Abhy Summer, Penyanyi Asal Bima NTB yang Menginspirasi

abhy summer

foto oleh @dwiyantoachmad/@indraganeza

Abhy Summer, Penyanyi Asal Bima NTB yang Menginspirasi. Abhy Summer adalah penyanyi asal Bima yang baru saja merilis album perdananya yang berisi sepuluh lagu pilihan bertajuk Black and Blue. Tak hanya jago bernyanyi, Abhy pun memiliki sejumlah talenta yang tentunya menginspirasi kita semua. Ya, pria kelahiran Raba Bima, 21 September 1988 ini senang menulis puisi, menciptakan lagu, serta baking! Abhy senang sekali membuat roti dan kue, dimana satu yang menjadi keahliannya yakni membuat eclair. Tahu eclair kan? Kalau kata Wikipedia sih eclair adalah salah satu varian kue susu/choux pastry berbentuk memanjang dengan isian aneka vla, dan dicelup ke dalam cokelat masak. Selain multi talenta, yang membuat saya salut dengan Abhy adalah karena pembawaannya yang humble, senang berkawan, serta perjalanan hidupnya yang menginspirasi. Penasaran seperti apa? Simak yuk!

Sebagian dari kita mungkin pernah menyaksikan rekaman tayangan X Factor Indonesia tahun 2015, di sana seorang bernama Muhammad Habib Salim tampil dengan suaranya yang khas, yang sangat berenergi. Sosok itu menyanyikan lagu milik Sting yang berjudul Englishman In New York. Ya, dialah yang sekarang kita kenal dengan nama Abhy Summer. Tidak memenangkan ajang pencarian bakat tersebut tidaklah menjadi soal baginya, nyatanya hingga kini ia masih terus berkarya. Hingga akhirnya beberapa waktu lalu berhasil merilis album pertamanya yang bertajuk Black & Blue.

Abhy Summer, Penyanyi Asal Bima NTB yang Menginspirasi

Meski sudah lama berkarir sebagai penyanyi, bisa dibilang sejak kemunculan album terbarunya, nama Abhy Summer semakin dikenal masyarakat. Terutama masyarakat NTB, terkhusus Bima, siapa sangka ada sosok penyanyi dari daerah kita sendiri yang kemampuannya luar biasa. Saya jamin, ketika teman-teman pertama kali mendengar lagunya (Family, misalnya), pasti akan mengira suara tersebut berasal dari penyanyi barat. Hahahah. Nyatanya ya memang, penyanyi barat, Nusa Tenggara Barat maksudnya.

Saya pribadi, baru di awal tahun 2020 ini mengetahui Abhy Summer. Berawal dari story di akun instagram seorang influencer Lombok bernama Mayacado. Seingat saya, saat itu Abhy sempat duduk nongkrong bareng di Caca Garden Cafe, atau di mana gitu, yang jelas sempat bernyanyi. Suaranya bagus sekali, saya sempat berpikir dia adalah penyanyi dari luar Lombok. Sampai ketika album Black & Blue dirilis, seorang teman blogger bernama Ajie turut membagikannya di halaman facebook dan menyebutkan bahwa Abhy berasal dari Bima NTB, aih..makin kagumlah saya. Satu per satu lagu di album barunya saya dengar, dan saya langsung jatuh cinta dengan lagunya yang berjudul Family. Jadi terbayang gimana kondisi suami saat bekerja di Gili Air beberapa tahun yang lalu. Saat harus pulang pergi Mataram-Gili Air untuk bekerja, sementara anak dan istri di rumah selalu meminta agar diam di rumah. Huhuhu.

abhy summer

foto oleh @dwiyantoachmad/@indraganeza

Siapa Abhy Summer dan Bagaimana Perjalanan Hidupnya

Arti dan Asal Nama Abhy Summer

Sejak mendengarkan lagu-lagunya, saya mulai mengikuti sejumlah akun media sosial yang dimiliki Abhy Summer. Sempat terpikir untuk mewawancarainya, ah tapi apa bisa, keluar rumah saja enggan di situasi seperti ini. Siapa sangka, tidak lama setelah saya follow, eh akun instagram saya di-folback sama beliau. Aha! Akhirnya ada jalan untuk membuat tulisan tentangnya, bermula dari kenalan di DM, hingga akhirnya saya mengajukan sejumlah pertanyaan via WhatsApp. Siapa sangka, Abhy Summer sangat humble, dijawablah pertanyaan-pertanyaan dari saya (yang ya ampun ternyata banyak banget), yang akhirnya bisa kalian baca di blog ini.

Lantas siapa Abhy Summer dan bagaimana perjalanan hidupnya? Nama Abhy adalah nama panggilan dari nama lengkapnya: Muhammad Habib Salim. Kemudian nama ‘Summer’ ia tambahkan sendiri, karena baginya, ia adalah anak Indonesia yang sangat suka matahari, senang berpanas-panasan. Selain itu, sejak dulu ada sebuah lagu anak-anak yang sangat disukainya dan menjadi penyemangatnya, yang berjudul Summertime. Maka jadilah nama Abhy Summer yang kita kenal sekarang.

abhy summer

Penyanyi dan Pencipta Lagu yang Cerdas Sejak Kecil

Sejak kapan Abhy senang bernyanyi dan siapa yang mengajarinya? Jawabannya adalah Abhy sudah senang bernyanyi jauh lebih dulu dari ia senang ngomong/berbicara. Tidak ada yang mengajarinya, ia senang saja bernyanyi. Bahkan ia berkisah, bahwa menyanyi telah menjadi penyebab ia pindah dari Taman Kanak-kanak (TK) ke bangku Sekolah Dasar (SD) hanya dalam waktu empat hari. Beughh..ini sih ngalah-ngalahin kelas Akselerasi. Jadi tahukah kalian, Abhy Summer ini masuk SD di usia 4 tahun lho. Untung zaman dulu yaa, kalau sekarang kan harus minimal berusia 7 tahun. Wkwkwkw.

Sebelum masuk Taman Kanak-kanak, Abhy kecil sudah menguasai atau menghafal banyak lagu. Dimana lagu-lagu yang dihafalnya tersebut bahkan mengalahkan apa yang diajarkan oleh gurunya kala itu. Saat duduk di bangku TK, tidak butuh waktu lama, ia sudah bisa membaca dan menulis. Bahkan ia sudah menghafal hingga perkalian 7! Masya Allah sekali yaa masa kecil Abhy Summer. Saya sampai membayangkan Tita, puteri kedua saya yang sebentar lagi berusia 3 tahun, bagaimana jadinya kalau setahun lagi berstatus murid kelas 1 SD alias masuk SD di usia 4 tahun seperti Abhy. Hahahaha, ya ampun mungil banget gak sih? Gak usah dibayangin deh kalau gitu. Lanjut ke Abhy, bagaimana jadinya mengikuti proses belajar bersama dengan teman sekelasnya yang jauh lebih tua? Katanya sih ya gak papa, dia bisa beradaptasi, dan mampu menyelesaikan pendidikannya.

Fasih Berbahasa Inggris, Hingga Sempat Disebut Native Speaker

Sepuluh lagu yang terdapat di dalam album Black & Blue, seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris. Adapun genrenya kebanyakan yakni R&B/soul. Saya malah menebak sebagian besar atau bahkan semua lagu yang diciptakan Abhy selama ini berbahasa Inggris. Ya, Abhy terdengar fasih sekali berbahasa Inggris. Pada sebuah status di halaman Facebook, seorang aktivis sekaligus peneliti asal Bima, Atun Wardatun, sampai terkagum-kagum dan sempat menyebutkan bahwa aksennya Abhy ini sudah macam native speaker saja.

Saat mewawancarainya via WhatsApp, saya sempat menanyakan hal tersebut. Sejak kapan sih Abhy bisa lancar berbahasa Inggris? Abhy bercerita bahwa di tahun pertamanya di bangku SMP, nilai pelajaran Bahasa Inggrisnya saat itu masih mentok di angka 7. Hingga suatu waktu, ia mulai belajar dengan tante/bibinya yang baru pulang dari pendidikan Master di Australia. Abhy banyak belajar darinya, terutama daily speaking, lebih kepada bagaimana berbicara, tidak seperti les-les kebanyakan ya karena dia tidak sedang les memang. Kemudian, kemampuan Bahasa Inggris Abhy juga semakin terasah ketika ia bekerja di Gili Trawangan dan Gili Air. Selama di sana, perbendaharaan katanya kian bertambah, dan mengenal slang (yaa macam bahasa gaul gitu kali ya?).

 

Menciptakan Lagu Berdasarkan Pengalaman Sendiri

But as long you’ll always hold my hand
Nothing can stop us, like the hurricane
We’ll fly away to the promise land
We’re gonna live forever
Nothing can stop us, as long we’re together
We’ll be happier, trust me darling everything will be better

Family, by Abhy Summer

Lagu pertama Abhy Summer yang saya dengar adalah Family. Sebuah lagu yang bercerita tentang seorang laki-laki yang harus bekerja jauh meninggalkan keluarga, menahan rindu untuk segera pulang ke rumah bertemu dengan istri dan anak-anak. Family awalnya tidak ingin Abhy publish, melainkan hanya didedikasikan untuk istri, anak-anak, serta keturunan mereka nanti. Namun pada perjalanannya, Abhy membutuhkan lagu itu untuk menyampaikan keluh kesah hati serta pesan seseorang yang seperti dirinya. Sebagaimana isi lagu Family yang telah saya ceritakan di awal paragraf ini. Ia yakin, di luar sana ada banyak sekali laki-laki yang sepertinya, yang rindu pulang, bagaimanapun perasaan tersebut disembunyikan. “Saya ingin kalian tahu bahwa keluarga itu penting. Merekalah yang bakal selalu menerima kita dalam keadaan apapun”, kisahnya.

Sepuluh lagu dalam album Black & Blue, sepenuhnya ia ciptakan sendiri. Di luar itu, tentunya masih ada banyak sekali lagu yang ia ciptakan. Selama ini, setiap kali ia menciptakan lagu, benar-benar berdasarkan pengalamannya sendiri. Tidak terpatok waktu, tidak ada sesuatu yang ia kejar. “Saya tidak hanya memperindah bahasa dalam membuat lagu, tapi saya berusaha menyampaikan pesan”, ungkapnya. Ia menambahkan bahwa bahasa yang indah lewat syair, pasti ‘ngikut aja’ kalau niat dan tujuannya jelas.

abhy summer

Lagu-lagu Abhy Summer Bisa Didengarkan Di Mana?

Lantas di mana kita bisa mulai mendengarkan lagu-lagu yang diciptakan serta dinyanyikan oleh Abhy Summer. Ah, tenang saja, di zaman serba digital sekarang ini kalian cukup mengakses sejumlah aplikasi streaming musik seperti Spotify maupun Joox, mau lihat video/video liriknya pun bisa dengan mengakses YouTube. Cari dengan kata kunci: Abhy Summer. Jangan lupa like, share, dan subscribe ya gaes! Kalau tidak mau ketinggalan dengan update-annya, follow saja akun instagramnya di @abhysummer.

Aih, tidak terasa obrolan kami panjang sekali, itu sebabnya saya membaginya menjadi dua postingan blog. Agar teman-teman tidak lelah membacanya, dan bisa betah menyelesaikan baca satu per satu tulisan. Tulisan pertama yang kalian baca sekarang adalah perkenalan dengan Abhy Summer, di tulisan berikutnya saya akan lebih membahas tentang albumnya yang baru saja dirilis, yaitu Black & Blue.

Terima kasih kepada Kak Abhy Summer yang sudah meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan saya yang sungguh masih pemula dalam melontarkan pertanyaan, dan juga kepada teman-teman yang sabar menyelasikan membaca 1000 lebih kata dalam postingan berjudul Abhy Summer, Penyanyi Asal Bima NTB yang Menginspirasi ini.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

21 Comments

  • Jarwadi MJ 23 July 2020 at 7:26 pm

    rocker ini nampaknya, enak banget dengerin lagu yg disisipin dari youtube ini

    Reply
  • Diyah Ifada 23 July 2020 at 11:07 pm

    Lagu Family bagus banget yaaa. Sumses untuk Abby Summer.

    Reply
  • Mugniar 23 July 2020 at 11:23 pm

    Masya Allah, kereeen … semoga bisa ngetop seindonesia dan semancanegara dan banyak fans serta job-nya.

    Reply
    • Mugniar 26 July 2020 at 12:10 am

      Pernah di X Factor Indonesia tahun 2015 rupanya ya … belum juara tapi sudah bagus banget

      Reply
  • Vivi 24 July 2020 at 7:43 am

    Saya baru dengar lagu abhy summer ini, begitupun penyanyinya.
    Genrenya pun kayak lagu barat ya mba..

    Reply
  • winda - dajourneys.com 24 July 2020 at 4:51 pm

    Semoga semakin banyak yang mendengarkan lagu-lagunya ya, jadi Indonesia bisa ikut go International 🙂

    Reply
  • BayuFitri 24 July 2020 at 8:05 pm

    Wah baru tau sy..tp suaranya oke punya dan genre lagunya unik biasanya klo pnya ciri khas spti ini bisa mendunia nih.. semoga deh ya..

    Reply
  • Nurhilmiyah 25 July 2020 at 11:06 am

    Abhy Summer ya, kirain emang bule Mbak ternyata org Bima ya, wah bangga deh orang Indonesia punya prestasi bernyanyi yg bagus seperti Abhy ini, cusss dengerin Family di Spotify ah

    Reply
  • Dian Restu Agustina 25 July 2020 at 8:09 pm

    Abhy Summer..lagunya enak didengar, easy listening
    Salut dan bangga. Satu album diciptakan berdasarkan pengalaman.
    Anak muda yang berpotensi dan berprestasi.
    Sukses buat Abhy Summer..
    Ditunggu kelajutan kisah Abhy ya Mbak Andy

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 26 July 2020 at 11:37 am

    Aku baca dari awal hingga akhir enggak skip loh. Bagus sekali nih tulisanmu Mba, mengangkat penyanyi dari NTB yang karyanya layak sekali untuk mendunia.

    Reply
  • Lidya 26 July 2020 at 11:39 am

    Sebagai pecinta cokelat aku tau banget eclair mbak, bikin ah eh kok jadi oot krn baa makanan 😀
    Kepoin suaranya Abhy Summer ah. Multitalenta ya Abhy serba bisa

    Reply
  • indah nuria 26 July 2020 at 11:42 am

    aku belum pernah mendengar mba ..langsung aah cari online dan dengar lagunyaaa

    Reply
  • lendyagasshi 26 July 2020 at 12:47 pm

    Salut sama penyanyi asal NTB dan bisa berjuang di kancah permusikan Indonesia yang terkenal ketat seleksi alamnya.
    Kalau karya bagus, memang selalu ada tempat di ruang hati penikmatnya.

    Reply
    • lendyagasshi 28 July 2020 at 1:45 pm

      Waah…kagum sama warna suaranya yang rocker abiisss…
      Bener yaa…penyanyi itu harus luwes.
      Ini pronouncenya enak banget.

      Reply
  • Gina 26 July 2020 at 1:14 pm

    Penyanyi berbakat dan multi talenta yg dimiliki oleh NTB dan indonesia. Diumur yg masih muda, semoga makin sukses

    Reply
  • Mpo Ratne 26 July 2020 at 3:51 pm

    Abhy summer jadi ingat penyanyi dangdut yang juga sama sama dari kota Bima, NTT. Biarpun berada di Indonesia bagian timur memang memiliki suara indah dan khas

    Reply
  • Farida Pane 26 July 2020 at 7:51 pm

    Beneran berbakat deh, kayaknya, ya. Semoga berkah selalu buat abhy summer.

    Reply
  • Rahmah 27 July 2020 at 12:09 am

    Pengen sekali rasanya bertemu sekalian ajarin nyanyi nih anak.anak supaga seninya ada juga

    Reply
  • Ameliasepta 27 July 2020 at 8:28 pm

    Wah aku langsung dengerin kak dan suaranya emang asik bener duhh. Multitalenta banget yah kak :33

    Reply
  • Ida Tahmidah 28 July 2020 at 6:57 am

    Wuih keren nih suaranya, pantas jg dikira native speaker ya..pronounciation nya bagus bagus… Semoga sukses nih Abhy layak mendunia…

    Reply
  • Monica Anggen 28 July 2020 at 1:53 pm

    Baru tahu namanya dan langsung browsing dong. Ternyata suaranya emang oke banget ya dan nyanyi bahasa Inggris juga bagus banget pengucapan lirik-liriknya

    Reply

Leave a Comment