Browsing Category : BPN Ramadan 2024

Kue Khas Lebaran Idul Fitri


Kue Khas Lebaran Idul Fitri. Kue kastengel, nastar, putri salju, cokelat kenari, mana yang jadi kue khas lebaran Idul Fitri favorit kalian? Terus nih, masih pada sempat bikin kue sendiri di rumah apa udah nyerah, dan memilih beli aja? Apapun itu, gak ada yang benar maupun salah ya. Keputusan membuat kue atau beli itu ya balik ke pilihan masing-masing. Kalau…

Read More »

Mudik adalah Pulang Kampung


Mudik adalah Pulang Kampung. Apa benar? Mudik adalah pulang kampung. Saat googling, saya menemukan bahwa kata ini merupakan singkatan dari bahasa Jawa. Mulih Dhisik yang berarti pulang duluan. Kemudian pada sumber lain, masih dalam bahasa Jawa, diartikan sebagai singkatan dari mulih dhilik atau pulang sebentar. Lantas bagaimana yang tercantum pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terkait arti dari kata mudik?…

Read More »

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman


Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman. Setiap kali mudik, pasti ada destinasi yang menjadi tempat wisata favorit di kampung halaman dan selalu ingin kita kunjungi. Meski identik dengan momen merayakan lebaran bersama keluarga, mudik ya selalu diisi dengan kegiatan liburan dengan mengunjungi berbagai objek wisata di kampung halaman. Apalagi kalau di hari biasanya, kita tuh termasuk pekerja kantoran yang lokasi…

Read More »

Tempat Wisata Religi di Lombok


Tempat Wisata Religi di Lombok. Kalau ditanya tentang tempat wisata religi di Lombok, maka satu hal yang paling teringat adalah Islamic Center. Sesuai namanya, tempat ini bisa dikatakan sebagai pusat kegiatan agama Islam di Lombok. Entah itu kajian, belajar tahsin, pameran buku, shalat berjamaah, dan lain sebagainya. Ruang serbagunanya pun terkadang digunakan sebagai tempat acara pernikahan (termasuk religi gak? hahaha).…

Read More »

Kegiatan Sosial Ramadan untuk Remaja


Kegiatan Sosial Ramadan untuk Remaja. Memaksimalkan amal sholeh di bulan penuh berkah salah satunya bisa dilakukan dengan aktif terlibat pada kegiatan sosial ramadan. Gak hanya untuk remaja sih, sedari kecil pun bisa kok ikutan kegiatan sosial gini. Tentunya disesuaikan dengan usia ya, kan gak mungkin anak-anak ikutan lalu lalang berbagi takjil di jalanan sekitar lampu lalu lintas. Kalau ditanya, emang…

Read More »

Beli Baju Lebaran Sebelum Puasa


Beli Baju Lebaran Sebelum Puasa. Perlu gak sih setiap tahunnya kita beli baju lebaran? Apakah memang harus selalu baru atau cukup mengenakan yang sudah ada? Mungkin seperti itu setiap tahunnya kita dihadapkan pada obrolan -dengan diri kita sendiri- terkait akan mengenakan pakaian apa pada hari lebaran nanti. Baik untuk kita pribadi, maupun keluarga. Pertanyaan tentang perlu eh butuh atau tidak,…

Read More »

Tradisi Ramadan di Indonesia


Tradisi Ramadan di Indonesia. Sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman suku dan budaya, pasti penasaran dong, bagaimana tradisi ramadan di Indonesia. Lebih tepatnya, apa saja sih tradisi ramadan di berbagai daerah di Indonesia? Melihat topik ini sebagai salah satu bagian dari tantangan menulis bertajuk BPN Ramadan Blog Challenge 2024, membuat saya berpikir-pikir, di daerah tempat saya tinggal sekarang, di Lombok,…

Read More »

Skincare Rutin Ramadan, Agar Kulit Tetap Sehat


Skincare Rutin Ramadan, Agar Kulit Tetap Sehat. Skincare rutin ramadan tuh penting banget, agar kulit tetap sehat terlindungi, dan pastinya gak kering. Spill dong produk yang dipakai! Lagi bulan puasa gini, tubuh kekurangan cairan, cuaca panasnya bukan main, plus gempuran asupan jajanan khas ramadan yang manis-manis, gorengan, banyak pakai tepung, berpotensi banget tuh bikin kulit jadi kusam. Makanya nih, kebanyakan…

Read More »

Momen Ramadan Seharusnya Selalu Indah


Momen Ramadan Seharusnya Selalu Indah. Dari berkali-kali pertemuan, adakah momen ramadan yang tak terlupakan? yang menurut kita sangat indah. Kalau ada, di tahun kapankah itu? Coba dihitung, sudah ada berapa kali pertemuan kita dengan bulan ramadan? Bulan yang sungguh indah, bulan penuh berkah. Kemudian tanyakan lagi diri ini, bagaimana ramadan demi ramadan itu kita isi? Adakah semakin banyak amal sholeh…

Read More »

Ngabuburit Ramadan di Lombok, Asyik Ke Mana ya?


Ngabuburit Ramadan di Lombok, Asyik Ke Mana ya? Buat yang bingung, ngabuburit ramadan di Lombok tuh asyiknya di mana, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa tempat di tulisan ini. Indonesia itu indah, setiap kota, setiap daerah, punya cerita dan keindahannya masing-masing. Apalagi kita udah tinggal lama di tempat tersebut, udah mencari tahu tempat-tempat menarik di sana. Di antara tempat-tempat indah itu, pasti…

Read More »

Takjil adalah Mempercepat, Bukan Makanan Minuman!


Takjil adalah Mempercepat, Bukan Makanan Minuman! Dear kalian, pada usia berapa akhirnya tahu bahwa takjil adalah mempercepat atau menyegerakan, bukan merujuk pada makanan/minuman. Selain jajanan khas ramadan, padanan kata yang sering didengar, dibaca, belakangan ini yaitu: takjil ramadan. Bener gak? Awal puasa ramadan, beugh.. udah berseliweran tuh konten tentang aneka takjil ramadan. Dalam konten tersebut terlihat aneka makanan minuman lezat…

Read More »

Jajanan Khas Ramadan Favorit Kalian Apa?


Jajanan Khas Ramadan Favorit Kalian Apa? Ngomongin jajanan khas ramadan emang gak ada habisnya, gak heran sih kalau tiap momen puasa gini selalu diburu. Jangan heran juga kalau kehabisan. Ya karena emang potensi kehabisannya tuh besar! Hahaha. Kalau gak mau rebutan, khawatir kehabisan, paling bener yang buat sendiri tuh jajanan di rumah, kalau bisa dan mau ya. Soalnya terkadang udah…

Read More »