Media Player Terbaik, Ya VLC Media Player - Blognya Andy Hardiyanti

Media Player Terbaik, Ya VLC Media Player

media player terbaik

Media Player Terbaik, Ya VLC Media Player. Bingung mencari media player terbaik yang berjalan pada semua platform, gratis, dan memutar sebagian besar codec. VLC Media Player adalah jawabannya. Sebenarnya saya sudah lama mengenal aplikasi keluaran Video LAN Project ini. Tapi entah mengapa baru kepikiran untuk menuliskannya. Salah satu alasannya yaitu karena saya baru menyadari bahwa VLC Media Player bukan sekadar pemutar media. Lebih dari itu, ada banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengannya, bahkan urusan mengedit sederhana bisa dilakukan di sini. Menarik bukan?

Media player terbaik. Jika sebelumnya andalan saya untuk memutar MP3 adalah Winamp, kemudian untuk video yakni Windows Media Player. Maka lain halnya sekarang. Ya, media player yang saya gunakan sejak awal menggunakan PC/laptop memang yang sifatnya aplikasi bawaan. Mana mengerti saya dulu perihal aplikasi lain, apalagi harus download dan install lagi. Hingga sekitar tahun 2006, kirakira saat duduk di bangku SMA dan mulai mengenal blog, saya pun mengenal yang namanya VLC Media Player. Sebuah aplikasi media player terbaik yang tidak membutuhkan banyak memori, gratis, dan mudah digunakan.

media player terbaik

Media Player Terbaik, Ya VLC Media Player

Aplikasi yang mampu berjalan pada semua platform ini pertama kali dirilis pada 1 Februari 2001. Sudah lama sekali, bukan? Saya pun terbilang terlambat mengetahuinya, sekitar lima tahun setelah dirilis. Betapa gak up to date-nya saya. Hiks. Kalau teman-teman gimana? Ada yang sudah mengenal VLC di tahun-tahun pertamanya dirilis gak? Oh iya, sekadar informasi bahwa setelah dirilis perdana pada tahun 2001, VLC Media Player kemudian merilis versi stabilnya di tangal 30 November 2017.

Lantas apa sih yang bisa kita lakukan dengan aplikasi dengan ciri khas warna jingga ini? Dari namanya saja yakni media player, maka sudah jelas aplikasi tersebut digunakan sebagai pemutar media. Baik berupa video, maupun audio. Dengan kemampuan memutar sebagian besar codec, tanpa membutuhkan paket codec. Dimana codec merupakan singkatan dari code-decoder atau compressor-decompressor, digunakan untuk menjelaskan segala sesuatu yang mengubah data ke dalam bentuk lain untuk disimpan, serta mengubahnya kembali untuk dapat digunakan. Selain sebagai pemutar media audio maupun video, VLC juga dapat digunakan untuk beberapa hal, seperti: mengapus suara (mute), sebagai screen recorder, dan lainnya. Sebelum membahas lebih lanjut, tentu lebih baik kita mengetahui dulu bagaimana cara memasang aplikasi ini di PC, laptop, maupun smartphone kita.

media player terbaik

Download VLC Media Player Resmi, Gratis!

Bagaimana cara memasang aplikasi media player terbaik VLC di laptop, pc, maupun smartphone kita? Caranya sangat mudah. Download VLC Media Player resmi secara gratis melalui situs https://www.videolan.org/vlc/ , setelah halaman tersebut terbuka, langsung saja klik tombol berwarna orange atau jingga seperti pada gambar di atas. Selanjutnya kita tinggal mengikuti step by step, seperti saat memasang aplikasi pada umumnya. Jangan khawatir, karena VLC tersedia untuk semua platform. Mulai dari Windows, Mac OS X, Ubuntu, Android, hingga iOS. Komplit bukan? FYI, hingga postingan ini ditulis, total sudah ada 45juta lebih pengguna yang mengunduh aplikasinya.

Keunggulan VLC Media Player

Kenapa sih postingan ini berjudul Media Player Terbaik, Ya VLC Media Player? Tentu ada alasannya yang membuat saya yakin bahwa VLC memang nyaman digunakan dan mempunyai sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi lain. Lantas apa sajakah keunggulan dari VLC Media Player?

media player terbaik

Aplikasi Portable yang Mendukung Codec Lebih Lengkap

Keunggulan aplikasi VLC yang paling dikenal adalah dari segi kelengkapan codec yang dimilikinya. Dimana dengan keunggulan tersebut, VLC dapat memutar nyaris seluruh atau sebagian besar jenis berkas audio maupun video yang ada, seperti: MPEG-2, MPEG-4, H.264, MKV, WebM, WMV, dan lainnya. Oh ya, untuk diketahui bahwa program multimedia player ini sangat portable. Sebab dapat digunakan untuk memutar berkas multimedia, mulai dari yang tersimpan dalam komputer/laptop/ponsel, keping CD/DVD, hingga untuk streaming di internet.

Gratis dan bersifat Open Source

VLC merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh VideoLAN Project. Sebuah proyek dan organisasi nirlaba (non-profit organization). Maka wajar jika VLC Media Player disediakan dan bebas kalian download secara gratis. Tidak ada biaya yang perlu dibayarkan. Namun pihak mengembang akan sangat welcome jika ada dari kita yang hendak berpartisipasi dengan memberikan donasi melalui situs mereka. Ya, aplikasi yang dipublikasikan oleh PortableApps.com (John T. Haller) dan VideoLAN tersebut menyebut dirinya “completely free“. Tidak perlu khawatir menggunakannya, karena memang gratis dan aman. Tidak ada spyware, tidak ada iklan, juga tidak ada user tracking atau pelacakan pengguna.

Selain gratis, VLC juga bersifat open source, yang berarti sistem pengembangannya tidak dikoordinasi oleh suatu individu/lembaga terpusat. Akan tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama mengembangkan source code yang tersebar dan bebas diakses (dengan memanfaatkan fasilitas internet).

Fitur Tambahan Super Lengkap

Aplikasi media player terbaik dengan ukuran file 9.8MB (download) dan 16.3 MB (installed) ini di balik kesederhaannya, ternyata memiliki fitur tambahan super lengkap. Beberapa diantaranya yakni adanya kemampuan subtitle, melakukan proses edit video sederhana (trim atau potong video, menghilangkan suara pada video, dll), convert video dari satu format ke format lainnya, screen recorder, membuat filter, dan masih banyak lagi. Bahkan aplikasi yang tersedia dalam 53 bahasa (termasuk Bahasa Indonesia) tersebut dapat pula dijadikan sebagai server untuk kebutuhan streaming pada jaringan lokal dan internet.

Sejauh ini sih saya menggunakan VLC Media Player untuk menyaksikan film, kartun anak, ataupun file audio dan video lainnya yang ingin ditonton. Apabila dimanfaatkan secara maksimal dan dipelajari lebih baik lagi, tentu akan ada banyak kelebihan aplikasi ini yang kita temukan. Berdasarkan pengalaman, saya bisa menyimpulkan bahwa inilah media player terbaik yang layak teman-teman gunakan.

Bagaimana dengan teman-teman, apakah menggunakan VLC juga untuk menonton file audio video? Atau mungkin punya rekomendasi aplikasi/sistem yang lain? Share yuk di kolom komentar.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

56 Comments

  • NurulRahma 3 August 2020 at 10:41 am

    Asik nih kalo media player punya feature kayak gini
    Makin betah walo harus di rumah aja
    Wkwkwkwk

    Reply
  • diane 3 August 2020 at 3:46 pm

    Owh saya adi pengen pake VLC nih..haha…biar lebih nyaman kalo dengerin musik atau nonton film/video. Apalagi bisa didownload gratis ya..

    Reply
  • Jiah Al Jafara 3 August 2020 at 5:23 pm

    Aku udah lama gak update Media Player. VLC boleh juga ya. Apalagi kusuka nonton. Yang pasti, gratis. Kusuka

    Reply
  • Nurul Sufitri 3 August 2020 at 6:54 pm

    Media player kayak gini bikin aku dan anak2 semakin betah di ruamh. Sepertinya fasilitas/ fiturnya beraneka ragam ya. VLC Media Player ini gretong jadi kuyakin banyak yang mau menggunakannya. Apalagi sikon pandemi yang di rumah aja, hiburan dan pendidikan bisa diperoleh dari media player tersebut.

    Reply
  • Lidya 3 August 2020 at 8:06 pm

    Tos dong mbak, laptopku juga pakainya VLC nih buat pemutar media playernya psssst yg download juga anak-anak sebenernya 😀

    Reply
  • Eryvia maronie 3 August 2020 at 9:07 pm

    Saya jarang nonton di laptop sih. Paling juga nontonnya di Netflix dan kebanyakan di bioskop atau televisi.

    Reply
  • masolo 3 August 2020 at 10:21 pm

    Nah iyah bener banget ini, karena bisa kompatible dengan file apapun.. dan ringan juga tentunya. Klo pmutar musik diriku masig setia dengan winamp, pemutar video yah pake vlc ini..

    Reply
  • Milda Ini 3 August 2020 at 11:52 pm

    Ya VLC Media Player, yeah in my home i using it too. if not it i cant watch drama and film, hahaha

    Reply
  • Mugniar 4 August 2020 at 12:03 am

    Ya ampun, saya ndak ingat apa nama aplikasi yang dipakai nonton video di laptop ini wkwkwk. Ok, noted deh yang ini. VLC Media Player ya namanya

    Reply
    • Uniek Kaswarganti 6 August 2020 at 8:06 am

      Sama kok mba, aku ya jarang ingat player di laptop atau komputer tuh pake apa hehehee… Jadi kepikiran pengin instal VLC ini, banyak kelebihannya ternyata ya.

      Reply
  • winda - dajourneys.com 4 August 2020 at 1:13 am

    jadi pengen cobain VLC media player, buat nonton drakor asik nih kayaknya ya?

    Reply
  • Melina Sekarsari 4 August 2020 at 1:35 am

    Aku pakai VLC juga. Tapi nggak ingat sih kapan masangnya, ya? Hahaha … Atau memang ada beberapa perangkap yang sudah auto terinstall aplikasi ini?

    Parahnya ya, aku nggak paham loh ternyata multifungsi banget bisa buat mengedit segala. Fix, mesti diotak-atok nih biar tahu letak keajaibannya di mana.

    Reply
    • diane 4 August 2020 at 9:21 am

      wahiya.. selama ini. aku juga cuma buat dengerin/nonton aja.. ternyata bisa buat ngedit juga yak..

      Reply
  • Ade UFi 4 August 2020 at 12:12 pm

    Ini media player favorit saya. Tapi saya baru tau looh kalau bisa buat convert media. Itu yg updatean terbaru kali ya? Jadi mau update deh VLC dirumah

    Reply
  • lianny hendrawati 4 August 2020 at 2:51 pm

    Duh aku apalagi nih, gak up to date juga, gak tau tentang VLC Media Player ini. Ternyata banyak kelebihannya ya, bisa edit video segala. Pasti banyak yang pakai nih, apalagi kan gratis 😀

    Reply
  • Faridilla Ainun 4 August 2020 at 3:10 pm

    Kalau nonton di laptop atau komputer, VLC memang selalu jadi pilihan dari dulu. Untuk baca file yang subtitlenya terpisah pernah bermasalah pakai aplikasi lain, tapi kalau VLC jarang bermasalah

    Reply
  • Hidayah Sulistyowati 5 August 2020 at 12:38 am

    Ya ampun, aku baru tahu tentang VLC Media Player. Bisa diakses di tv android gak sih? Coba deh besok cari dulu

    Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas 5 August 2020 at 10:44 am

    Aku langsung mempraktekan dong karena emang lagi pengen cari apps media player gitu, karena selama ini belum nemu yang pas.

    Reply
  • nyi Penengah Dewanti 5 August 2020 at 12:54 pm

    tos mba Andy aku juga make VLC ehehehe
    dulu sebelum tau VLC bawaannya sebel banget soalnya tampilan yang onoh ga enak. Eh kenal VLC segalanya enak, dan enteng pula

    Reply
  • lendyagasshi 5 August 2020 at 1:17 pm

    Aku nurutan aja apa yang diinstalin sama orang laptopnya.
    Tapi sepertinya sekarang aku pakai Media Player Classic Home. Mungkin ada juga pilihan menggunalan VLC yaa…

    Reply
    • lendyagasshi 6 August 2020 at 12:40 am

      Aku jadi inget player ini aku pakai saat aku kuliah.
      Iyaa, nyaman banget…karena musikpun bisa menggunakan player VLC.

      Reply
      • lendyagasshi 8 August 2020 at 8:28 pm

        Kalau pakai VLC ini subs nya langsung nempel atau harus digeret dulu, kak?
        Nonton jadi nyaman kalau tinggal rebahan, hihii~

        Reply
  • Uniek Kaswarganti 5 August 2020 at 1:47 pm

    Aku ga begitu mudeng dengan video player yang ada di laptop mba. Pokoknya asal setel aja trus ngikutin defaultnya hehehe… biasa emak2 gaptek. Tapi dengan artikel ini jadi tau deh ttg VLC Media Player. Ntar tanya pak bojo ah minta diinstalin. 🙂

    Reply
  • Indah Nuria 5 August 2020 at 1:53 pm

    Aku udah lama pakai VLC mba dan sepertinya sekarang makin oke ya fitur – fiturnya

    Reply
  • Nurul Mutiara R.A 5 August 2020 at 1:58 pm

    Di komputerku aku juga pakai VLC mbak sebagai media player. Emang aku sukanya dia tuh gak berat. Jadi kalau mau nyetel drakor atau lagu pasti cepet banget munculnya. Lha dulu aku pakai media player lain malah ngebug dan gak jalan

    Reply
  • Lina W. Sasmita 5 August 2020 at 8:44 pm

    Ini aplikasi kesukaan aku seaktu pakai hp lama. Suka banget sewaktu nonton drakor nyaman banget menggunakannya. Nah begitu ganti HP eh lupa install karena udah jarang nonton lagi.

    Reply
  • Milda Ini 5 August 2020 at 8:47 pm

    yess, i do donwload media player like this, done yaaa

    Reply
  • Noorma 5 August 2020 at 10:11 pm

    Lhaa aku ua sukanya gini kok apalagi sangat membatu dan penuh kejutan:)

    Reply
  • andiyani achmad 5 August 2020 at 10:40 pm

    wah akutuh beneran gaptek nih, beneran bagus ya mba VCL, jadi mau cobain juga

    Reply
  • Utie adnu 5 August 2020 at 11:00 pm

    Udah download dong kak ini memang Media Player Terbaik, VLC Media Player
    Aplikasi yang mampu berjalan pada semua platform jadi ngebantu bnget

    Reply
  • Aswinda Utari 5 August 2020 at 11:38 pm

    Kalau dilaptop biasa pake vlc. Kalo di smartphone apa adanya aja dah. Wkwk. Tp baca ini jd pengen download

    Reply
    • Aswinda Utari 8 August 2020 at 11:26 pm

      Seriusan dulu lg zaman kuliah selalu pake ini pas nonton video clip boyband kesukaan

      Reply
  • Rahmah 5 August 2020 at 11:42 pm

    Wah sudah berapa lama ya aku ga aktifkan VLC lagi sejak lebih sering pakai HP
    Beda saat kuliah dulu, lebih sering depan leppy dan VLC jadi favorit

    Reply
  • nyi Penengah Dewanti 6 August 2020 at 12:06 am

    Dari jaman di warnet sampai sekarang VLC tetap idola ternyaman. Fitur komplit dan enak. Rekomendasi banget.

    Reply
  • Demia 6 August 2020 at 8:00 am

    Aku juga pakenya VLC. Waa kayanya aku belum update deh ini, mau cobain update juga aaah nanti hehehe

    Reply
  • NurulRahma 6 August 2020 at 10:23 pm

    Wah, kece nih VLC
    Kudu di-update biar makin seruuu!

    Reply
  • Nurul Sufitri 7 August 2020 at 3:05 pm

    Wiw, aku ga tau tentang media player ini hihihihi tapi karena baca tulisan mbak, aku jadi oooh..begitu hehe. Apalagi gratis ya VLC ini sepertinya kudu kukepoin. DI rumah aja makin asyik deh. Mau download juga ah. TFS.

    Reply
    • Suciarti Wahyuningtyas 7 August 2020 at 11:30 pm

      Aku dong habis baca ini langsung download karena emang pengen banget nyari media player yang oke.

      Reply
      • Diane 9 August 2020 at 12:57 am

        wah aku juga tertarik nih..apalagi bisa buat edit2 hehe jadi gak cuma buat nonton aja ya

        Reply
        • nyi Penengah Dewanti 10 August 2020 at 7:38 am

          VLC emang terbaik ya, fiturnya soalnya lengkap aku yang suka denger lagu cocok make ini bikin playlist tinggal dengar

          Reply
  • Latifika Sumanti 7 August 2020 at 5:38 pm

    Cuma perlu 16 GB , lumayan kecil jadi ga memberatkan smarthphone ya Mba. Jujur ga ngerti banget karena bukan pecinta film aslinya, cuma akhir-akhir ngisi me time selain nulis emang mulai ngelirik film dan drama, hihihi. Subtitle nya banyak juga yaa… Jadi pengen nyoba deh Mba

    Reply
    • Hidayah Sulistyowati 9 August 2020 at 12:38 am

      Aku juga jadi pengen nyari media player yang kece ini, bisa nonton film yang keren juga pastinya ya. Cuss deh meluncur ke website VLC Media Player buat baca lebih detil

      Reply
  • Evi 8 August 2020 at 12:11 am

    Di komputer saya juga tertanam VLC Media Player. Sepertinya diatur default oleh anak saya. jadi ketika buka video aplikasinya langsung aja nyember hehehe

    Reply
  • Nanik Nara 8 August 2020 at 6:27 am

    saya pakai VLC media player juga buat mutar file video. Kalau pakai bawaannya laptop, loadingnya lama

    Reply
  • Rina Susanti 8 August 2020 at 8:31 pm

    Mau akh coba download . Selama ini download di laptop jd rempong

    Reply
  • Nia Haryanto 8 August 2020 at 9:11 pm

    Laptop lamaku pake VLC. Tapi laptop yang sekarang enggak. Kepengen deh install lagi. Suami belom sempat aja installin. Aku kudet urusan install laptop. Emang iya sih, aku paling suka pake VLC.

    Reply
  • Echaimutenan 8 August 2020 at 10:47 pm

    Aku dah lama ga pake ini dari jaman dulu kala ya masih bertahan 😍😍 biasanya pake bawaan windows

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani 8 August 2020 at 11:30 pm

    Saya menggunakan media player bawaan dari laptop aja. Belum pernah nyobain pakai media player VLC

    Reply
  • Noorma 10 August 2020 at 5:54 am

    Aku setuju mbak. Aku juga kalo ngajar pake media player ini loh. Karena ringan

    Reply
  • lita chan lai 10 August 2020 at 3:21 pm

    Aku jarang buka laptop tapi lihat VLC yg gratis download jadi tertarik nih buka di Laptop.
    Kalau pake hape takut kepenuhan memorinya.

    Reply
  • Ivonie 10 August 2020 at 5:16 pm

    saya malah baru tahu soal VLC media player ini mbak, secara biasa yang utak atik kayak gitu suami, saya tinggal siap pakai saja hehehe

    Reply
  • Ima satrianto 10 August 2020 at 7:05 pm

    Ya ampuunn aku udh lama banget ga update media player, ingetnya cuma winamp dulu, wah perlu cobak nih..

    Reply
  • indah nuria 11 August 2020 at 1:28 am

    VLC tuh memang andelan dari dulu ya mbaaa… dan aku suka pakainya juga karena praktis

    Reply
  • Erin 12 August 2020 at 7:40 pm

    Aku lebih suka nonton di VLC, mba. Lebih asyik dan jernih suaranya.

    Reply
  • Eni Martini 12 August 2020 at 11:40 pm

    Aku ga paham nih vidio player di laptop wkwkw. kalau nonton juga tahunya di TV aja pakai media lainnya

    Reply
  • Munasyaroh 14 August 2020 at 9:42 am

    Ada beberapa video di laptop daya yang tidak bisa dibuka pakai VLC ini, berhubung gaptek gakvtau penyebabnya jadi install aplikasi video lainnya. Yakni GOM PLAYER

    Reply

Leave a Comment