Daftar GoFood untuk Kembangkan Usaha Kuliner Lebih Cepat - Blognya Andy Hardiyanti

Daftar GoFood untuk Kembangkan Usaha Kuliner Lebih Cepat

daftar gofood

Daftar GoFood untuk Kembangkan Usaha Kuliner Lebih Cepat. Punya usaha kuliner namun belum dikenal luas? Ingin mulai memanfaatkan layanan pesan antar makanan online? Daftar GoFood solusinya. Ya, pada zaman teknologi informasi seperti ini, adalah hal yang wajib bagi setiap pelaku usaha untuk memaksimalkan segala dukungan yang ada. Salah satunya yakni dengan memastikan bahwa produk makanan maupun minumannya dapat dipesan oleh siapa saja secara online. Dengan begitu, pelanggannya tidak lagi terbatas pada mereka yang datang berkunjung ke lokasi usaha. Usaha pun akan berkembang jauh lebih cepat.

Suatu hari saya datang ke lokasi usaha kuliner seorang teman. Produk yang dijual yaitu serabi dengan aneka jenis topping. Ini bukanlah kali pertama saya mencoba serabi, baik itu versi tradisional maupun modern. Menariknya, usaha kuliner milik teman tersebut punya rasa yang berbeda dari yang pernah saya coba. Garing pinggiran dan lembut bagian tengah serabinya dapat banget. Saya pikir, sekadar lidah saya saja yang cocok. Nyatanya saat saya bawa ke rumah untuk dicicip oleh ibu, beliau pun berpendapat yang sama. Lezat. Sayangnya, lokasi usaha serabi yang saya sukai tadi terbilang jauh dari rumah. Belum menggunakan layanan pesan antar makanan online pula. Jika ingin membelinya, satu-satunya jalan ya harus datang ke lokasi usahanya.

Daftar GoFood untuk Kembangkan Usaha Kuliner Lebih Cepat

Sayang sekali karena saya sangat yakin bahwa rasa kuliner yang dibuatnya akan cocok dengan lidah masyarakat secara umum. Berkali-kali saya katakan padanya, untuk daftar GoFood saja, agar usaha kulinernya dapat berkembang lebih cepat. Apalagi sekarang semakin mudah karena bisa daftar GoFood online. Mungkin ada banyak calon pembelinya di luar sana, yang penasaran ingin mencoba. Namun akhirnya mempertimbangkannya lagi mengingat lokasi usaha yang jauh jika memang harus membeli di sana. Nah, bisa dibayangkan bagaimana nantinya usaha yang ia jalankan? Bukan tidak mungkin hanya berada di titik itu saja. Syukurnya, tidak lama kemudian disanggupinya apa yang saya dan sejumlah pelanggan sarankan.

Sebagai seorang yang gemar wisata kuliner dan mencoba berbagai makanan/minuman baru. Setiap menemukan tempat usaha yang menunya pas di lidah saya, maka hal pertama yang saya lakukan biasanya adalah mengecek terlebih dahulu apakah usaha tersebut sudah terdaftar di aplikasi pesan antar makanan atau belum. Alasannya tentu saja karena saya lebih sering berada di rumah bersama anak-anak, jadi untuk urusan kulineran lebih sering memanfaatkan layanan food delivery saja. Sayangnya meski zaman sudah serba online begini, ternyata masih banyak usaha kuliner yang benar-benar hanya mengandalkan pengunjung yang datang dan makan di tempat (dine in) saja. Padahal tidak sulit lho sebenarnya mendaftarkan usaha ke layanan pesan antar makanan online begitu.

Cara Daftar GoFood, Mudah dan Bisa Dilakukan Secara Online

Lantas bagaimana cara mendaftarkan usaha kuliner di GoFood agar bisa lebih berkembang? Jangan khawatir, caranya mudah sekali asalkan kita benar-benar mengikuti tahapan yang ada. Simak baik-baik ya, berikut cara daftar gofood online:

  1. Unduh aplikasi GoBiz pada smartphone Anda.
  2. Klik menu daftar GoFood.
  3. Isi data usaha seperti yang diminta, yakni: nama pemilik usaha, KTP, NPWP, alamat lokasi usaha, serta foto dengan ukuran file maksimal 3MB.
  4. Isi info pembayaran, yaitu: nomor rekening bank dan atas nama siapa. Penting diketahui bahwa nama di KTP dan nama di buku tabungan haruslah sama.
  5. Isi informasi terkait outlet.
  6. Tunggu informasi dari pihak GoFood. Jika sudah aktif, usaha kuliner Anda sudah terdaftar di GoFood dan mulai bisa memanfaatkan layanan pesan antar makanan online.

Saat proses daftar GoFood, agar teman-teman tidak harap-harap cemas menunggu proses pengaktifannya. Maka penting bagi kita, selaku calon mitra usaha, untuk mengetahui tahapan pendaftaran GoFood. Adapun tahapannya yaitu:

  1. Daftarkan usaha kuliner via bit.ly/joingofood (merupakan tahapan pendaftaran yang dilakukan di pembahasan di atas)
  2. Dokumen pendaftaran yang telah diberikan akan diverifikasi terlebih dahulu oleh tim Gojek dan membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja.
  3. Apabila verifikasi diterima, maka mitra akan diminta menandatangi kontrak perjanjian elektronik melalui DocuSign.
  4. Proses pembuatan akun GoFood dan GoBiz oleh pihak Gojek yang membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja.
  5. Masuk ke aplikasi GoBiz menggunakan nomor ponsel outlet untuk mengaktifkan akun GoBiz.
  6. Setelah 24 jam, login ulang ke akun GoBiz, dan kita pun siap kembangkan usaha kuliner lebih cepat dengan GoFood.

Pentingnya Mengembangkan Usaha Kuliner dengan Daftar GoFood

Berkaca dari pengalaman usaha serabi seorang teman pada pembahasan di atas, sebenarnya apa sih manfaat dari layanan pesan antar makanan online ini? Mengapa sih para pelaku usaha perlu mendaftarkan usaha kulinernya seperti cara daftar GoFood yang sudah dijelaskan tadi? Seperti yang kita ketahui bahwa kehadiran smartphone yang semakin ke sini semakin canggih, juga berpengaruh pada efektif dan efisiennya segala urusan. Sekarang bukan zamannya lagi ketika menginginkan seporsi makanan kita harus melulu mendatangi langsung lokasi usaha. Ada alasan-alasan tertentu yang membuat seseorang enggan harus keluar rumah atau meninggalkan kantor untuk sekadar menuntaskan keinginan makannya.

daftar gofood

Entah itu sedang ada kesibukan pekerjaan, tidak bisa meninggalkan anak di rumah, cuaca di luar tidak mendukung (hujan deras atau sedang panas terik misalnya), dan kondisi lainnya. Selanjutnya pertimbangan lain seperti waktu, biaya transportasi untuk menuju lokasi usaha, dan ya tentu saja promo. Itulah alasan-alasan mengapa calon pembeli lebih akrab dengan pembelian makanan melalui GoFood, ketimbang membelinya secara langsung.

Kita sebagai pelaku usaha atau pemilik usaha kuliner tentunya wajib menyesuaikan dan menjadi solusi atas masalah dari calon pembeli tersebut. Saat usaha kuliner kita terdaftar di GoFood, maka saat itu pula kita sudah berusaha mengakomodir kebutuhan para calon pembeli. Kita membuat usaha kuliner kita lebih berkembang, dengan memastikan lebih banyak pembeli yang dapat menikmati menu-menu yang disajikan. Itu dari sisi kebutuhan pembeli. Sedangkan dari sisi usaha kita sendiri, dengan terdaftar di GoFood maka tentu saja akan menjadikan transaksi usaha kita tercatat lebih baik. Tidak lagi tercatat manual.

Nah, bagaimana? Sudah siap daftar GoFood untuk Kembangkan Usaha Kuliner Lebih Cepat? Siap dong ya..

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

49 Comments

  • Okti Li 20 August 2020 at 11:51 pm

    Lebih mudah ya dengan sistem pendaftaran online ini. Yg penting kita sudah siap sedia semua persyaratan supaya masa aproval nya tidak lama…

    Reply
  • Bambang Irwanto 21 August 2020 at 9:00 am

    Go Food ini sangat membantu pelaku usaha kuliner ya, Mbak. Apalagi sekarang ada alat kasir juga dari Go-Biz yang multifungsi. Bisa promo, lihat alur pesanan, sampai print juga.
    Alhamdulillah dengan sistem pesanan online ini, usaha kiliner tetap berjalan, tapi tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi.

    Reply
  • Lasmicika 21 August 2020 at 10:19 am

    Coba dulu waktu saya jualan donat udah ada GoFood ya. pasti saya daftarkan gofood biar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

    Reply
  • Dian Restu Agustina 21 August 2020 at 2:50 pm

    Nah, bener banget ini, daftar GoFood akan mengakomodir kebutuhan para calon pembeli. Juga dengan terdaftar di GoFood maka transaksi usaha kita tercatat lebih baik, tidak lagi tercatat manual tapi sudah rapi seperti profesional. Memang keren GoFood ini, mudah pula daftarnya ya

    Reply
  • Icha Marina Elliza 21 August 2020 at 3:54 pm

    Kak Andy, ternyata join ke gofood gak susah ya.. saya jadi kepengen daftar juga nih.. hanya beberapa langkah saja ternyata… Terimakasih ya kak Andy.

    Reply
  • Susanto Madani 22 August 2020 at 7:38 am

    Saya punya usaha, uda niat banget mau buat gofood. Kemarin karena pandemi masih belum jadi. Sampek sekarang terus kelupaan.

    Karena baca tulisan ini jadi inget lagi, plus dapat panduan yang super lengkap. Beruntung banget. Terima kasih mbak..
    Sangat bermanfaat

    Reply
  • Ida Raihan 22 August 2020 at 9:19 am

    Kami ada rencana juga untuk mendaftarkan usaha kuliner ke pesan antar online gini, mbaca tulisan ini makin membuncah keinginan itu. Semoga segera terwujud. Makasih sharingnya Kak.

    Reply
  • Ruli retno 23 August 2020 at 2:37 pm

    Wah mudah aja ya caranya buat daftar gofood, memudahkan mereka yang mau jualan makanan

    Reply
  • Sarahjalan 23 August 2020 at 3:12 pm

    Makasih kak udah sharing tentang cara daftar gofood bisa buat aku rekomendasikan ke teman teman , sebab kasusnya sama jualan dia enak namun dia tak bisa selalu antar kalo ada yg mau beli..

    Reply
  • Emanuella Christianti 23 August 2020 at 3:48 pm

    Setuju banget Mbak, kalau punya bisnis kuliner memang kudu mempertimbangkan daftar jadi merchant gojek deh. Kemarin saya diceritain ibu kantin apartemen juga soalnya. Sejak pandemi, hotel sepi, jadi yg ke kantin berkurang, tapi orderan go food jalan teruuuuus….

    Reply
  • Abadi 23 August 2020 at 7:16 pm

    Makasih infonya kk Andi. Mantap πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘βš˜βš˜βš˜
    Sangat bermanfaat

    Reply
  • Indah Nuria 24 August 2020 at 12:46 pm

    Memang bisnis kuliner sekarang menjanjikan ya mba dan baik untuk dikembangkan bia gofood

    Reply
  • nchie hanie 24 August 2020 at 1:46 pm

    Bner banget Andy, jaman now kalo jualan harus kerjasama dengan gofood yaa, secara peminatnya banyak yang onlen pula dan gampanng banget dicari. Trus mudah juga cara2 gabungnyaa..

    Reply
  • Dian Restu Agustina 24 August 2020 at 2:03 pm

    Pembelian makanan melalui GoFood, ketimbang membelinya secara langsung, jadi pilihanku selama pandemi. Rasanya masih kuatir makan di tempat saat ini. Jadi lebih baik delivery…apalagi ada promo yang bikin hepi πŸ™‚

    Reply
  • Nurul Sufitri 24 August 2020 at 3:56 pm

    Sebagai penikmat makanan dan minuman, aku senang banget dengan keberadaan GoFood ini. Ternasuk sering order juga sih terutama saat pandemi corona, anak2 ngunyah terus hahaha. Ternyata mudah ya daftar GoFood ini jadi para pelaku usaha kuliner bisa menjual produknya dengan cepat dan mudah.

    Reply
  • Dian Restu Agustina 24 August 2020 at 7:15 pm

    Dari manual ke digital… terdaftar di GoFood akan menjadikan transaksi usaha tercatat lebih baik, tidak lagi tercatat manual tapi akan lebih profesional baik administrasi maupun operasional keseluruhan. Jadi makin berkembang pastinya dan sukses pun di tangan.

    β€”

    Reply
  • Mugniar 25 August 2020 at 12:37 am

    Pelaku UMKM harus tahu cara-cara ini sebelum mendaftar di GoFood.

    Reply
  • Putri Istiana 25 August 2020 at 7:28 am

    aku kemaren baru kepikiran buat daftar go food, tapi masih bingung karena aku jualan frozen food. bisa ga yaa daftar gofood

    Reply
  • Icha Marina Elliza 25 August 2020 at 11:04 am

    Memang di saat pandemi begini, buka usaha go food bisa jadi salah satu sumber penghasilan ya kak. Apalagi cara daftarnya gak sulit.

    Reply
  • Bambang Irwanto 25 August 2020 at 11:32 am

    Gojek sangat mempermudah bagi orang yang ingin membuka usaha ya, Mbak Amdy. Dengan daftar Gofood, maka akan bisa pakai alat kasir GoBiz. bahkan bisa mengajukan pinjaman modal lewat GoModal.

    Reply
  • Melina Sekarsari 25 August 2020 at 3:58 pm

    Dari sisi usaha, saya merasakan betul ada kondisi darurat yang saya tidak bisa elakkan. Nggak bisa keluar rumahnya tuh bener-bener. Entah kebangetan tengah repot atau malah sedang flu berat. Memesan makanan via Go Food tuh jadi penolong banget.

    Selain itu, terasa banget deh saat saya bisa membeli dagangan teman-teman satu komunitas dengan mudah karena dia sudah mendaftar ke Go Food. Jadi saya mendukung banget deh para pelaku usaha kuliner buat gabung juga.

    Reply
  • Melina Sekarsari 25 August 2020 at 4:02 pm

    Dari sisi usaha, saya merasakan betul ada kondisi darurat yang saya tidak bisa elakkan. Nggak bisa keluar rumahnya tuh bener-bener. Entah kebangetan tengah repot atau malah sedang flu berat. Memesan makanan via Go Food tuh jadi penolong banget.

    Jadi saya mendukung banget deh para pelaku usaha kuliner buat gabung juga.

    Reply
  • Faridilla Ainun 25 August 2020 at 4:46 pm

    Adanya go-food ini sungguh membantu pengusaha kuliner dalam mengembangkan usahanya ya…Mudah untuk bergabung dan juga banyak menyediakan kemudahan untuk mitranya

    Reply
  • Nurhilmiyah 25 August 2020 at 6:24 pm

    Teman saya baru saja aktif akun GoBiz nya wah keren lho…dari dapurnya aja bs jualan salad buah, gak perlu nyewa tempat usaha hehe

    Reply
  • Ophi Ziadah 25 August 2020 at 6:30 pm

    Sepakat mba
    Gofood emang solusi di masa pandemi kayak gini
    Solusi buat konsumen yang lg dibatasi ruang geraknya dna solusi buat pedagang buat memperluas market

    Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas 25 August 2020 at 9:57 pm

    Daftar GoFood tuh pilihan yang sangat tepat sekali menurutku, apalagi di kondisi seperti sekarang ini. Banyak teman-temanku juga yang usaha makanan di rumah sudah menggunakan GoFood untuk menjangkau lebih banyak lagi.

    Reply
  • Vivi 25 August 2020 at 10:16 pm

    saya salfok sama gambar pertama, martabak mini atau apa tuh namanya, lupa…
    hihi
    saya berdoa semoga para usawahan semakin lancar usahanya dengan adanya aplikasi ini dan gofood ya, aaamiiin ya Allah

    Reply
  • Tuty Queen 26 August 2020 at 6:05 am

    Usahaku udah terdaftar juga mbak di GoFood, Alhamdulilah banget proses daftarnya memang mudah banget

    Reply
  • Nathalia DP 26 August 2020 at 10:27 am

    Yup, sekarang ini usaha kuliner yang terdaftar di gofood jadi nilai tambah banget buat saya yang suka jajan tapi mager, hehehe…

    Reply
  • HM Zwan 26 August 2020 at 5:14 pm

    Go food ini sangat membantu ya mbk, baik untuk usaha cafe, warung ataupun usaha rumahan. Daftarnya juga lunayan gampang

    Reply
  • Larasatinesa 26 August 2020 at 7:16 pm

    Lagi berencana nih mbak buka usaha kuliner rumahan sama keluarga. Kan sekarang nggak harus punya cafe sama kedai dulu ya. Nah, buat bisa dikenal orang wajib banget daftar Gofood. Praktis banget ya daftarnya juga online.

    Reply
  • Erin 26 August 2020 at 9:50 pm

    Setuju mba mitra usaha itu harus menyesuaikan dengan kondisi pembeli. Di tengah pandemi seperti ini yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, mitra usaha harus memanfaatkan teknologi yang ada seperti gabung dengan gofood ini.

    Reply
  • Ria Rochma 26 August 2020 at 10:10 pm

    Tetanggaku jual pecel. Offline, jam 10 udah tutup. Tp kata beliau, pesanan di GoFood bisa sampai jam 10 malam

    Reply
  • BayuFitri 26 August 2020 at 10:18 pm

    menggunakan jasa GoFood nih membantu usaha pelaku umkm ya kak terlebih pandemi gini bnyk yg order menggunakan aplikasi

    Reply
  • Damar Aisyah 26 August 2020 at 10:21 pm

    Sistem penjualan online dengan GoFood ini tidak hanya memudahkan penjual dari segi pemasaran tetapi juga pencatatan transaksi penjualan. Sungguh sangat membantu pebisnis UMKM karena todak perlu merancang segala sistemnya dari nol.

    Reply
  • Milda Ini 26 August 2020 at 10:23 pm

    gofood make this product can be easy and fast to arrive to customer, should they using Gofood now. to support UMKM

    Reply
  • Nia Haryanto 26 August 2020 at 10:27 pm

    Iya banget, di era milenial gini, apalagi ada pandemi, kayaknya daftar jadi merchant GoFood itu keharusan buat para pengusaha makanan, ya. Meminimalkan pertemuan langsung dan bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Bahkan yang jaraknya jauh.

    Reply
  • Liswanti 26 August 2020 at 10:44 pm

    Semenjak kerja di resto jadi sering cari info daftar GoFood juga. Makanya pas pandemi dan temen buka usaha, aku suruh buat daftar GoFood.

    Reply
  • Yurmawita 26 August 2020 at 11:07 pm

    Masa Pandemi ini memang wajib nih para pengusaha daftar go food karena orang orang pada takut keluar rumah jadi mesti pesan online deh

    Reply
  • dhenok 26 August 2020 at 11:14 pm

    pengen banget punya usaha kuliner. yg ga ribet sih..krn ga bs masak πŸ˜€
    semoga terealisasi. lalu dafta onlen deh..

    Reply
  • Dedew 26 August 2020 at 11:24 pm

    Ternyata mudah ya untuk daftar Go Food ini, sangat membantu apalagi di masa ini orang belum keluar rumah dan lebih memilih pesan makanan online

    Reply
  • Aswinda Utari 27 August 2020 at 12:12 am

    Bener. Usaha kulinee perlu daftarin ke go food. Paling enggak supaya banyak yg kenal n tau. Kalau cm promosi sosmed gak cukup ya..

    Reply
  • lendyagasshi 27 August 2020 at 12:13 am

    Akutu terbantu sekali dengan adanya GoFood loo..
    Karena masak itu kegiatan yang paling melelahkan, hehhe…jadi kalau abis PJJ anak-anak, uda paling enak cari menu makanan yang ada di daerah sekitar rumahku.

    Praktis banget deeh..

    Reply
  • diane 27 August 2020 at 12:43 am

    GoFood salah satu hero ya di masa sekarang iini.. Jadi solusi juga buat yang gak bisa kemana2..Semoga dengan GoFood bnayak usaha yang bergerak kembali…

    Reply
  • Nanik Nara 28 August 2020 at 3:17 pm

    wah sama, saya dan teman-teman kantor seneng banget makan sego tempong di malang ini, sayang warungnya belum mau daftar gofood, jadinya kami pakai gosend kalau pesan makanan di sana. Jadinya ongkir lebih mahal.

    Reply
  • Fauziah Rachmawati 29 August 2020 at 6:47 am

    Alhamdulillah aplikasi ini tidak hanya bwrmanfaat bagi plaku usaha..tapi juga anak kos maca saya hehe

    Reply
  • Qoty Intan Zulnida 1 September 2020 at 9:54 am

    Buat yang punya usaha kuliner mah emang lebih baik dan lebih menguntungkan kalo daftar gofood… Pasar ya akan semakin meluas karena hampir semua orang sekarang pake go food

    Reply
  • Suri Ayu 8 September 2020 at 6:59 am

    Iyaa biar meminimalisir biayaa mending dftar online ajahh kerjasama dengan gofood hehehehe

    Reply
  • Ririe 13 September 2020 at 3:37 pm

    pilihan makanan dan minuman do GoFood semakin variatif, membantu bangett saat blank ide utk masak. problem solvingnya hunting makanan dr gofood deh

    Reply

Leave a Comment