Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos

Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos. Apa ya menu sahur praktis untuk anak kos yang sat set gak perlu ribet gitu bikinnya, tapi tetap kaya akan gizi. Semoga tulisan ini membantu. Emang apa bedanya menu sahur ala anak kos dengan yang lainnya? Oh tentu beda, anak kos perlu mempertimbangkan banyak hal. Mengingat malamnya mesti mengerjakan tugas kuliah, besoknya pagi hari gak ada waktu untuk lanjut tidur-melainkan haru masuk kuliah. Belum lagi kalau dana sedang terbatas, mesti pintar-pintar tuh mikirin bahan makanan apa aja yang dibeli biar cukup untuk sahur dan berbuka puasa, sampai terima kiriman uang lagi nanti. Berkaitan pula dengan waktu dan peralatan masak yang serba terbatas. Beugh, singkatnya: mesti pintar-pintar mikir, dan atur strategi deh.

Meski begitu, bukan berarti sebagai anak kos selama sebulan puasa ramadan makannya mie instan terus ya. Tiap hari ganti rasa/varian aja. Big no! Gak sehat! Emang sih murah, tapi bayangin deh, kita cuma masukin karbohidrat ke tubuh, mengkonsumsi bumbu dan bahan-bahan mie instan yang mengandung MSG. Duh.. padahal tubuh ini mau diajak beraktivitas lho seharian, mau diajak berpikir, berkreativitas, dll. Pastinya, butuh asupan makanan yang kaya kandungan gizi.

Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos

Bagaimana cara menyiapkan menu sahur praktis untuk anak kos tapi dengan dana terbatas? Emang bisa? Bisa dong! Berikut ini beberapa rekomendasi menu yang bisa dicoba saat ngekos, biar pagi-sepanjang harinya tetap fit. Jadi semangat kuliah maupun kerja. semangat berpikir buat garap tugasnya!

Telur Rebus

Telur ini tuh wajib banget sih disediakan di kamar kos. Bisa diolah jadi aneka menu, yaitu: telur dadar, telur ceplok, maupun telur rebus. Telur kaya akan kandungan protein, kayaknya sumber protein hewani dengan harga terjangkau tuh paling gampang kita dapatkan ya dengan membeli telur. Terus kenapa saya tulisnya di atas telur rebus? Ya karena ini versi paling sehat dan paling praktis! Direbus aja gitu. Punya multicooker atau panci biasa aja di kosan, beres deh. Gak berminyak pun kan..manfaatnya luar biasa. Apalagi kalau telur ayam kampung, makin sedap- tapi mahalan sih hehe

Sayur Bening

Dari sekian banyak jenis sayur, oh ku sangat suka dengan kepraktisan menu sayur yang satu ini. Sayur bening yang beneran bening ya, yang bahannya mentok-mentok paling si sayuran tersebut, irisan bawang, dan garam. Udah! Kalau ada bahan lainnya, menurut saya gak pantas disebut sayur bening. ((((gak pantas)))) wkwkw. Intinya, sayur bening tuh praktis, bisa dibuat dari bayam, sawi, kacang panjang, dll. Pokoknya yang bahannya sayuran tersebut, bawang, dan garam, yang kuahnya bening. Titik. Kalau ada sayurnya gini, Insya Allah kebutuhan serat kita jadi tercukupi.

Tempe Tahu

Gak mau menyantap telur aja sebagai sumber protein? Nah, kita geser ke protein nabati nih, ada tempe dan tahu! Yang lagi-lagi, bisa diolah jadi aneka masakan apa aja. Tempe bisa digoreng biasa, goreng tepung, jadiin sambal goreng tempe. Terus tahunya pun bisa direbus atau kukus aja, dijadiin sup, sampai digoreng. Disantap dengan nasi putih hangat dan sambal, wih mantap! Harganya pun terjangkau kan ya, satu papan tempe gitu gak sampai 5000 deh. Tahu pun gitu, masih terjangkau pokoknya.

Pecel

Agak effort sih ini, tapi sehat. Cemplungin gitu aneka sayuran, rebus. Bumbu pecel yang praktis pun sekarang banyak. Lanjut goreng tempe dan tahunya. Sediakan kacang. Mantap deh, sepiring pecel disantap dengan nasi, udah lengkap kandungan gizinya. Udah ada karbohidrat, protein, serat, lemak dari sambal pecel, dan lainnya.

Selain aneka menu di atas, bisa juga lho mengakali menu sahur praktis untuk anak kos dengan menyediakan abon (sapi, ayam, atau ikan), aneka ikan kering yang siap digoreng. Gak melulu juga disantap dengan nasi putih hangat, bisa dengan merebus kentang (eh tapi mahal ya?) atau menyantap pisang, jagung, dan ubi rebus.

Nah itu tadi rekomendasi menu sahur praktis untuk anak kos, semoga bisa menjadi inspirasi buat teman-teman biar tetap bisa makanan enak, sehat, sat set, anti ribet ya!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment