Kue Khas Lebaran Idul Fitri

Kue Khas Lebaran Idul Fitri. Kue kastengel, nastar, putri salju, cokelat kenari, mana yang jadi kue khas lebaran Idul Fitri favorit kalian? Terus nih, masih pada sempat bikin kue sendiri di rumah apa udah nyerah, dan memilih beli aja? Apapun itu, gak ada yang benar maupun salah ya. Keputusan membuat kue atau beli itu ya balik ke pilihan masing-masing. Kalau saya ya tim beli, mengingat gak bisa bikin kue sendiri. Wkwkwk. Parah banget ya, demen camilin kue lebaran, tapi belum bisa juga buat sendiri. Tapi bahaya sih kalau bisa buat sendiri, nanti malah makin lancar tuh siklus bikin kue-habiskannya.

Balik lagi ke kalimat pembuka di atas, jadi mana nih yang jadi kue kering favorit kalian? Kalau saya, tentu saja kue kastengel. Sebagai penyuka keju, kastengel memegang tahta tertinggi di jajaran kue lebaran terlezat. Ngemil kue kastengel ditemani segelas kopi panas, sembari menikmati tenangnya kondisi rumah, Masya Allah nikmatnya. Sejak dulu, di momen bikin kue lebaran bareng almarhumah Mama, saya tuh demen banget camilin kue ini. Bahaya pokoknya kalau tuh toples gak diamankan, bakal saya habiskan. Wkwkwk. Bahkan pernah, saat saya tinggal bareng nenek di Dompu, tahu gak, saya dikasih bekal apa sama almarhumah Mama? Kue kastengel! Ya, karena emang sesuka itu.

Kue Khas Lebaran Idul Fitri

Kayaknya jenis kue khas lebaran dari dulu emang itu-itu aja ya. Saya yang doyan ngemil, tapi gak tahu caranya bikin kue ini aja, meski bukan momen lebaran, masih suka cari kue-kue tersebut. Beruntung banget di Lombok udah nemu penjual online yang menyediakan aneka kue kering kapan aja, gak mesti jelang lebarang. Kalau sudah dapat toko yang rasa kuenya sesuai selera, aman deh, yang nggak aman tuh uangnya #eh. Hahahaha.

Jadi teman-teman tahunya ada jenis kue apa aja tuh yang biasa disuguhkan di momen lebaran? Coba bahas satu-satu yaa..

Kastengel

Si kue nomor satu favorit saya. Penyuka keju, pasti favoritnya pun kue ini. Kejunya gak hanya jadi topping, tetapi juga masuk dalam adonan. Konon, kalau pakai keju edam, rasanya bakal lebih nendang. Tapi entah ya, zaman dulu mama saya gak ada pake keju edam, tahunya keju cheddar aja, tapi kok ya rasanya tetap juarak? Apa tergantung racikan dan resepnya?

Nastar

Kue dengan isian selai nanas ini pun punya banyak penggemar. Walau saya bingung juga sih enaknya di mana. Kecuali nih, versi pengembangannya yaitu nastar keju. Eh ini sih dasar sayanya yang doyan keju. Hahahah. Oh ya, kue nastar tuh effort luar biasa lho bikinnya, terutama part nyiapin isian selai nanasnya. Bayangkan, selainya bikin sendiri dari entah berapa buah nanas. Wow!

Cokelat Kenari

Mengsedih sih, sekarang susah banget menemukan kue cokelat kenari ini. Jenis kue lebaran yang rasa coklatnya nendang banget. Kue yang untuk menciptakan efek tekstur bergarisnya tuh memanfaatkan bagian garpu. Masih ingat gimana dulu saya bantuin almarhumah mama bikin kue ini, menekan-nekan adonan dengan garpu sebelum akhirnya dipanggang. Zaman sekarang, jenis kue cokelat sepertinya sudah bertransformasi menjadi kue choco crunch, maupun choco almond gitu. Menurut saya ya..

Putri Salju

Kue yang kandungan pergulaan duniawinya oh sungguh wow! Gak gula dari bahan gulanya, gula halus (tepung gula), tepung terigu, banyak pokoknya! Kalau makan, mesti aja tuh tertinggal bubuk-bubuk gula halusnya, kalau gak ada tisu, maka solusinya adalah diemut aja tuh jari-jari atau gak yaa.. lap di baju! Hahaha. Dalam adonannya biasanya ada mencampurkan keju juga, terus untuk taburan gula halus di luarnya pun terkadang dicampurkan dengan susu bubuk full cream biar rasanya makin gurih.

Nah itu tadi beberapa kue khas lebaran yang masih hits, pun yang udah pudar namanya. Jadi mana yang jadi favorit kalian?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

No Comments

Leave a Comment