Jajanan Khas Ramadan Favorit Kalian Apa?

Jajanan Khas Ramadan Favorit Kalian Apa? Ngomongin jajanan khas ramadan emang gak ada habisnya, gak heran sih kalau tiap momen puasa gini selalu diburu. Jangan heran juga kalau kehabisan. Ya karena emang potensi kehabisannya tuh besar! Hahaha. Kalau gak mau rebutan, khawatir kehabisan, paling bener yang buat sendiri tuh jajanan di rumah, kalau bisa dan mau ya. Soalnya terkadang udah gak ada waktu untuk ribet bikin jajanan ini itu, toh lebih baik juga dimaksimalkan untuk fokus ibadah kan ya? Jadi udahlah, mending beli aja, belinya pun jangan mepet waktu berbuka puasa. Big No! Pasti kehabisan.

Ingat juga, untuk gak berlebihan menyantap camilan atau jajanan ini. Soalnya kebanyakan punya kandungan gula yang tinggi. Gak baik untuk kesehatan. Sekadar buat seru-seruan, dapat momen ramadan, dan nyenengin lidah. Bolehlah. Hahaha. Jajanan khas ramadan favorit kalian apa nih? Apakah aneka gorengan macam tahu isi, pisang goreng, panada, jalangkote, ote-ote? Atau jenis kue basah, aneka puding, dan aneka es? Terus biasa belinya di mana? Apakah di pasar ramadan (adanya pas bulan puasa doang), toko kue, pasar tradisional, atau beli online?

Jajanan Khas Ramadan Favorit Kalian Apa?

Namanya juga jajanan khas ramadan, seharusnya hanya tayang di bulan ramadan ya. Hahaha. Eh tapi kalau dilihat-lihat, sebagian besar bisa kita temukan di hari-hari biasanya kok. Jadi saya berpikir, bukan jajanannya sebenarnya yang khas, melainkan vibes atau suasananya di bulan ramadan itu yang membuatnya jadi lebih seru. Jajanan yang dibeli gak melulu untuk kita camilin sepuas hati, melainkan bisa jadi untuk dibagikan sebagai takjil bagi para pengendara di jalan, orang-orang yang hendak berbuka puasa bersama di masjid, atau sanak saudara. Menarik ya, melihat bagaimana dagangan para penjual jajanan ramadan ini selalu laris. Alhamdulillah. Benar kata Allah SWT, betapa bulan ramadan itu penuh berkah.

Balik lagi sama pertanyaan di atas, apa jajanan khas ramadan yang jadi favorit kalian? Entah jadi favorit karena emang kalian suka dengan rasanya, atau karena jajanan tersebut bisa membangkitkan/punya cerita sendiri dalam perjalanan hidup kalian. Kalau saya, ini nih..

Jalangkote

Goreng khas Makassar yang satu ini, selama bertahun-tahun tetap jadi favorit saya. Apalagi kalau disantap dengan lombo’na (sambalnya), beuggh mantap! Saya baru tahu juga lho kalau jalangkote disebut-sebut khas juga di daerah Bima, Dompu, dan Sumbawa. Tapi udah coba, tetap beda rasanya sama yang di Makassar. Hehe. Nah, di Mataram sini pun ada yang jual, sayangnya, selain mahal (hiks), rasanya belum menandingi rasa jalkot (nama singkatnya jalangkote) di Makassar sana.

Kolak Pisang

Kolak pisang ini bisa dikatakan yang beneran jajanan khas ramadan ya, soalnya gak begitu mudah ditemukan di luar bulan ramadan. Saya suka nih menu satu ini, asalkan gak terlalu manis dan pisangnya masih keras. Banyak maunya ya, padahal gak bisa bikin sendiri pula. Hahahah. Coba sini, ada gak yang punya resep kolak pisang less sugar, no sugar sekalian deh, biar manisnya dari pisangnya aja gitu.

Serabi

Nama serabi pasti udah gak asing yang di telinga kita, dahlah.. gak bulan puasa pun, camilan satu ini bisa ditemukan di mana aja. Khusus di Lombok aja, serabi punya banyak varian lho. Salah satunya pernah saya tulisan di blog, tentang serabi dengan aneka rasa dan topping, ya bisa dibilang ini tuh serabi modern yang lebih masuk ke lidahnya anak zaman now.

Kalau umumnya serabi ini disajikan dengan kelapa parut dan gula merah, saya justru lebih nyaman menikmati serabi versi polos. Udah gitu aja, gak pakai topping apa-apa, disantap dengan segelas kopi panas. Masya Allah..lezatnya…

Es Kelapa Muda

Saya termasuk yang gak begitu suka camilan es sih ya, soalnya ini badan kok ya gampang banget ngedrop kalau jajan es. Tapi kalau harus memilih, dibanding es buah, es cendol, sampai yang viral macam es kepal gitu, maka pilihan saya jatuh pada the one and only: es kelapa muda. Bahkan gak perlu pakai es deh, kelapa muda aja. Titik. Gak usah pakai pergulaan maupun persirupan duniawi juga. Udah enak, dan pastinya sehat tuh. Dan ya, ini sih tiap hari juga gampang banget nemunya, gak mesti pas ramadan aja. Apalagi kalau di daerah pantai, udah pokoknya, cari kelapa muda yang enak, tinggal cus ke pinggir pantai.

Itu tadi camilan atau jajanan khas ramadan yang jadi favorit saya. Namanya selera orang pasti beda-beda ya. Kalau teman-teman apa aja nih?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment