Solusi Pembelajaran Daring, Berikut Tips Agar Tidak Bikin Pening! - Blognya Andy Hardiyanti

Solusi Pembelajaran Daring, Berikut Tips Agar Tidak Bikin Pening!

solusi pembelajaran daring

Solusi Pembelajaran Daring, Berikut Tips Agar Tidak Bikin Pening! Pada masa pandemi ini, semua aktivitas dipindahkan ke rumah, termasuk juga sekolah. Lantas, bagaimana solusi pembelajaran daring agar tidak bikin pening? Simak tipsnya di postingan ini yuk! Sejak diberlakukannya anjuran untuk #dirumahaja, maka otomatis seluruh aktivitas, baik kantor maupun sekolah, dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan). Perubahan yang berlangsung tiba-tiba tersebut memaksa kita semua untuk beradaptasi sesegera mungkin. Jika tidak, maka kita ketinggalan seluruh aktivitas yang tengah berjalan. Bekerja, belajar, hingga ujian, seluruh dilakukan dengan bantuan jaringan internet.


Bukankah kondisi praktis begini yang dulu sebagian orang pernah cita-citakan? Tapi ya kembali lagi, pasti ada positif dan negatifnya. Meski memudahkan, kondisi demikian tak jarang pula bikin kita pening. Pening karena berbagai masalah yang timbul dari proses pembelajaran daring ini. Entah karena mood si anak saat belajar, kesibukan ibu yang tentunya banyak-selain harus mendampingi anak belajar, dan yang lainnya. Untuk itu tips ini dibuat, agar pembelajaran daring jadi lebih menyenangkan dan pastinya gak bikin orangtua pun anak pada pening. Hahahaha. Simak yuk!

Solusi Pembelajaran Daring, Berikut Tips Agar Tidak Bikin Pening!

Saya masih ingat, bagaimana ketika kasus Covid-19 diumumkan untuk pertama kalinya di Indonesia, saat itu pula semua berubah. Sekolah si sulung saya, Rani, diliburkan. Demikian pula tugas saya sebagai pengajar ekstrakurikuler blogging di sebuah sekolah alam di Lombok. Untuk urusan sekolah Rani, saya sempat tenang, karena di beberapa bulan pertama ia dan teman-temannya tidak ada tugas sama sekali. Apalagi yang namanya sekolah online, gak ada tuh. Saya sampai bingung, dia gimana nanti belajarnya, padahal tidak lama lagi harus naik kelas 3. Sepertinya, sekolah tempat ia mengenyam pendidikan memang butuh waktu untuk menyesuaikan proses belajar mengajar. Rani pun naik kelas dengan mudahnya, tidak ada ujian, tahutahu kami orangtuanya dipanggil untuk terima rapor. Nilai rapor diambil dari tugas-tugas dan pemahaman anak, yang pastinya berlangsung sebelum masa pandemi.

Disiplin pada Jadwal Belajar Kelas Daring

Ketika masuk tahun ajaran baru, dikabarkan bahwa sekolah Rani akan melaksanakan pembelajaran daring. Saya sudah perkirakan sebelumnya, bahwa cepat lambat kelas seperti ini pasti akan diselenggarakan. Mau sampai kapan coba anak-anak gak masuk materi pelajaran? Kaget pastinya ya moms, setiap pagi hingga siang, dari Senin hingga Jumat (sekolah Rani sih sampai Sabtu) harus mengikuti pembelajaran daring.

Terus gimana tipsnya biar si anak tetap happy dan orangtua pun gak pening? Pertama, yaitu disiplin dengan jadwal belajar kelas daring yang telah ditentukan. Tidak semua kelas daring dilakukan via zoom atau google meet. Ada pula yang dilakukan di situs-situs tertentu, dimana anak-anak diminta membaca materi dan mengerjakan tugas sesuai rentang waktu yang diberikan. Nah, meski diberikan rentang waktu cukup panjang, ada baiknya untuk langsung kerjakan saja tepat bahkan di awal waktu. Sebab jika ditunda-tunda, maka berpotensi terlupa dan bisa bikin si anak pun malas-malasan mengerjakan.

solusi pembelajaran daring

Ciptakan Suasana yang Nyaman

Suasana nyaman bukan tentang segala sesuatu yang mewah kok. Bisa dengan menciptakan area belajar yang bersih, pencahayaan yang cukup, sirkulasi udara yang baik, dan pastinya tidak ada suara bising. Dengan begitu, anak-anak pun akan lebih fokus belajar. Pikirannya tidak terpecah dengan segala sesuatu yang mengganggu di sekitarnya. Jika ia memiliki saudara yang masih berusia balita atau berpotensi mengganggu kakaknya, maka solusinya bisa dengan memberikan worksheet atau lembar kerja pula pada si adik. Ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan lembar latihan mewarnai yang bisa moms unduh dan cetakkan untuknya.

Selain suasana yang nyaman, pastikan kondisi si anak pun sudah prima. Sudah mandi pagi dan sarapan. Jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan lagi. PR banget buat moms untuk selalu menjaga suasana hati alias mood anak, dan juga mood mamanya sendiri. Wkwkwk. Biar gak gampang marah ye kan?

Sepakati Aturan Penggunaan Gadget

Menyediakan gadget yang mumpuni juga merupakan solusi pembelajaran daring. Tapi tentu tidak semua orang bisa mewujudkannya, setiap keluarga memiliki prioritas kebutuhannya masing-masing. Maka yang saya tekankan di sini yaitu bagaimana menggunakan gadget yang ada dengan tetap membuat kesepakatan terkait aturan penggunaan. Bayangkan jika dalam sebuah keluarga, hanya tersedia satu atau dua unit gadget saja, yang juga digunakan oleh orangtua. Apabila si anak tidak diberikan pemahaman untuk bijak menggunakan gadget hanya saat jam belajar atau keperluan tertentu, maka bukan hal yang tidak mungkin mereka akan menghabiskan waktu dengan gadget tersebut. Digunakan berjam-jam untuk menonton channel youtube atau bermain game online misalnya.

Penetapan waktu ini bisa disampaikan sejak awal, bahkan lebih bagus lagi jika dibuat tertulis. Tentukan jam belajar online sesuai jam dari sekolah, lalu berikan sedikit waktu sesudahnya untuk anak refreshing. Lebih baik benar-benar dikasih kesempatan sebentar, dibanding benar-benar tidak dibolehkan untuk melakukan hal lain selain belajar online bukan? yang ada malah nanti, si anak akan sembunyi-sembunyi memainkan gadgetnya sendiri. Hal terpenting adalah sepakati jadwal pemakaian gadget dan tetap diawasi.

solusi pembelajaran daring

Solusi Pembelajaran Daring yang Tak Terhambat, Ya Koneksi Internet yang Cepat!

Namanya juga pembelajaran daring, ya hubungannya pasti pada koneksi internet. Bukan hanya untuk urusan kelas online si anak di rumah. Tetapi juga kebutuhan saya saat bekerja online sebagai seorang freelancer. Atau saat harus mengikuti kelas-kelas yang diadakan di ruang meeting Zoom misalnya. Gak perlu khawatir karena sekarang aku udah pakai kartu perdana Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel.

Harganya yang murah, koneksi internetnya kencang, dan kuotanya yang unlimited bikin seorang ibu rumah tangga bisa Gaya Terus Tanpa Batas, dengan mengakses berbagai informasi supaya bisa terus berkreasi di rumah, misalnya. Yupss.. koneksi internet cepat jadi solusi pembelajaran daring yang tak terhambat. Belajar daring tanpa gangguan, streaming video lancar, dan moms pun bisa mempelajari banyak hal sebagai sarana refreshing. Asyik banget yaa~

Yuk, langsung aja moms kunjungi outlet terdekat untuk beli Kartu Perdana Internet #UnlimitedMAX. Mulai dari Rp20 ribu aja kok udah bisa bikin kamu #GayaUnlimited.

Pembelajaran daring, bikin anak dan orangtua pening? Pastinya gak terjadi lagi. Semoga tips tentang solusi pembelajaran daring agar tidak pening di atas bisa membantu πŸ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

41 Comments

  • Cindy Vania 24 September 2020 at 3:20 pm

    Walau semua udah dijalanin, tapi sometimes ada kalanya bikin pening kepala. apalagi kalau anaknya ngerjain tugas barengan dan minta bantuan momnya disaat bersamaan. puyeng pengen kabur. HAHAHA

    Reply
  • Didit 24 September 2020 at 3:38 pm

    Sya jg di kantor, kalau sinyal wifi kantor lg lelet buat mengkuti daring pertemuan. #UnlimitedMAX dari Telkomsel obatnya. Semua masalah teratasi

    Reply
  • Lithaetr 24 September 2020 at 5:00 pm

    Saya setuju Bun, terkait membuat kesepakatan tentang penggunaan gadget. Soalnya anak-anak juga perlu diberitahukan kalau menggunakan gadget sesuai kebutuhan. Infonya mantap, Bun.

    Reply
  • Rach Alida 24 September 2020 at 9:43 pm

    Menurutku emang ya kedisiplinan ini penting. Bagaimanapun ini harus kita lalui dan anak anak harus kita tetap dukung dan semangati

    Reply
  • Muyassaroh 24 September 2020 at 10:02 pm

    Koneksi internet yang cepat ini penting banget. Untung udah ada unlimitedMAX dari Telkomsel. Jadi bisa tenang belajar online-nya..

    Reply
  • Caroline Adenan 24 September 2020 at 10:40 pm

    Sepakat banget sih ini soal penggunaan gadget, krn selama PJJ anakku di rumah main gadget teruuus :((

    Reply
  • Tanti Amelia 25 September 2020 at 6:42 am

    Dizzy because of the various problems that arise from this online learning process.

    Whether because of the child’s mood while studying, the mother’s busyness is of course a lot – besides having to accompany the child to study, and so on.

    It is fun to create the comfortable situation at home right!

    Reply
  • nurulrahma 25 September 2020 at 9:14 am

    Yeayy, kalo koneksi internet lancar, paling engga bisa mengurangi potensi emotional burn out ya mba, wkwkwkw
    Soalnya paling sebel tuh, kalo pas zoom ama gurunya trus koneksi pada mletat-mletot

    Reply
  • Maria Soemitro 25 September 2020 at 10:05 am

    wah senang banget dapat Internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel.

    Karena internet lelet dan ndut ndutan pastinya bikin pening

    Udah mah ngurusin anak-anak yang ngga mau diam, eh koneksi internet ngga stabil πŸ˜€

    Reply
  • Annie Nugraha 25 September 2020 at 10:22 am

    Jaringan inet yang lancar memang sangat mempengaruhi SFH ya Mbak. Kenyamanan belajar juga bisa dipengaruhi oleh poin penting ini. Semoga Un Limited Max dari Telkomsel jadi pilihan yang tepat untuk hal ini.

    Reply
  • Nanie 25 September 2020 at 2:15 pm

    Karena Ridwan ditunda masuk SDnya jadi sa nda rasa ji deramah-deramah pembelajaran online 😁 memang dih solusinya ya jaringan internet yg kencang

    Reply
  • katerina 25 September 2020 at 2:24 pm

    Problemku di rumah selama pandemi ini yang terkait dengan kegiatan anak2 belajar daring ya internet. Ga ada masalah sih, apalagi sering mengganggu, tapi pernah 1 atau 2 kali internet mati total karena kesalahan alat di rumah. Aku diserbu anak-anak, diteror sepanjang hari hahahaha Astaga, internet mati emaknya hampis kehabisan nafas wkwkw

    Dan bener banget, di situasi seperti sekarang, internet stabil dan ngebut adalah kunci sukses πŸ˜€

    Reply
  • Aisyah Dian 25 September 2020 at 2:30 pm

    Pembelajaran daring ini mau nggak mau memang buat emak-emak di rumah pening ya kak. Hihihi saya sih cuma mendengarkan curcolan teman-teman saya saja ikut pening apalagi kalau mengalaminya sendiri… Owh nooo “sabar-sabar” trims artikelnya kak izin ku share buat teman-temanku ya hihihi

    Reply
  • Susindra 25 September 2020 at 2:32 pm

    Belajar daring bisa dilakukan dengan ramah pada anak, kok. Hanya perlu pembiasaan saja. Dan tentunya koneksi internet yang cepat dan murah. Saya pakai data dari Telkomsel sejak pertengahan 2015 sampai sekarang.

    Reply
  • Siti Nurjanah 25 September 2020 at 4:23 pm

    Pembelajaran daring masih menjadi hal yang bikin mumet sebagian besar orang tua, mungkin karena belum siap dengan proses perubahan dan itu pasti tidak mudah. Nah, bener selain gadget yg menjadi prioritas adalah jaringan inet yang memadai

    Reply
  • Dian 26 September 2020 at 12:21 am

    Ahh mantul tipsnya…
    Tips ini membuat pembelajaran daring berjalan lancar…

    Reply
  • Dedew 26 September 2020 at 7:22 am

    Iya kelas daring lebih melelahkan ya bagi anak dan mamak, tapi memang harus dinikmati dan dijalani tanpa mengomel..koneksi internet juga kudu prima ya..

    Reply
  • Alfa Kurnia 26 September 2020 at 11:31 am

    Koneksi internet yang lancar emang penting banget untuk pembelajaran daring ya. Selain itu juga kesabaran ortu yang harus banyak stoknya.

    Reply
  • Ivonie 26 September 2020 at 8:42 pm

    displin waktu ini memang pengaruh banget, tapi buat anak yang masa peralihan dari TK ke SD kelas satu butuh waktu memberikan pengertian kalau sekolahnya daring

    Reply
  • Desy Yusnita 26 September 2020 at 9:00 pm

    Dimasa sekolah daring begini koneksi yang lancar memang sangat dibutuhkan ya Mba. Dan harus benar-benar memiliki komitmen dengan si kecil tentang penggunaan gadget

    Reply
  • lendyagasshi 27 September 2020 at 12:21 am

    Telkomsel selalu yang terbaiiikk~
    Aku kalau keluar rumah juga andalan pakai provider si merah ini.
    Nyaman karena koneksi selalu lancar tanpa hambatan.

    Reply
    • lendyagasshi 1 October 2020 at 1:13 pm

      Anak-anakku kadang bosan dengan pelajaran yang Ustadzahnya terlalu strict. Jadi sering sambil gambar, sambil apaaa…alesan ke dapur ambil minuman.
      Huhuu….antara kasian sama beneran bikin darting siih…

      Reply
  • Merida 27 September 2020 at 1:35 am

    Koneksi internet yang ga stabil adalah tantangan utama kami yang tinggal di pelosok, Mbak. Tapi kami masih tetap bersyukur, meskipun begitu sinyal tekomsel masih bisa kami andalkan.

    Reply
  • dee 27 September 2020 at 11:03 am

    Konsisten utk sepakat pemakaiam gadget yg gua kurang banget.. heuheu

    Reply
  • nchie hanie 29 September 2020 at 7:14 pm

    Hahhaaa, bagaimana hari ini kepala MAmak Andy Pening kagak?
    Moga udah meredam yaa, kan udah dapet kuota eeaa

    Tapi emang bener loh, koneksi tuh kebutuhan utama saat ini, kalo engga ku bisa ngomel2 juga di rumah kalo pas mati wifi

    Reply
  • Lidya 29 September 2020 at 9:47 pm

    Disipln pada jadwal ini juga hrus ada kerjasama antara guru dan pihak sekolah ya jadi orangtua di rumah bisa mengikuti jadwal yang ada

    Reply
  • Twitter: @iffiarahman 29 September 2020 at 10:34 pm

    Solusi yang pas tulisannya buat para pejuang daring nih πŸ™‚ yang jelas tetap jaga kesehatan dengan disiplin waktu

    Reply
  • Diah Woro Susanti 29 September 2020 at 10:37 pm

    Mantul tipsnya mbaakk..
    Emang ya pembelajaran daring itu suka bikin emosi level lima haha

    Reply
  • Indah Riadiani 30 September 2020 at 12:09 am

    Aku juga pake unlimitedmax mba, alhamdulillah wussh kenceng dan terjangkau pastinya…ga cuman pembelajaran daring ya…kerjaan apapun karena sekarang smuanya daring, koneksi internet sudah sama pentingnya kaya makan ya mba. Jd emang harus pilih yang terbaik

    Reply
  • Okti Li 30 September 2020 at 10:07 am

    Kalau di tempat saya masalahnya sinyal dan listrik yg sering mati. Jadi apapun provider nya, kuota full atau tidak tetap masih bermasalah kalau tiba-tiba listrik mati

    Reply
  • gina 30 September 2020 at 12:28 pm

    Keknya suka dan duka dialami oleh semua ortu dlm membimbing buah hati disaat proses daring atau PJJ deh….malah ad bbrp ibu yg viral disaat kepeningan melanda menemani dan mengajarkan anak di rumah. Klo aku mslh jaringan aja sih,,yg kdg bikin emosi

    Reply
  • winda - dajourneys.com 30 September 2020 at 1:15 pm

    bener mba, kasian anak2 teman sekelas anakku banyak yang berkacamata sejak PJJ ini πŸ™ harus di batasi penggunaan gadget dan televisinya

    Reply
  • demia 1 October 2020 at 1:12 am

    semangat terus buat semua orang tua yang lagi nemenin anak anaknya belajar jarak jauuuh, emang sedikit memakan waktu yaaa, semoga kondisi ini bisa segera berlalu

    Reply
  • Nia Haryanto 1 October 2020 at 8:00 am

    Duh iya, belajar daring ini beneran bikin pening ya. Huhu, aku cuma 1 anak aja, kelas 2 SD, rasanya pusing. Gimana yang banyak ya. Kalo yg SMA sih, udah bisa mandiri. Apa-apa bisa sendiri. Paling iya, ributnya kalo kuota habis dan sinyal timbul-tenggelam. Kalo itu tercukupi mah, lancar deh.

    Reply
  • Uniek Kaswarganti 1 October 2020 at 1:03 pm

    Masalah screen time ini jadi yang paling crucial emang mba kalau sama anak-anak. Penggunaan gadget untuk BDR kadang disalahgunakan untuk ngegames. Pas mengerjakan tugas barengan sama temannya loh di ruang tamu kan kadang enggak kutungguin, ya gitu deh. Gemeeess…

    Reply
  • indah nuria 1 October 2020 at 1:18 pm

    memang anak – anak harus kerap diingatkan yaa mba..soalnya sering malah ngga konsen karena mau main games terus

    Reply
  • Emanuella Christianti 1 October 2020 at 1:56 pm

    Tips terakhir memang paling bener deh, mau pembelajaran daring mau kerja daring kalau internet lacar kayanya uda setengah masalah terselesaikan ya…. Kalau lemot duuuhh, bikin esmosiiii πŸ™‚

    Reply
  • cicifera 1 October 2020 at 5:47 pm

    ah iya ini, PJJ bikin pening, wkwkwk.. bener mba, awal2 tuh anak masih lari sana-sini ga mau daring, tapi karena konsisten waktu dan daring di ruangan yang nyaman, anak jadi mau (walau tetep kasih umpan snack after pjj, haha)

    Reply
  • Rahmah 1 October 2020 at 10:39 pm

    Alhamdulillah karena selama pandemi dan PJJ jarang pening hahaha
    Mau coba ah paketannya kebetulan di rumah Telkomsel juga

    Reply
  • Ima satrianto 1 October 2020 at 11:11 pm

    Tipsnya boleh nih dicobain, tapi tetep saja ya, sekola online temennya cuma mamanya, hahaha, kalau sekolah beneran kan ada teman2

    Reply
  • Rizka Edmanda 3 October 2020 at 7:53 am

    Masa pandemi memang jadi tantangan bagi ibu ya dalam membersamai anak melakukan PJJ semoga selalu diberi kekuatan dan kesabaran ya untuk menemani anak belajar

    Reply

Leave a Comment