Advan Tab Belajar, Solusi Pembelajaran Daring Bagi Para Pelajar - Blognya Andy Hardiyanti

Advan Tab Belajar, Solusi Pembelajaran Daring Bagi Para Pelajar

advan tab belajar

Advan Tab Belajar, Solusi Pembelajaran Daring Bagi Para Pelajar. Adakah solusi pembelajaran daring bagi para pelajar agar prosesnya berlangsung nyaman dan menyenangkan? Advan Tab Belajar jawabannya. Sejak masa pandemi ini, sepertinya kita dihadapkan pada banyak kebiasaan baru. Kondisi yang tidak memungkinkan serta sebagai antisipasi agar hal-hal yang lebih buruk tidak terjadi, membuat kita semua harus melakukan segalanya dari rumah. Ayah dan ibu yang setiap pagi bersiap berangkat ke kantor, kini tidak perlu lagi kemana mana. Demikian pula dengan anak-anak, para pelajar yang selalu memberi salam saat hendak berangkat sekolah. Ya, kini semua harus bekerja dan belajar berbekal koneksi wifi maupun paket data. Bukan itu saja, tentunya perangkat atau gadget pun wajib ada.

Suasana tahun ajaran baru kali ini benar-benar berbeda dari biasanya. Setiap pagi hingga siang hari, selama Senin hingga Sabtu (meski kebanyakan hanya sampai Jumat), para pelajar harus terhubung dengan internet. Ya, masa pandemi menjadikan proses pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau akrab dengan istilah belajar online. Pembelajaran daring ini pun bervariasi penerapannya, bergantung pada kebijakan masing-masing sekolah. Namun pada intinya, para pelajar membutuhkan perangkat belajar (laptop, tab, maupun hp) serta koneksi internet untuk dapat terhubung dengan kelas atau pengajarnya.

advan tab belajar

Advan Tab Belajar, Solusi Pembelajaran Daring Bagi Para Pelajar

Saya bersyukur karena jauh sebelum masa pandemi ini, pekerjaan saya memang tidak lepas dari internet. Jadi Insya Allah, perangkat semacam laptop dan smartphone pun memang sudah lama dimiliki. Perangkat itulah yang kini setiap pagi hingga siang hari digunakan oleh si sulung saya, Rani, untuk mengikuti pembelajaran daring. Memang sih, kelasnya tidak menerapkan cara belajar full online atau semacam belajar via zoom maupun google classroom gitu. Jika dibandingkan dengan sekolah lain, saya bersyukur sistem pembelajaran daring di sekolah Rani ini jauh lebih santai. Malahan lebih cocok jika disebut setengah daring, setengah luring. Ya, sistem pembelajarannya hanya menggunakan grup whatsapp serta sebuah situs belajar online yang sepertinya digunakan secara pribadi oleh sekolahnya. Artinya, tidak ada sekolah lain di dalam situs belajar tersebut.

Belajar Daring: Kadang Asyik, Kadang Bikin Pening

Hanya lewat grup whatsapp dan sebuah situs belajar online? Sepintas terlihat lebih ringan yaa. Nyatanya saat dijalani, ya sama saja repotnya. Urusan mengisi daftar hadir via chat whatsapp itu  bisa dibayangkan bukan, gimana ribetnya? Saat awal penerapan pembelajaran daring tersebut, saya mencoba untuk melakukannya secara sambilan. Sambil Rani belajar, sambil sesekali saya menyelesaikan pekerjaan. Tapi tentu saja tidak bisa! Hahahaha. Mana bisa fokus jika seperti itu. Meski Rani menggunakan smartphone, dan saya dengan laptop. Sulit rasanya membagi fokus seperti itu. Apalagi ia baru duduk di kelas 3 SD, yang mana memang benar-benar butuh didampingi saat belajar. Saat saya harus menggunakan smartphone, eh di saat yang sama dia juga harus membuat rekaman video hafalan surah, misalnya. Jadi supaya benar-benar fokus, saya pun memutuskan untuk memulai bekerja saat jam pelajaran Rani telah usai.

advan tab belajar

Advan Tab Belajar, Solusi Pembelajaran Daring Bagi Para Pelajar

Kadang terpikir juga, gimana ya solusi pembelajaran daring agar prosesnya lebih nyaman dan menyenangkan. Rani bisa belajar dengan perangkat gadgetnya sendiri. Belajar secara mandiri, meski tetap dalam pantauan saya. Namun tidak perlu berbagi perangkat dengan ibunya, tugas-tugasnya tidak perlu bercampur dengan file yang ada di memori saya. Dia pun bisa lebih terbiasa berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya, serta mengeksplor menu-menu yang tersedia di situs belajar onlinenya. Tanpa harus terganggu dengan saya, ibunya, yang juga menunggu giliran bekerja. Ingin sekali membelikannya gadget untuk digunakan belajar dengan tetap aturan penggunaan dari kami orangtuanya pastinya. Tapi hari gini emangnya ada, perangkat untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah dengan harga yang murah?

Eh ternyata ada dong.. pas banget nih karena Advan, sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia (brand lokal euy!) merilis produk barunya yang bernama Advan Tab Belajar. Gadget ini dirilis sebagai solusi pembelajaran daring agar prosesnya lebih nyaman dan menyenangkan. Para pelajar di mana saja bisa lebih optimal mengikuti proses pembelajaran, karena spesifikasi Advan Tab Belajar yang luar biasa ini:

  • Layar berukuran 8 inch dan beresolusi HD
  • Kamera depan maupun belakang dengan resolusi masing-masing 5 MP, serta mendukung mode pemotretan malam
  • CPU Octa-Core yang didukung RAM 3GB dan ROM 16 GB.
  • Batere berkapasitas 4.300 mAH mendukung waktu pengoperasian yang lebih lama
  • Sudah support jaringan 5G, teknologi Wi-Fi generasi terbaru, dan Bluetooth 4.2.

Berapa Harga Advan Tab Belajar?

Lantas berapa harga Advan Tab Belajar dengan sejumlah keunggulan spesifikasi yang disebutkan tadi? Tenang saja, orangtua tidak perlu khawatir, karena tablet murah ini dibanderol dengan harga Rp1.499.000,-. Makin hemat karena ditambah voucher cashback sebesar Rp 100.000. Jadinya kalian hanya perlu membayar seharga Rp1.399.000. Itu saja? Gak dong.. untuk 100 orang pembeli pertama, dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan 17 Agustus, bakal mendapatkan bonus kuota paket data 360GB dari Smartfren. Ingat yaa.. untuk membelinya secara eksklusif hanya di Tokopedia.

Advan Tab Belajar, Tablet Murah dan Edukatif

Tidak hanya itu, sebagai tab murah nan edukatif, Advan Tab Belajar juga sudah dilengkapi sejumlah aplikasi sebagai solusi pembelajaran daring. Dimana tersedianya layanan Kelas Pintar Regular, yaitu solusi belajar online dengan metode pintar, personal, dan terintegrasi. Ada ribuan materi belajar, latihan soal serta ujian untuk jenjang SD, SMP, dan SMA, yang terdapat di dalamnya. Benefit lainnya yakni disediakan pula modul latihan soal online yang lengkap serta telah disesuaikan dengan kurikulum terbaru yang dapat diakses gratis selama satu bulan. Materi yang diberikan terdiri dari latihan soal ulangan harian, latihan soal ujian semester, latihan soal ujian nasional, kuis, dan tryout. Paket benefit senilai Rp825.000,- tersebut bisa kita dapatkan secara gratis! Aihh, komplit banget deh!

Selain berharap bisa memberikan tablet murah ini untuk mendukung pembelajaran daring Rani. Saya juga berharap Advan Tab Belajar, Solusi Pembelajaran Daring Bagi Para Pelajar juga bisa digunakan oleh lebih banyak anak di luar sana. Jika ada yang hendak membantu dengan memberikan perangkat belajar pada para pelajar yang harus belajar online, namun tidak memiliki kemampuan membeli. Maka tablet murah tadi bisa menjadi solusi.

Tetap semangat belajar ya semua~

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

11 Comments

  • winda - dajourneys.com 28 August 2020 at 6:16 pm

    wah ternyata selain harganya terjangkau, sudah dilengkapi dengan aplikasi pintar juga ya 🙂 hematnya dobel donk

    Reply
  • nchie hanie 28 August 2020 at 7:45 pm

    HAhhaaa, sejujurnya memang sekolah daring ini lebih pening, baik itu dari sisi anak sekolah atopun guru ( curhat temenku/sodara yang kebanyakn guru).

    Apalagi harus mempunya gadget yang mumpuni, untungnya ada Advan tab belajar, bisa menjadi solusi pjj lebih asik dan nyaman yaak, harganya pun friendly.

    Reply
  • Mugniar 29 August 2020 at 6:12 pm

    Advan ini tab belajar yang sepertinya akan bisa mengatasi drama, Mama … hm mungkin itu yang ada di benak Rani ya hehehe.

    Reply
  • Lidya 29 August 2020 at 9:30 pm

    Setiap rumah punya drama masing-masing selama pembelajran daring ya salah satunya rebutan gadget:) rebutan sama mamanya maksudnya hehehe

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani 29 August 2020 at 10:41 pm

    Belajar daring jadi lebih nyaman menggunakan advan tab ya…
    Karena layarnya lebih lebar dibandingkan memakai ponsel. Harganya cukup terjangkau, juga.

    Reply
  • Ameliasepta 30 August 2020 at 12:32 am

    Banyak nih suka dukanya proses belajar dari rumah yah kak. Untungnya ada Advan dong yang memudahkan prosesnya, mana murce lagi ya kak. Nyaman di pakai nyaman di kantong deh :3

    Reply
  • Ida Tahmidah 30 August 2020 at 12:46 am

    Beberapa tahun yang lalu anak2 familiar banget dengan tab advan ini karena pernah punya. Harganya memang murah ya, itu salah satu alasan kenapa pilih advan. Sekarang asyik nih sudah terinstal ruang pintar yg membantu PJJ ya …

    Reply
  • Nia Haryanto 30 August 2020 at 8:15 am

    Bagus ya tabnya. Pas deh buat belajar daring anak-anak. Biar gak terlalu kecil kayak di hape. Mengurangi mata perih dan cepet lelah karena sering BDR. Aku rekomendasikan ke bapaknya anak-anak ah. BDR ini kan kayaknya bakalan lama, anak-anak kasian kalo BDR-nya via hape terus.

    Reply
  • Kurnia amelia 30 August 2020 at 8:25 am

    Iya harganya termasuk yang terjangkau banget sih dibawah 1,5 jt dapat benefit banyak juga dah gitu dapur pacunya juga cocok buat anak-anak PJJ.

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 30 August 2020 at 1:31 pm

    Tepat sekali nih solusi penyediaan tab belajar ini. Jadi anak tak hanya menerima tugas dari guru via WA terus mengerjakan di buku tugas, udah kelar. Ga ada belajarnya deh untuk saat ini. Semoga aja dengan Advan tab belajar, anak-anak makin bergairah untuk mengikuti pelajaran.

    Reply
  • lendyagasshi 31 August 2020 at 12:29 am

    Anak-anak memang bermacam-macam karakter yaa, kak…
    Tapi aku bersyukur sekali tinggal di kota yang belajar dari rumah bisa dilaksanakan dengan baik, apalagi punya Advan Tab Belajar.
    Semoga semakin semangat belajar dan latihan mengerjakan soal.

    Reply

Leave a Comment