11 Ide Postingan Blog Selama di Rumah Aja - Blognya Andy Hardiyanti

11 Ide Postingan Blog Selama di Rumah Aja

11 ide postingan blog

11 Ide Postingan Blog Selama di Rumah Aja. Berbulan-bulan di rumah aja karena masa pandemi, terus jadi bingung gak ada bahan tulisan buat ngeblog? Yuk intip 11 ide postingan blog berikut. Saat bukan masa pandemi seperti sekarang, saya tuh aslinya bukan orang rumah banget. Kalau dibandingkan, lebih sering di rumah atau di luar, ya jelas lebih sering di luar rumah. Meski pekerjaan saya sebagian besar dilakukan secara online, tapi ada saja berbagai urusan yang harus dilakukan di luar sana. Termasuk juga antar jemput si sulung sekolah, kalau pas pak suami gak bisa atau ada urusan lain, meeting ini itu (hiyaa sok sibuk), melakukan liputan berbagai acara, hingga yang asyik, macam: traveling dan kulineran.

Ide postingan blog saya selama ini berasal dari mana? Hmm..banyak sih, tapi paling sering yaa dari hasil jalan-jalan. Entah sebagai dokumentasi saat menghabiskan weekend ke pantai, mengajak anak-anak liburan ke kolam renang, atau kulineran di berbagai rumah makan. Pokoknya, ada banyak deh yang bisa jadi ide tulisan. Rasanya, tiap ke mana saja, mendatangi suatu tempat yang baru maupun bertemu dan berbincang orang lain, bisa jadi bahan tulisan di blog. Lantas? di situasi sekarang, tepatnya sejak masa pandemi dan anjuran untuk di rumah saja ditetapkan, terus kita jadi gak bisa ke mana-mana. Apakah ide postingan blog pun jadi gak ada? Oh tentu tidak, sebagai blogger teladan bangsa, seharusnya kita tetap produktif dong! Berikut ini saya bagikan 11 Ide Postingan Blog yang bisa teman-teman jadikan bahan tulisan selama di rumah aja.

11 Ide Postingan Blog Selama di Rumah Aja

Kalau niche blog kalian tuh gado-gado alias semua-semuanya ditulis, atau istilahnya kerennya: lifestyle blog. Maka 11 ide postingan blog yang saya sajikan di sini bisa teman-teman gunakan semua sebagai bahan dalam membuat postingan blog. Lain halnya jika kalian memiliki niche atau topik blog tertentu, seperti: food, traveling, family, atau yang lainnya. Daftar ide postingan blog ini pun bisa dipilih mana yang mengarah atau bahkan benar-benar sesuai diterapkan di blog kalian. Ya, intinya sih disesuaikan saja. Jadi apa saja 11 ide postingan blog selama di rumah aja?

11 ide postingan blog

1. Live Instagram (IG Live) dengan Berbagai Topik Favorit

Bingung menemukan ide postingan blog selama stay at home? Kenapa kalian gak menyimak siaran langsung instagram yang ditayangkan oleh banyak akun di sana dengan tentunya beragam topik favorit. Tinggal pilih, mana yang live instagramnya disiarkan di waktu kalian lagi lowong. Kenapa sebaiknya pas lagi lowong? Ya supaya bisa konsen nyimak materinya. Ada banyak banget lho akun instagram yang rutin menyelenggarakan live IG dengan mendatangkan narasumber yang sesuai dengan topik yang dibahas. Entah itu akun instagram sebuah brand, komunitas, atau personal. Dan ya, jangan ragu mengajukan pertanyaan saat IG Live tersebut berlangsung, siapa tahu pertanyaan kita terpilih untuk dijawab.

Kenapa siaran langsung di instagram ini bisa menjadi ide postingan blog? Karena dari siaran langsung di akun instagram tersebut, kita pastinya bisa mendapatkan banyak insight. Ketika kita memutuskan ingin menyimak suatu IG Live, setidaknya kita sudah tahu topik apa yang dibahas pada siaran tersebut, bukan? Sering kali, alasan kita menontonnya adalah karena kita tertarik pada topik tersebut. Alasan lainnya, bisa jadi, entah penyelenggara atau narasumbernya merupakan sosok yang kita idolakan. Nah, apa yang dibahas dalam tayangan live instagram tadi bisa kita tuangkan ke dalam postingan blog. Contohnya bisa teman-teman baca di postingan yang saya tulis usai menyimak tayangan live IG Fun Talk di akun instagram @homecreditid. Yaa..hitung-hitung didokumentasikan, agar suatu saat tetap bisa dibaca kapan saja. Pastinya, jadi menambah wawasan orang yang membacanya pula kan?

11 ide postingan blog

2. Webinar, Alternatif saat Gak Bisa Lagi Menghadiri Seminar

Kalau gak ada pandemi gini, satu hal yang bikin saya keluar rumah tuh ya ini: seminar. Entah itu untuk urusan liputan, atau memang hadir sebagai peserta. Pada kangen gak sih ikutan seminar? Kangen apanya? Menu coffee break – tea time, lunch, ketemu relasi/teman-teman, sertifikat, atau materinya? Wkwkwkw. Kangen materinya dong ya (eaaa). Karena emang udah lama selesai kuliah, terus belum lanjut ke jenjang berikutnya lagi, jadi saya tuh selalu senang mengikuti seminar. Semacam mengikuti perkuliahan dengan berbagai macam topik, yang pastinya saya suka. Tapi ya gimana? Anjuran #dirumahaja bikin gak ada lagi tuh yang namanya seminar.

Gak ada seminar secara tatap muka langsung, tapi ada yang namanya webinar! Webinar ini sebenarnya udah lama yaa ada, terutama ketika kita mengikuti kegiatan yang lokasinya bukan di kota bahkan negara kita. Tapi belakangan ini, webinar jadi ngetren dong! Mau gak mau, biar tetap bisa upgrade ilmu, kita harus terbiasa mengikuti seminar secara online. Entah itu lewat zoom, google meet, atau yang lainnya. Seperti halnya usai mengikuti live IG, maka ide postingan blog juga bisa didapatkan usai mengikuti webinar. Coba deh baca postingan saya tentang Literasi Digital, yang saya tulis usai mengikuti webinar yang diadakan oleh ICT Watch bekerja sama dengan WhatsApp Indonesia. Pastinya dengan tetap memperhatikan, apakah materi tersebut boleh dibagikan/disebarluaskan atau tidak. Oh ya, aturan ini biasanya diinfokan di awal acara.

11 ide postingan blog

3. Membuat Postingan Resensi, Review, Sinopsis atau Blurb dari Buku yang Sudah Dibaca

Sedikit atau banyak, kita pasti punya setidaknya satu judul buku di rumah, bukan? Atau buku-buku yang telah kita beli sejak lama, namun belum sempat dibaca. Nah, di masa pandemi ini, saat ada waktu lowong, cobalah selesaikan membaca buku tersebut. Biar gak berakhir sebagai buku yang dibeli, tanpa dibaca, ye kan? Terus, selesai dibaca, bisa deh kalian jadikan postingan blog. Entah dengan menulis postingan berupa resensi, review, sinopsis, atau blurb dari judul buku yang kalian baca. Meski jarang, yaa saya pernahlah membuat postingan review buku. Seandainya rajin, lumayan tuh udah berapa banyak buku yang dibaca, jika semua dibuat postingan blognya, mungkin blog saya jadi up to date terus. Hahaha.

BTW, udah pada tahu kan bedanya resensi, review, sinopsis, dan blurbΒ  buku? Kalau belum, sekalian nih saya infokan. Sering dengar kata resensi buku kan? Resensi berarti bagaimana kita memberikan penilaian atau menilai sebuah buku/tulisan. Resensi buku umumnya memuat informasi singkat mengenai buku tersebut, juga kelebihan dan kekurangannya. Berbeda dengan resensi, review buku diartikan sebagai bagaimana kita menilai sebuah buku dengan membandingkan, memberikan masukan, serta menyimpulkan isi buku yang asalnya dari pendapat pribadi kita. Jika resensi buku umumnya memiliki format baku (memuat informasi judul, penulis, penerbit, dan data lainnya terkait buku tersebut), maka pada review atau ulasan, bentuknya lebih kepada paragraf-paragraf esai.

11 ide postingan blog

Selanjutnya, sinopsis merupakan cerita singkat yang menggambarkan seluruh isi buku. Alur cerita, dari awal hingga akhir di sebuah buku tergambar jelas pada sinopsis, meski dalam bentuk singkat. Blurb, yaitu tulisan yang berada di sampul belakang buku. Itu tuh semacam cuplikan buku yang ada mengandung unsur promosi. Hmm..gimana ya, pokoknya blurb dibuat semenarik mungkin agar calon pembaca tertarik dan penasaran pada isi buku tersebut.

11 ide postingan blog

4. Konser Virtual, Ceritakan Keseruannya Lewat Postingan

Apakah teman-teman menggemari penyanyi atau grup musik tertentu? Sering menyaksikan konsernya selama ini, namun karena masa pandemi, akhirnya konser pun harus dilaksanakan secara virtual? Jangan sekadar menonton dan menikmati konsernya, buatlah menjadi sebuah postingan! Seperti sejumlah konser yang barubaru saja berlangsung, konser art visual NOAH, hingga yang kelas internasional yaitu Konser BTS Map of The Soul ON:E. Selain untuk dokumentasi sendiri (yang kelak bisa dibaca kapan saja), saya yakin penggemar grup musik tersebut pun akan senang membacanya. Terutama mereka yang berhalangan hadir atau tidak sempat menyimaknya.

Seperti postingan saya beberapa hari yang lalu. Sejak saya membeli tiket konser NOAH tersebut, saya sudah berniat memuatnya di blog. Siapa sangka, tidak hanya cerita pengalaman mengikuti konser yang tertuang di sana, tetapi juga bagaimana perjalanan hidup saya yang sebagian besar ditemani lagu-lagu dari zaman masih bernama Peterpan, hingga NOAH kini. Berbekal ide untuk mendokumentasikan konser virtual, justru meluas ke kenangan masa lalu. Hiyaaa~ tapi kalau gak berangkat dari konser virtual tersebut, saya gak yakin deh bakal keluar tuh cerita gimana dulu lagu-lagu Peterpan menemari hari-hari saya. Jadi, thanks to Ariel, David, Lukman, Uki, Reza, Andika, Indra, dll (sebut semua deh).

11 ide postingan blog

5. Perjalanan yang Belum Sempat Diceritakan

Sebelum masa pandemi, teman-teman pasti sering traveling kan? Entah itu ke pantai, gunung, wisata seni budaya, hingga staycation di hotel-hotel favorit. Dari sekian banyak perjalanan tersebut, pasti ada saja yang terlewat, belum sempat dibuat menjadi postingan blog. Atau mungkin fotonya menumpuk, kelupaan diposting di akun media sosial. Wajar sih, setiap kali kita punya banyak bahan cerita, saat itu pula kita jadi merasa kebingungan harus mulai bercerita di mana. Akhirnya, malah benar-benar terlupa.

Nah, sekarang nih saat yang tepat untuk menceritakan itu semua. Menceritakan perjalanan ke tempat-tempat wisata maupun mengulas hotel-hotel yang pernah didatangi. Seperti saat saya membuat postingan tentang Mina Tanjung Hotel di Kabupaten Lombok Utara. Idenya bisa dimulai dari melihat stok foto-foto tersebut. Saya sih biasanya gitu. Dengan melihat foto, maka kita pasti akan teringat kenangan saat perjalanan itu dilakukan. Bahas saja apa yang masih teringat, bisa pula dibantu dengan mencari referensi informasi lain di internet. Siapa tahu bisa jadi destinasi wisata yang dikunjungi para pembaca kelak saat pandemi berakhir, ya kan?

11 ide postingan blog

6. Mulai dari Resep Masakan, Hingga Review Makanan

Siapa nih yang keinginan makannya meningkat selama di rumah aja? Sama dong sama saya. Wkwkwk. Eit, jangan cuma berat badan yang bertambah, jumlah postingannya di blog juga dong! Jadi, yuk semangat ngeblog! Di rumah aja, gak pergi nongkrong makan di mana-mana, bukan berarti gak ada bahan untuk membuat postingan baru, ya kan? Berkaitan dengan makanan, bisa tuh teman-teman menulis tentang resep masakan yang dikreasikan selama di rumah aja, atau mengulas makanan yang dibeli lewat ojek online.

Selain resep masakannya terdokumentasi dengan baik (dalam bentuk foto juga tulisan), juga jadi banyak yang bisa mempraktikkannya di rumah, kan? Ealah, jadi ingat cerita mama saya dulu dengan buku resep masakannya yang tebal banget. Hahahaha.

7. Obrolan di WhatsApp Group

Hari gini, masih ada diantara kita yang belum tergabung di sebuah WhatsApp Group (WAG)? Atau mungkin ada yang sudah lelah dengan keramaian di dalam WAG? Kalau obrolannya asyik dan bermanfaat ya gak papa, tapi kalau gak jelas dan random banget? Duh, mending jadi silent reader aja atau sekali keluar dari sana. Wkkwkw. Eh, tunggu dulu… kadang uniknya obrolan di WAG tuh bisa lho dibahas di postingan blog. Pastinya dengan mengedepankan privasi ya. Saya pribadi sih belum pernah membuat postingan blog yang berangkat dari pembahasan di WhatsApp Group. Tapi saya pernah tuh membaca postingan seorang teman blogger, yang idenya ya dari obrolan-obrolan di WAG. Nah..kan..siapa bilang WAG tuh gak ada gunanya?

11 ide postingan blog

8. Kajian Agama atau Konten Religi

Rumah kalian dekat masjid? Biasa mendengarkan kajian rutin yang diperdengarkan lewat speaker masjid? Atau mungkin teman-teman senang mendengarkan kajian melalui radio, televisi, maupun media lainnya? Sambil dengarkan, sambil dicatat juga hal-hal pentingnya. Supaya bisa ditulis kelak menjadi sebuah postingan blog. Ya, ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Oh ya, pembahasan ini mengingatkan saya pada catatan-catatan kajian di masjid samping rumah, Masjid At-Taubah, yang belum juga selesai saya tulis. Semoga bisa segera tayang yaa postingannya.

9. Aktivitas Selama di Rumah Aja

Ide postingan blog yang paling gampang? ya menceritakan aktivitas keseharian. Yaa..macam jurnal harian atau diary gitu, tapi bisa dibaca siapa saja. Ceritakan apa saja hal yang teman-teman lakukan selama di rumah, dari pagi hingga malam hari. Dari tulisan itu pula, bisa dilihat, ngapain aja sih kita dalam waktu 24 jam? Adakah hal baik yang kita lakukan? atau justru hanya bermalas-malasan? Terus nih, siapa tahu para pembaca blog jadi terinspirasi akan hal baik yang kita lakukan hari itu.

11 ide postingan blog

10. Review Film dan Drama Korea

Selain membaca buku, apa selama di rumah aja, kalian pada sering nonton film atau drama Korea? Kalau iya, jangan cuma ditonton! Tulis deh postingan blog yang berisi ulasan dari tontonan tersebut. Kalian bisa membahasnya dengan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari, pasti ada hal-hal baik yang diajarkan dari setiap film atau drama Korea itu. Ya kan? Jadi waktu kalian gak sekadar habis berjam-jam buat nonton, tetapi juga bisa jadi postingan blog. Lumayan lah yaa, biar blognya gak sepi-sepi amat. Hahahah.

11. Ikut Lomba Blog

Gak punya ide postingan blog selama di rumah aja? Satu-satunya cara paling maksa adalah dengan mengikuti lomba blog. Hahaha. Coba deh cari info lomba blog yang sedang berlangsung. Mau gak mau, kalian akan melakukan riset, cari tahu tentang tema yang dilombakan, syarat dan ketentuannya apa aja. Intinya, lomba blog bakal memaksa kalian untuk berpikir, berpikir kreatif untuk menghasilkan sebuah tulisan. Syukur-syukur kalau ternyata tulisan yang dilombakan itu berhasil keluar sebagai pemenang. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui ya kan?

Berhasil melawan kebuntuan menulis, dapat satu postingan blog, eh menang pula! Kebayang gimana menyenangkannya kalau benar-benar terjadi.

Selain 11 Ide Postingan Blog Selama di Rumah Aja di atas, teman-teman punya ide lainnya gak? Share yuk di kolom komentar.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

61 Comments

  • Mugniar 14 October 2020 at 5:09 pm

    Nah sebenarnya ide banyak ya .. asalkan dicari. Jangan tunggu ide datang menghampiri. Dia bukan penjual bubur kacang ijo yang tiba-tiba lewat depan rumah.

    Reply
  • Turis Cantik 15 October 2020 at 8:27 am

    Lumayan ada ide nulis di blog krn memang di rumah kebanyakan malah nulisnya jd ngak sempet heheheh

    Reply
  • Susi 15 October 2020 at 11:41 am

    Ada pandemi atau nggak, saya mulai bersahabat dengan dirumah aja hihi. Ide postingan sih banyaaak tapi realisasi untuk menulis memang perlu effort luar biasa πŸ˜€ Thank sharingnya mbak semoga saya bisa tambah rajin menulis πŸ™‚

    Reply
  • Ana Ike 15 October 2020 at 6:01 pm

    Kereeen. Aku beneran males ngisi blog tu. Pas gak pandemi aja males, pandemi lebih males, haha.
    Tapi jadi kepikiran nih gali ide seru di wa grup buat bahan nulis. Makasii insightnya, mbakk

    Reply
  • Rindang Yuliani 15 October 2020 at 7:18 pm

    Kereeen semua idenya. Paling kaget dg ide, obrolan dari WA grup. Niat banget. Hehe. Sisanya brainstorming bgt (ig live, webinar, buku, travelling, kegiatan sehari2, kajian agama), jd bs digunakan ketika kehabisan ide. Sebenarnya aku sendiri tak pernah kehabisan ide, tapi seringnya punya keterbatasan waktu utk menuliskannya.

    Reply
    • Mugniar 15 October 2020 at 10:51 pm

      Tantangan besar ya gimana menjadikan obrolan di WA group sebagai bahan tulisan hihihi.

      Reply
  • dhenok 15 October 2020 at 8:07 pm

    dikasih catetan gini ini itu langsung, aaah iya yaaaaa.. males banget ngelist. sambil tiap2 bingung mau nulis apa. cm kalau saya sih memang masih beredar, ga di rumah aja.

    makasih udah ngingetiiin ^_^

    Reply
  • nurulrahma 15 October 2020 at 8:27 pm

    Mihihiiii kamu kreatifff bangettt sih Mbaa πŸ˜€
    Bener juga. Ide2 tuh bertebaran buanyaaakk banget yha.
    Tinggal kita-nya aja males apa kagak wkwkwk

    Reply
  • Inova Melisa 15 October 2020 at 8:34 pm

    Ide yang sangat bagus mba ^^ bener bener di masa Pandemi di rumah aja mesti menyesuaikan ya apa yang kita tulis hihi.. Terima kasih ya

    Reply
    • Mugniar 17 October 2020 at 1:23 pm

      Pasti ada saja ide ya Mbak kalau kitanya memang berpikir mencari ide itu.

      Reply
  • Suciarti Wahyuningtyas 15 October 2020 at 8:59 pm

    nah aku belum pernah nih bikin review buku yang aku baca, padahal pengen juga sih sekali-kali bikin. Apa aku bikin cerita tentang Nicholas Saputra aja ya? wakakakakakaa

    Reply
  • katerina 15 October 2020 at 10:37 pm

    Dengan ide sebanyak ini harusnya sih nggak mati gaya ya meskipun di rumah aja, banyak sekali ang bisa dilakukan dan diposting. Semoga ide dan inspirasi tak pernah mati, yang harus mati biar si corona aja πŸ˜€

    Reply
  • Maria G Soemitro 15 October 2020 at 11:14 pm

    Bagus sarannya Mbak Idae
    Beruntung saya ikut ODOP nya ISB jadi ga pernah kekurangan ide
    Ditambah sebagai food blogger dan reviewer drakor (yang banyak viewnya), saya malah kebanyakan ide πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    Reply
  • Mpo Ratne 15 October 2020 at 11:49 pm

    Ide postingan blog memang harus ada niat. Seperti mau nonton live instagram maka niatin dengan tekad bulat agar jadi poatingan blog. rasa malas itu hambatan terbesar dan meski dihempaskan

    Reply
  • Sani 16 October 2020 at 1:38 am

    Blog aku travel and food
    Btl bgt, Kl travel ya perjalanan yg blm sempat di tulis, makanan juga gitu, tapi ada juga ttgl makanan yang di masak di masa pandemi haha

    Reply
  • Anis Khoir 16 October 2020 at 7:37 am

    Sebenarnya banyak sekali ya kak ide untuk buat tulisan. Kadang kita, atau saya saja yang kurang peka sehingga merasa kehabisan ide

    Reply
  • Lasmicika 16 October 2020 at 11:31 am

    Beberapa minggu terakhir ini saya jarang banget posting blog. Ide banyak, tapi karena masih fase morning sickness jadi bawaannya lemes ngga mood buat ngapa-ngapain.

    Jadi ya paling bisanya blogwalking aja sih, baca-baca, pokonya yang bisa sambil rebahan n ngga perlu mikir. Hehe…

    Mudah2an nanti pas lewat masa morsick ide nulis bisa segera direalisasikan.

    Reply
  • Anggun 16 October 2020 at 3:40 pm

    Idenya boleh juga ini mbak buat aku yg suka bingung mau nulis tema apa. Hehe
    Padahal cerita perjalanan beberapa tempat jg belum diulas di blog .

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 16 October 2020 at 5:12 pm

    Asyeek aku jadi dapat ide nih utk bikin lebih banyak postingan organik setelah baca postingan ini haha.
    Selama ini tapi agak terhambat sama waktu mengingat sekarang kerjaan nambah jd main sekolah2an ahaha.
    Semangat mengisi blog dengan konten2 trbaik dan bermanfaat πŸ˜€

    Reply
  • Keke Naima 16 October 2020 at 6:15 pm

    Setuju. Alhamdulillah selama di rumah aja, saya gak merasakan mati ide. Cuma memang waktunya aja yang harus diatur

    Reply
  • Putu Sukartini 16 October 2020 at 6:16 pm

    Banyak ya idenya
    Masalahnya aku nih selama di rumah aja jadinya mageeeer
    Padahal banyak banget cerita perjalanan yang belum dipublish
    Apalagi klo bocah lagi banyak tugas karena PJJ
    Emak jadi rempong dan akhirnya males buka laptop huhuhu

    Idenya aku save dulu deh
    Kapan-kapan diekseskusi

    Reply
  • indah nuria 16 October 2020 at 8:08 pm

    banyak bangeeet ya mba yang masih bisa ditulis.. so far aku banyak tulis perjalanan yang belum sempat diceritakan plu beberapa kampanye kesehatan yang aku ikuti. Semangaat teruus yaaa pokoknya

    Reply
  • Bibi Titi Teliti 16 October 2020 at 11:52 pm

    Selama di rumah aja kayaknya kerjaanku rebahan terus sambil nonton drama, trus baper dan bacot di sosmed sih. Lumayan banget bisa jadi bahan posting yah hahaha

    Reply
  • Rizka Edmanda 17 October 2020 at 6:45 am

    Iya nih pengennya lebih banyak bikin konten organik akhir-akhir ini hehe udah kangen soalnya nulis curhat curhat gitu

    Reply
  • Eri Udiyawati 17 October 2020 at 6:58 am

    Ternyata ide menulis itu bisa banyak kalau kita mau menggalinya sendiri. Dan tema yang ditentukan mudan gitu.

    Review buku, kayaknya perlu aku coba nih. Sudah lama banget gak ngereview buku. Ada beberapa buku baru yang belum sempet dibaca juga.

    Reply
  • Dian 17 October 2020 at 10:03 am

    Wah mantap ini…
    Makasih ya mbak, skrg aq jadi punya banyak ide buat postingan di blog

    Reply
  • Shyntako 17 October 2020 at 10:22 am

    Nah, aku lagi garap yang nomor 5 mba, kemarin terakhir sempat trip tapi belum sempat aku buat artikelnya, semoga wiken ini bisa selesai nih

    Reply
  • Shyntako 17 October 2020 at 10:23 am

    Nah, aku lagi garap yang nomor 5 mba, kemarin terakhir sempat trip tapi belum sempat aku buat artikelnya, semoga wiken ini bisa selesai nih yaaa lumayan buat postingan organik

    Reply
  • Lina W. Sasmita 17 October 2020 at 11:34 am

    Rencana tinggal rencana Mbak. Draft menggunung, ide menulis menggila tapi tetap saja eksekusi saya nol. Bahkan pernah sebulan penuh nggak nulis lalu posting backdate demi mengisi kekosongan. Sedih, malasnya nggak ketulungan.

    Reply
  • lendyagasshi 17 October 2020 at 11:55 am

    Iya banget ini, kak Andy.
    Idealnya kalau pas mengalami, langsung dituang dalam bentuk tulisan, rasanya pas nulis masih sangat bersemangat.

    Reply
    • lendyagasshi 18 October 2020 at 12:30 am

      Ini salah satu kenikmatan saat pandemi.
      Ternyata…kita semua jadi bisa memperoleh ilmu dari mana saja dan tetap di rumah.
      Aaah….laaff banget.

      Reply
  • Tanti Amelia 17 October 2020 at 11:57 am

    Paling sering itu tulisan aku sekarang dari grup WA dan saat gambar mbak… terus terang aja sebenernya ga jehabisan bahan tulisan, hanyaaa.. nulisnya yang males….

    tapi ini berguna banget, aku bintangin !

    Reply
  • Erin 17 October 2020 at 12:01 pm

    Ide itu sebetulnya selalu ada ya, Mba. Walau aktivitas di luar rumah terbatas. Menceritakan aktivitas selama di rumah misalnya, jadi bisa berbagi cerita.
    Menceritakan konser musik kayanya seru, bisa terus nonghol di mesin pencarian. Soalnya aku pernah review soal lagi gitu, Mba. Sampai Sekarang masih saja ada yang lihat, padahal postingan lama.

    Reply
  • Desri Desri 17 October 2020 at 12:13 pm

    Alhamdulilah ide ada terus mba cuma pas mau nulis kok susah ya waktunya hahaha, aku aja sih ini mah, pagi keburu repot dengan segala urusan domestik rumah tangga, siang belajar sama anak, sore ngurusin kerjaan, malam keburu ngantuk, hihihi

    Reply
  • Lidya 17 October 2020 at 12:48 pm

    Banyak banget perjalanan yang belum aku ceritakan, dan aktivitas menarki (menurut aku ) yang kepending. Ide itu banyak tinggal kitanya niat & disiplin atau gak. Duh buru-buru nulis postingan πŸ˜€

    Reply
  • Elly Nurul 17 October 2020 at 2:51 pm

    Ahey, idenya banyak banget dan menarik semua ini mbak hehe.. maklum dirumah aja tuh kadang bingung ya mau nulis apa, karena sudah rumit dengan kegiatan sehari hari dirumah bersama anak yang usia sekolah

    Reply
  • nyi Penengah Dewanti 17 October 2020 at 4:15 pm

    Mba Andy tahu aja, banyak banget cerita perjalanan yang belum tertuliskan nih mba ehehhe, bener juga ya. Nyicil kan ya mumpung di rumah aja

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani 17 October 2020 at 4:26 pm

    Selama di rumah aja, ide postingan saya di blog memang gak jauh dari materi webinar dan IG/youtube live, Mbak. Lumayan untuk dijadikan bahan untuk tulisan.

    Reply
  • Lidya 17 October 2020 at 4:42 pm

    KOnser virtual apa lagi nih selanjutnya yang mau ditonton? Ada Aa Ariel lagi kah? πŸ™‚

    Reply
  • Alfa Kurnia 17 October 2020 at 4:42 pm

    Terima kasih idenya, Mbak. Selain 11 di atas itu aku sekarang berusaha menyelesaikan draft yang sudah berbulan-bulan bahkan tahunan tak tersentuh hihihi. Lumayan nggak perlu nulis dari awal lagi buat jadi postingan.

    Reply
  • Nurhilmiyah 17 October 2020 at 5:48 pm

    Alhamdulillah sebelum pandemi pun sy sudah menuliskan ke 11 ide di atas Mbak Andy… Seneng banget ya jadi bloger, apa aja bs jadi bahan tulisan. Bahagiaa deh

    Reply
  • HM Zwan 17 October 2020 at 7:22 pm

    Sekali pernah ikut konser mini virtual, agak aneh gitu ya ahahaha. Pandemi ini banyak sekali hal yang bisa ditulis, mulai sari materi webinar, sampai review film

    Reply
  • Jamilatul Istiqomah 17 October 2020 at 8:13 pm

    Boleh juga tipsnya mbak, meskipun di rumah saja bisa kreatif ya mbak,

    Reply
  • Jamilatul Istiqomah 17 October 2020 at 8:14 pm

    Aku setuju dgn tips yg mbak sampaikan. Sangat bermanfaat mbak. Terimakasih

    Reply
  • Idah Ceris 17 October 2020 at 8:23 pm

    Yang paling sering biat bahan blog post ya kegiatan di rumah, sih. Yaaa…meski malas2an juga di rumah, tapi masih banyak geraknya, kok. Hahaha.

    Btw, postingan ini menginspirasssii. ❀

    Reply
  • Dian Restu Agustina 17 October 2020 at 9:06 pm

    wah bener juga ya..banyak ide buat postingan blog. Aku sudah coba beberapa yang belum pernah konser virtual dan obrolan di WAG…Hm seru juga ya kalau jadi ide nulis di blog. Cus eksekusi!

    Reply
  • Dedew 17 October 2020 at 10:25 pm

    Idenya seru-seruu, iya cocok tuh bikin resume seminar online biar makin banyak yang tahu, hehe aku sudah lama nggak isi blog travelku saking bingung mau nulis apa

    Reply
  • Milda Ini 17 October 2020 at 10:37 pm

    The idea is almost the same, only add to the discussion about food and children’s school questions for me, hehehe

    Reply
  • Shisca Elliza 17 October 2020 at 11:22 pm

    Nah iya, selama pandemi harusnya jadi banyak kesempatan ya untuk nulis.
    Kalo aq lebih banyak jadinya bikin tulisan tentang makanan. Bisa juga review buku dan film

    Reply
  • Arda Sitepu 18 October 2020 at 12:08 am

    Selama di rumah aja menyenangkan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut ya mbak. Sekarang lagi belajar buat resensi cerita seru juga ya mbak.

    Reply
  • Andiyani 18 October 2020 at 12:16 am

    Ide banyak mak, cuma aku tuh masih adaptasi dari yang tadinya bekerja kantoran, sekaran freelance hehhe btw makasi udah sharing

    Reply
  • Sri Widiyastuti 18 October 2020 at 4:05 am

    Jadi keingetan banyak banget cerita jalan-jalan saya yang belum diposting di blog, abis kadang lama diedit fotonya sih haha. makasih loh idenya

    Reply
  • Dian Farida Ismyama 18 October 2020 at 9:52 am

    Wah aku masih banyak kisah perjalanan belum ditulis dan belum edit videonya juga. Tulisan lain juga ngantri, alhamdulillah. Bersyukur aja sih ada waktu me time

    Reply
  • Desy Yusnita 18 October 2020 at 10:42 am

    Perjalanan yang belum sempat diceritain memang banyak sih. Mungkin sekarang yah waktunya untuk menumpahkan semua kedalam postingan blog.

    Reply
  • Fionaz 18 October 2020 at 2:11 pm

    Pas banget nih buat aq yang sering ngalamin ide yang mampet bin buntu. Ide perjalanan yang belum di ceritakan juga lumayan

    Reply
  • Deny Irwanto 19 October 2020 at 1:44 pm

    wah, bner juga, selama ini saya hampir selalu melakukan poin ke 7. ngobrol di grop WA dpet byk ilmu baru. seru bnget pokoknya.

    Reply
  • Bundabiya.com 19 October 2020 at 11:56 pm

    ide postingan sih banyaak cuma waktunya itu wkwk jadi kejar2an antara bikin konten dengan urusan domestik ama anak dan suami πŸ˜€

    Reply
  • diane 20 October 2020 at 7:48 am

    Ide akttivitas selama di rumah emang banyak ternyata ya hahaha..kalo semua dilakukan dengan senang hati pasti gak ada cerita bosan….yang ada mah kurang banget waktunya…Suka nonton konser Noah sama drakor TWoTM nih hahah

    Reply
  • Yuni BS 20 October 2020 at 8:17 am

    Kalau semua ide ini dikerjakan, yakinlah. Nggak ada ceritanya kehabisan ide ya Kak? Hehehe

    Reply
  • Karyati Niken 20 October 2020 at 10:06 am

    Dari 11 point diatas, ternyata aku ada 7 yang belum pernah dibuat wkwk banyak juga ya ternyata. Padahal beberapa sudah ada bahannya tapi untuk nulisnya masih tersendat. Hehe. Btw, thanks idenya mbak.

    Reply
  • nyi Penengah Dewanti 20 October 2020 at 11:01 am

    Banyak ide betebaran ya mba Andy, kadang malah nggak ada waktunya hiks. Banyak tulisanku belum selesai nih.

    Reply

Leave a Comment