Spirusea by Organic Lombok, Produk Skincare Lokal Asli NTB

spirusea by organic lombok

Spirusea by Organic Lombok, Produk Skincare Lokal asli NTB. Pada tahu gak sih kalau di NTB sudah ada produk skincare lokal sendiri bernama Spirusea by Organic Lombok. Gak papa kok kalau belum tahu, karena saya sendiri pun baru tahu. Hahahaha. Padahal udah beberapa kali dengar namanya, sepintas aja, gak tahu kalau ternyata wow banget lho. Bangga gak tuh, di tengah ramainya dunia per-skincare-an, ternyata NTB udah punya produk sendiri. Gak asal produk pula, kalau menurut saya sih total banget. Baik dari segi bahan-bahan, packaging, serta tentu saja kualitasnya. Apa? Andy Hardiyanti bicara skincare? Dipakai gak tuh? Oh tentu saja, ini jadi salah satu keunggulan Spirusea: berhasil membuat saya lebih peduli akan kesehatan kulit. Ya jelas dipakailah~

Orang-orang terdekat atau bahkan followers yang bisa jadi gak kenal saya, pasti tahu kalau saya tuh jarang banget pakai skincare. Make up-an gitu kayaknya cuma dua kali deh, saat nikahan dan wisuda. Serius. Menurut saya ya make up-an itu ribet, baik sebelum apalagi saat selesai acaranya. Gak usah jauh-jauh ngomongin peralatan make up yang pasti saya gak tahu namanya, sekadar pakai skincare harian aja nggak. Palingan ya pakai facial wash alias sabun cuci muka dan bedak aja. Itupun bedak bayi! wkwkwk. Ketawa deh ketawa~ Terus gimana ceritanya jatuh cinta sama produk Spirusea by Organic Lombok?

spirusea by organic lombok

Spirusea by Organic Lombok, Produk Skincare Lokal asli NTB

Saya pindah dan mulai menetap di NTB, tepatnya di Pulau Lombok itu sejak April 2012. Dari sebuah kota besar yang bisa dibilang pintu masuknya Kawasan Indonesia Timur, ke kota Mataram, sebuah kota kecil yang menjadi ibukota Provinsi NTB. Dari sebuah kota dengan segala hiruk pikuk keramaiannya, geliat ekonomi yang luar biasa, ke sebuah tempat yang menurut saya cukup berbeda. Seingat saya kala itu, pusat perbelanjaan terbesar di sini hanyalah Mataram Mall, walau sebenarnya tidak begitu tepat disebut mall (iya gak?). Meski belum banyak franchise besar yang masuk, bersyukur sudah ada KFC dan McD di sini. Jadi sebagai pendatang, saya tidak kaget-kaget amatlah. Ah ya, saya mencari Gramedia kala itu. Dan baru hadir bertahun-tahun setelahnya.

Mengenal Organic Lombok, Payung dari Brand Spirusea

Belum lagi ketika NTB, khususnya Lombok, berada di bawah bayang-bayang Bali. Rasanya ada saja hal yang selalu orang bandingkan, antara Bali dan NTB. Padahal tentu saja, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Meski sering kali saya terkagum-kagum pada bagaimana tempat kelahiran saya tersebut (ah ya, saya kelahiran Bali) punya produk lokal yang berdaya saing. Salah satunya yaitu skincare. Apakah NTB bisa memiliki produk skincare lokal berkelas nasional bahkan internasional kelak? Ah, sepertinya saya tidak memikirkannya kala itu. Tapi siapa sangka, pada tahun 2018, Spirusea by Organic Lombok hadir dengan sangat memukau. Ya, saya terbilang terlambat baru mengetahui ada produk skincare lokal asli NTB sebagus ini. Bukan hanya dari segi produk, tapi bagaimana dalam setiap proses produksinya, ada keterlibatan Sumber Daya Masyarakat (SDM) NTB di sana. Ia tidak sekadar produk yang dihasilkan si owner, Septia Erianty, tetapi kita semua masyarakat NTB bisa berbangga: ini produk kami lho.

Sebelum terlalu jauh, kita perlu mengenal dulu apa itu Organic Lombok. Organic Lombok merupakan pioneer brand skincare lokal yang ada di NTB. Brand ini terbagi menjadi dua tipe produk, yakni: Spiruvita (Traditional Herbal Medicine), dan Spirusea (Skincare Cosmetics).

spirusea by organic lombok

Berkenalan dan Jatuh Cinta dengan Produk Spirusea

Spirusea merupakan produk skincare lokal yang berada di bawah perusahaan Organic Lombok, milik Septia Erianty. Gak usah saya perkenalkan, kayaknya sebagian besar pembaca blog di sini sudah pada tahu siapa dia. Sosok yang sering kali menjadi pembawa acara sejumlah acara bertema perjalanan/petualangan. Saya mengenal Mbak Septi ketika sama-sama menjadi fasilitator Womenwill, program pelatihan pemasaran digital bagi para pelaku UMKM yang diinisiasi oleh Google Indonesia. Tapi ya kenal begitu saja, sekadar tahu bahwa dia adalah owner dari Organic Lombok. Sampai di suatu pertemuan, Mbak Septi menawarkan beberapa produk Spirusea untuk saya coba. Tentu saja sembari menjelaskan, mengapa Spirusea disebut sebagai produk skincare lokal asli NTB.

Berkenalan dengan Spirusea, Produk Skincare Lokal Asli NTB

Dari pertemuan tersebut pula, Mbak Septi meminta saya untuk mengomentari produknya. Apa kata orang-orang sekarang tuh: review jujur! Saya katakan, review kan memang jujur, mbak. Memangnya ada review bohong? wkwkwk. “Ya maksudnya, kalau memang bagus, bilang…kalau gak bagus pun juga bilang..”, jelas Mbak Septi. Oh ya ya, jadi gak sekadar “sebagus itu”, “pengen meninggal”, “pengen nangis”, “gak tahu mau ngomong apa lagi”, dan yang lainnya (silakan tambah sendiri). Hahahaha. Terus, sebagai anggota tim cuma pakai facial wash dan bedak bayi, saya bisa komen apa tentang produknya? Udah kebayang sih, macam body lotion dan body butter gitu bakal berasa lengket atau pas wudhu jadi kelihatan bekas krimnya yang putihputih (eh apa sih namanya) atau shower gel yang setelah dipakai bakal berasa ada terus tuh gelnya, berasa mandinya belum bersih. Yups, meski jarang menggunakan produk skincare, tapi sedikit banyak itulah yang sering saya alami. Jadi bayangan saya, Spirusea bakal begitu juga.

Spirusea by Organic Lombok, Sukses Membuat Saya Jatuh Cinta pada Skincare

Nyatanya apa yang saya alami selama ini saat menggunakan produk skincare, tidak berlaku pada Spirusea. Setidaknya setelah hampir seminggu saya menggunakannya. Gak usah seminggu deh, pas pertama kali pakai saja saya dibuat terkagum-kagum sendiri. Kadang sampai gak percaya, eh ini beneran produk skincare lokal asli NTB? Gak ada tuh yang namanya lengket-lengket, apalagi sampai berasa mandi belum bersih karena sisa shower gel masih terasa. Jadi ingat sewaktu Mbak Septi menawarkan produk Spirusea untuk saya coba, saya sempat menolak. Saya bilang, untuk apa sih mbak? Saya ini gak ngerti pakai beginian. Pakai body buttter itu biar kenapa? Bedanya body butter dan body lotion itu apa? Kenapa sih shower gel kalau pas dipakai rasanya gitu, gak bersih kesat dan berbusa banyak kayak sabun-sabun cair pada umumnya? Ampun deh pertanyaan saya, newbie-nya kelihatan banget.

Tapi justru itu yang saya suka. Karena Mbak Septi menjawab satu per satu pertanyaan saya. Makin sefrekuensi karena nyatanya Mbak Septi pun dulunya orang yang seperti itu. Peduli amat… ke sana sini ya cuma cuci muka, dan pakai bedak bayi! wkwkwk. Apalagi kerjaannya pun gak mengharuskan tampil kinclong. Lah mainannya di hutan, nyemplung sungai, penuh lumpur karena nge-motorcross. Sekarang pun sebenarnya hobinya masih sama. Bedanya, sudah peduli akan kesehatan kulit. “Gini mbak, kita merawat kulit itu biar sehat, buat kita sendiri. Cantik itu ya bonus. Jadi skincare itu gak melulu tentang bikin kinclong, make up atau sejenisnya. Tetapi tentang bagaimana kita menjaga kesehatan kulit”, jelas Septia Erianty, owner Organic Lombok.

spirusea by organic lombok

Rangkaian Produk Spirusea by Organic Lombok, Ada Apa aja sih?

Gak terasa ya masa pandemi yang mengharuskan kita untuk di rumah saja ini sudah berlangsung berbulan-bulan. Selama itu pula, kita hanya keluar ketika ada hal yang sangat urgent. Saya yang kemarin-kemarin saat ada urusan di luar saja, malasnya minta ampun untuk skincare-an. Apalagi kalau kerjaannya dilakukan di rumah saja gini, depan laptop pula. Lama kelamaan ngerasa sendiri, kok berat badan bertambah, trus kulit berasa makin kucel ya? Padahal kan gak ke mana-mana. Ingatnya sih gak ke mana-mananya, tapi malah lupa kalau sering di depan laptop, kurang minum air putih, jarang olahraga (gak usah olahraga, sekadar gerak aja deh), ngemil terus, dan apa kabar itu cuci muka dan pakai bedak bayi. Wkwkwkw. Untung belakangan ini pelan-pelan saya mulai kembali ke jalan yang benar, mulai rajin minum air putih, rutin olahraga, makannya dibenerin, dan…. menjaga kesehatan kulit dengan rangkaian produk Spirusea!

Uhuy banget sih ini, semacam paketan Spirusea dari Mbak Septi datang di saat yang tepat. Dari yang awalnya sekadar pengen mulai menjaga kesehatan kulit, eh sekarang tuh menikmati rangkaian produk Spirusea udah jadi sarana me time saya di rumah. Biar bisa tetap waras, setelah seharian sibuk sama kerjaan, mendampingi si sulung mengikuti pembelajaran daring, menemani si kecil main sepanjang hari, dan kegiatan lainnya. Bahagia saya sekarang selain meneguk secangkir kopi, juga ketika bisa menikmati kesegaran dan kelembutan rangkaian produk Spirusea. Yuhuuu..bahagia itu sederhana, guys. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Hihihi. Gak usah ketinggian deh standar bahagianya~ BTW, dari tadi saya sebut rangkaian produk, jadi ada produk apa aja sih?

spirusea by organic lombok

Body Butter

Untuk jenis produk body butter, Spirusea memiliki tiga varian yaitu: Spirulina+Grapseed, Almond+Shea Butter, dan Argan Oil+Cocoa. Secara umum, body butter memiliki manfaat untuk menghidrasi serta menjaga kelembapan kulit. Namun pada setiap varian Spirusea Body Butter pastinya memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya, Body Butter Spirulina+Grapseed, dapat membantu menghilangkan biang keringat dan jerawat di badan, karena ada kandungan spirulina di dalamnya. Lalu, Body Butter Almond+Shea Butter, kelebihannya karena dapat membantu mengatasi kulit terbakar karena sinar matahari, dan sangat bagus digunakan pada kulit normal ataupun kering. Dan yang terakhir, yang jadi favorit saya, yaitu Body Butter Argan Oil+Cocoa, dengan aroma coklat yang sangat lezat (hahahah serius, ini aromanya enak banget), memiliki keunggulan mampu menurunkan inflamasi kulit.

Produk body butter Spirusea ini tersedia dalam kemasan cup dengan berat 100gr. Adapun untuk harganya, yakni: Body Butter Spirulina+Grapseed (150rb), Body Butter Almond+Shea Butter (125rb), dan Body Butter Argan Oil+Cocoa (175rb).

spirusea by organic lombok

Scrub With Butter

Selain produk body butter, ada lagi nih produk yang jauh lebih cihuy! Ini dia Scrub With Butter, sebuah produk 2 in 1 yang dapat digunakan pada wajah maupun tubuh. Terdapat dua varian, yakni Scrub with Butter Spirulina+North Lombok Coffee, dan Scrub with Butter Spirulina+White Rice. Lantas, apa aja sih manfaat dari body scrub with butter ini? Banyak! Beberapa diantaranya yaitu:

  • Membantu melembutkan kulit
  • Membantu membersihkan sel-sel kulit mati
  • Melancarkan proses regenerasi kulit
  • Mengencangkan serta mencerahkan kulit
  • Membantu menyamarkan selulit
  • Mengecilkan pori-pori

Dari dua varian Scrub with Butter di atas, udah bisa ditebak dong varian mana yang jadi favorit saya. Yups, varian Kopi Lombok! Aroma kopi itu kan enak banget, ya jadi berasa lebih rileks aja gitu pas pakai scrubnya. Oh ya, tekstur butter yang meresap di kulit aja tuh bikin kulit nyaman, apalagi kalau bentuknya scrub gini. Jadi makin maksimal lah manfaatnya~

Produk scrub with butter Spirusea ini tersedia dalam kemasan cup dengan berat 100gr. Adapun untuk harganya, sama, baik Scrub with Butter Spirulina+North Lombok Coffee, maupun Scrub with Butter Spirulina+White Rice, seharga 100rb per cup.

spirusea by organic lombok

Natural Bar Soap

Ada yang doyan pakai sabun batangan yang terbuat dari bahan-bahan alami gak? Saya salah satunya. Apalagi kalau kemasannya lucu tuh, random aja karena penasaran, beli, terus pakai. Produknya ya dari mana aja, namanya juga random belinya. Makanya pas tahu Organic Lombok, lewat brand Spirusea, juga memiliki produk natural bar soap, saya senang dong! Produksi NTB lho ini, tempat tinggal sendiri. Mana cakep pula desain kemasannya, ah ya..saya emang suka menilai dari cover wkwkwk..syukurnya, isinya emang berkualitas baik sih.

Oh ya, ada dua varian dari natural bar soap Spirulina by Organic Lombok, yaitu: Charcoal+Seaweed Bar Soap for Moisturized & Brightening Skin, serta Spirulina+Kefir+Tea Tree Bar Soap for Acne & All Skin Types. Seperti halnya body butter dan Scrub with Butter tadi, varian natural bar soap ini pun memiliki keunggulan masing-masing. Namun secara umum, natural bar soap tersebut bermanfaat untuk:

  • Membantu melembapkan, mencerahkan, serta menutrisi kulit
  • Mampu menyerap minyak berlebih pada kulit
  • Menghilangkan komedo atau noda hitam pada kulit
  • Mengurangi bau badan

Serta sejumlah manfaat lainnya yang pastinya menjadikan kulit wajah dan tubuh lebih sehat. Jadi pastikan pilih varian yang memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan kulit kalian ya teman-teman. Oh ya, produk natural bar soap Spirusea ini tersedia dalam kemasan cup dengan berat 50gr. Adapun untuk harganya, sama, baik Charcoal+Seaweed Bar Soap maupun Spirulina+Kefir+Tea Tree Bar Soap, yakni seharga 45rb per cup.

spirusea by organic lombok

Shower Gel

Berbeda dengan tiga produk sebelumnya: body butter, scrub with butter, dan natural bar soap, maka shower gel ini tidak memiliki varian lain. Ya, hanya ada satu, yakni: Shower Gel Seaweed+Aloe Vera+Spirulina. Sebelum menggunakannya, seperti yang saya ceritakan tadi. Saya tuh udah curiga duluan, bahwa nanti setelah mandi, pasti bakal berasa lengket, dan gak enak di kulit. Itu lho, rasa kayak belum selesai dibilas, belum bersih mandinya. Soalnya saya biasa gitu kalau pakai shower gel selama ini. Eh ternyata nggak dong, oh saya takjub! Udah gitu, saya gak tahu ya, aromanya yang bikin rileks dan segar banget tuh berasal dari bahan yang mana. Apakah seaweed, aloe vera, atau spirulina?

Kalau gak ingat udah tanggal tua, mungkin saya bakal puas-puasin deh itu momen mandinya. Tuang gelnya sepuas hati, gak pakai dikit-dikit alias hati-hati khawatir cepat habis. Huhuhu.. ya gimana, momen mandi aja jadi semenyenangkan ini karena pakai Shower Gel Seaweed+Aloe Vera+Spirulina. Oh ya, shower gelnya tuh bermanfaat untuk: melembapkan, menghaluskan, mencerahkan, mengecilkan pori-pori, serta membantu proses detoksifikasi pada kulit.

Oh ya, produk Shower Gel Seaweed+Aloe Vera+Spirulina ini tersedia dalam kemasan botol dengan berat 250ml. Adapun untuk harganya yaitu seharga 150rb per botol.

spirusea by organic lombok

Body Lotion

Momen mandi pakai shower gel gak akan lengkap dong kalau gak ditutup setelahnya dengan mengoleskan Body Lotion Spirulina+Seaweed pada tubuh. Shower gel dan body lotion ini kompakan banget deh menciptakan suasana mandi dan pasca mandi wkwkwk yang menyenangkan. Pokoknya kalau udah menggunakan kedua produknya, rasanya badan jadi lebih segar dan makin semangat diajak beraktivitas. Setidaknya, itu yang saya rasakan setelah seminggu menggunakan rangkaian produk Spirusea.

Dengan kandungan Spirulina ditambah Seaweed, body lotion tersebut mampu melembapkan, mencerahkan, menutrisi, mengecilkan pori-pori, serta membantu mengencangkan kulit. Tekstur lotionnya tuh lembut, dan yang terpenting, kalau kena air (pas wudhu gitu) gak bakal nongol bekasnya yang putih-putih (apa sih namanya), ya pokoknya udah terserap aja deh di kulit. Oh ya, produk Body Lotion Spirulina+Seaweed ini tersedia dalam kemasan botol dengan berat 250ml. Adapun untuk harganya yaitu seharga 150rb per botol.

spirusea by organic lombok

Mengapa Memilih Produk Spirusea by Organic Lombok?

Kenapa ya? udah jodoh kali ya, pas saya butuh, kok ya pas banget dikenalkan produk Spirusea. Eh gaklah, karena apa? Karena ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki Spirusea. Beberapa diantaranya yaitu karena produk ini tuh merupakan produk: non harsh detergent, non animal testing, non SLS, non paraben, non mercury, memiliki izin BPOM dan masih banyak lagi. Seperti yang pernah saya tulis dulu, bahwa untuk menjaga kebersihan pakaian serta kesehatan kulit bayi saja, kita harus menggunakan deterjen khusus bayi. Maka tentu saja, sebagai wujud cinta dan syukur kita atas tubuh yang diberikan oleh Allah SWT ini, maka kita harus memilih pula produk perawatan terbaik, seperti Spirusea.

Selain keunggulan tadi, tentu alasan lain mengapa produk yang menjadi pioneer skincare di NTB, bahkan Kawasan Timur Indonesia ini layak untuk didukung. Ada tiga kelebihan Spirusea dibanding produk sejenis lainnya, yaitu:

Plant Based Formula

Rangkaian produk Spirusea by Organic Lombok terbuat dari plant based formula. Dimana bahan bakunya 100% berasal dari bahan baku alami dengan kualitas super premium, yang sudah dikenal kemampuannya dalam mengatasi sejumlah permasalahan kulit.

Menggunakan Sebagian Besar Bahan Baku Lokal asli NTB

Dalam menghasilkan varian produk Spirusea by Organic Lombok, bahan-bahan yang digunakan sebagian besar (sekitar 80%) merupakan bahan baku lokal asli NTB. Seperti kopi, cokelat, rumput laut, dan yang lainnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendukung para petani di NTB, serta agar produk Spirusea ini benar-benar menjadi produknya masyarakat NTB. Produk skincare lokal asli NTB, yang diproduksi oleh orang NTB, memanfaatkan bahan baku dari NTB, Sumber Daya Manusia yang juga dari NTB, dengan harapan tidak hanya menembus pasar nasional, tetapi juga internasional.

Eco Green Commitment

Organic Lombok, sebagai payung dari rangkaian produk Spirusea, berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif tidak hanya pada para petani, tetapi juga lingkungan. Untuk diketahui bahwa dalam setiap pembelian produk Organic Lombok, tidak tersedia kantong plastik pada umumnya. Hanya ada tiga jenis packing, yakni menggunakan plastik dari cassava (untuk pembelian produk dalam jumlah kecil), besek (jumlah sedang), dan kardus (jumlah banyak). Plastik dari cassava sendiri diketahui dapat lebur/hancur dengan sendirinya ketika terkena air. Dengan begitu, Organic Lombok dapat mengurangi jumlah sampah dalam hal pengemasan pembelian produk oleh pelanggan.

Selanjutnya, untuk kemasan produk, baik dalam bentuk botol, cup, atau yang lainnya. Ketika isi produk habis, maka para pelanggan diminta untuk membawa kemasannya ke head office Organic Lombok, untuk ditukarkan dengan sejumlah poin. Dimana poin tersebut dapat dikumpulkan, untuk ditukar menjadi bonus produk ataupun dalam bentuk diskon/potongan harga. Selanjutnya, Organic Lombok bekerja sama dengan Bank Sampah NTB Mandiri milik Mbak Aisyah Odist, yang nantinya akan mengolah kemasan-kemasan produk tadi menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.

Produk Spirusea by Organic Lombok Bisa Dibeli Di Mana?

Jadi rangkaian produk Spirusea di atas bisa dibeli di mana? Apakah hanya tersedia di NTB atau bagaimana? Tenang, teman-teman, saat ini produk Spirusea sudah tersebar di sejumlah kota besar. Ya, Organic Lombok memasarkan produknya melalui tangan-tangan distributor. Itulah mengapa di head office jarang sekali tersedia produk, meskipun pabriknya juga berdiri di sana.

Produk Spirusea bisa teman-teman beli di sejumlah marketplace (Tokopedia, Shopee, dan yang lainnya). Bisa juga dengan mengontak akun-akun instagram Organic Lombok, baik yang pusat, maupun distributornya. Pastinya makin hemat kalau beli lewat distributor kan yaa~

Sebagai orang Indonesia, khususnya NTB, kehadiran Spirusea by Organic Lombok ini pastinya menjadi kebanggaan tersendiri. Siapa sangka, di masa yang akan datang, rangkaian produk di atas bakal mengisi store-store skincare ternama dunia. Who knows? Jadi, yuk dukung produk skincare lokal seperti Spirusea, maupun produk lainnya. Dengan cara baik apapun yang kita bisa, dengan menuliskannya di blog seperti ini misalnya πŸ™‚

Atau dengan mendukung Spirusea, agar bisa meraih Juara 1 pada ajang Best Brand Local Award “Bangga Buatan Indonesia 2020”, sebagai produk karya anak NTB yang siap membawa nama baik NTB di tingkat Nasional. Caranya cukup dengan memberikan vote pada link berikut:

bit.ly/spirusea
—-
UPDATE
Alhamdulillah, Spirusea berhasil meraih Juara 1 pada Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020.

Terima kasih yaa teman-teman yang sudah meluangkan waktunya. Semoga aksi kecil kita bisa turut mendukung keberhasilan dan semakin dikenalnya produk Spirusea by Organic Lombok ke depannya.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

43 Comments

  • Mugniar 23 November 2020 at 11:08 pm

    Saya ikut bangga … produk lokal ini sungguh berkelas. Terlihat keseriusan owner-nya sama bahan dan packaging-nya.

    Reply
  • Alfian Rifa'i 26 November 2020 at 11:58 am

    Layak dicoba nih, Apalagi ini produk lokal πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Reply
  • Dwi Puspita 26 November 2020 at 5:24 pm

    Jujur saya malah senang belanja di UMKM, karena dengan cara seperti itu saya sudah mendukung UMKM untuk selalu berkarya. Di daerah saya juga ada UMKM seperti ini, produk yang dijual adalah sabun dari lidah buaya

    Reply
  • Jiah Al Jafara 26 November 2020 at 5:36 pm

    Wah keren nih! Skincare lokal yang sudah mendunia Spirusea by Organic Lombok. Aku asli baru tahu lho. Kalau produk lokal tuh jadi nyesuaiin kulit kita. Gak perlu ke Lombok dulu lagi buat dapat produknya

    Reply
  • Ana Ike 26 November 2020 at 6:42 pm

    Ahh suka bangeet sama desain covernya Spirusea. Sumpaah, kereen. Belom lagi komitmennya untuk jaga lingkungan juga dengan tidak menyediakan kemasan plastik.
    Cantik banget itu kemasan beseknya.
    Penasaran mau cobain juga ih. Suka sama product yang berbau alami gini

    Reply
  • nchie hanie 27 November 2020 at 1:16 am

    Keren banget, mbangga deh produk lokal yang dipake sama warga lokal daerah sana pulaa, packagingnya yang menariik . Sukses buat spirusea, cuss ahh siapa lagi kalo bukan kita yang menggunakannya, pas pula dengan kulit kita .

    Reply
  • Ruli retno 27 November 2020 at 9:34 am

    Aku pengen coba yang dari seaweed itu deh, jarang2 ada produk skincare dari seaweed. Mungkin yang di maksud mbak andy tampak putih-putih itu sebutannya whitecast ya, hehehe cmiiw

    Reply
  • Keke Naima 27 November 2020 at 11:29 am

    Kemasannya udah bagus banget deh produknya. Saya langsung tertarik buat cobain. Mau saya intip ah produknya di e-commerce

    Reply
  • Andiyani Achmad 27 November 2020 at 7:52 pm

    seneng banget makin banyak produk skincare lokal yang gak kalah bagus kualitasnya.. udah ada di e-commerce nih ya

    Reply
  • Milda Ini 27 November 2020 at 10:39 pm

    wuiih, ponakan ku udah tahu lum yah, aku like packing nya nih good looking buat gift juga OK. Unique

    Reply
  • Dian 28 November 2020 at 6:02 am

    ohh ini kebanyakan body care ya mbak produknya . .
    skrg sy juga lagi beralih ke produk organic nih, termasuk skincare
    baca ini jadi punya pilihan skincare organic, makasih sharingnya

    Reply
  • Grandys 28 November 2020 at 3:16 pm

    Wah keren sih ini produk lokal yg semoga semakin membumi yaaa. Memang persoalan skincare dan bodycare itu ga tentang menjaga kesehatan kulit dan kinclong adalah bonus

    Reply
  • Dani Ristyawati 28 November 2020 at 5:56 pm

    Wah keren jadi pengen cobain juga..dulu awal 2017 ke Lombok belum nemu produk ini..

    Reply
  • Eri Udiyawati 28 November 2020 at 6:21 pm

    Alhamdulillah saya ikut seneng dan bangga. Ada produk perawatan kulit dari lokal yang benar-benar menggunakan bahan-bahan alami di tempat itu.

    Ohalah, saya baru tahu kalau Mba Andy itu kelahiran Bali. Menurut saya sih memang punya plus minusnya lah ya, Mbak. Tapi, orang sukanya memang membanding-bandingkan.

    Back to Skincare Spirusea by Organic Lombok, saya jadi pengen nyobain, karena udah ada izin BPOM, non animals, non paraben, non mercury, dll. Duh, Insya Allah aman nih. Karena tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

    Reply
  • Juliastri Sn 28 November 2020 at 7:11 pm

    Uwow, keren banget deh produk skincare organiknya. Jadi pengin nyobain nih..Kali aja cocok sama kulitku.. πŸ™‚

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 28 November 2020 at 8:08 pm

    Wah produk lokal ya? Lengkap produknya mbak.
    Bagus ya perusahannya mendukung go green dengan provide plastik yang ramah lingkungan gitu.
    Keren bisa jadi juara best lokal award di sana πŸ˜€
    jd pengen jg nyobain produk skincarenya πŸ˜€

    Reply
  • Larasati Neisia 28 November 2020 at 9:10 pm

    Wow kece sekali produknya. Kebetulan aku lagi on progress nih mbak buat beralih ke produk natural dan lokal. Karena akhirnya sadar kalau skincare yang kandungannya organik gini ternyata lebih ampuh di kulitku. Selain itu juga produknya ramah lingkungan. Semoga skincare lokal khususnya Lombok semakin berkembang ya!

    Reply
  • Lisdha 28 November 2020 at 9:27 pm

    Wauuuu…botol kosong bisa ditukerin ke head office. Jadi inget pas dulu bikin nugget dan dijual ke tetangga/teman-teman. Kalau refill, diskon 1.000 hihihi.
    Keren banget ya komitmen lingkungan owner spirusea ini. Semoga makin melejit ke depannya.

    Reply
  • Karyati Niken 28 November 2020 at 9:58 pm

    Gagal fokus sama gambarnya yang lucu. Itu akan diminta buat mainan anak-anak nggak ya? Soalnya menarik buat anak juga ya tampilan gambarnya. Btw, semangat buat produk lokal yang mengglobal ya.

    Reply
    • Nia Haryanto 29 November 2020 at 2:44 am

      Wuih keren, NTB punya produk skin care lokal yang bagus. Bahan-bahannya alami yang kebanyakan dari NTB. Ini bisa memperbesar nilai kecocokan dengan kulit ya jika dibandingkan dengan skin care dari luar NTB. Etapi aku yang bukan orang NTB kepengen nyoba deh.

      Reply
  • diane 29 November 2020 at 12:27 am

    Duh komplit juga ya produknya..Jadi pengen cobain nih…Secara kalo pake yang Bali kurang cocok…

    Reply
  • Helena 29 November 2020 at 1:38 am

    aaaak … udah tertarik dari awal lihat kemasannya. Dia menegaskan ini lho produk lokal dari Lombok!
    trus pakai kantong cassava, besek, atau kardus jadi lebih ramah lingkungan.
    eh tapi kalo kirim-kirim jauh gitu gimana mbak? apakah pengirimannya tetap less waste?

    Reply
  • Adriana Dian 29 November 2020 at 2:27 am

    waaaaw, produk skinker organik asli lombok yaaa? ih jadi penasaran mau cobain juga maaaak.. aku mau kepoin produk produknya dulu yaaa

    Reply
    • Adriana Dian 30 November 2020 at 12:50 am

      ada IG dan websitenya juga ngga sih mak? Penasaran pengen ngepoin produknya niih.. hehe.

      Reply
  • Wiwin | pratiwanggini.net 29 November 2020 at 3:14 am

    Senenggg rasanya banyak produk lokal yang makin eksis. Skincare-an ga harus beli produk dari luar negeri, karena produk dalam negeri pun kualitasnya bagus-bagus.

    Reply
  • Lina W. Sasmita 29 November 2020 at 10:04 am

    Suka banget dengan motif dan kemasan atau wadah skin carenya. Etnik dan khas banget loh Mbak. Kalau dijual keluar negeri malah laku banget pengemasan yang kayak gini itu.

    Reply
  • Lidya 29 November 2020 at 10:45 am

    Asyik aku jawab gak tau berarti gak dimarahi ya. Harus dong dipakai skincarenya biar tetap imut selalu sampai kapan pun hihihi. Gak apa-apa gak make-upan tapi skincarenya yang penting untuk menjaga kulit. iya…iya gak ketawa kok.
    Aku pingin cobain body butternya soalnya kulitku kering nih kalau pakai body lotion aja suka gak cukup

    Reply
  • Fenni Bungsu 29 November 2020 at 11:09 am

    Senang dengan kehadiran produk lokal baru, apalagi pas lihat packaging nya Spirusea ini bikin uwuwuwu banget, semoga makin lengkap lagi produknya sehingga jadi banyak pilihan lagi 😍

    Reply
  • Eri Udiyawati 29 November 2020 at 2:05 pm

    Salut banget sama Mbak Septia Erianty. Dalam produksi skincare Spirusea, melibatkan sumber daya masyarakar Lombok. Benar-benar ini mah, produk lokal unggulan. Kemasannya juga cantik banget. Semoga semakin laris manis.

    Reply
  • Ririn Wandes Melalak Cantik 29 November 2020 at 2:19 pm

    Produk lokal kita sudah banyak banget yang bagus ya mba. Makin kesini memang enggak perlu sulit menemukan skincare buatan dalam negeri. Scrub with butter itu menggoda banget untuk dicoba,mengingatkan saya dengan produk yang sedang dipakai saat ini dari brand luar. Boleh banget ah entar cobain ini juga.

    Reply
  • tukang jalan jajan 29 November 2020 at 5:14 pm

    luar biasa nih, anak bangsa ngga kalah dengan produk lokal Spirusea by Organic Lombok. Kualitasnya pasti bagus, ngga kalah dengan produk internasional. Apalagi packagingnya kecebanget, dekat dengan alam

    Reply
  • Rhoshandhayani K Taslim 29 November 2020 at 7:47 pm

    wuah keren sekali
    spirusea ini harus ada tempat sendiri di hotel2, resto2 yang mendatangkan banyak wisatawan
    supaya banyak yang lebih mengenal skincare lokal lombok

    keren banget iniiiiiiiiii
    harus dinaikkan
    dipopulerkan

    Reply
  • Narasi Nia 29 November 2020 at 8:28 pm

    Skincare lokal saat ini udah mampu bersaing dengan brand luar ya. Bahan yang digunakan juga ramah lingkungan. Sudah teruji secara klinis dn terdaftar di balai POM

    Reply
  • Putri Santoso 29 November 2020 at 10:08 pm

    waaah sudah bpom ya kak
    aku dulu pernah coba sih lulur bali kak. dan memang bagus sih produk lokal.
    jadi penasaran sama spirusea dari organik lombok ini. kayanya kalau ke lombok bakalan beli ini

    Reply
  • Alfa Kurnia 29 November 2020 at 11:01 pm

    Kemasannya cakep, Mbak. Jadi penansaran sama body butternya Spirusea by Organic Lombok. Pengen nyoba apalagi formulanya plant based. Jadi pasti alami ya.

    Reply
  • Susana Devi Anggasari 29 November 2020 at 11:08 pm

    Bagus ya, Mbak packagingnya. Jadi pengen nyobain. Kalau udah teruji Badan POM gini jadi enggak khawatir nyobain.

    Reply
  • Damar Aisyah 29 November 2020 at 11:37 pm

    Keren banget terobosan dari Spirusea. Nggak cuma bahan-bahan yang digunakan, packaging-nya pun beneran mendukung upaya pelestarian lingkungan. Salut dengan produk skincare asli NTB.

    Reply
  • Afifah Haq 30 November 2020 at 12:29 am

    Jadi pengen cobain shower gel nya deh. Kebetulan shower gel ku udah habis. Udah ada di marketplace juga ya, jadi memudahkan buat belanja.

    Reply
  • Dian Farida Ismyama 30 November 2020 at 9:41 pm

    Keren mba! Produk asli NTB. Organik dan gk Green pula. Aku tertarik sama body butter argan oil dan cocoanya. Tampaknya enak aromanya.

    Reply
  • KakaKiky 1 December 2020 at 4:34 pm

    Mantappp! Ayo terus dukung produk lokal biar usahanya makin berkembang. Semoga produk skincare Spirusea by organic lombok ini bisa semakin maju, aamiin!

    Reply
  • ima satrianto 3 December 2020 at 2:02 am

    Turut berbangga pada produk lokal yang sukses meraih penghargaan, semoga bisa semakin luas jangkauannya dan bisa mendunia. Aamiinn.

    Reply
    • Malica Ahmad 4 December 2020 at 6:46 pm

      Produk baru yang keren banget nih. Jadi pengen ke Lombok lagi nih ketemu sama Mbak Andy. Mau nyobain produknya juga. Hahahha..

      Reply
  • i n n a 13 December 2020 at 6:00 am

    Makin bagus kalau produk lokal lebih diutamakan, bisa menjadi bentuk optimisme bagi masyarakat NTB ya, cintai produk negeri sendiri .

    #optimasitwitter

    Reply

Leave a Comment