Cara Masak Nasi Rendah Gula dengan Rice Cooker

Cara Masak Nasi Rendah Gula dengan Rice Cooker. Bagaimana sih cara masak nasi rendah gula? Apakah bisa menggunakan rice cooker, kalau iya, yang seperti apa? Ngomong-ngomong, emang kenapa sih mesti repot-repot memastikan apakah nasi yang disantap itu rendah gula atau tidak? Ya, karena ini berkaitan dengan Diabetes Melitus, penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Dimana penyakit tersebut telah menjadi ancaman kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan, bahwa pada tahun 2023, terdapat 19,5 juta penduduk Indonesia yang menderita Diabetes Melitus, serta diprediksi jumlahnya akan terus meningkat.

Penyakit Diabetes Melitus, biasa dikenal dengan istilah kencing manis/penyakit gula merupakan penyakit dimana kadar gula dalam darah cukup tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin sehingga gula di dalam darah tidak dapat dimetabolisme. Untuk mencegah terjadinya Diabetes Melitus, pun ketika sudah mengidap penyakit tersebut, maka penting bagi siapa saja untuk mengontrol asupan makanan dengan mengurangi konsumsi makanan/minuman yang tinggi gula. Selain tentu saja, harus mulai menerapkan gaya hidup sehat. Rutin melakukan aktivitas fisik/berolahraga, mengontrol pikiran/hindari stres, dan lainnya.

Cara Masak Nasi Rendah Gula dengan Rice Cooker

Tahu gak sih, bahwa dari hasil pengolahan data konsumsi masyarakat di Survei Sosial Ekonomi Nasional Badan Pusat Statistik (Susenas BPS) tahun 2021 oleh Harian Kompas, ditemukan ada 47,9 juta penduduk Indonesia mengonsumsi gula berlebih. Gak heran dong ya, penderita diabetes di Indonesia kian tahun kian meningkat jumlahnya. Oh ya, mungkin ada yang berpikir bahwa gula yang dimaksud di sini adalah gula pasir yang biasa kita gunakan sebagai pemanis, entah itu ditambahkan pada minuman teh maupun kopi, bahan kue, atau yang lainnya. Padahal, gula di sini pun termasuk yang terkandung pada makanan yang kita santap, salah satunya ya nasi putih.

Itulah mengapa, belakangan ini makin banyak yang mulai mengganti konsumsi nasi putih ke nasi merah, dengan pertimbangan kandungan gula di dalamnya. Tapi kenyataannya, gak semua orang bisa berdamai dengan nasi merah ya kan? Sungguh gak ada yang mampu mengalahkan kenikmatan nasi putih, apalagi kalau disantap selagi hangat. Bener gak? Lantas bagaimana solusinya supaya tetap bisa menyantap nasi putih hangat dengan tetap memastikan kandungan gulanya rendah? Memasak nasi rendah gula dengan Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela adalah solusinya.

Cara Memasak Nasi Putih Rendah Gula dengan Sekai Rice Cooker

Pada umumnya cara memasaknya sama saja dengan rice cooker lainnya, yaitu dengan memasukkan beras sesuai takar, mencuci, dilanjutkan dengan menuangkan air sesuai takaran pula. Pembedanya tentu saja pada rice cooker yang digunakan, saat hendak memasak, pilih opsi low sugar yang tersedia pada Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela, kemudian pilih start. Ketika tampilan layar digital menunjukkan tulisan ‘bb’, masa nasi hangat low sugar pun siap disajikan. Praktis, bukan?

Apakah Nasi Putih Dingin Lebih Sehat?

Apakah nasi putih dingin lebih baik bagi penderita diabetes? Benarkah nasi putih dingin memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi putih hangat/panas? Dalam beberapa penelitian memang disebutkan bahwa nasi putih dingin lebih baik daripada nasi panas. Seperti yang termuat pada lama situs akg.fkm.ui, dalam penelitian Sonia dkk. (2015), dimana nasi yang didinginkan selama 24 jam (yesterday’s rice) dalam suhu 4°C, kemudian dipanaskan kembali, memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi yang baru masak.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa nasi yang didinginkan mengakibatkan retrogradasi pada pati yang menyebabkan peningkatan pati yang resisten untuk dicerna. Agar dapat dikonsumsi, tentunya nasi tersebut boleh dipanaskan kembali dengan indeks glikemik yang masih rendah. Namun perlu dipahami, bahwa menurut Marya Warascesaria Haryono (Dokter Spesialis Gizi Klinis Rumah Sakit Siloam), kandungan nasi putih yang panas dan yang sudah dingin adalah sama, yaitu, 175 kkal/100g. Perbedaannya hanya pada kandungan indeks glikemik, dimana nasi dingin lebih rendah daripada nasi yang masih panas, sehingga nasi dingin cenderung lebih lama dicerna dibanding nasi panas, meskipun telah dipanaskan kembali.

Tapi apa iya, kebanyakan dari kita mau merepotkan diri pada perkara menyiapkan nasi dingin- untuk dihangatkan kembali? Seringnya sih, begitu nasi di rice cooker matang, langsung gercep disendok ke piring, tambahkan lauk, kemudian disantap!

Sekai Rice Cooker, Solusi Nasi Putih Lebih Sehat

Belum cocok dengan nasi merah? Merasa repot kalau harus menyiapkan nasi dingin/yang sudah dibekukan sebelumnya kemudian dihangatkan dulu baru bisa disantap? Maka cara masak nasi rendah gula yang paling tepat untuk kita adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela. Dua tipe rice cooker dari Sekai dengan inovasi terbaru di Indonesia yang dilengkapi teknologi rendah gula terbaik di kelasnya.

Baik Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela (Family Size) maupun CMW 720 LS Serela (Personal Size), keduanya dilengkapi dengan teknologi Low Sugar yang revolusioner. Merupakan teknologi yang dikenal mampu mengurangi kadar gula pada nasi hingga 50%. Cara kerjanya yaitu dengan memisahkan air tajin yang mengandung kadar gula tinggi dari nasi. Dengan begitu, maka nasi yang dihasilkan pun jadi lebih pulen, lezat, dan lebih sehat untuk dikonsumsi. Sungguh pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin menjaga kesehatan dan mengurangi risiko mengidap penyakit diabetes.

Keunggulan Sekai Rice Cooker

Era teknologi yang kian memudahkan kita sekarang ini, tentu harus dibarengi dengan kemampuan kita untuk cermat memilih setiap produk yang hendak dibeli dan digunakan. Mengingat nasi adalah makanan pokok sebagian besar orang Indonesia, maka memilih rice cooker yang tepat- terlebih lagi yang memiliki teknologi low sugar, tentu adalah investasi terbaik. Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa kita bisa kok tetap makan nasi putih, bisa kok gak repot-repot menyiapkan nasi dingin kemudian dihangatkan lagi, intinya: tetap masak nasi putih seperti biasa, tapi nasi yang dihasilkan lebih rendah kandungan gulanya. Mantap kan? Itu dia keunggulan yang dimiliki Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela, di samping keunggulan lainnya berikut ini:

Sertifikasi KAN dan Qualis untuk teknologi Low Sugar

Gak main-main, kedua tipe rice cooker dari Sekai ini telah mendapatkan sertifikat KAN dan Qualis untuk teknologi low sugar (rendah gula). Tentu ini menjadi bukti nyata, keseriusan dari Sekai atas kualitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengurangi kadar gula hingga 50% dan kalori hingga 46%. Sekai Rice Cooker telah melalui pengujian yang ketat dan memenuhi standar mutu yang tinggi.

Lebih Sehat dan Hemat Biaya

Selain diabetes, mengkonsumsi nasi putih secara berlebihan pun dapat meningkatkan risiko obesitas (berat badan berlebih). Nasi yang dimasak menggunakan rice cooker Sekai memiliki kandungan gula lebih rendah (low sugar), sehingga membantu siapa saja menjaga berat badan ideal, terlebih lagi mereka- para wanita yang mendambakan badan langsing. Gak perlu repot-repot beralih ke beras merah maupun shirataki, yang selain harganya mahal, juga tidak populer bagi kita, dengan rice cooker Sekai berteknologi rendah gula ini, kita bisa menyantap nasi putih hangat yang lebih sehat.

Dilengkapi Fitur Canggih untuk Memasak Berbagai Hidangan

Keunggulan Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan Sekai Rice Cooker CMW 720 LS Serela gak hanya sebatas teknologi rendah gula aja lho. Lebih dari itu, keduanya dilengkapi sejumlah fitur canggih untuk memasak berbagai hidangan. Tersedia beragam fungsi memasak yang memungkinkan kita untuk memasak nasi, nasi rendah gula, yoghurt, bubur, sup, kue, bubur bayi, serta menghangatkan makanan. Pengukus yang terbuat dari bahan stainless steel menjadikan proses memasak makanan jadi lebih sehat.

Produk dilengkapi dengan sekring pengaman, sehingga melindungi rice cooker dari kerusakan akibat korsleting. Tidak sampai di situ, fitur panci nanotech anti lengket mampu mencegah terjadinya nasi yang menempel serta aman karena sudah food grade (bebas PFOA dan PFOS). Kita pun gak perlu khawatir lagi nasi yang dimasak cepat basi karena adanya fitur anti basi yang menjamin 24 jam nasi anti basi, bahkan ada garansi ganti unit baru lho! Terakhir, yaitu fitur Smart Auto Cook yaitu pengatur waktu saat mulai memasak, juga penundaan hingga 6 jam (khusus pada tipe CMW 522 LS Serela)

Desain Rice Cooker yang Modern dan Elegan

Bosan dengan desain rice cooker yang gitu-gitu aja? Dapur udah estetik, eh kok rice cookernya gak menarik? Tenang, karena Sekai Rice Cooker CMW 522 LS Serela dan CMW 720 LS Serela hadir dengan desain yang modern dan elegan, pastinya ada sejumlah pilihan warna yang bisa dipadu-padankan dengan desain dapur di rumah, sesuai dengan selera yang kita inginkan.

Kemudahan Menemukan Pusat Servis

Kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, tenang aja, karena Sekai Rice Cooker menawarkan garansi 5 tahun untuk elemen pemanas, serta garansi servis seumur hidup untuk service jasa. Menariknya, karena pusat servis Sekai dapat mudah ditemukan di lebih dari 50 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Wow!

Berapa Harga Sekai Rice Cooker Low Sugar?

Untuk sejumlah keunggulan serta fitur yang telah disebutkan di atas, lantas berapa sih harga dari dua produk Sekai Rice Cooker yang memiliki teknologi low sugar ini. Berikut daftar harganya:

  • CMW 522 LS Serela: Kapasitas 2 liter, harga Rp550.000
  • CMW 720 LS:Serela Kapasitas 1 liter, harga Rp450.000

Kedua produk #SekaiRiceCookerLowSugar bisa dibeli di berbagai toko offline terpercaya di seluruh Indonesia, marketplace, serta pada link tersebut.

Jadi bagaimana? Sudah siap menyantap nasi putih hangat yang lebih sehat? Yuk memasak nasi putih dengan Sekai Rice Cooker Low Sugar!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • ulung prestiwi 11 April 2024 at 8:18 pm

    Masyaallah, Cute banget banget design rice cookernya!!! Warna soft pink and purple yang series CMW 720 LS Serela cantik banget! Cocok banget buat anak kos atau buat kebutuhan rumah biar tampilan rumahnya tetep look beautiful dan homey 😀 Dan aku baru tau kalo ada rice cooker yang bisa misahin air sama nasinya. Makasi banget informasinya mbak.

    Reply

Leave a Comment