Pertemanan Sehat dan Bagaimana Cara Menjaganya

pertemanan sehat

Pertemanan Sehat dan Bagaimana Cara Menjaganya. Rezeki itu tidak selalu berupa materi, tentang uang. Hubungan pertemanan sehat termasuk salah satu hal yang patut kita syukuri. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa lebih baik memiliki sedikit teman, dengan hubungan baik yang terjaga. Dibanding banyak teman, namun begitu-begitu saja, atau bahkan saling menjatuhkan di belakang sana. Meski sulit diwujudkan, tentu yang lebih baik adalah punya banyak teman, dengan hubungan perteman sehat terjadi di dalamnya. Adakah yang sudah mengalami hal tersebut?

Saya pribadi, belum. Teman atau mungkin lebih tepatnya mereka yang saya sebut sebagai sahabat, tentu hanya sedikit jumlahnya. Kebanyakan orang pun akan demikian, mereka yang benar-benar adalah teman terdekat, yang masuk kategori sahabat, mungkin hanya sepersekian persen saja. Namun, sebagai makhluk sosial, yang akan selalu saling membutuhkan dengan orang lain. Sudah tentu kita akan terus dan terus membentuk hubungan pertemanan yang baru. Bertemu kenalan baru, dan membangun pertemanan.

Pertemanan Sehat dan Bagaimana Cara Menjaganya

Tidak ada yang salah dari mengenal orang baru dan menjadikannya teman. Bukankah semakin banyak teman, semakin luas pula jaringan. Demikian pula dengan wawasan kita yang akan terbuka lebih lebar lagi. Kembali lagi pada kita yang menjalaninya, cukup ambil apa yang baik-baik dari hubungan tersebut. Pertemanan sehat tentu akan memberikan manfaat bagi siapa saja yang ada di dalamnya, demikian pula sebaliknya. Toxic friendship mampu membentuk atau sedikit banyak, akan memberi pengaruh buruk pada mereka yang menjalaninya.

Bagaimana sebenarnya tanda-tanda atau ciri-ciri sebuah hubungan dikatakan sebagai pertemanan yang sehat? Beberapa diantaranya, yaitu:

Menghargai Privasi dan Menghormati Batasan

Seorang teman yang baik, tentu akan tahu batasan-batasan dalam suatu hubungan pertemanan. Mereka tidak akan ikut campur, jika tidak dimintai pendapat atas hal yang termasuk ranah privacy. Sebab seperti yang kita ketahui, bahwa tidak banyak orang yang akan membagikan atau menceritakan hal-hal pribadinya. Kecuali orang tersebut benar-benar ingin masalah pribadinya didengar atau ditanggapi orang yang ia percayai untuk diceritakan. Oleh karena itu, apabila teman kita tidak membahas hal pribadi, kita tidak perlu pula menanyakannya.

Tidak Mengubah Jati Diri Seseorang

Pertemanan sehat adalah ketika seorang teman tidak memaksa teman lainnya untuk mengubah jati diri. Ia membiarkan temannya menjadi diri sendiri. Tidak perlu harus berpura-pura menjadi orang lain yang bukan diri sebenarnya. Sebab seorang teman yang baik, akan menerima kalian apa adanya.

Saling Memberi Dukungan

Dukungan sangatlah penting dalam kehidupan setiap orang. Support atau dukungan membuat seseorang semakin bersemangat untuk menggapai apa yang menjadi impiannya. Untuk melakukan sesuatu, yang mungkin oleh orang lain dianggap hal yang mustahil. Selain pasangan dan keluarga, dukungan dalam hubungan pertemanan pun sangat dibutuhkan. Sejauh apa yang dikerjakan tersebut tidak melanggar aturan atau norma yang berlaku, maka saling memberi dukunganlah kalian dalam berteman.

Momen Terbaik Bersama Teman-teman Terdekat

Berbicara mengenai perteman sehat, kita tentu sering merekam momen terbaik bersama teman-teman terdekat? Ingin menularkan semangat pertemanan yang sehat kepada generasi muda di seluruh Indonesia? Maka inilah saatnya untuk ikut serta dalam UN1TY FrenZone Challenge. Challenge membuat video pertemanan tersebut merupakan program kokreasi yang diinisiasi oleh Smartfren, grup musik populer UN1TY dan salah satu acara TV populer Indonesia, “Dari Jendela SMP”. Harapannya, Smartfren dapat menjadi brand yang membuka peluang industri kreatif. Lebih lengkapnya, dapat merangkul seluruh masyarakat dan generasi muda Indonesia agar dapat ikut serta dalam mengembangkan industri kreatif khususnya musik dan acara televisi di Indonesia.

UN1TY FrenZone Challenge

Cukup dengan mengunggah video terbaik FrenZone dengan teman-teman terdekat pada platform Tiktok maupun Instagram Reels, menggunakan original soundtrack “Dari Jendela SMP”. Maka kita sudah turut menularkan semangat pertemanan sehat di lingkungan generasi muda Indonesia. Challenge ini terbagi menjadi dua, yaitu Duet FrenZone Challenge dan Dance FrenZone Challenge. Dimana video terbaik nantinya akan diumumkan melalui program WOW Talks bersama Rey Bong dan Sandrinna Michelle. Untuk kemudian pemenangnya akan berkesempatan ikut serta dalam proses pembuatan acara televisi “Dari Jendela SMP”.

pertemanan sehat

Djoko Tata Ibrahim, selaku Deputi CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren konsisten sebagai operator yang selalu menjadi teman buka peluang untuk masyarakat luas. Kokreasi ini mewakili semangat yang kita bawa saat meluncurkan produk, seperti Smartfren GOKIL MAX dan Smartfren Unlimited. Dimulai dari wadah WOW Labs yang mewujudkan kokreasi dengan kreator – kreator lokal berbakat dan Teman Kreasi Indonesia yang mengembangkan UMKM di tanah air”.

Lebih lanjut, Smartfren tentunya ingin lebih mendekatkan diri dengan mereka yang kreatif dan penuh dengan ide – ide positif. Oleh karena itu Smartfren berkokreasi dengan UN1TY dan “Dari Jendela SMP” yang belakangan ini menjadi idola untuk generasi sekarang. Tema FrenZone sendiri diharapkan dapat mewakili semangat pertemanan positif anak-anak muda yang penuh kreativitas, melek dunia digital dan saling mendukung. Mengapa? karena lingkungan pertemanan yang positif dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Cara Menjaga Hubungan Pertemanan Sehat

Ketika sudah terbangun hubungan pertemanan yang sehat, maka hal penting selanjutnya adalah bagaimana menjaganya. Bukankah lebih sulit menjaga dibanding mendapatkannya? Itulah mengapa sangat penting diantara kita untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang dapat memicu rusaknya sebuah pertemanan. Sebenarnya, hubungan apapun itu yang terpenting adalah perihal komunikasi. Selain komunikasi, untuk menjaga pertemanan, maka ingat kembali apa saja yang menjadi ciri-ciri pertemanan sehat. Hormati dan jalankanlah poin-poin tersebut, ketahui apa yang menjadi privasi atau batasan teman kita. Janganlah melampaui batasan yang ada tersebut.

Kembali pada pembahasan Smartfren yang melakukan kokreasi dengan UN1TY dari Dari Jendela SMP. Ya kokreasi itu adalah wujud Smartfren untuk berusaha membangun pertemanan sehat dengan generasi muda Indonesia. Selain itu, sebagai teman bagi masyarakat dan generasi muda sekarang, Smartfren tentunya terus berinovasi dengan menghadirkan produk-produk seperti Smartfren Gokil Max dan Smartfren Unlimited. Dengan harapan, generasi muda dapat terus menjalin komunikasi dan mengakses berbagai informasi bermanfaat yang ada di internet. Tentunya untuk mendukung kreativitas mereka.

Jadi, yuk mulai rekam momen terbaik kalian bersama teman terdekat dan ikuti Instagram @smartfrenworld untuk dapatkan informasi seru mengenai FrenZone, kokreasi Smartfren, UN1TY dan “Dari Jendela SMP”. Jangan lupa juga untuk mengikuti kompetisi Duet FrenZone pada link berikut: https://vt.tiktok.com/ZSehvF5sg/

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

39 Comments

  • dee 9 November 2021 at 9:05 pm

    lebih milih teman dikit tapi sehat. kebanyakan, bullshit sih.. wkwk
    tab smartfrenku dah ilang, hp smartfren almarhumah Mama msh..

    Reply
  • Maria G 10 November 2021 at 5:32 am

    waw Smartfren selalu terdepan ya?

    eventnya selalu menarik, serta tahu kebutuhan pelanggannya sehingga menyediakan produk yang beragam

    Reply
  • Reyne Raea 10 November 2021 at 5:40 am

    Sejak dulu tuh perasaan (semoga cuman oerasaan doang) punya teman karena dibutuhkan doang, hahaha.
    Tapi saya bersyukur, karena hal itu saya bisa bertahan setelah menikah dan punya anak, karena terbiasa ga punya teman dekat.

    Syukurlah sekarang bisa punya banyak teman online 😀
    Btw smartfren ini terbaik banget sih inovasi dan gebrakannya 🙂

    Reply
  • Lia Yuliani 10 November 2021 at 6:56 am

    Baca ini saya jadi inget temen-temen saya dulu. Sekarang udah pada punya kehidupan masing-masing, tapi sesekali saya suka menghubungi mereka kalau kangen. Smartfren emang selalu berinovasi ya, keren deh.

    Reply
  • Wahid Priyono 10 November 2021 at 9:10 am

    Hubungan pertemanan dengan siapapun memang harus terbangun dengan baik. Namun tak dipungkiri keretakan pertemanan pastinya ada, mungkin keduanya perlu belajar agar hubungan menjadi sehat. Saya pun gitu, masih terus belajar jadi pribadi baik dan menyenangkan untuk semua orang.

    Reply
  • Farida Pane 10 November 2021 at 9:46 am

    ya, komunikasi adalah tips berikutnya untuk menjaga pertemanan sehat, ya. biar enggak ada prasangka di antara kita

    Reply
    • Farida Pane 12 November 2021 at 9:09 am

      tips2 yang lain keren dan mendalam sih untuk menjaga persahabatan tetap sehat

      Reply
  • Dian 10 November 2021 at 10:24 am

    iya, penting banget punya pertemanan aehat ya
    biar hidup jadi bahagia
    teman sedikit asal sehat ya pasti lebih bikin hepi daripada banyak tapi toxic

    Reply
  • Katerina 10 November 2021 at 10:45 am

    Punya pertemanan yang sehat itu idaman banget, ya mbak. Banyak hal baik yang terjadi bila senantiasa sehat. Manfaatnya pun baik bagi jiwa.

    Smartfren dengan program UN1TY Frenzone Challenge mengusung tema yang sangat bagus, semoga harapan dapat mewakili semangat pertemanan positif anak-anak muda yang penuh kreativitas, melek dunia digital dan saling mendukung dapat tercapai.

    Reply
    • Katerina 12 November 2021 at 3:42 pm

      Semoga kita senantiasa memiliki hubungan pertemanan yang sehat dan bermanfaat. Aamiin.

      Reply
  • Lithaetr 10 November 2021 at 11:44 am

    Sahabat saya juga sedikit, Bun. Alhamdulillah, mereka ada di tiap momentum hidup saya. Cuma memang sekarang karena pandemi, jadinya memang belum ada pertemuan lagi. Komunikasi sebatas dunia maya, tapi sudah bisa sedikit mengurangi rasa rindu. Semoga pandemi ini bisa segera teratasi, sehingga bisa segera berjumpa lagi dengan orang-orang terkasih, aamiin

    Reply
  • Moch. Ferry 10 November 2021 at 1:18 pm

    Menginspirasi persahabatan menjadi baik dan menjaga tetap eksis, diingatkan terima kasih

    Reply
  • Annie Nugraha 10 November 2021 at 1:36 pm

    Terlepas dari konsep SMARTFREN yang mengadakan event berhubungan dengan pertemanan, tulisan ini saya suka banget.

    Setelah mengalami proses hidup yang lumayan panjang hingga saat ini, nyatanya lingkaran pertemanan terutama persahabatan itu semakin menyempit dan mengecil. Kita pun kemudian menyadari bahwa menjaga hubungan yang baik dan sehat itu pun tidaklah gampang. Baik dalam lingkungan pertemanan maupun persaudaraan.

    Reply
  • windi 10 November 2021 at 3:03 pm

    adanya koneksi untuk tetep komunikasi dengan teman memang dibutuhkan ya kak. Tidak ada yang namanya mantan teman. kok ya pas gitu ya, dengan moment smartfren

    Reply
  • Nurul Sufitri 10 November 2021 at 3:17 pm

    Wow, iya dong kangen nih sama teman2 lama yang kinin entah ke mana sibuk masing2. Pertemanan yang baik harus dijaga jangan sampai pisah. Bisa nih kita gunakan smartfren buat kontak2 reunian atau secara daring bakalan lancar koneksi internetnya deh.

    Reply
    • Nurul Sufitri 12 November 2021 at 2:42 pm

      Meskipun kita masih berada dalam masa pendemi, tali silaturahmi idealnya tetap terjalin dengan baik ya. Kan kita bisa zoom dll secara virtual, jadi ga ada alasan haha 🙂 Smartfren membantu kita menjaga pertemanan dengan baik dan indah dikenang.

      Reply
  • Ratna Kirana 10 November 2021 at 5:44 pm

    Seru banget event-nya. Pertemanan sehat itu emang berharga sih, apalagi pas pandemi gini jadi semakin jarang kumpul, untung ada teknologi yah!

    Reply
    • Nanik Nara 13 November 2021 at 2:53 pm

      Pertemanan yang sehat tuh emang bisa membahagiakan juga. Nggak perlu pura-pura jadi orang lain supaya bisa diterima.

      Saya sendiri, nggak banyak punya teman dekat. Eh walau jumlahnya nggak banyak, boleh juga nih dicoba ikut event yang diadain sama smartfren ini

      Reply
  • Maria Tanjung Sari 10 November 2021 at 7:47 pm

    Sejujurnya saya agak trauma dengan sahabat. Namun saya tidak menutup diri dari pertemanan dengan orang orang yang baik. Bagi saya yang penting harus saling timbal balik dalam arti ingin didengar ya kita harus siap mendengarkan

    Reply
  • Nurul Rahma 11 November 2021 at 4:12 pm

    Semakin umur bertambah, semakin kecil lingkup pertemanan kita, and it’s totally OKEY
    Gapapa, sahabat dikit ajaaa, yg penting berkuaitas!
    Btw, Smartfren dengan program UN1TY Frenzone Challenge mengusung tema yang ciamik bangeettt ya,

    semoga kokreasi ala SmartFren dapat mewakili semangat pertemanan positif anak-anak muda yang penuh kreativitas

    Reply
  • Lasmicika 12 November 2021 at 12:38 am

    Memang teknologi harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat ya, salah satunya dengan membuat konten bersama teman yang bisa nambah pengalaman dan bikin pertemanan tambah solid. Masa-masa muda kan memang singkat. Kalau nggak dinikmati dan diisi hal berguna bisa menyesal.

    Reply
  • Arenga 12 November 2021 at 4:29 pm

    Sepertinya di mana-mana berlaku ya Mbak bawa teman sejati jauh lebih sedikit dibanding dengan kenalan atau sahabat yang biasa kita sebut mereka. Apalagi dengan bertambahnya umur, surga semakin kecil, yang tinggal kebanyakan ya teman sejati itu. Nah untuk mempertahankan teman seperti itu tentu saja harus ada syarat-syaratnya ya Mbak. Seperti yang telah dituliskan di atas

    Reply
  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 12 November 2021 at 7:55 pm

    Idem mbak teman yang udah kyk sahabat gtu paling ya dikit banget yang penting sama2 sefrekuensi lha pemikirannya walau kadang ya ada bumbu2 tengkarnya dikit hehe
    Aku jarang nonton TV dan baru tahu ada acara Dari Jendela SMP hehe jd penasaran tayangan apa itu?
    keren ya program2nya Smartfen mendukung UMKM dan anak2 muda jg dalam berkarya.

    Reply
    • Helena 13 November 2021 at 11:20 pm

      Pertemanan Sehat itu kalau saling jaga komunikasi, terbuka di kala senang maupun susah, trus kalau Ada utang plisss bayar. Jangan sampaikan pertemanan rusak karena duit.
      Btw, untuk challenge FrenZone ada batasan usia?

      Reply
  • Wiwied Widya 12 November 2021 at 10:09 pm

    Berarti pertemananku sehat dong ya. Sahabatku ada yg temenan dr SMP, ada yg kuliah, tapi ada juga yang baru beberapa tahun ini, dr komunitas emak2 gitu. Kuncinya sih persis seperti yg mbak bilang, terima apa adanya dan saling menghargai privacy. Jangan terlalu ikut campur urusan pribadi.

    Reply
  • Tuty Queen 13 November 2021 at 8:29 am

    Kalau teman banyak tapi yang dianggap sahabat paling satu atau dua sih aku. Karena sahabat aku anggap orang yang dipercaya kalau mau curhat baik itu susah senang, dan jarang banget orang yang bisa diberi amanah kepercayaan jadi mesti jeli juga memilih sahabat.

    Reply
  • Andiyani Achmad 13 November 2021 at 10:54 am

    ngomongin pertemanan, sejauh ini udah makin mengerucut dan mengecil, apalagi sahabat, wah, jangan sampai salah pilih, bisa dibilang sekarang sahabatku ya suamik sendiri, hehehe, kalo teman mungkin ada beberapa ya sebatas say hello aja gak lebih dari itu karena kapok hahahha

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani 13 November 2021 at 2:08 pm

    Saya juga setuju kalau pertemanan yang sehat itu yang bisa saling mengerti dan memahami. Gak perlu terlalu jauh mencampuri urusan pribadinya dan kita pun gak perlu menceritakan hal-hal pribadi kita.

    Reply
  • Dian 13 November 2021 at 3:58 pm

    Memiliki teman adalah hal yang paling menyenangkan ya mbak
    apalagi klo pertemanannya adalah pertemanan yang sehat
    pasti dobel bahagianya

    Reply
  • lendyagassi 13 November 2021 at 6:34 pm

    Aah…suka banget, kak Andy.
    Semakin usia bertambah, inginnya bertambah teman yang hubungannya sehat. Dan dipupuknya mulai remaja begini yaa…dengan ikutan UN1TY FrenZone Challenge.

    Reply
  • Ucig 13 November 2021 at 7:34 pm

    Sahabat, alhamdulillah ada. Nah itu dia ya malah sahabat itu ngerti privacy 😍 aku setuju ini. Pertemanan sehat jadi dambaan. Sahabat aku nggak pernah nanya fee kalau ngeblogpost tapi yg bukan sahabat malah nanya2 😆😆

    Reply
  • Nia Haryanto 13 November 2021 at 8:30 pm

    Pertemanan ini memang banyak macamnya. Tapi pastinya, pertemanan sehat merupakan dambaan semuanya. Tapi ya gitu, gak semua orang beruntung bisa mendapatkannya. Aku sendiri sebenernya punya, tapi karena kesibukan keluarga masing2, jadinya vakum. Btw, bagus deh ini program Smartfren ini. Jadi kepengen lihat deh video-videonya.

    Reply
  • Lia Yuliani 13 November 2021 at 8:43 pm

    Baca ini jadi inget temen-temenku dulu saat sekolah ama kuliah. Kangennya ama mereka. Mereka menghargai privacy, selalu hadir di saat terburuk dan engga akan meninggalkan Kita. Smartfren ini selalu berinovasi ya, keren deh.

    Reply
  • Lisdha www.daily-wife.com 13 November 2021 at 8:58 pm

    Dalam 15 tahun terakhir, setiap beberapa tahun sekali pindah kota membuat saya merasa nggak pernah punya sahabat yang benaaar-benaar dekat. Rasanya jadi teman datang dan pergi gitu. Jarak itu tetap ngaruh sih, meski dulu dekaaat, setelah berjarak kan jadi nggak bisa sering ketemu. Memang sih, sekarang lumayan bisa tetap kontak virtual. Ihihihi kok jadi malah curhat yaaak 😀

    Reply
  • Arinta Adiningtyas 13 November 2021 at 9:11 pm

    Kita tu harus smart dalam memilih fren. Hihi, maksa yaa.. Tapi bener kan, meski ada ungkapan jangan pilih-pilih teman, tapi bagi saya memilih teman itu penting, karena teman akan memberikan banyak pengaruh bagi kita.

    Kan ada istilah juga, kamu adalah sebagaimana temanmu…

    Reply
  • diane 13 November 2021 at 9:39 pm

    Pertemanan sehat emang penting dijaga…Karena teman yang bener-bener baik dan tulus sangatlah langka… Boleh juga nih tipsnya.. semoga makin awet dengan pertemanan sehat yaa

    Reply
  • Witri Prasetyo Aji 13 November 2021 at 9:56 pm

    Sahabat ku sedikit tapi saling mendukung dan mau menghargai privasi, jadi kalau lagi gg pengen cerita ya gg dipaksa. Kan ada tuh teman yang suka kepo, kalau gg diceritain ada apa malah marah, kalau diceritain tapi ember. Hehehe
    Dulu pas SMA sih teman banyak tapi ya hore2 aja, sekarang dikit tapi Alhamdulillah baik dan mau menerima apa adanya.

    Reply
  • Sri Widiyastuti 13 November 2021 at 10:33 pm

    benar sekali mbak. mendapatkan teman itu mudah, tapi menjaga pertemanan itu yang sulit. alhamdulillah, sekarang smartfren meluncurkan banyak produk yang bisa mendukung awetnya pertemenannya. jadi gak khawatir

    Reply
  • Eri Udiyawati 14 November 2021 at 8:10 am

    Aku menemukan teman terbaik di kantorku. Udah kayak keluarga banget. Mereka saling support, tetap menjaga privasi. Karena itu juga, alasan saya gak mau resign. Karena di sana temen-temen pada baik banget. 🤭🤭🤭

    Reply

Leave a Comment