penting bagi kita untuk memilih smartphone yang sesuai. Jangan sampai kita membeli yang harganya terlampau mahal, namun tidak bisa kita maksimalkan fungsi di dalamya. Jatuhnya jadi mubazzir, bukan? Ada baiknya pula jika kita banyak membaca referensi tentang smartphone yang sesuai dengan keinginan kita, sebelum benar-benar membelinya. Misalnya membaca informasi mengenai harga dan spesifikasi lengkap dari salah satu tipe Honor smartphone murah yang dipublikasikan oleh situs Kompas.com tersebut. Selain situs tadi, kita bisa pula mencari informasi melalui situs-situs berita dan teknologi lainnya, yang pastinya terpercaya. Tujuannya tidak lain adalah agar kita lebih paham dengan produk smartphone yang akan dibeli/dihadiahkan nantinya.

Berikut ini beberapa smartphone murah yang bisa saya rekomendasikan untuk memaksimalkan ramadhan kalian. Selain itu tentu saja, smartphone tersebut bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menjadikannya sebagai hadiah ramadhan untuk orang tersayang. Disimak yuk!

smartphone ramadhan

Honor 8A, Suara Lebih Jernih Bikin Nyaman dengan Murottal dan Kajian

Smartphone pertama yang saya rekomendasikan yaitu Honor 8A. Mengapa? Harganya sangat terjangkau, apalagi jika kita lihat ada fitur apa saja yang ditawarkan di dalamnya. Ya, dengan harga tidak sampai menyentuh angka 2 juta teman-teman bisa mendapatkan smartphone berkualitas ini. Adapun fitur-fitur yang ditawarkannya yakni: baterai 3020mAh, MTK MT6765, face unlock (buka kunci dengan wajah), RAM 3GB ditambah ROM 32GB, dual SIM dan EMUI 9.0. Selanjutnya untuk kamera, terdiri dari dua kamera. Dimana kamera depan beresolusi 8MP, bukaan lensa f/2.0, dan mendukung panjang fokus tetap. Sedangkan kamera belakangnya beresolusi 13 MP, bukaan lensa f/1.8, serta mendukung fokus otomatis (fokus fase).

Honor 8A hadir dengan dua pilihan warna yang sama-sama elegan, yakni biru dan hitam. Adapun untuk dukungan jaringannya, tersedia nirkabel (2G, 3G dan 4G), GPS dan konektivitas (USB 2.0, Bluetooth dan Wi-Fi). Layar smartphone Honor 8A tampil dengan jenis layar penuh Dewdrop 6.09โ€ dan peka terhadap beberapa titik sentuhan.

smartphone ramadhan

Hal yang menarik dari Honor 8A adalah karena kemampuan suaranya yang lebih jernih dari keluaran sebelumnya. Terbayang bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan ramadhan. Dengan suara yang lebih jernih, kita bisa lebih nyaman menghayati suara murottal dan kajian. Ah, betapa nikmatnya membiasakan diri mendengarkan hal-hal baik seperti itu. Saat menjelang tidur, sedang tertidur, di perjalanan maupun saat menyelesaikan pekerjaan sekalipun kita bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an serta kajian-kajian yang disampaikan oleh para ulama. Sungguh bermanfaat bukan?

smartphone ramadhan

Honor 10 Lite, Lancarkan Silaturahmi dengan Kualitas Panggilan yang Lebih Baik

Rekomendasi smartphone murah selanjutnya yaitu jatuh kepada Honor 10 Lite. Meski harganya masuk di angka 3jutaan, yaitu tepatnya Rp3.299.000,-, smartphone ini tergolong murah sebab memiliki banyak sekali keunggulan. Rasanya harga 3juta pun tidak sebanding dengan hal-hal menarik yang disiapkan oleh Honor melalui produk luarbiasanya tersebut. Mulai dari spesifikasi layarnya yang berukuran 6.21″ kualitas FHD, dengan rasio layar terhadap bodi lebih dari 90% atau 19,5:9.

Hal menarik yang ditawarkan oleh Honor 10 Lite adalah adanya sejumlah fitur Artificial Intelligence yang ditanam di dalamnya. Kemampuan kecerdasan buatan ini bisa kita lihat dari kecanggihan kamera dan kualitas panggilan telepon yang lebih baik. Kamera Honor 10 Lite bahkan sudah berlabel AI Camera, sebagai tanda bahwa kamera smartphone tersebut telah didukung teknologi AI atau Artificial Intelligence. Kamera AI disebut-sebut mampu mengenali sejumlah objek berbeda dan mengoptimalkan penyesuaian berdasarkan skenario/scene yang berbeda. Menarik bukan?

smartphone ramadhan

Selanjutnya, dengan Honor 10 Lite ini pula kita dapat berkomunikasi bebas hambatan. Ya, sesuai yang saya tulis di awal bahwa silaturahmi kian lancar dengan kualitas panggilan yang lebih baik. Saya yakin siapapun di sini pasti seringkali terganggu komunikasinya saat menerima panggilan di tempat yang ramai. Atau saat harus menghubungi keluarga/kerabat sementara sinyal ponsel sedang lemah. Nah, dengan adanya teknologi komunikasi yang disempurnakan AI, maka hal tersebut dapat diatasi.

Teknologi AI menjadikan Honor 10 Lite secara efektif dapat meningkatkan kualitas panggilan di lingkungan yang ramai/berisik, hingga di area dengan sinyal telepon lemah. Aih, mantap banget yaa. Sudahlah bisa menangkap gambar melalui teknologi AI pada kameranya, bisa pula menjalin silaturahmi via telepon tanpa ada hambatan.

smartphone ramadhan

Honor 8X, Belajar Banyak Hal Lewat Smartphone? Kenapa Tidak

Siapa bilang smartphone hanya dipakai untuk bermain game? Gak dong! Dengan smartphone, kita bisa mempelajari banyak hal. Baik lewat tulisan, gambar, hingga video. Termasuk pula belajar agama. Bukankah situs dakwah sekarang ini ada banyak banget? Demikian pula dengan kemampuan para ilustrator maupun fotografer, bahkan berdakwah pun bisa lewat gambar. Selanjutnya yang paling asyik nih yaitu menyimak video tausiah yang disampaikan oleh para ustadz maupun ustadzah favorit kita. Baik video tersebut tayang di channel milik mereka, maupun yang merupakan rekaman televisi dan ditayangkan ulang di situs portal video. Oh ya, menyaksikannya secara live streaming juga bisa!

Baca Juga: Channel Youtube Favorit Anak

Nah untuk mendukung pembelajaran itu semua maka dibutuhkan kualitas visual smartphone yang baik. Alhamdulillah, Honor 8X mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Desain layar lebar dengan ukuran body 5.5″ menjadikannya nyaman digenggam saat kita menyaksikan video tausiah misalnya. Selanjutnya layar dengan aspek rasio 19.5:9 dan kualitas visual yang tajam mampu memberikan kita pengalaman menonton terbaik. Ditambah lagi dengan adanya mode eye-comfort yang bertujuan mengurangi radiasi cahaya biru untuk mencegah mata lelah. Jadi lebih nyaman deh nyimak video tausiahnya. Ya kan?

Dari penjelasan di atas ternyata smartphone gak selalu buruk ya kan? Kembali lagi ke kita sebagai pengguna, memanfaatkannya untuk tujuan yang baik atau tidak. Untuk lebih memaksimalkan fungsinya dan tahu lebih banyak tentang smartphone Honor, teman-teman bisa lho bergabung di Honor Club. Honor Club ini merupakan forum tempat berbagi informasi seputar teknologi dan smartphone Honor, udah gitu sering ada bagi bagi hadiah pula di sana. Asyik kan?

Jadi apakah smartphone cocok dijadikan sebagai hadiah ramadhan? Saya tunggu pendapatnya di kolom komentar ya ๐Ÿ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

5 Comments

  • deddyhuang.com 31 May 2019 at 2:41 pm

    Kalau aku cocok Honor seri yang mana mbak andy ๐Ÿ˜ฌ

    Reply
  • Mugniar 1 June 2019 at 3:50 pm

    Mama Rani, Saya yang mana-mana mo, ndak nolak ji kalo dikasih. ๐Ÿ’•๐Ÿ’•๐Ÿ’•

    Reply
  • Amir 1 June 2019 at 4:50 pm

    Saya suka yang Honor 10 Lite karena memiliki kamera depan 24 mp yang sudah di bekali AI, pastinya foto akan terlihat sangat terang bahkan saat minim pencahayaan

    Reply
  • daeng ipul 12 June 2019 at 1:49 pm

    apakah cocok dijadikan hadiah lebaran?
    yaaa pasti sangat cocok! hahaha

    saya kirim alamat rumahku nah, hadiahnya ditunggu
    :p

    Reply
  • Baiq Rosmala 20 June 2019 at 2:56 pm

    cocok dong, enggak nolak kalau dikasih hadiah smartphone mah ๐Ÿ˜€

    Reply

Leave a Comment