Wisata di Kopang Lombok Tengah, Asyiknya Ke Mana aja?

wisata di kopang

Wisata di Kopang Lombok Tengah, Asyiknya Ke Mana aja? Sedang berkunjung ke daerah Kabupaten Lombok Tengah? Berikut beberapa pilihan destinasi wisata di Kopang, salah satu kecamatan di sana. Weekend kami beberapa waktu yang lalu sedikit berbeda, tidak ke pantai di wilayah Selatan Pulau Lombok seperti biasanya. Kali ini tujuannya adalah Kopang, sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah. Berjarak sekitar 30 km dari kota Mataram, tentu tidak butuh waktu lama untuk tiba di sana. Anggap saja sekadar weekend keluar dari hiruk pikuk Kota Mataram.

Mengingat suami si kakak yang memang adalah warga negara eh orang sana, jadi tentu saja ini bukan sekadar wisata. Tapi juga mengunjungi orangtua tercinta. Pagi-pagi sekali, kami sudah dijemput oleh mereka, tentu saja segala perlengkapan yang hendak dibawa sudah disiapkan sebelumnya. Salah satunya yaitu perlengkapan renang dan cemilan. Konon berdasarkan rencana, mereka bakal mengajak Rani dan Tita berenang di sebuah wahana rekreasi ternama di sana: Longtun Waterpark.

Apa yang Pertama Terlintas saat Mendengar Nama Kopang?

Jika kita melakukan pencarian di google tentang daerah ini, sungguh tidak banyak informasi yang dapat ditemukan. Selain informasi umum berupa fakta bahwa Kopang merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah. Di mana ibu kota kecamatannya adalah Kopang Rembiga. Terdapat 11 desa/kelurahan yang berada di kawasan kecamatan tersebut. Penduduk di sini kebanyakan bekerja di sektor pertanian, dengan hasil panen utamanya berupa padi. Sudah, itu saja informasi yang bisa ditemukan. Karenanya, saya membuat postingan ini agar ada hal lain terkait Kopang yang bisa dibaca oleh warganet.

Mayoritas warga Lombok mengenal daerah ini dengan kuliner baksonya yang ngehits. Coba deh tanya ke mereka, apa yang paling diingat dari sebuah kecamatan bernama Kopang. Ya, baksonya! Belum sah melewati daerah ini kalau tidak mampir mencicip kuliner baksonya yang lezat. Tidak ada nama khusus, orang hanya mengenalnya dengan nama: Bakso Kopang. Tentu saja pada perjalanan kami kemarin, saya tidak lupa menikmati kuliner tersebut. Aih, menyantap baksonya langsung di sini tentu akan berbeda jika memesan yang dibungkus pada kakak sepulangnya dari sana.

Wisata di Kopang Lombok Tengah, Asyiknya Ke Mana aja?

Biar ceritanya tidak lompat-lompat, saya ceritakan berurutan saja. Jadi dari Mataram, kami langsung menuju Kopang Lombok Tengah. Sepanjang jalan yang dilalui, kami dihadapkan pada pemandangan hijaunya sawah dengan bukit-bukit dari kejauhan, juga rumah dan pertokoan. Bergantian pemandangan seperti itu, tidak ada yang mendominasi. Kami melalui jalan poros yang umum dilewati oleh siapa saja yang datang dari daerah Lombok Timur, bahkan dari pulau sebelah: Sumbawa. Itulah mengapa jalan ini dinamakan Jalan Raya Mataram-Labuhan Lombok. Gak heran kalau jalan ini ramai sekali, tidak hanya oleh kendaraan pribadi, tetapi juga bis dan truk-truk besar.

Pasar Jelojok

Setibanya di Kopang, kami tidak langsung ke destinasi wisata, tidak pula berkunjung ke rumah ibu (mertua si kakak). Tetapi kami mampir terlebih dahulu ke Pasar Jelojok, sebuah pasar yang cukup luas dengan terlihat tertata dengan baik. Sayangnya saya tidak ikut turun bersama si kakak, padahal katanya pasar ini terbilang bagus. Tidak hanya luas, tapi juga bersih tidak seperti pasar-pasar pada umumnya. Oh ya, kami mampir ke sini untuk menjemput ibu. Hahahah..jadi ceritanya si kakak tadi mau kasih kejutan gitu dengan tiba-tiba ke rumah. Eh rupanya ibu sedang berada di pasar, ya udah deh kejutannya pindah tempat aja. Anggap aja Pasar Jelojok ini jadi destinasi wisata pertama pada perjalanan kami.

wisata di kopang

Longtun Waterpark

Dari Pasar Jelojok, kami langsung menuju wahana rekreasi Longtun Waterpark. Sebuah waterpark yang dibangun di atas lahan seluar 4 hektar, yang baru dibuka pada tahun 2021 ini. Sudah lama saya ingin ke sini, karena melihat keindahan foto-foto yang tersebar di media sosial. Terutama saat malam dan foto yang pengambilannya dari atas, Longtun jadi terlihat sangat indah. Selain taman bermain air/renang, di sini pun tersedia sejumlah kamar dengan konsep villa yang bisa diinapi.

Oh ya, adapun jam operasionalnya adalah setiap hari (selain hari Jumat) pada pukul 10.00 hingga 17.00 WITA. Saya malah baru tahu dari akun resmi instagramnya, bahwa waterpark ini tidak buka pada hari Jumat. Untung saja kami ke sana saat weekend, gak zonk deh. Seperti wahana rekreasi kebanyakan, para pengunjung di sini tidak diperkenankan untuk membawa makanan dari luar. Sebab sudah tersedia area foodcourt tempat pengunjung bisa memesan makanan dan minuman. Rasa makanan/minuman di sana gimana? Huhuhu..maafkan, setelah mencoba..saya sih prefer renang-renang hore aja. Lapar? kelar renang, makan di luar aja. Semoga kelak manajemen memperbaiki kualitas menunya ya.

Rumah Mama di Kopang

Ya kalian gak perlu sih mampir di marih. Ini tuh rumah mertuanya kakak saya. Hahahah. Cuma masukin aja, biar perjalanannya lengkap. Mampir shalat dan leyeh-leyeh bentar di sini, sekalian minum es cincau buatan mama demi menetralisasi rasa minuman yang bikin kuciwa di destinasi wisata sebelumnya #hiks #kusedih. Dari sini, baru deh kami melanjutkan perjalanan untuk tentu saja: kulineran!

Menikmati Kelezatan Semangkuk Bakso Kopang

Belum ke Kopang namanya kalau gak makan baksonya. Jadi biar sah kunjungan kami, ya wajib dong menyantap semangkuk bakso dengan kuahnya yang khas itu. Ada beberapa titik Bakso Kopang, tapi saya memilih yang lokasinya masuk di jalan samping Masjid Darussalam Kopang. Oh ya, seperti halnya Longtun Waterpark, saat hari Jumat warung bakso ini pun tidak beroperasi. Saya jadi penasaran, apakah memang semua warung dan destinasi lainnya di daerah tersebut tutup pada hari Jumat? Karena Warung Bakso terbilang cukup ramai, dan tujuan utama kami memang bukan ke sana, maka saya memilih untuk membungkus beberapa porsi bakso dan menyantapnya di tempat kami kulineran. Tempat itu adalah…

wisata di kopang

Bale Bangket Bungalow Kopang

Selain nyaman, juga karena berdasarkan hasil voting pada lapar nasi dan lauk. Jadi jatuhlah pilihan untuk santap siang di sebuah tempat yang letaknya tepat di depan Warung Bakso Kopang. Adalah Bale Bangket Bungalow, tempat makan dengan konsep lesehan, yang kelihatannya juga disediakan kamar (bungalow) gitu untuk menginap. Lokasinya benar-benar di tengah hijaunya sawah, asri dan memanjakan mata. Ada banyak menu di sini, mulai dari ayam kampung yang disajikan dalam berbagai pilihan: pelalah, goreng, bakar, plecingan. Sayur bening, pelecing kangkung, sambal terong, dan masih banyak lagi. Khas sajian warung-warung lesehan di Lombok deh pokoknya. Senangnya karena gak hanya juara di lokasi, tapi juga rasanya beneran lezat!

wisata di kopang

Kalau sudah nyaman dengan suasananya, kenyang menikmati sajian makan dan minuman di sana. Baru deh cari spot foto-foto bagus, buat kasih makan instagram. Hahaha. Gitu kan ya pesannya Mas Nicsap di kelas Gali Ilmu Fotografi pada Pekan Literasi Digital Mandalika beberapa waktu yang lalu. Ketika tiba di suatu tempat, lihat sekitar, hirup udara di sana, rasakan bagaimana suasananya, nikmati.. baru kemudian jeprat jepret ambil foto terbaik. Biar apa? biar foto tak sekadar foto. Ada banyak narasi yang muncul dari sebuah gambar, cerita di baliknya yang tak terlihat. Gitu yaa, gaes…

Jangan Lupa Share Moment Keseruan Wisata

Setiap kali berwisata, pastinya kita pengen dong share gimana serunya perjalanan tersebut. Gak mesti langsung saat berada di lokasi, beberapa hari setelahnya pun gak papa. Tujuannya kan supaya ada kenang-kenangan yang kapan-kapan bisa dilihat dan diingat kembali. Mau share moment di media sosial pastinya butuh koneksi internet, nah Smartfren nih jadi andalan banget untuk urusan upload-upload konten. Koneksinya juara!

Menariknya lagi, buat pengguna Smartfren, jangan lupa untuk sering bertransaksi di aplikasi mfSF ya. Kenapa? Karena Smartfren lagi ada program baru bernama SmartPoin Mystery Box #OktoBERHADIAH yang bakal berlangsung dari 13 – 31 Oktober 2021.
wisata di kopang

Pokoknya ingat terus untuk kumpulkan poinnya lalu tukarkan SmartPoin dengan berbagai hadiah. Tenang aja karena semua bisa dapat hadiah dari SmartPoin Mystery Box. Pastinya download dulu aplikasi mySF ya! Tambah juga jumlah poin dengan melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain SCRATCH2WIN. Dimana nantinya poin tersebut juga bisa ditukarkan dengan beragam voucher menarik.

Jadi ada rekomendasi destinasi wisata di Kopang Lombok Tengah lagi gak nih? Share dong di kolom komentar 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

25 Comments

  • Fanny_dcatqueen 2 November 2021 at 12:36 am

    Awalnya aku pikir kopeng mba, kemudian baru inget kopeng mah di Jateng hahahaha. Baru denger nih nama tempat Kopang. Selama ini kalo denger Lombok, ya taunya Mataram.

    Dan aku saking penasaran Ama baksonya, sampe google dulu tadi. Mie nya itu agak gede ya ukurannya? Tapi tertarik pas lihat sambelnya yg kliatan banget joosss pedees 😄. Ini pasti aku masukin dlm list kuliner kalo ke Lombok mba :).

    Yg pasti kalo ke Lombok, aku memang pengin fokus Ama wiskul nya sih

    Reply
  • Lina sophy 4 November 2021 at 4:47 pm

    Salah satu destinasi wisata impian saya nih mbak ke Lombok. Saya nyebrang keluar Jawa bagian timur baru sampai Bali aja… Kayaknya kalau lihat yang seliweran desa wisatanya bagus, pantainya bagus, kulineran ya juga menarik

    Reply
  • Alfa Kurnia 4 November 2021 at 8:58 pm

    Saya terakhir ke Lombok itu waktu adik saya masih tinggal di sana, sekitar 9 tahun lalu? Itu pun nggak sempat eksplor lebih banyak. Semoga suatu saat bisa ke sana lagi dan main ke Lombok Tengah.

    Reply
  • Farida Pane 5 November 2021 at 4:48 am

    baru tahu soal kopang. penasaran nih, khasnya kuah bakso kopang itu apa, ya?

    Reply
    • Latifika 5 November 2021 at 6:42 am

      Oh, ada ya daerah namanya Kopang di NTB, kalau Kupang di NTT, mirip namanya, deketan juga daerahnya. Kalo kuliner NTB aku belum tergambar soal cita rasanya, pedes kecut bukan? Soalnya suka lihat temen yg suaminya org Lombok tinggal di Kalimantan, doyan banget masakan Lombok rata2 pedas dan asam yg aku lihat

      Reply
  • Milda Ini 5 November 2021 at 10:49 am

    sambelnya menggodah selera nih, hehehe, bisa ku rekomendasikan nih buat ponakan yang di Lombok, buat main ke sini yah

    Reply
  • Lia Yuliani 6 November 2021 at 6:26 am

    Lombok adalah salah satu destinasi yang ingin saya kunjungin. Selain pantainya yang Indah, ternyata lihat rumah di tengah sawah tadi bikin adem ya, fresh gitu lihat yang ijo-ijo.

    Wah, makanan khas Kopang itu bakso malahan ya, jadi pengen deh nyicipin baksonya

    Reply
  • Eri Udiyawati 6 November 2021 at 6:36 am

    Di Lombok sana, banyak sekali ya tempat yang jadi wisatanya. Salah satu Kopang. Jujur saja, saya belum tahu, tapi rupanya bagus juga nih. Apalagi buat wisata kuliner. Bakso Kopang dan Bale Bangket Bungalow Kopang, nampaknya akan jadi buruan saya kalau trip ke sana.

    Reply
  • diane 6 November 2021 at 8:32 am

    Baru tahu nih ada tempat namanya Kopang di Lombok Tengah hehe Lombok jadi list utama daerah yang mau aku kunjungi dalam waktu dekat…semoga terlaksana dengan mudah dan mampir ke Kopang

    Reply
  • Momtraveler 6 November 2021 at 9:17 am

    Duu dari kmr kok aku bacanya kopeng sih, klo kopeng mah deket aja sari semarang ternyata kopang hahahha… Lombok Tengah ternyata oke juga ya banyak spot kecenya. Pernah ke lombok tapi udah lama bangeet, 2014 klo ga salah. Jd pengen balik lagi dan mampor ke kopang

    Reply
  • Dedew 6 November 2021 at 12:21 pm

    Asyik banget tuh tempat makannya di tengah sawah sambil makan makanan yang lezat terus menikmati pemandangan alam yang indah..wah makanan khasnya malah baksonya yang lezat ya Kopang

    Reply
  • Tanti Amelia 6 November 2021 at 12:31 pm

    Belom pernah ke Lombok lagiiii
    kangen ih sama plecing kangkung, ayam taliwang yang puedeeesssss

    liat postingan di Kopeng jiwa travelingku meronta ronta

    Reply
  • @hm_zwan 6 November 2021 at 4:45 pm

    Seru banget mbak librannya, nggak afdhol ya kalo nggak renang. Habis renang terbitlah lapar ahaha.. Ngebakso memang udah pas itu. Viewnya asri banget, bikin adem hati

    Reply
  • Kartika Nugmalia 6 November 2021 at 7:18 pm

    Aku suka banget berwisata alam. Menurutku destinasi wisata terbaik justru yang masih alami dan tidak terlalu banyak aksesoris berlebihan dari alam itu sendiri. Pengen suatu saat bisa wisata bareng keluarga ke Kopang euy

    Reply
  • Diah Agustina 6 November 2021 at 7:34 pm

    Kalau denger kata Lombok, hati tuh langsung ngomong sendiri “kapan bisa kesana”
    Selain wisatanya yang keren, makanan juga enak banget menggugah selera. Btw ada bedanya gak mbak bakso kopang sama bakso pada umumnya?

    Reply
    • Ria fasha 6 November 2021 at 7:54 pm

      Wah jadi pengen juga mengunjungi wisata disana
      Suasananya sejuk dan menyenangkan apalagi sambil nikmati bakso.kopangnya
      Btw ada kah bedanya mbak soal rasa dengan bakso biasanya?

      Reply
  • lendyagassi 6 November 2021 at 8:09 pm

    Kalau melihat suasana asri di Kopang..kebayang susah sinyalnya gitu, kak..
    Tapi alhamdulillah, dengan jaringan super dari Smartfren, maka berkabar dengan keluarga dan berbagi kebahagiaan masih tetap bisa dilakukan.

    Reply
  • Dian Farida Ismyama 6 November 2021 at 10:16 pm

    Aku pernah ke Lombok tapi ke gilinya mbak. Malah belum pernah ke Kopang. Jadi pingin ke sana deh menikmati bakso nya

    Reply
  • Herva yulyanti 6 November 2021 at 11:13 pm

    Aku kira tadi rumah mama itu nama tempatnya kok ya unik pas baca selanjutnya yah salah duga ternyata rumah mertua kakak mba. Ngakak sendiri jadinya aku

    Reply
  • Liswanti 6 November 2021 at 11:41 pm

    Kapan ya bisa main ke Lombok, pasti seru banget nih. Dan banyak tempat wisata yg biza dikunjungi.

    Reply
  • echaimutenan 7 November 2021 at 12:45 am

    akkk seruuuu
    nyiur tinggi laut dan langit biru bikin seneng ya damai rasanya
    aku belum pernah ke lombok tapi aku pernah nemu suasana kayak gini miriippp di sini. tapi kayanya pengen di lombok aja biar ketemu mak andy :*

    Reply
  • Apura 7 November 2021 at 1:03 am

    Belom pernah ke Lombokkk! Mau banget lah wisata ke sini. Abis baca postingan ini juga malah makin mupeng. Udah dari dulu masuk wish list tempat yang harus dikunjungi.

    Reply
  • Adriana Dian 8 November 2021 at 8:46 am

    wah jadi pengen ke lomboh.. selain pemandangannya indah banget, banyak jjuga tempat wisata yang menarik ya maaaak.. semoga ada rezeki bisa main ke lombok.. aamiin..

    Reply
  • indah nuria 9 November 2021 at 8:05 am

    cantik yaaa mba.. aku jadi kangen deeeh. Memang seru banget ya kalau bisa mampir ke sini dan seseruaaan bareng

    Reply
  • Hanifa 10 November 2021 at 10:42 pm

    Udah lamaaaaa banget pengen ke Lombok dan makin pengen lagi ketika dapet kabar kalo kantorku bakal menerapkan remote working selamanya Mak. Seneng banget deh kalo bisa kerja dari mana aja sambil travelling, salah satunya ke Lombok. Bisa jadi referensi nih kalau lagi visit Kopang 😀

    Reply

Leave a Comment